Bukit Selong Sembalun Lawang: Bukit Lima Menit Sampai Puncak

by - 20.03

Hai Guys..
Anyyonghasimnikka!

Udah baca belum tentang petualangan saya di Lombok tentang keindahan Bukit Merese..nah kalo bukit Merese adalah bukit yang dikeliling oleh lautan..maka postingan saya kali ini akan membahas tentang perjalanan motor saya dan kakak saya menuju Bukit Selong Sembalun yang ada di desa  Sembalun Lawang...ya kalo ngomongin lawang Selong Sembalun maka kebanyakan orang langsung ngaitin ke Gunung Rinjani...karena memang jaraknya yang berdekatan. Ahhh saya sih pengen banget kesana...tapi berhubung belum punya peralatan yang dibutuhkan untuk naek gunung dan kekuatan fisik yang baik,,,saya belum siap untuk daki gunung Rinjani..sebenernya bisa aja sihh asal dana cukup,,tapi kalo ke Rinjani butuh dana yang ga sedikit guys...secara saya pengen pake porter..hehehhee..

Kembali ke topik awal...karena letaknya yang cukup jauh dari ibukota NTB alias Mataram..maka beneran dehh harus pake niat dan fisik yang kuat kalo mau ke tempat ini dari Mataram...sebenernya ada dua jalur untuk menuju Sembalun dari Mataram..bisa lewat Lombok Tengah dan Lombok Utara...nah saran temen saya sih kemarin suruh lewat jalur LLombok Tengah..soalnys udah lebih banyak mobil yang lewat..sedangkan jalur lombok Utara masih sepi..sebenernya ini alasan keselamatan aja sih..soalnya kan saya cuma dengan kakak saya berdua dan cewek jadi cari jalur yang lebih aman..kalo emank rombongan, jalur Lombok Utara mungkin bisa jadi pilihan..soalnya nanti sepanjang jalan bisa disuguhi pemandangan lautan..jadi terserah mana enaknya sih..soalnya kalo ga salah waktu tempuh sama aja sih sekitar 3-4 jam dari Mataram.

Oke dehhh kita mulai dari awal perjalanan kami berdua..karena sebelumnya saya dan kakak saya abis pergi explore pantai di Lombok Tengah,..maka pagi itu kami berangkat agak siang...kelar siap-siap jam 8 pagi,,kami sarapan dulu sampe jam 8.30..nah pas sarapan ini kami sihh iseng aja nanya jalur menuju ke bukit Selong...kata si ibu penjualnya masih jauh banget...dan harus hati-hati soalnya kemarin ada yang meninggal gegara kena longsoran. Hadeuuh dalam hati saya agak ciut..serem amat belum apa-apa udah dapat kabar beginian aja..tapi perjalanan tetep kudu diterusin dong. So perjalanan dimulai dengan banyak-banyak berdoa...rutenya  sih lurus aja dari kota Mataram...oh ya nanti jangan tertipu kalo ada tulisan Selong di papan penunjuk arah..memang sih namanya sama..tapi beda banget tempatnya...jadi patokannya adalah Sembalun atau Rinjani..(yeeeeeyyy ada rinjani-rinjaninya gimana gitu..wkwkwk) pokoknya ikutin jalur Rinjani aja udah bener dan karena baru ngeh..kita sepanjang jalan sering berhenti untuk nanya...hahahhaa..ya mau gimana lagi,,namanya juga first time..hehehheh

Nahh nanti kita bakalan masuk kawasan Rinjani...kalo udah masuk situ berarti udah bener secara ada plang besar gitu..tapi saya ga ada fotonya..secara saya yang bawa motor...hehhehe....nah kalo udah lama masuk kawasan ini..nantinya kita bakalan disuguhi pemandangan yang cihuy..ya emank sekedar pohon disisi kedua jalan..tapi entah kenapa saya paling suka sama yang beginian dehh..so kami berdua pun berhenti sejenak untuk mengabadikan hal tersebut. Di daerah sini jalannnya sih memang aspal..tapi banyak tikungannya..jadi kudu banget ati-ati dan fokus..tapi fokus saya sering terganggu gegara seneng campur serem liat monyet berkeliaran sepanjang jalan..wahh beneran dehh monyet-monyet disini makmur banget secara badannya gendut-gendut semua..seneng dehh liatnya beda banget sama monyet yang saya liat waktu ke Gua Kreo Semarang yang kurus-kurus banget ga keurus.

kira-kira kakak sekalian partner in crime ini lagi ngelamunin apaan ya?

Berasa jalan sendiri dahh kalo gini..mau tiduran sampe gulingan juga ga ada yang ngelarang.

woowwww...bebas banget pokoknya mau ngapain aja disini..hahahaa

jangan pernah lupakan si emak yang udah rela menderita bawa saya kemana-mana...so harus banget dia tampil..hehhehehee

Setelah parkir...dan waktu itu cuma ada motor kita doang..padahal sekitar jam 12 an loh..wahh jadi mikir apa ini tempat ga terlalu bagus..kog sepi banget...udah gitu kayak ga keurus gitu tempatnya..tapi ya udahlah yang penting udah pernah kesini..hehehe...so ga jauh dari tempat parkir ada tempat penjualan tiket..tiketnya Rp. 5.000/ orang dah include parkir..murah banget ya...oh ya ini juga sekalian bisa masuk ke rumah tradisional Kampung Beleq yang persis ada di sebelah kiri dari tempat penjualan tiket.

tumben banget saya alplod tiket masuk..hahaa...abis biasanya males moto beginian. Hehhehe

berasa ada dimana gitu pas jepret diantara taman bambu ini...it's so cool.

ada yang tahu saya lagi liatin apa hayooo..

Maapkan saya yang norak banget pas liat taman-taman bambu yang indah banget ditempat parkir. Saya langsung foto sebanyak-banyaknya..hahahaha..abisnya menurut saya ini keren banget..entah kenapa pohon bambu menjadi salah satu pohon yang saya sukai juga..mungkin efek pernah liat tayangan di TV tentang filosofinya pohon bambu kali ya...jadi seneng banget liat pohon bambu..udah gitu pohon bambu juga memang selalu mengingatkan saya akan kota kelahiran saya..yaitu pringsewu yang artinya 1000 bambu...ahh jadi kangen tanah kelahiran lampung..hehhehehe

jangan tanya kenapa ga ada foto kakak saya dengan para bambu..soalnya dia males and mikir ini spot biasa aja...ya saya yang pecinta pohon bisa apa selain minta difotoin..hehehhee

sebenernya foto ini diambil pas lagi gerimisan mau menuju parkir..disempet-sempetin banget dahh..hahaha

Perasaan lega banget pas akhirnya sampe juga dijalanan yang datar and lurus-lurus aja...berasa bebas dari ketakutan gitu...cuma saya mikirin..aduhh gimana nanti pas baliknya..karena menurut saya menurun itu lebih serem daripada nanjak..tapi biar lahh itu jadi ketakutan nanti...sekarang happy aja dulu...nahh gegara emang tulisan  "Bukit Selong" dipinggir jalannya itu kecil banget..kami sempet nyasar juga..hahhaa..akhirnya ambil arah balik lagi dan serius banget liatin plang jalan di pinggir jalan dan ketemu dehh..jarak dari pinggir jalan besar ke tempat penjualan tiket ga terlalu jauh kog....dan pertama masuk kita bakalan disuguhi taman-taman bambu keren....ahhh tempat parkirnya aja udah keren banget..hehehhee.

asik kan kalo daki ada tangganya gini....mana pendek banget lagii...bukit Selong i'm coming.

manyun banget kakak kesayangan ini..aya naon atuh?

gaya andalan banget...tapi kog saya berasa mirip cowgirl ketimbang traveller ya disini..hehhehee

aku adalah anak gembala..selalu riang serta gembira.

Sesuai dengan julukannya sebagai "bukit 5 menit sampe puncak"  emank ga butuh waktu dan tenaga ekstra untuk sampe di Bukit Selong...karena emank udah ada tangga naek yang memudahkan banget untuk kita daki..(entah kenapa jadi keinget bukit-bukit di Korea, yang katanya emank selalu disediain tangga buatan maupun alam..jadi mudah banget untuk didaki..). Pas udah sampe di atas..wahhh perasaan haru dateng...hehhehee..gimana ga terharu akhirnya gambar yang selama ini cuma bisa saya liat dari postingan orang di IG bisa saya liat langsung dengan mata kepala saya..ahh langsung dehh jiwa model keluar lagi...hahhahaha.

ahhh coba ada coconut campur es disini..pasti syahduuu..duuu..duuuu

hemmmm....gimana kalo tetiba saya menghilang? tuinnggg

kakak yang mukanya lebih imut dari saya..hemmm

ekspresi kamu ga punya kerja, ga punya duit dan ga punya pacar tapi bisa jalan-jalan.

Tuhan kirimkanlah aku...kekasih yang baik hati...ga ketinggalan dong ulos batak..hehehhe.

Selain jalanan yang berliku-liku..karna memang dihutan yang sepi jadinya memang agak berasa horror gimana gitu..hahahaa...lah wong sepi banget....jadi pas ada orang lewat rasanya senang sekali..ehehhee....kelar foto-foto kami pun melanjutkan perjalanan...ga lama kami tiba di Pusuk Sembalun...ini juga sebenernya jadi salah satu tempat wisata..tapi berhubung kami tujuan awal adalah bukit Selong..jadi kami belum mampir dulu,..mikirnya nanti aja pas jalan balik...selain itu karena memang lokasinya yang agak serem..yaitu di pinggir jalanan yang menikung abis..jadi saya agak takut pas mau berhenti. Oh ya sebelum kami sampe sini..kami harus melewati pinggiran tebing yang abis kena longsor loh...wahh jadi keingetan kata ibu yang jualan nasi. Jadi emank daerah sini tuh rawan banget longsor..apalagi masuk musim penghujan...ya udah cuma bisa pasrah dan berdoa aja sepanjang jalan.

Di hadapan bukit Selong ini sebenernya adalah bukit Pergasingan...awalnya saya mau kesini...tapi berhubung ketinggiannya yang ga kira-kira jadi saya ganti aja ke bukit Selong yang lebih rendah..hehehhe. Di samping kiri bukit Selong terdapat sebuah kampung adat masyarakat Sembalun yang disebut kampung Beleq. Rumah tradisional  ini merupakan objek wisata yang ga luput dari perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah katanya tujuh rumah yang ada disini ternyata merupakan cikal bakal berkembangnya masyarakat di Sembalun.

foto dengan background rumah adat Beleq

no..kita turun ke bawah yukk.

what's a beautiful traditional village!

Sebenernya saya dan kakak saya mau kesini,,rencananya abis kelar explore di atas bukit Selong....ehhh malah ga jadi soalnya hujan keburu dateng...hemm sayang banget..tapi untungnya dapet gambar dari atas jadi ga terlalu kecewa deh. ya walaupun saya udah bayangin pas dari atas..wahh keren kegnya foto di antara rumah-rumah tradisional itu ya...pokoknya harus nanti pas turun foto..ahhh tapi gagal. Hiksss..

ya even ga bisa foto dibawah...paling ga ada fotonya dari atas.

ekspresi apa ini...mungkin pusing mikirin tagihan yang dateng bertubi-tubi.

Kelar foto-foto di spot ini kami berdua pun naek ke spot satunya yang berbentuk bintang...sebenernya katanya sih bakalan sama aja pemandangan foto yang di dapet..tapi masak udah jauh-jauh ga sekalian diliat..lagipula energi saya masih banyak banget..hahhaa..secara saya emank suka jalan...so kami pun mendaki lagi ke spot sebelahnya yang memang lebih tinggi dari spot sebelumnya. Oh iya sebenernya di hadapan spot bintang ada spot satu lagi..tapi berhubung kakak saya dah capek..jadi cuma foto di spot bintang aja...ya udah saya cuma ambil viewnya ..ya yang penting kan udah tahu...hehhehehe. oh ya sayangnya pas lagi naek kesini langit semakin mendung aja..jadi gelap deh fotonya..tapi gpp..yang penting ada fotonya..atau ini pertanda harus kesini lagi..hahhaha.

view dari spot yang ketiga..sayang banget langitnya udah gelap.

pohon aja sendirian, masak saya harus couplean..lohh

Apa sih yang istimewa dari Bukit Selong Sembalun Lawang...sebenernya sihh cuma petakan sawah warna warni yang kayak karpet digelar gitu..untuk sebagian orang hal kayak gini biasa aja...tapi pasti tetep beda suasananya dong..apalagi ditemani semilir angin pegunungan..ahhh indah pokoknya..jadi meskipun saya harus bawa motor sampe sekitar 8 jam untuk PP saya ga nyesel dapet pemandangan seindah ini.

sesekali boleh dong gaya sok imut...karena gaya sok cantik ga bakalan kesampean dengan muka saya yang serba standar ini..hahhaha

ada yang kurang...apa itu?? ahh mungkin mempelai lelakinya..wkwkkwkkw (mudah-mudahan kakak saya ga baca kepshen ini...)

Katanya gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang...eh langit deng ya....
gaya ngambek ala-ala...secara kami harus bolak-balik manjat buat bisa foto ginian..hahaha

Lagi asik jepret-jepret ..eh gerimis mengundang ...kamipun berteduh dulu dibawah spot bintang sembari nunggu ujan kelar...untungnya cuma gerimis sihh..dan berhubung ga terang-terang..kami poto sambil ujan-ujanan dehhh...puas foto dari setiap angle kami pun balik dan udah agak terang..ehh pas mau turun gerimis dateng lagi....ya pasrah dehh ujan2an ampe bawah...nah pas sampe di tempat penjualan tiket kami dipanggil kirain kenapa..ehh ternyata mereka baik banget lohhh nyimpenin helm dan jaket yang tadi kita taroh di motor..wahh ketolong banget....dan ga nyangka mereka se-care itu ya....wahhh salut lahh. Coba mereka cuek aja..basah dehh itu helm dan jaket.

Kami berdua pun berlarian ke tempat parkir..tapi saya tetp minta fotoin dulu ama kakak saya di antara taman bambu..hahhaa..aesnya kita balik ternyata hujan bukannya mereda justru semakin deres..ahhh ga ujan aja saya udah ngeri ngelewatin jalannya...ehh malahh pake hujan. So rencana kami yang mau mampir di Pusuk Sembalun kami batalkan..padahal viewnya juga keren loohh..tapi berhubung hujan dan saya juga takut kemaleman kalo lewatin hutannya so kami lanjut jalan aja..ya sebenernya bukan kemaleman sih...karena baru jjam 2 siang..tapi langitnya udah gelapa ake banget jadi kesannya udah mau malem aja...lagipula bayangin harus ngelewatin hutan gelap yang panjang banget jadi harus sesegera mungkin pulang kandang. Hehhehee.

Seperti yang kalian tahu..saking ngerinya ngelewatin jalan yang berliku-liku dengan turunan yang ga kira-kira nukiknya, mana banyak banget tikungan tajamnya..(beneran dehh ini jalan nikungnya ga kira-kira..) so sepanjang jalan saya berdoa terus...ya secara jalanan lebih licin,  ditambah harus hujan-hujanan juga..kedinginan ahh lengkap sudah penderitaan..hahhahaa....tapi setelah bebas dari itu semua saya merasa bersyukur dan bahagia. Hemmm...ini ne yang juga bikin iman nambah..karena kita ga pernah apa yang akan terjadi dengan alam. Jadi berdoa adalah satu-satunya harapan saya. Agak lebay ya..tapi itu worth it loh.  Hehehhee.

So pesen saya,,kalo emank kalian ada rencana mau maen ke Lombok....masukin Bukit Selong sebagai salah satu daerah wisata yang kalian tuju itu wajib banget,,,atau kalo mau yang lebih tinggi sekalian bukit Pergasingan..hehehee... yang pasti saran saya...selalu sehat kalo lagi berpergian dan banyak berdoa kalo bawa kendaraan..jadinya liburan beneran jadi liburan. BTW sebenernya foto saya ada banyak banget...tapi takut di demo..hahahhaa....oh ya please like and leave komment dibawah ya biar semangat terus jalan-jalannya..ehh nulisnya..hehhehe..love you all. Happy Reading. Happy Travelling. awas itu mulai ngences..hhehehhe.

With Love,

MRS

Remind Again...

P.S: Untuk yang pengen ke Lombok tapi bingung mengenai masalah akomodasi disana, seperti penginapan, transportasi, guide dan lain sebagainya..bisa hubungin saya lewat WA di 081386037117..soalnya temen saya suaminya driver yang kerja di salah satu penyedia wisata tour disana..so jangan sungkan nanya..tapi cuma dilayani by WA ya..thanks oh kalo ga bisa leave koment dibawah ya...thanks all.