Explore Ternate: Batu Angus, Pantai Sulamadaha, Pantai Fitu

by - 04.40

Hai guys, 
What's Up! 


Menyusuri Indonesia ke pulau Maluku Utara, tepatnya di Ternate, ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Perjalanan ini saya lakukan berdua dengan teman saya, ci Ling-ling. Berikut beberapa tempat yang bisa didatengin.



OBJEK WISATA BATU ANGUS 

Pagi hari,  segera pergi ke Batu Angus, jadi Batu Angus ini merupakan jejak bukti meletusnya gunung Gamalama. Lahar hitam yang mengeras, membentuk bebatuan yang mengeras.


Bebatuan hitam mengeras berwarna hitam inilah yang dinamakan Batu Angus. Ada banyak batu serpihan maupun batuan besar di sana sini. Berlatarkan gunung Gamalama dan berada di pinggir lautan. Maka akhirnya tempat inipun mulai menjadi daya tarik tersendiri, baik bagi warga lokal maupun pendatang yang datang.


Tempat ini cukup baik dikelola. Kebersihannya juga terjaga. Biaya sebesar 10 ribu sudah termasuk parkir motor. Terdapat juga beberapa gazebo sebagai tempat berteduh ketika panas menyapa. Suasananya memang cukup panas, padahal masih pagi. Mungkin karena berada di sebelah laut. Memakai sunblock adalah hal wajib ketika berkunjung ke sini.


Selain bisa menyaksikan bebatuan hitam, background gunung Gamalamanya, di samping objek wisata ini juga, travelovers bisa menikmati deburan ombak yang menyapa. Bisa dibilang Batu Angus ini paket lengkap sih, bisa liat banyak wisata sekaligus. 

PANTAI SULAMADAHA

Selanjutnya travelovers bisa pergi ke pantai Sulamadaha.


Pantai Sulamadaha ini terkenal dengan view Kapal melayangnya. Keliatan melayang karena airnya yang super jernih. Tapi karena timing yang ga pas, kami ga dapet view gitu. Soalnya pantai ini kan  ditutupi bukit-bukit di sekelilingnya. Jadi timingnya harus pas banget.


Pantai Sulamadaha ini ga terlalu jauh dari Batu Angus. Akses ke sini juga gampang banget. Terlebih ada plang nama besar di kanan jalan. Bikin gampang banget untuk nemuin lokasi pantai Sulamadaha.

Setelah lewat pintu gerbang, nanti ada orang yang jaga ticketing. Kami waktu itu bayar 15 ribu udah sama parkir. Dari pintu gerbang masuk, kita masih harus motoran lewatin jalan yang agak seremm sihh kalo aku, jadi aku minta cici yang bawa motor deh. Hahahaa. Aku ga berani. Ya daripada jatuh nyebur laut kan ga lucu.


Sesampainya di lokasi, kami memesan minuman dingin di warung yang ada di pinggiran pantai. Enak banget deh buat santai. Sementara cici lagi santai duduk, aku coba buat snorklingan.



Ternyata usut punya usut,  spot saya snorkling itu bukan tempat untuk snorkling. Terus kalo mau snorklingan itu ada spot tersendiri yang bagus, untuk menuju ke situ harus bayar 200 ribu untuk sewa kapal kecil. Berhubung aku ma ci Ling-Ling emank cuma bentar kami ga nyewa kapal.

Untuk yang mau snorklingan tapi ga bawa alatnya, di warung yang kami singgahi juga menyediakan sewa alat snorkling lengkap. Harganya kisaran 50ribu.



PANTAI FITU

Setelah cukup lama duduk-duduk dan foto-ala-ala, kamipun kembali. Kami kembali ke penginapan untuk mandi dan siap-siap. Sesudah siap kembali dan masih ada waktu tersisa, kami pun kembali pergi menuju pantai Fitu. Iya pantai Fitu yang jadi gambar di uang pecaham 1000 keluaran lama. Yaitu untuk melihat pulau Maitara dan pulau Tidore dengan kapal di tengahnya.



Perjalanan kesini juga ga terlalu susah, karena kalau nyasar tinggal nanya aja. Hahahaa. Setibanya di pantai Fitu, kami pun berfoto lagi. Wahh seneng banget akhirnya bisa liat secara langsung. Hehehe.


Kamipun ga lama-lama di sini. Nah lanjut kami sebenarnya mau ke kebun Cengkeh yang terkenal dari Ternate ini. Udah tanya sana sini tetep aja ga ketemu, dan waktu udah semakin siang. So akhirnya kami memutuskan kembali ke penginapan untuk mengambil barang kami, dan segera menuju bandara.


Tidak terasa sudah harus kembali. Bagi saya pribadi, saya sangat terkesan dengan keramahan dan kebaikan warga Ternate dan Tidore. Jadi ga perlu nyasar, karena kalau nyasar pun bisa nanya ke warga setempat dan mereka akan menjawab dengan ramah dan jelas.

Untuk makanan juga termasuk enak dan terjangkau. Apalagi bagi pecinta seafood. Dijamin segar dan enak. Overall semua saya suka. Hemm mungkin someday bakalan balik lagi ke sini. Semoga. Amin


Happy Reading, Segerakan Traveling!


With Love, 

MRS



You May Also Like

0 komentar