Serunya Merayakan Ulang Tahun Bareng Gajah Di Tangkahan

by - 03.20

Hello Guys,

What's Up!


Kali ini aku mau cerita tentang birthday trip aku. Padahal ulang tahunnya bulan April tapi di postnya bulan Agustus. Enggak apa-apa lah ya, anggap saja sama dengan ulang tahun negara Indonesia. Lagipula masih sama-sama bulan yang diawali dengan huruf A ini. Apasih tambah gak jelas. Sekian intronya.

Jadi trip ini memang berlangsung di bulan April. Memanfaatkan tiket murah dari Air Asia aku dan kembaran, Mawar, bukan nama korban, memutuskan untuk ngetrip ke Sumatra Utara, tanah kelahiran orangtua kami. 

Awalnya kami cuma mau eksplor sekitaran danau Toba. Tapi dua minggu sebelum keberangkatan kami dapat info ada temen yang mau eksplor Tangkahan, jadi dengan impulsifnya kami bilang untuk join ya kapan lagi kan bisa lihat gajah di hari ulang tahun. Kita berdua mikirnya wah seru ini jarang-jarang merayakan ulang tahun bareng gajah. 

Singkat cerita, setelah kami eksplor beberapa hari di sekitar danau Toba akhirnya kami kembali ke kota Medan sehari sebelum keberangkatan kami ke Tangkahan.

Hari H tib keberangkatan  kami cukup molor dari waktu yang disepakati. Setelah semua berkumpul kami pun berangkat menaiki jet bus yang bermuatan bisa sampai 14-16 orang tapi hanya diisi 7 penumpang dan 1 orang supir. Perjalanan dari kota medan menuju Tangkahan memakan waktu sekitar 4-5 jam. Sepanjang perjalanan didominasi perkebunan sawit. Kamipun tiba sekitar jam 3 sore.

Setelah check in kamar masing-masing kami berkumpul di aula untuk makan siang (yang terlambat). Mungkin karena masih dalam suasana pandemi, hanya ada rombongan kami dan 3 orang bule yang juga sedang menginap. Aku lupa nama penginapan yang kami tinggali. Selain penginapan yang kami inapi ada juga penginapan-penginapan lainnya yang memang dibangun khusus untuk para pengunjung yang mau menginap untuk menimati suasana asri di Tangkahan.

Jadwal selanjutnya setelah makan adalah trekking menuju sebuah air terjun. Sebelum berangkat kami menuju kamar terlebih dahulu untuk mengambil berganti pakaian, baru mau sampai kamar kami mendengar suara kerincingan dari kejauhan, cuek aku pikir suara sapi lewat. Ternyata ada gajah yang mau menyebrang sungai untuk kembali ke penangkarannya. 

Tanpa komando kami semua langsung  berlarian menuju sungai yang airnya sedang surut. Lalu agak jauh terlihat dua gajah kecil ditunggangi para mahout (pawang gajah) menuju ke arah kami. Wahh excited banget!

Setelah ijin dengan mahout, kamipun untuk berfoto-foto dengan gajah. Langsung kami bergiliran mengabadikan moment langka ini. Apalagi gajah enggak bisa lama-lama disuruh diam saja untuk pose, jadi kami semua harus bergerak cepat sebelum para gajah bete. Hehehe

Perlu diingat untuk foto bersama gajah kita tetap harus didampingi mahout, jadi mahout harus tetap duduk di atas gajah untuk mencegah apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Aku pribadi cukup deg-deg an saat mau foto dengan sang gajah. Apalagi pas gajah gerak-gerakin kupingnya, ternyata cukup sakit sabetannya. Hahaha. Tapi aku justru happy, karena itu aku anggap cara gajah menyapaku. Hehehe.

Setelah itu dua gajah itu pun menyebrangi sungai menuju penangkaran, tempat tinggal mereka. Lalu ketika kami akan pergi, eh tiba-tiba ada satu gajah besar datang lagi. Kali ini gajahnya jauh lebih besar dari dua gajah sebelumnya. Ah speechless. Biasanya cuma lihat di TV, sekarang dilihat secara langsung kagum sendiri.

Lagi-lagi kami minta ijin untuk berfoto. Ingat gak boleh lama-lama. Gajah kali ini namanya Teo, umurnya 32 tahun. Pas tahu umurnya 32 tahun aku dan kembaran heboh sendiri. Secara angka 32 itu tepat seperti umur kami. Wah entah kebetulan atau memang hanya kebetulan bisa pas sekali dengan angka pertambahan usia kami. Tepat deh disebut birthday trip!

Waktu semakin senja, selesai foto-foto kami kembali ke jadwal yang seharusnya yaitu trekking. Untungnya guide kami pengertian jadi dia memaklumi saja kami yang udik foto-foto bareng gajah. Hehehe.

Sekilas info, aku tuh lahir di Lampung tapi belum pernah sama sekali ke Way Kambas. Seumur-umur lihat gajah di Lampung itu cuma sekali itupun gajahnya lagi naik mobil gitu aja. Setelah melihat gajah di Tangkahan jadinya pengen lihat   gajah di Way Kambas. Haduh dulu bertahun-tahun tinggal di Lampung kemana aja sih! Tapi gapapa  target aja nanti ke Way Kambas sekalian prewed. Amin.

Demikianlah sekilas keseruan akan birthday trip kami. Sebenarnya ini bukan sebuah tradisi. Aku jadi terinspirasi punya wishlist untuk merayakan ultah di tempat baru setelah umur 28 di mana aku merayakan ultah dengan solo backpacker ke Nusa Penida, sejak itu rasanya seru aja punya sesuatu yang berbeda tiap merayakan ulang tahun. Enggak harus mahal yang penting sesuatu yang mungkin belum pernah aku lakukan.

Jadi apa wishlist kamu di Hari Ulang Tahunmu?

Happy Reading Segerakan Traveling (kalau sudah kondusif)


-MRS-







You May Also Like

40 komentar

  1. Ini ulang tahun di tahun ini...?
    Selamat ulang tahun yaa melati :D
    Aku juga pengen ke tangkahan. Apalagi kalau pas musim durian. Pasti lebih seru...hahahaha

    Aku gada rencana birthday trip. Belum pernah kepikiran juga sih. Kalau ulang tahun, biasanya lebih ingin menikmati suasana yang tenang dan bersahabat aja..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa ultah tahun ini dong, udah tua ya.hahaa.Nah kemarin pas ke sini durennya belum buah, hikss. Coba deh masvay sesekali beda bikin birthday trip kemana gitu...sapa tahu entar malah nagih...hehehe

      Hapus
    2. Tahun ini ulang tahun di kalimantan. Pas kerjaan...anggap saja itu birtday trip :D

      Hapus
  2. Happy belated birthday ya :)

    Ternyata lucu bisa pas gitu ya sama umur gajahnya..hehe..
    Haha.. kalo diizinin sama Tuhan gw pengen banget pas ultah lagi cobain pengalaman baru trip di kalimantan cz emg belom pernah dan cerita2 ttg kalimantan yg katanya "juicy"..hehe..
    Ada saran soal ini?..

    Btw, nice story!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ultah udah expired sis..hahaha. Aku kalimantan belum tahu banyak, tapi bisa dicoba tuh berenang bareng whaleshark di Talisayan atau duduk lihatin orang hutan ama ribuan kunang-kunang di Tanjung Puting aslii seru banget...

      Hapus
  3. Tangkahan memang Asik sekali ito, tapi perjalanan kesana yang sangat melelahkan, apalagi naik motor bikin patah pinggang,

    BTW Selamat Ulang Tahun ya Ito

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woww naik motor ke Tangkahannya to?asli pasti capek banget itu, wong yang naik mobil aja sampe bosen. Hehee..perasaan gak sampe-sampe...ultah aku udh lewat lama banget inimah....

      Hapus
  4. Kak Mel di Lampung kan juga ada gajah wkwk. Gua belom pernah ke Tangkahan nih, jadi pengen abis baca artikel lo. Thanks for sharing ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh Fir kamu asli lampung juga? Aku anak lampung tapi belum pernah ke Way Kambas, kemarin udah kepikiran buat cerita sekilas tapi malu, eh ya udah aku tambahin lah biar jadi agak panjang ini artikel..hehehe..wajib ke Tangkahan Fir, seru banget...

      Hapus
  5. Kak cheebin kiyowo yang cara berceritanya selalu hepi bikin orang yang baca menjadi hepi juga ������

    Semoga di umur sekarang semua yang dibutuhkan terpenuhi dan dikabulkan oleh Tuhan yaaa.. ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyatahh hahaha syukur kalau gitu...ultahnya udah lewat sih lama sis..tapi amin untuk doanya. Thank you

      Hapus
  6. Muka2 yg ikut trip familiar ya. Jadi ini birthday trip toh. Dulu gw pernah bikin plan birthday trip. Apa daya tiap birthday cuman di rumah doank, nggak bisa jalan karena beberapa hal seperti destinasi tutup, atau memang lagi bokek. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiyaaa...aku justru cuma kenal saru orang doang yang lain baru pertama kali ngetrip bareng. Hahaha...makanya biasanya beberapa bulan sebelum ultah udah diplanning mau kemana sihh...meski kadang suka impulsif juga....ya apa aja boleh yg penting ada moment bersejarah aja..hehehe....moga berhasil di birthday trip thun 2022 ya kohmin..

      Hapus
  7. gemes banget, aku jadi kepikiran kalau misal kebun binatang konsepnya kaya gini gimana ya, jadi berasa di habitat aslinya walaupun tetep dalam pengawasan hehe. Binatang selalu jadi bahan edukasi banget kalau ada di dalm kawasan wisata ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu agak susah kayaknya tergantung jenis binatangnya mungkin ya...apalagi kalau liat beberapa wisata binbon di Indonesia masih jauh dr kata layak. Malah kasihan hewannya...mending di alam bebas aja..kalau ini masuknya udah konservasi kayaknya...jd memang menjaga hewan yang udh ada di habitatnya aja.

      Hapus
  8. Sekitar 10 tahun lalu saya ke Tangkahan. Sejak dulu memang sudah banyak bule. Dulu saya sempat ikut feeding time nya Orang Utan. Kita diwanti2 banget supaya gak terlalu dekat, karena kalau lg sial, Orang Utan-nya bisa nyamperin. Kita gak boleh bawa makanan karena tercium dan mengundang Orang Utan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woww 10 tahun lalu aku belum kemana2...berarti dulu masih ada otannyanya...kemarin pas selusur hutan jarang liat otannya malah...pernah ngeliat feeding otan pas di tanjung puting, itupun cuma dikit otan yg keluar...belum beruntung..huhuhu

      Hapus
  9. Sejak 2016, aku juga selalu pergi ke luar kota untuk birthday trip. Biar ada suasana baru di hari yang spesial. Sayangnya, tahun lalu pas pandemi belum berani yang jauh-jauh, cuma bisa ke hutan mangrove di utara Jakarta. Pengen deh tahun ini pergi yang lebih jauh lagi, sekitaran Jawa juga gapapa kayak Jogja, Malang, atau ya minimal Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowww waktu mulai kita gak jauh beda ya sis...iyaa aku juga 2020 gak kemana2 sih karena pandemi cuma mau gimana lagi...wahh semoga terkabul bisa bikin birthday trip 2021 ya,wah Malang oke nihh...

      Hapus
  10. Aamiin. Semoga cepat reda corona, tidak ppkm lg.rindu travelling.

    Tangkahan, aku sering lihat di postnya nicholas saputra. Indah banget.

    Suatu saat kepingin ke sana, dan juga tanjung puting. Mau lihat otan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya Nicsap punya penginapan juga di sini...dan dia emank sering ke Tangkahan...pas kami ke sini dia jga dtg syg aja gak ketemu...huhuhu

      Hapus
  11. birthday wishlist, cuman pengen secangkir kopi hangat yang enak, udara dingin, pemndangan hijau berkabut dan internet hahahahah

    gue pernah tinggak di lampung, di daerah tambak udang, bratasena, jaman dulu gajah masih masuk ke perkampungan....gila itu serem banget hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku puluhan tahun tinggal di Lampung blm pernah ke Bratasema Mba..cupuu akutuh gak kemana2...iyaa kayaknya dulu di Lampung banyak gajah, sekarang udah jarang...

      Hapus
  12. wohoooo, aku sebetulnya juga punya wishlist b'day trip ke Aceh tau mbaaa, tapi belum terealisasi sampe sekarang huhuhuhu. Btw, kamu g cobain naik gajahnya kak? deg deg an banget sih mesti hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh semoga nanti tercapai ya Sis birthday trip ke Acehnya. Aku pribadi memang jaga utk gak naik gajahnya kasihan aja hehehe...tp selain itu karena pandemi memang lagi gak diijinkan naik ke punggung gajah. Tp biasanya diperbolehkan kog...

      Hapus
  13. Saengil chukhae, Ssaeem! Wuuu selalu ya kalau baca ceritamu pasti berasa seru. Btw, aku pribadi sekarang enggak excited sih kalau lihat gajah di penangkaran. Karena pernah lihat mahoutnya bawa tongkat ganco untuk mukul gajah kalau enggak nurut :'( Padahal gajah itu salah satu hewan yang emosional.

    Dan, pernah juga lihat gajah "harus" menunggangi pengunjung dari pagi sampai sore. Aku pernah baca susunan tulang belakang gajah terdiri dari tulang rawan, beda sama kuda. Pernah nonton juga di NatGeo kalau banyak dari mereka yang sering ditunggangi rawan kena nyeri sendi pas tua.

    Tapi semoga gajah-gajah di sana sehat-sehat yah.

    BalasHapus
  14. Wah seru banget kepikiran buat birthday trip kak, aku kayanya belum pernah kepikiran wkwkwk


    Btw aku juga baru dari Tangkahan beberapa bulan yang lalu. Sayang banget dikarenakan aturan pemerintah yang berubah-ubah kita ga bisa main air sama gajah

    BalasHapus
  15. Wish list aku di hari ulang tahun adalah beli barang yang dipengen, ya anggap aja hadiah untuk diri sendiri. Kaya tahun ini beli tas Ransel, casing hp dll buat kado diri sendiri 🤭

    BalasHapus
  16. Wow keren bgt setiap b'day bakalan punya cerita di destinasi berbeda. Kamu keren sekali Melati. 😍

    BalasHapus
  17. Tos kita kak. Temen-temen kantor heboh sendiri kalau menjelang my birthday. Mereka penasaran wishlist trip birthday saya... Hahaha. Btw saya belum pernah ke way kambas maupun tangkahan. Entah kapan masuk wishlist trip birthday saya....

    BalasHapus
  18. Kak, itu kembarannya beneran? Baru tau kalau punya kembaran deh haha.

    Asyik banget yaa ngetrip pas ulang tahun dan lebih serunya lagi sama kembaran jadi ada temannya. Gue mah paling suka ulang tahun di rumah aja streamingan wkwk

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Wahh tambah berkesan ya kak di hari ultahnya ditemenin sama gajah

    BalasHapus
  21. Selamat ulang tahun melati, kalo aku maunya sih tiap ulang tahun di Bali hahahahahahahaa.

    BalasHapus
  22. Asik banget dong birthday trip, saya belum pernah. Eh kirain tuh wisata gajah kaya gini di sumatera cuma ada di lampung, ternyata di Sumut juga ada toh yah.

    BalasHapus
  23. Jadi terinspirasi nih buat Adain birthday trip buat ultah tahun depan. Hehe. Terus unik lagi tempat destinasi kak Melati hehe

    BalasHapus
  24. Selamat ultah, Kak. Wish you all the best. Meski dah lewat ultahnya tapi doa ga pernah telat.
    Unik banget idenya, antimainstream, ultah bareng gajah...eh pas pula umurnya sama. Jadi ngeh kalau usia segitu gajah segede itu, kek si Teo ini. Semoga kesampaian ultah dan prewed di Way Kambas nanti biar bisa ketemu gajah lagi

    BalasHapus
  25. Aku kemarin liat ig story kak raya pas di sini. Seru banget main2 sama gajah.

    BalasHapus
  26. Seru banget ulang tahunnya. Btw aku suka ke distract pengen liat foto kamu dan kembaran kalo lg bacaaa. lucuuu dan seneng aja ngeliat yg kembar.

    BalasHapus
  27. Seru dan lucu banget kak ceritanyaaa...sukaaa������
    Aku ngakak loh waktu baca kena sabetan kuping gajah dan itu sakit..lah iya kupingnya lebar banget gitu ya...maapin aku yang udah ketawa ya�� tapi aku jadi inget pengalaman ke Way Kambas sama keluarga, adik sepupuku yang masih kecil kakinya diinjek sama anak gajah, sepupuku itu cuma meringis, tersenyum lalu tertawa, kami semua pun jadi ikut tertawa, konon kabarnya memang benar jika sang gajah ingin menyapa dan berkenalan.
    Wah, lebih surprise dan seru lagi ya, pas tahu umur gajahnya ternyata bisa samaan gitu ya, cocok! Jodoh dan rezeki banget yaaa memang..��
    Semoga bisa ke Way Kambas suatu hari nanti ya kak Raya yang lucu..bagus banget disana, bikin seneng juga terharu karena ini dan itu..aku waktu kesana ngerasain naik gajah, ah seru, suka dn berkesan sekali. Aku naiknya berdua tanteku, mamahku berdua budeku, dan kami semua terus saja tertawa kemelekekan sepanjang perjalanan, dari awal sampai akhir...hahaha...bahagia sekali...
    Ngomong2 wish list ultah..sampai sekarang sih belum juga kesampaian hehe..nah wish listku itu pengen banget bisa megang dan ngerasain salju langsung di negara bersalju bersama orang spesial..aku kepikiran dan pengen wish list itu karena ultahku di bulan desember..waktu pas salju turun kan hehe..do'akan semoga bisa terwujud ya, amin��
    Terimakasih untuk cerita tentang keseruan tripnya ya..��

    BalasHapus