Cerita Perjalanan ke Raja Ampat The Last Paradise ( Part. 1)

by - 06.08

Hai Guys,

Apa Kabar?

Kali ini aku mau cerita tentang perjalanan aku kembali naik pesawat setelah sekian lama hibernasi di rumah. Ya pernah jalan-jalan juga, tapi ini trip paling jauh pertama selama masa pandemi. Trip ini sebenarnya rencana tahun 2018 tapi batal karena sesuatu. Jadi senang sekali akhirnya bisa terwujud di tahun 2021. Yups, salah satu wishlist travel terbesar yaitu Raja Ampat.

Setelah tahu ada postingan dari Backpacker Jakarta tentang trip ke Raja Ampat, enggak lama langsung hubungin cepe dan booking slot.  Untuk tiket pesawat harusnya bisa dapat harga yang murah banget 125K pulang pergi pake Air Asia Pass, eh malah tiket pulangnya di-reschedule jadi kudu beli harga normal deh. But it's okay, at least masih dapat harga murah pas berangkatnya.

Singkat cerita, aku harus berangkat naik bis dari terminal Bobotsari menuju stasiun Purwokerto menempuh perjalanan selama 5 jam. Sampai stasiun gambir lanjut naik bis damri menuju bandara Soetta. Lalu harus menunggu lagi sampai tengah malam untuk berangkat menuju Sorong. Woww perjalanan yang sangat panjang bukan. Tenang perjalanan ini belum usai. Hahaha

Pagi hari tiba di bandara Sorong pukul 07.00 WIT. Lalu menunggu jadwal kapal rute Sorong-Waisai yang akan berangkat pukul 14.00 WIT, setelah ngaret setengah jam akhirnya kapalpun berangkat. Setelah perjalanan sekitar 2,5 jam akhirnya kami tiba di pelabuhan Waisai. Dari sini rombongan kembali naik kapal kecil menuju Prajas Homestay, tempat kami menginap selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Woww mungkin ini yang dinamakan tua di jalan ya. Hahaha

Tapi tenang sesampainya di Prajas Homestay sudah disediakan makanan  enak untuk makan malam. Apalagi kalau bukan ikan. Selain itu ada juga Papeda makanan wajib yang harus kalian coba kalau berkunjung ke daerah timur. Selesai makan dan sesi perkenalan maka kami menuju kamar masing-masing. Ya istirahat yang cukup untuk menghadapi perjalanan esok yang berat. Berat kenapa? Karena destinasi pertama yang akan dikunjungi adalah puncak wayag 1 dan wayag 2 dimana untuk mencapainya kita kudu trekking.

Pagi pun tiba. Selesai sarapan rombongan pun bersiap untuk menuju wayag. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam (kalau gak salah ya...hahaha) kami tiba di pulau yang terkenal dengan sebutan shark point. Di pulau ini kita harus terlebih dahulu ijin untuk bisa masuk dengan aman menjelajah wayag 1 dan wayag 2.

Nah di sini lah drama dimulai. Jadi kalau mengikuti peraturan sekarang, harusnya tidak perlu pin Raja Ampat lagi, tapi pengawas di sini mewajibkan kami menunjukkan pin Raja Ampat yang mustahil untuk dikabulkan. Lah wong kantor pembuatan pin-nya aja udah gak melayani lagi. Setelah drama yang memakan durasi sekitar 1,5 jam akhirnya kami diijinkan masuk dengan membayar "uang pelicin". Ya mau gimana lagi daripada maksa masuk malah terjadi hal yang tidak diinginkan. Pendapat aku pribadi, harusnya masalah ini diselesaikan secepat mungkin, entah sosialisasinya atau apalah. Untuk  wisata sekelas dunia ini sangat mengganggu sih.

Dari shark point kamu lanjut menuju lokasi wayag 1 berada, berjarak sekitar 15 menit. Tiba di wayag 1 kami disambut pasir putih lembut yang pasti seru banget untuk dinikmati. Tapi karena sudah kehilangan waktu karena masalah ijin kami bergegas trekking untuk mencapai puncak wayag 1. Awal perjalanan sih masih ketemu tanah, ehh makin naik berasa keg panjat tebing. Jadi jangan lupa sediain sarung tangan ya untuk melindungi tangan dan memudahkan pergerakan ketika memegang bebatuan atau tali untuk mengapai puncak. Seru sih cuma capek. Hahaha. Padahal aku 2 minggu sebelum pergi coba rutin olahraga tapi tetap aja berasa engap. Tapi tenang semua capek itu terbayarkan oleh view yang bisa terpampang pas sudah sampai puncak.

Hamparan laut biru dan hijau tosca ditemani pulau dari kejauhan menjadi view yang segera diabadikan dengan mata dan lensa kamera. Ada beberapa spot untuk foto-foto. Jadi rombongan enggak berkerumun di satu tempat. Catatan penting harus ekstra hati-hati ya ketika moving dari satu tempat ke tempat lain karena tempatnya cukup curam dan bersebelahan langsung dengan jurang khas tebing tebing di lautan.

Waktu berasa cepat, kami sudah harus turun untuk pindah ke lokasi selanjutnya. Ketika turun perjalanan terasa lebih berat. Asli nahan pake lutut itu menyiksa sekali. Berasa sudah renta. Hahaha. Sesampainya dibawah kami foto-foto sebentar dan naik kapal menuju wayag 2.

Tiba di wayag 2, kapal bersandar dipinggiran tebing. Yups, untuk wayag 2 tidak ada pantai putih yang menyambut. Kami langsung dihadapkan jalur trek yang memaksa kami naik ke atas kapal dan melompat untuk bisa mulai treking. Tenang aman kog yang penting percaya saja sama yang di atas.

Well, lagi-lagi perjalanan dimulai. Daki daki daki. Untuk jalurnya, aku pribadi merasa ini lebih berat. Jadi sudut elevasinya itu makin rata, eh apa sih istilahnya jadi beneran keg panjat tebing, cuma ini panjat tebing alami. Beneran lurus-lurus aja tuh tebingnya keg manjat tembok tapi dalam rupa bebatuan. Asli ngeri woii.

Untuk jarak lebih dekat ketimbang wayag 1, tapi karena rutenya lebih sulit jadi lebih berasa capek. Apalagi energi udah terkuras di wayag 1 kan. Beneran deh energinya udah gak ada. Jadi begitu sampai puncak mood aku untuk foto-foto udah gak ada. Capek banget asli! Jadi aku istirahat dulu, cari pepohonan teduh eh enggak ada dong. Kalau di wayag 1 masih ada pohon kalau di wayag 2 udah bablas.

Ketika energi sudah ada lagi akhirnya aku mulai hunting foto, tapi ya gak sesemangat pas di wayag 1, padahal view wayag 2 lebih oke loh. Tapi ya gimana kalau sudah capek jadi males gerak. Tumben loh aku begini. Mungkin karena udah lama gak jalan-jalan kali ya. Hahaha. Setelah mengabadikan foto dan video yang cukup untuk dipamerkan aku dan rombonganpun kembali kebawah. Lagi lagi lutut berasa mau copot. Ya Tuhan aku serenta itu ternyata. Lol

Selanjutnya kami kembali ke shark point, di sini kami makan siang lalu bermain bersama hiu-hiu jinak yang berenang dipinggiran pantai. Serius ini pengalaman ajaib sih, bisa bisanya berenang ama hiu. Aku juga enggak tahu kenapa hiu di sini bisa pada kumpul di pinggir laut. Apalagi ketika dilempar ikan segar, pada ngumpul deh itu hiu.

Enggak terasa waktu sudah sore, kamu harus segara bergegas untuk kembali. Ternyata sampai di Prajas Homestay rombongan masih pada pengen berenang lagi. Jadi deh berenang di bawah dermaga. Tapi sayang ikannya sedikit.

Untuk mempersiapkan fisik esok hari kami sudah disiapkan makanan spesial yaitu lobster! Wihh sungguh liburan ini terasa mewah sekali padahal ala backpacker.

Nah katanya esok hari baru kita akan mengunjungi spot snorkling setelah mendaki. Duh jadi enggak sabar lihat ikan-ikan warna warninya.

See you,

MRS

You May Also Like

46 komentar

1. Raja Ampat memang selalu menjadi bucket list wisata domestik yang menggiurkan. Alamnya dan makanannya pasti bakal selalu di rindu ketika balik. Semoga segera pandemi berlalu agar bisa kembali kesana lagi.

Balasan
    1. Makanya cocok dijuluki the last paradise ya mas...

2. waaww...raja ampat :D
    luar biasa perjalanan panjang dari rumah-sorong. Benar-benar jadi tua di jalana :D
    Pemandangan raja ampat emang luar biasa sih. Ga bisa dibohongi. Capek trekking bakal terobati setelah melihat pemandangan yang bagus. Berasa ga sia-sia trekking panjang :D

Uang pelicin, emang sangat berguna untuk disaat mendesak yaa raya..hahhaa
    emang seharusnya perlu disosialisakan dan disesuaikan dulu. Ga bisa langsung diterapkan begitu saja. Mesti penyesuaian di lapangan.

Balasan
    1. Hahaha...iya kerja keras banget buat nikmatin viewnya, tp terbayarkan lunas dgn apa yg didpt sih....iyaa moga next makin baik peraturannya.

Hapus
  3. Artikel kayak gini yang dicari, bisa jadi bahan masukan ke pihak2 terjait buat gak ada lagi2 uang pelicin..
    Sayang banget padahal spotnya udah cantik gitu..hehe..

Nice info!

Balasan
    1. Sebenernya aku agak serem juga mau buka suara mba...cuma ya udahlah ya...heheeya semoga dibaca sama pihak yang berhubungan..

Hapus
  4. Menuju tempat yg keren memang membutuhkan effort yg lebih ya, kak. Gila, viewnya emang bikin mupeng sih. Semoga suatu saat bisa ke sana. Uhuy!

Balasan
    1. Aslinya jauh lebih keren mba...amin semoga bsa segera ke sini ya.

Hapus
  5. Fix, Raja Ampat memang selalu List paling atas untuk destinasi yang ingin dikunjungi, Berharap Tahun ini, bisa kesana

Keren Banget Ito, sehat selalu ya & GBU

Balasan
    1. Amin. Pasti bisa to, apalagi sekarang banyak promo pesawat..sehat selalu juga to..

Hapus
  6. Bikin malu aja itu soal uang pelicin... Bisa jadi down grade lagi nih Raja Ampat

Balasan
    1. Iyaaa enggak tahu aneh banget mas...entah kenapa bisa gitu...tapi kalau enggak dikasih malah gak bsa masuk. Kalau dikasih jadinya kebiasaan. Entahlah serba salah.

Hapus
  7. Jadi pengen ke Raja Ampat juga nih. Bagus banget ceritanya, kak!

Balasan
    1. Yuk yuk yukk....seru banget eksplor Raja Ampat...semoga segera terlaksana ya mas.

Hapus
  8. Wiihhh fotonya keren-keren banget kak.
    Pemandangannya luar biasa sekali yah.
    Apalagi lautnya itu, jernih buanget.
    Terus kita bisa berenang bareng sama hiu. 😍
    Pengalaman yang menyenangkan sekali pasti itu.

Balasan
    1. Banget Clar....emank gak pernah mengecewakan wisata Raja Ampat...

Hapus
  9. Kak ceritanya buru-buru banget sih, padahal seru banget.
    Ah Raja Ampat memang idaman banget ya, asik banget kak bisa dapat harga pesawat semurah itu.

Balasan
    1. Hahahaa...keburu deadline tin..wkwkwk...iyaaa sekarang lagi ada AA pass lagi...

Hapus
  10. Wish list akuuu banget, seruuu banget kak jalan-jalannya. Aku jadi tau nihh apa aja yang harus di prepare sebelum kesana.

11. Aih keren dan beruntungnya nih udah bisa sampai ke Raja Ampat, salah satu tempat atau destinasi impian aku juga ini yang belum kesampean hehehe..
    Nah, terus itu gimana ceritanya bisa dapat tiket murah..via apa bookingnya dan boleh dong sharing tips2 suksesnya dapat tiket murah untuk kesana bila berkenan...
    Perjalanannya nampaknya memang cukup panjang yaaa..hahaha...nggak apa-apa juga sih menurutku kalau hasilnya sepadan.
    Dan ternyata hal yang tidak terduga dan drama itu bisa aja terjadi ya, dan tidak bisa dihindari meski di wilayah sekelas Raja Ampat juga. Tapi yang terpenting jangan sampai jadi mengganggu, harus tetap enjoy dan have fun!
    And overall still seem as a wonderful trip for sure, ahhh jadi mau explore kesana juga meski itu artinya harus pula mempersiapkan kondisi fisik dengan sangat baik. Terimakasih sudah berbagi cerita dan informasi ya kak.

Balasan
    1. Join AA pass mba...sekarang juga masih ada loh. 1,6jt udh bisa ke beberapa provinsi dan luar negeri. Coba di cek di websitenya langsung aja mba.

Hapus
  12. Seru banget bisa dapet tiket murah buat ke Raja Ampat! Salah satu bucket list aku juga nih. Aku sendiri belum berani liburan jauh-jauh pas pandemi gini. Salut buat Kakak yang udah berani jalan-jalan pas pandemi.

Balasan
    1. Hahaha....iya berani keluar karena menjalani prokes dan sekaligus membantu perekonomian wisata di Indonesia...

Hapus
  13. Berenang sama hiu wow kak, aku ngebayanginnya udah takut duluan walaupun itu jinak ya hahah

Balasan
    1. Aku juga awalnya ragu-ragu, tapi ternyata gak seserem itu kog..meski temen aku ada yg teriak2 histeris..hehehe

Hapus
  14. Asik buanget kak Raya udah bisa main jauh ke Raja Empat. Dapat tiket murah dengan destinasi sekeren Raja Empat tuh wow rasanya. Perjuangan waktu tempuh dan drama 'pelicin' menjadi kenangan tersendiri ya kak? Baiklah saya tunggu part 2 nya... Penasaran, Apalagi ya yang akan kak Raya ceritakan?

Balasan
    1. Iya bersyukur banget bisa ke Raja Ampat teh...sekarang tiket murah lagu banyak teh...ditunggu part 2 nya ya teh..hehehhe

Hapus
  15. Mungkin bisa Share costnya, kak. Ongkos pesawatnya kok bisa murah banget ya. Hehe
    Masa Pandemi kayak gini memang banyak tiket promo kah buat wisata ke seluruh indonesia. Dan prosesnya ribet gak ya, kak. Kayak test ini, itunya.
    Overall keren sih.

Balasan
    1. Ini aku ikut BPJ kak...untuk prosesnya overall gak ribet kog, padahal aku aja orangnya gaptek tp masih bsa ngerti..hehehe...yg penting tes Antigen, trs nanti isi EHAC aja via online..itu aja kog...

Hapus
  16. Perjalanan panjang yang melelahkan tapi terbayar setelah sampai di lokasi ya Kak..Meski ada dram soal pin yang sungguh aneh sekali. Hm, kok ga ada koordinasi antar instansi gini atau gimana ya, ikut kezel jadinya. Tapi lhat view dan bayangin aneka hidangan jadi kepo akuuuu

Balasan
    1. Iyaa mba...itu aja sihh yg bikin kesel...tapi ya mau gimana lagi...asli hidangan di sini enak2 semua...sehat lagi.hehehe

Hapus
  17. Wow.. Refreshing di masa pandemi ya ray, ngebayangin perjalananny mau ke bandara hampir seharian, ehh trip nya pake tracking2 juga, itu faktor U ray berasa mo copot dengkul hihi, asik seru tp dengan baca cerita u buat gw pikir2 dulu hahaha kembali k faktor u�� kalo gw sih hahahhaha

Balasan
    1. Hahahaa...tapi seru kog...kan aku jadinya latihan lutut...jadi sekarang lebih kuat...biar bisa jalan lagi..hehehe

Hapus
  18. keren banget kak perjalananya, Raja Ampat memang salah satu destinasi Indonesia Timur yang harus banget masuk list, biar pun perjalanannya mahal ke sana yah kalo dapet tiket normal wkwk.

Balasan
    1. Iyaa Indonesia Timur memang udah paling the best sihh....tapi ya itu tiketnya mahal...hahaha..

Hapus
  19. Raja Ampat juga jadi bucket list aku. Jujur belum berani ke luar kota. Tapi kadang mikir kalo kita terus takut sama Corona ya kayak di rumah2 atau staycation aja gitu yaa

20. Aku juga sempat tergoda nih pas ada airasia unlimited pass ke sorong. Cuma masih maju mundur. Duh moga moga kapan kapan bisa ikutan ke raja ampat ya.

21. Raja Ampat memang indah. Alam dan lautnya begitu mempesona. Makasih ceritanya Kak Melati.

22. Jadi ke Raja Ampat itu masih perlu pin kah? Hihihi... Jadi penasaran euy

23. Wahhh keren banget kak, aku jadi tau nih untuk prepare kalah harus ke Raja Ampat hahaha

24. emang suka gitu ya? Hal hal indah didapar setelah melalui jalan terjal berliku

Berenang sama hiu....ya ampuunnnnn mupeeeengg 😍

25. Ngikutin ignya kak raya dan gaksabar banget baca ceritanya di blog. Akhirnya kesampaian. Gils sih ternyata jalurnya susah ya naik ke wayag 1 dan 2. Eh btw kak nanya ya kalo lagi haid boleh nggak tuh renang2 lucu sama hiu?

26. Kaaaa apa rasanya naik bis hampir hampir setengah harii gituu, pantat amaan? Tapi kalau liat Poto view-nya emang worth it bangeet sih. Aku liat foto aja bahagiaaa apalagi yg liat langsung. Semoga pan kapan aku bisa kesanaaa. Aamiin

27. Raja Ampat keren bangetttt sumpahhh. Walaupun lumayan effort yaa utk ke tempat2 wisatanya, tapi worth it banget sih menurutku dengan keindahan alamnyaaa

28. wah beruntung sekali udah pergi kesana. aku jg pengen kesana. semoga kesampaian.

29. No Deposit Bonus Codes USA - Best No Deposit Casino
    The Best No quanlybanhang365.com Deposit Casino Bonuses and Free Spins 도박장 구인 Casinos FAQ. Some of the best online bibeksheelsajhafinance.com casino bonuses for USA players 램 슬롯 will come from 무료 슬롯 머신 free spins and no deposit