Gunung Api Purba: Tantang diri untuk mendaki gunung bagi pemula

by - 00.20

Haii guys..

Kalo dari awal di blog ini saya udah bahas tentang solo backpacker saya, terus tentang jalan-jalan seru bareng temen-temen..temen kerja maupun temen maen...kali ini saya mau berbagi pengalaman tentang pengalaman saya maen bareng keluarga..lebih tepatnya bareng adek, kakak dan kembaran saya. Jalan-jalan ini sebenernya berbarengan dengan wisudanya anak terkecil di keluarga kami...alias si bungsu yang kuliah di daerah istimewa Yogyakarta di salah satu universitas terbaik di Indonesia...(heemm padahal adek saya yang kuliah disitu...kog saya yang bangga amat..hehehee)..Akhirnya setelah dia di wisuda kami pun memutuskan untuk refreshing sejenak dan emank kami jarang banget bisa kumpul bareng karena memang udah jauh-jauh tinggalnya..So pas ada kesempatan kami ga buang sia-sia..even waktu itu kami terutama saya lagi  kere..(sampe sekarang sebenernya..hehhehe). but my motto is jalan-jalan selalu terdepan...gpp seadanya yang penting jalan dulu..hehhee inget Indonesia terlalu cantik untuk dianggurin...oh ya ini sekitar bulan Februari 2015..tanggal 17an kalo ga salah..hehhee

Oke dehh...langsung aja...jadi karena memang  tempatnya yang masih agak jauh dari pusat kota Jogjakarta kami pun memutuskan untuk pergi subuh (karena memang rencananya mau explore beberapa tempat dalam waktu sehari) dan emanknya kami pada doyan jalan..jadi kami bersemangat banget bangun subuh dan cuma cuci muka tanpa mandi..(aselii jorok-jorok banget ya.hahhaa). Subuh ga pernah mengecewakan jadi dalam perjalanan ke sana kami dapet spot indah tanpa sengaja..hehhee...jadi kami pun mampir-mampir dikit lah ke tempat yang menurut kami bagus..hehehe..akhirnya setelah perjalanan kurleb 1 jam..kami pun sampe di Gunung Api Purba (GAP)..saya sihh sebelumnya ga ada gambaran apapun,..karena memang yang jadi guide adalah adik sendiri yang udah bertahun-tahun stay di Jogja..kami mahh manutt bae...

Pas kami sampe sini udah ada beberapa motor yang udah parkir,..padahal kami pikir kami udah cepet lohh,,ternyata memang GAP jadi salah satu gunung favorit yang dikunjungi,mungkin karena tingginya yang terjangkau dan pemandangan indah yang di dapet kali ya..jadi banyak anak muda jogja yang pengen tahu tempat ini..dengan ketinggian sekitar 300 mdpl..ga salah gunung ini jadi salah satu tempat favorit...ohh ya ternyata banyak yang berburu goldren sunrise..tapi waktu itu saya belum terlalu tahu tentang golden sunrise...baru ngehh sekarang pantesan pas kesitu pagi-pagi tapi ternyata udah rame banget..hahhaha ternyata pada berburu golden sunrise..(maapkeun saya yang masih newbiee ini..hehhee)..

Setelah parkir dan membayar tiket masuk,,(saya lupa berapa..7000rb -9000rb,,ga terlalu mahal kan)...Saya, my twennie, kakak dan adik saya pun mulai pendakian...waktu itu udah lama banget saya ga pernah mendaki soo i was so excited,,,finally liat gunung lagi ehehee...dan setelah pendakian yang cukup melelahkan kamipun sampe di atas..wahh aselii seru dehh bisa sampe puncak...ya emank capek sihh cuma kan sambil bercandaan bareng keluarga jadi ga berasa deh...okee dehh yukk liat serunya petualangan kami!

we got this in our way went to GAP

welcome...abaikan gaya yang ga jelas fokus ke tulisan selamat datangnya aja

ala-ala candid gagal ne mahh

model dari perjalanan kami..

kudu banget liat and baca ini biar ga tersesat ketemu pacar..ehh puncak

let's start our trip..sembari jalan sembari makan...sarapann bokk biar ga pingsan

Pertama masuk langsung disuguhin batu-batu besar yang kayak tembok mengapit di kanan kiri kita..jadi memang cocok namanya kayak bau-bau zaman purbakala gitu..hehhee..aseli ne first time for me mendaki gunung yang berbatu-batu..oh ya di GAP banyak pilihan puncak..jadi biar jelas sebelum mendaki wajib banget liat rute pendakiannya..jadi kita ada gambaran gunung yang bakal kita daki..so ga tersesat di jalan..hehehee..oh ya FYI disini banyak banget petunjuk jalannya kog jadi jangan takut nyasar..hehehe

keren ga gaya kita...jadi kayak ngangkat batuan besar gitu..

aduhhh adek gue ngapain sebenernya...

nah ini salah satu lorong batu yang kudu dilewatin...tahu apa yang saya pikirkan pas lewat sini?tanpa nyinggung orang yang gendut...saya cuma mikir,..ini orang gendut kira-kira bisa lewat ga ya?soalnya saya aja ngerasa ne lorong sempit banget..

cekreeekkk...our first wefie

pokoknya harus foto everywhere every point..hehhee

Nah disini memang katanya jalannya berkelok-kelok dan diapit batuan besar di kanan kiri..jadi jangan shock kalo kamuu mendaki disini malahh lebih kayak ngelewatin lorong bebatuan..karena memang jalannya itu hampir kebanyakan kayak lorong-lorong gitu..wahh pokoknya sensasinya beda dehh dari gunung kebanyakan (apa emank saya yang belum tahu ya..ehhehee). so i feel so happy..meski kadang deg-deg an..agak serem gimana gitu..hehhee...

taraammm..sampe di post 1 ne...latarnya gunung batu gitu....banyak banget orang yang ambil foto disini

kacian mukanya my tweenie ga keliatan..hehhehee

apa cuma saya yang ngerasa foto ini terlalu abssurddd...hahahhaa..aseliii gilak pada ne expresi

masih tetep cari angle yang terbaik...hehhehe

ini dia rock stonenya..tapi ga jelas ya,hehee

lebih ga keliatan lagi

Jarak dari awal pendakian  sampe di post 1 ga terlalu jauhh..jadi kebanyakan orang biasanya udah seneng banget bisa sampe disini..soalnya tempatnya udah asik banget..dan disni memang banyak banget orang udah berkumpul....hehehee...soalnya bagus banget memang ngambil foto dengan latar belakang batuan besar..wooww apalgi yang berhasil dateng ke sini pas matahari mau terbit ya..pasti indah bangett..oh ya abaikan muka kami yang kucel ya..kan udah tahu kenapa muka kami kucell keg gitu..hehee

sumpahh...dibutuhkan keberanian yang besar untuk ngelewatin lorong curam ini..dan kami ga pake pengaman apapun..

look it carefully..can u imagine that?

dua orang yang tetap tinggal di atas...

Selesai foto-foto di peristirahatan pertama kami pun melanjutkan perjalanan..nahh disini seru banget saya dan adek saya penasaran sama air 'suci' yan ada di balik tebing..dan untuk bisa sampe ke tempat itu kamu harus berani turunin lorong curam tebing...soo kamu beneran ada diantara bebatuan besar..aselii saya takut sebenarnya tapi rasa kepo saya lebih besar...so sembari memberanikan diri dan berdoa saya akhirnya berhasil melewatinya...sedangkan kakak dan kembaran saya hanya mengambil foto dari atas...merek lewat jalur satunya...

let me introduce my cute older sister...okee kalo kalian ga percaya dia kakak saya..never mind saya udah biasa digituin..wkkwkw

si bungsu yang abis wisudaan..

tiga pendaki cantik yang masih jomblo...hahahaha

maapkeunn gaya yang ga sopan ini...

special performance..soalnya dia baru wisuda..hahahhaa

ayoo dipilihh mana yang paling indahh....langitnya pastinya..

kadang suka malu sendiri ngeliat kealayan kembaran satu-satunya tiada tara ini...hahhahaa..peace ya ber..

saya lupa filosofi dari lima jari ini.tapi bener dehh ini ga ada hubungannya ama Pandawa Lima..(apaan siihh garing banget)

ga salahh kann kalo saya bilang kembaran saya ini termasuk dalam kategori manusia yang alaynya udah akut apa kronis tak tertandingi....

percayalahh kamu wajib banget pake kacamata kalo mau foto beginian disni...

wahhh seru banget pasti kalo kamu yoga di tempat seindah ini...wanna try?u should try it!

udahh dulu ya kami pamit pulang..hehhee

Akhirnya kami sampe di salah satu puncak.saya lupa ini puncak yang mana.tapi setahu saya ini adalah puncak yang tertinggi,,, dan cuma ada kami berempat disitu...beda banget ama tempat pertama kami istirahat yang penuh dengan orang..jadi pas sampe sini kami merasa ekslusif banget ne tempat hehehhe soo ga salah dong kalo kami ambil banyak foto aneh-anehh.hehhee...oh ya dan pas banget kami sampe disni agak siang..jadinya pemandangannya jelas banget..tapi ya emank harus rela panas-panasan...dan info penting wajib banget kamu pake kacamata soalnya sinar matahari bener-bener menyengat dan diantara kami beremat cuma saya yang ga punya kacamata..sedihhh..

efek adek lelah bang...

good byee good day..

Setelah istirahat cukup kami pun mulai turun lagi..dan ini lewat jalur yang berbeda ya..jadi kita bisa dapat pemandangan yang berbeda...dan view yang super keren. oh ya tipsnya kalo memang jalan bareng keluarga, selain bisa membuat kalian lebih akrab, kalian juga belajar untuk lebih care satu sama lain..jadi saya rasa recommended banget dehh petualangan seru gini buat dijalanin kamu ama keluarga..apalagi buat sodaraan yang udah susah banget buat kumpul..so tunggu apa lagii yukk segera ke GAP..siapin jadwal dari sekarang..

Happy Reading Segerakan Travelling!