Explore Labengki Sombori 3 Hari 2 Malam Wisata ini Wajib Kamu Datangi!

by - 02.45

Hai Guys!
How's Your Life?

"Wherever You Go,Go with all Your Heart"- Confucius-

Pertama kali menginjakkan kaki di Pulau terbesar ke-11 di dunia,Sulawesi, yang terkenal dengan keindahan lautnya. Saya memilih pulau Labengki yang ada di Sulawesi Tenggara dan pulau Sombori di Sulawesi Tengah. Tenang ini berdekatan kog jadi bisa dinikmati dalam waktu 3 Hari 2 Malam.  (Lagi-lagi) saya pergi bareng rombongan Backpacker Jakarta (BPJ). Perjalanan yang dilakukan tanggal 27-29 Juli ini diikuti oleh sekitar 24 peserta. (ehh berapa ya...kira-kira segitu lahh...hehhehehe).

Oke kita mulai yukk..

HARI PERTAMA

Meeting point dilakukan di Bandara Haluoleo, Kendari. Berhubung banyak yang sepesawat jadinya kami udah mulai kenalan satu sama lain waktu di Bandara Soetta. Tiba di Bandara Haluoleo ada deramah singkat mengenai penjemputan, tapi tenang semua deramah itu terselesaikan atas bantuan tante gaul, Tante Merry, yang ternyata adalah mom nya temen saya pas trip ke Labuan Bajo.

Kenapa saya harus nulis ini? Ga usah diurai tentang kejadian apa yang terjadi ya, yang pasti saya terkesan banget sihh liat si tante dengan santainya nelpon yang dia kenal blaahh..blahhh..blahh...hingga akhirnya kami bisa naik kendaraan yang mengantar kami menuju pelabuhan. LOL

Oh ya, jalan menuju pelabuhan itu berkelok-kelok, bikin mual tapi demi sebuah pulau indah why not lah..
Meeting point....foto dulu dong..
Sampe di pelabuhan, kami istirahat sejenak dan sarapan dulu biar kuat ngadepin dia karena perjalanan kapal akan memakan waktu sekitar 3-4 jam tergantung cuaca. Dan perjalanan pun dimulai...

Setelah dimain-mainkan ombak dan rada budeg efek mesin kapal yang keras, akhirnya kami tiba di dermaga Pulau Labengki Kecil, begitu liat pemandangan yang ada...aseli mau nangiss..seriuss seindah itu...huwaaaa...air jernih di bawah dermaga, dilatari barisan warna-warni rumah warga, bukit-bukit menjulang di seberang pulau di bawah langit yang cerah pake banget bikin siang itu jadi luar biasa indah.

Liat anak ini berani banget lompat kayak gitu..saya aja mikir pake banget...haduuhhh

Ketika memasuki desa kecil ini kita bakalan disambut dengan suasana yang nyaman banget. Jadi di sepanjang jalan menuju penginapan, kiri-kanan itu ada pohon kelapa terus rumahnya warna-warni gemesh dan bersih banget. Ga ketinggalan penduduk yang ramah dan anak-anak yang lucu-lucu banget!
Suerrr...sampai saat ini, ini desa tergemashhh yang pernah saya liat....
Terus waktu masuk ke penginapan, saya masih dikagetkan dengan view yang ada di belakang rumah. What is it? Lautan bening dengan bukit cantik di belakangnya...omaigattt!! seriuss saya ga ada ekspektasi tinggi sihh tentang liburan gaya backpacker but seriously this is too much for me...wahhgelasehhh...

Belakang homestay yang langsung ngadep ke lautan jernih...juarakk!

Gak berhenti sampe di situ, karena memang udah jam makan siang, ibu pemilik penginapan udah nyiapin makanan hasil laut buat kita dan tak lupa ada es buah yang seger banget...seingett itu saya ama makanannya..Hahhahaha. Wahh awal yang indah untuk memulai petualangan exploring Labengki-Sombori.

Pantai Sepanjang

Selesai makan siang dan beberes, maka kami menuju spot pertama hari itu, yaitu pantai Sepanjang. Dinamakan pantai sepanjang karena memiliki garis pantai yang panjang (ini beneran nanya ama guide yang nganter kita loh..). Jaraknya ga terlalu jauh dari penginapan. Sekitar 30 Menit udah sampe deh.

Selain garis pantainya yang panjang, satu khas dari pantai ini adalah banyaknya nyiur  melambai yang semakin mempercantik view di pantai ini. Saya dan rombonganpun mulai bergerak masing-masing. Saya sendiri memilih untuk menyusuri garis pantai. Selesai menyusuri garis pantai dan balik ke rombongan, ternyata mereka semua baru kelar foto pake drone...hikss sedihh saya ga ada. Ahh padahal pengen banyak punya foto hasil drone. Ya udah entar beli sendiri dronenya...Wkwkwkwkkwkw.

(Berhubung saya ga ada, saya ga aplod ya guys,,,soalnya ntr ribet permit ama yang punya foto...kwkwkk...ga deng aselinya sedihh aja karena saya ga ada disitu....)

jump..jump..jump...
Selanjutnya saya dan beberapa temenpun mulai snorkeling. Ada banyak bintang laut berukuran besar di sini, ehh tapi kudu hati-hati karena ada banyak banget bulu babinya juga. Sore itupun saya habiskan dengan snorkeling. Berhubung hari sudah semakin sore, kami pun bergegas pulang.

Air pun makin surut, sehingga temen-temen saya yang ada dipinggir pantai harus menuju ke tengah lautan untuk naik kapal, kurang beruntung karena ada beberapa temen yang terkena bulu babi, meskipun udah pake sendal, tapi tertusuk dari sisi-sisi samping. Beruntungnya saya ga perlu karena saya sendiri memang sedang berada di tengah laut.

Malam hari pertama pun ditutup dengan sesi perkenalan satu sama lain. Ehh setelah sesi perkenalan ada sesi game Wolf...ini bisa banget sihh dimasukin dalam kegiatan karena bisa bikin lebih akrab atau membulli satu sama lain...wkwkkwkw.

Malam pun tiba warga desa mulai tertidur lelap....

Malam perkenalan...blurrr gituu ya,,,hahahhaha
HARI KEDUA

Pagi hari kedua pun tiba warga desa terbangun dari tidurnya dan...

Menikmati Sunrise di Pantai Mercusuar

Harusnya sih liat sunrise di pinggir pantai yang ada mercusuarnya, hemmm..sebenernya ga tahu ini nama pantainya apaan, jadi saya namain aja Pantai Mercusuar. Hehehehee...tapi apa daya, ngantuk membuat saya beserta kedua roomate, Ka Dina dan Mimi terlelap dengan asiknya. But even telat, kami bertiga menyusul rombongan yang udah duluan ke sana, karena jaraknya memang deket banget dari penginapan, 10 menit jalan kaki lah.

Akhirnya kesampean foto beginian...hhhehhehe.

Tiba di pinggir pantai liat kapal nelayan yang lagi nyandar, iseng foto dehh pake perahu itu. Meskipun langit agak mending, tapi tetep apik kog untuk foto ala-ala.

Ketika hari mulai panas, kami kembali ke penginapan, siap-siap dan sarapan. Selanjutnya kami menuju dermaga untuk mendatangi tempat selanjutnya atau bisa dikatakan exploring Pulau Sombori yang ada yang secara administratif berada di Sulawesi Tengah, namun lebih dekat jika di tempuh melalui Sulawesi tenggara. So setelah menempuh perjalanan kurleb 2 jam kami pun tiba di destinasi pertama yang ada di pulau Sombori, kami pun turun dari kapal untuk..

Menelusuri Kegelapan Goa Allo

Dalam perjalanan menuju goa Allo, kita bakalan disuguhi tebing-tebing besar dengan air yang super jernih. Ada yang bilang viewnya mirip yang ada di phi-phi island, Thailand. Ga tahu sihh rupa phi-phi island itu gimana, tapi yang pasti view menuju goa Allo ini mantul.

Goa allo harus didatangi memakai kapal, kamipun harus rela berbasah-basahan karena memang goa Allo ini berada di tengah lautan. Memasuki mulut goa, kita akan disuguhi pemandangan khas goa, yaitu remang-remang gitu. Takjub sihh liat ada goa di lautan, udah gitu ada 'kolam' kecil yang tercipta akibat air yang terjebak di gua.

Ada yang bisa nebak saya ada dimana?
Saya pun coba iseng untuk manjat ke salah satu sisi goa, wahh ternyata ada satu 'kolam' lagi di sebelahnya. Niatnya sihh pengen turun, tapi karena gelap dan jalannya agak licin, saya mengurungkan niat tersebut.

Saya dan temen-temen pun mulai foto-foto di 'kolam', dasarnya pasir  lembut jadi asik mau lompat-lompat atau gaya apapun. Selain itu ada semacam 'Jendela' goa yang bisa jadi spot foto instagrammable.

Ga tahu ini fani lagi gaya apa....

Puas foto kamipun kembali ke kapal karena akan lanjut ke spot selanjutnya. Nah pas mau balik inilah tragedi terjadi...Kaki saya ga sengaja nginjek karang dan terpeleset sedangkan tangan megang Mirrorless,,jadi deh tuhh kamera berendem sejenak. Tahu hasilnya dong...pengen nangisss tapi percuma, ya udah ikhlasin aja,,,siapa tahu entar dapat baru...entahh entarnya kapan...
Girls squad...dan lagi-lagi saya entah dimana....hadehhhh

Mengunjungi Rumah Nenek

Perjalanan kapal berlanjut sekitar 15 menit, dan kami tiba di teluk Sombori. Tiba di kawasan ini, perasaan damai langsung kerasa banget. Entah saya pribadi suka banget, berasa chill dan betah banget begitu liat tempat ini. Gimana ga betah, gradiasi airnya cantik banget, terus ada bukit di belakangnya yang gagah sekali, udah gitu rumah apungnya...(apa ya sebutanya, yang pasti rumah ini bukan di pinggir laut, tapi beneran di tengah laut).

Langsung mikir, wahh punya satu rumah disini seru kali ya. Hahahaha..aseli pengen banget. Entar begitu bangun, buka mata langsung bisa nyebur dehh. Ehhh udah dulu ngayalnya. Lupa kasih tahu, sekarang kita berkunjung ke rumah Nenek, dinamakan rumah nenek karena memang ditinggali oleh seorang nenek.

My roomate, ka dina

Rumahnya sihh ga ditinggali nenek, tapi nenek dan anaknya tinggal di sebelahnya yang masih terhubung dengan jembatan pendek yang terdiri dari satu papan aja.

Ketika tiba disana, kami disambut dengan hangat oleh nenek dan anaknya. Beberapa temen memilih untuk sejenak mengobrol dan menikmati kopi khas buatan nenek. Sedangkan beberapa teman lain termasuk saya, memilih untuk antri foto di rumah nenek yang jadi icon kalo kita berkunjung ke Sombori.
Foto  keluarga dulu sebelum pamit pulang
Puas foto ga lupa saya mencicipi kesegaran air di teluk ini. Serius beneran seger airny, udah gitu warna air di depan dan belakang rumah itu beda loh. Wahhh kebayang ga sihh beneran punya rumah disini. Ngayal lagi...

ini lebih kayak korban tenggalam ga sih guys...hahahahha

Haripun semakin siang, dan kami berpamitan kepada nenek untuk melanjutkan perjalanan. Sebelum pergi kami foto dulu dengan nenek. Oh ya buat temen-temen juga bisa banget ngasih donasi seikhlasnya untuk nenek. Itung-itung bantu nenek yang memang tinggal di daerah yang sangat terpencil itu.
Cantiknya nenek, no medicine dehh.

Kabar terakhir yang saya dengar, akibat terpaan hujan yang terus-menerus rumah ini roboh. Belum tahu udah dibangun lagi atau belum. Saya berharap semoga nenek dan keluarga sehat terus dan baik-baik saja. Amin.

Menuju Puncak Kahyangan (Sombori Hill)

Destinasi selanjutnya masih ada di Sombori juga, yaitu puncak Kahyangan. Ga tahu pasti sih kenapa dinamain puncak kahyangan, tapi pas sampe tempat yang di maksud baru dehh ngeh. Yups, dinamakan puncak kahyangan karena setiap orang yang udah sampe berasa berada di 'kahyangan' soalnya pemandangan dari sini itu indah banget, barisan bukit-bukit terjajar rapi dialasi air laut yang hijau gradiasi plus langit yang berhiaskan awan cantik bikin tempat ini worth it disebut sebagai puncak Kahyangan.

Segala sesuatu yang indah pasti dibutuhkan pengorbanan untuk memperolehnya, begitu juga usaha yang diperlukan untuk sampe ke tempat ini. Kita harus trekking di jalur yang lumayan terjal dan berbatu-batu, better pake sepatu dan sarung tangan karena batunya lumayan tajam. Salah satu temen saya, inisialnya Marissa, sempet ga jadi mau lanjut, tapi setelah kami bujuk akhirnya dia memberanikan diri untuk meneruskan perjalanan yang udah setengah jalan. Yakalee bidadari ga pulang ke rumah...piiip..

Ka Tiur dalam perjalanan menuju puncak Kahyangan

Pas foto di spot yang tersedia saya warning buat hati-hati banget sih, saya sendiri agak deg-deg an kayak lagi liat gebetan lewat saat foto disini. Soalnya tempatnya sedikit curam dan bawahnya langsung mengarah ke lautan. Tapi demi sebuah eksistensi dan bahan blog harus foto deh.

Berhubung bukan hanya kami yang antri untuk foto maka kami hanya sebentar saja setelah itu kami kembali ke bawah dan makan siang.

My roomate again, Mimi aka Mimoy

Puas maen air disini, kami diajak untuk ke destinasi selanjutnya. Saya lupa sih nama tempatnya apa, tapi kata guidenya di situ salah satu tempat yang lumayan bagus untuk snorkeling. Pas sampe lokasi yang dituju, saya udah super excited ne mau snorkeling, tapi pas snorkeling saya agak kecewa, karena menurut saya ikannya sepi banget dan ga ada banyak terumbu karang. Ga tahu dehh kalo diving. But itu kan versi saya, nyatanya, temen saya, Marissa, betah banget snorkeling dan bilang ikannya banyak banget...saya sihh manggut-manggut aja. Wkwkkwkwk. Peace chaa...

Geng 40 y.o..hahahahaha

Hari semakin sore kami pun kembali ke penginapan. Sampe di dermaga kami melihat keseruan anak-anak setempat yang sedang bermain-main. Ada anak-anak yang sedang lompat dari dermaga ke air. Ada anak yang sedang susah payah naik kayak, serius liat ini bikin saya ngakak.

Ga mau melewatkan kesempatan berbaur dengan anak desa setempat. Saya dan beberapa teman bergabung dengan keseruan mereka. Masih penasaran dengan anak yang susah payah naik kayak, kami pun bergegas menghampiri mereka.

epicc banget ga sih foto ini...

Disini lahhh memori lucu tercipta, diawali dengan temen saya, yang saya  panggil koh abo, mendekati anak tersebut dan mau pinjem kayak. Masalahnya, kayaknya itu kecil banget, dan si koh bo ini badannya....hemm apa ya sebutannya...yang pasti BB dia itu...hemmm...pokoknya badannya gede lah ya ..Nahh setelah dikasih pinjem, penasaran dong langsung dicoba...Pas nyoba si kohbo mulai coba dudukin itu kayak, saya pikir ahh pasti entar kayaknya ngapung ne..ehhh aneh tapi nyata...tuh kayak tenggelam udah kayak tenggalamnya kapal Van Der Wijk..sumpahh ngakakkk...( dan masih ngakak sambil nulis ini dan bayangin kejadian itu..ahh harusnya direkam...)

seriusss selalu ngakak liat ini foto..

Selain itu, banyak temen saya yang diserbu anak-anak setempat. Mulai dari minta foto, minta gendong, minjem goggle sampe diuyel-uyel kepalanya demi manjat di bahu temen saya. Seru banget dan berkesan banget sih ini. Bisa jadi salah satu agenda kalian kalau maen ke labengki, btw....ga tahu kenapa anak-anak di desa ini both cowo ama cewe bulu matanya lentik-lentik banget!!!

HARI KETIGA

Hari ketiga masih diawali dengan berburu sunrise di pantai Mercusuar. Selalu ada suasana berbeda di setiap awal pagi. Mengawali hari dengan liat sunrise adalah cara terbaik untuk memulai pagi.

Aku lupa ini ka siapa ya??

Setelah berburu sunrise kami juga menyempatkan diri untuk berkeliling kampung sebentar. Ditemani anak-anak kami pun melihat-lihat suasana kampung. Bahkan saya iseng minjem sepeda anak yang lagi sepedaan...hehehhe.

Kamipun kembali ke penginapan dan packing, yap karena memang udah hari ketiga alias hari terakhir, kami akan segera pulang. Hiksss. Ehhh tapi tenang kita masih bakalan sempat mengunjungi beberapa destinasi lagi. Selesai sarapan kami pun menuju dermaga keberangkatan. Destinasi yang kami tuju tidak terlalu jauh, hanya perlu sekitar 1 jam an untuk tiba di lokasi, dan lokasi pertama adalah,..

Laguna Mahumalalang

Untuk sampe ke tempat ini kita harus trekking dan manjat ala-ala panjat tebing gitu dehh, tebing beneran malah. Sebenernya, katanya ada satu pintu masuk yang lebih mudah, tapi karena takut ombak gede, jadi lewat jalur belakang deh.

Berasa jadi atlit panjat tebing gitu. Kirain trekking bakalan lumayan lama seperti saat ke puncak Kahyangan, ternyata ga terlalu tinggi kog. Begitu sampe di puncak tebing, sebelah itu udah langsung ada lagunanya, wahh worth it banget lah, nanjak dan tetiba disuguhi pemandangan yang ketjeh beutt..mantul deh.

Trekking pun di mulai

Laguna Mahumalalang itu semacam kolam alami yang dipagari dinding-dinding bukit dan karst, dinaungi pepohonan yang rimbun bikin laguna ini jadi tempat yang chilling banget. Berasa adem dan damai banget. Malahan sebenernya saya pengen banget nyebur mandi, tapi keinget bakalan ribet karena harus ganti baju lagi, ga jadi deh.

Akhirnya saya dan teman-teman pun antri untuk foto di spot yang wajib banget sih kalo dateng ke sini. Senengnya, waktu itu baru ada rombongan kami aja, jadi berasa milik sendiri.

Lagi-lagi ada kisah lucu... jadi kohbo mau gegayaan foto berdiri gitu di tebing yang ada ditengah laguna...dia sihh nyantai tapi kami semua yang liat pada histeris. Teriak-teriak dehh biar dia ga nekad berdiri, nah gegara kehisterisan kami, dia yang awalnya ga takut malahan jadi takut...Hahahhaa.

Harusnya kalo kami ga takut biarin aja ya dia mau foto gitu..itung-itung jadi bahan percobaan....wkwkwkkwkwk
kocak...first best photo

Selain bisa foto dengan laguna dan bukit sebagai bukitnya, kita juga bisa foto gagah di antara batuan karst. Untuk bisa foto di antara batuan karst, kita kudu hati-hati banget biar ga jatuh atau tergores batuannya yang cukup tajam.

Kalau disuruh pose beginian, saya menyerahh...seremm euuyyy

Haripun semakin siang, maka kami segera meninggalkan laguna untuk melanjutkan ke lokasi berikutnya yaitu....

Teluk Love dan Bukit "View Raja Ampat"

Dua lokasi ini berada di tempat yang sama, hanya dipisahkan oleh bukit. Teluk  love akan sesuai dengan namanya  ketika di foto pake drone karena akan terlihat jelas gradiasi air yang membentuk tanda hati. Sedangkan disisi sebelahnya kita akan disuguhi view bebukitan cantik yang katanya seperti miniatur Raja Ampat,  berhubung saya belum pernah ke sana..saya iyain dlu dehhh..Hehehehe.

Ga sesulit puncak kahyangan untuk menyaksikan keindahan teluk love dan bukit raja ampat versi Labengki kita cuma perlu menaiki tangga yang udah tersedia. Ga perlu lama ndaki ehh udah sampe aja dan langsung dehhh disuguhi view yang menyejukkan mata. Seger euuyyy.

Duhhh baper....my fave couple sihh ini...mas bojo dan mba bojo

Kalau liat view yang seindah ini sihh pengennya bareng orang terdekat, ehhh.

Menurut saya cara paling tepat untuk habisin waktu di tempat ini adalah dengan duduk-duduk aja dan sambil dengerin musik. Keinginan itu ga terwujud dong, wong temen-temen pada rame dan giliran buat foto-foto include me. Wwkwkwkkwk.

sendirian banget neng??

Ga banyak waktu yang kami habiskan disini karena memang harus segera balik ke penginapan. Sesampainya di penginapan, kami pun make sure semua udah pada packing dan kembali menuju dermaga.

Perjalanan menuju dermaga kami lalui dengan badan terpenuhi barang-barang bawaan, entah apa ini cuma perasaan saya aja, perasaan pulang bawaannya selalu lebih banyak daripada berangkat. Hahhahaa.

kocak...second best photo

Dalam perjalanan pulang, deramahh pun terjadi lagi. Ya karena terlalu siang berangkatnya, kami pun harus berjuang dengan ombak besar yang menyapa berkali-kali. Yang di dalam kapal cuma bisa berdoa, yang di luar udah basah kuyup. Serius itu saya deg-deg an banget liat air yang udah tinggi banget, tapi ada tingkah-tingkah lucu temen-temen yang ketakutan. Hahahha.

perasaan foto orang ini banyak sekali di artikel ini...hadeuhhh

Syukurnya semua bisa di lalui dengan baik, dan kami kembali dengan selamat sampe di pelabuhan. Sesampainya di kota Kendari, rombongan mampir sejenak di toko oleh-oleh. Di tempat ini lah perjalanan resmi berakhir. Ada temen yang langsung pulang ke kota asalnya masing-masing, sedangkan saya dan beberapa teman akan berangkat besok pagi.

The last photo with them...

Sekian dehh perjalanan saya dan rombongan bpj selama 3 Hari 2 Malem menjelajahi Labengki-Sombori. Gimana seru gak? Seru banget sihh kalo saya, wong bisa ngerasain tinggal di tepi laut yang airnya sejernih itu aja saya udah bahagiakk banget...Hehhehee. Highly recommend this place for your next visit guys!!

Oh ya kelupaan....jika beruntung kalian bisa liat dolphin lohh...saya lupa ini dalam perjalanan pulang dari mana, tapi waktu itu excited banget bisa liat secara sekilas dari jendela kapal, seekor dolphin lagi loncat...wuahahahha...finally bisa liat dolphin even cuma hitungan detik. Hehehhehe.

Happy Reading, Segerakan Travelling!