Taman Nasional Baluran: Padang Savana Tanah Jawa Rasa Afrika

by - 18.46

Hai Guys...
Anyyonghasimnikka!

Kira-kira apa yang kalian ingat ketika denger kata padang savana...biasanya bakalan langsung mikirin benua Afrika deh...hehehehe..ya secara benua Afrika terkenal banget dengan luasnya padang savana yang terhampar dimana-mana..ya sebagai benua yang memang terkenal akan teriknya matahari....padang savana adalah hal yang bakalan sering diliat kalo lagi berkunjung kesana..(ahh sok tahu banget ya saya...macam udah pernah kesana..padahal cuma liat dari google doang..wkwkwk). Kenapa sih ngomongin tentang benua Afrika? ya soalnya bahasan saya kali ini adalah Taman Nasional Baluran..yang terkenal dengan julukan "Padang Afrikanya Indonesia". Nama Baluran sendiri berasal dari nama gunung yang menjadi latar belakang padang savana bekol.

Sebenernya waktu saya lagi pergi ke Bali pas bulan April 2017 lalu..saya memasukkan baluran sebagai salah satu tempat yang saya kunjungi...tapi berhubung satu dan lain hal akhirnya gagal deh..hehhee....but tenang aja..emank dasar jodoh ga bakalan kemana..saya akhirnya beroleh kesempatan untuk bisa dateng ke Baluran..yupss setelah malem harinya saya dan kakak saya abis mendaki Kawah  Ijen..paginya seturun dari Kawah Ijen..kamipun melajukan si emak ke arah Situbondo..yang kira-kira kurleb 2 jam dari arah banyuwangi...ya berhubung kami belum sarapan..kami pun sarapan terlebih dahulu dan istirahat agak lama..ya secara badan kami juga udah lelah banget..hehhee...so setelah makan dan istirahat sejenak kami melanjutkan perjalanan sekitar jam 11 siang dan sampe di Taman nasional Baluran sekitar jam 1 siang. Rutenya sih mudah banget kalo dari arah banyuwangi...cuma tinggal lurus aja..ga usah belok-belok....ngikutin jalan..nanti pas udah masuk di Situbondo ga ja udah ada plangnya yang besar di sebelah kanan dari arah banyuwangi.

Sesampenya di penjualan tiket kami pun membeli tiket yang harganya 15 ribu/ orang..nah berhubung kami bawa barang yang cukup banyak..kami pun menitipkan di pos satpam..ya soalnya mikir..nanti barang kami kotor and bikin susah..hehhehe. perjalanan kamipun dimulai..dan penderitaan dimulai..hahahhaa..serius ini menderita banget...gimana ga menderita coba...kami harus melewati jalanan yang rusak parah...cuma campuran tanah dan batuan plus banyak kubangan air...hadeeuuhhhh,,kalo motornya ga matic sih mungkin ga terlalu berasa hentakannya...ya ini pake matic jadi kami menderita banget...udah gitu saya harus pinter-pinter pilih jalan yang bagus diantara jalanan yang rusak semua...dan semua jalan jelek semua...huuffttt.

Saking jeleknya jalanan..kakak saya sampe nanya ini sih apa yang mau diliat..dan kayak kesel gitu kesannya..ya saya yang udah capek juga malah jadi kesel juga...secara itu udah penuh perjuangan banget bawa motor dengan kondisi jalan yang ga bisa disebut dengan kata-kata....dan akhirnya sepanjang perjalanan kami diem-dieman aja...bayangin udah jalannya jelek banget ehh ditambah suasana hati yang juga jelek...hadeeuuhhh. sepanjang perjalanan sebenernya ada beberapa spot yang cukup bagus untuk difoto...tetapi saya jalan terus dulu..soalnya mikirnya kan yang penting tahu savana Bekol itu keg mana dulu...dan bayangin sebenernya jaraknya mungkin cuma sekitar 15 Km..tapi itu berasa ratusan kilometer saking jeleknya jalan...argghhh pengen nangis.

Setelah perjalanan yang penuh perjuangan akhirnya kami pun sampe di Savana Bekol....berhubung udah ga ada tenaga dan terlalu capek kamipun ga terlalu semangat buat explore..dan hanya ambil foto seadanya..mana langitnya juga mendung,,..ahhh jadi agak nyesel saya ke sini...tapi ya udahlah ya...prinsip " yang penting udah tahu" selalu jadi andalan..hahahhaa. Oh ya...sebenernya ekspektasi saya kesini itu bisa liat kumpulan rusa yang lagi cari makan di padang rumput gitu...tapi saya belum beruntung karena ga berhasil liat satupun rusa..yang kami liat justru monyet-monyet yang nakal dimana-mana..hahaha...bahkan motor saya sempet diserang segera setelah diparkirkan..hahahhaa.

Berhubung  suasananya lagi ga enak banget dan karena capek serta menurut kakak saya tempatnya biasa aja so kakak saya milih untuk ga foto sama sekali..ahhh parah banget kan kakak saya..kalo emank menurut dia ga oke dia mahh ga bakalan ambil foto..lahh kalo saya mahh mau bagus atau biasa aja tetep kudu foto,,,ya biar ada barang bukti..no hoax..wkwkkw. Serasa belum cukup semua penderitaan yang ada..bahkan langitpun nampak mendung so bikin semuanya keliatan gelap...ya emank ga pas sihh kalo pilih jalan-jalan pas lagi musim penghujan ya...mendung itu bikin langit jadi muram...tapi ya udahlah ya...jiwa model tetep harus dipenuhi..hahaha. so even hasilnya gelap saya tetap aja foto dengan banyak gaya di spot itu-itu aja..hahahaha.

Setelah kami mengeksplore sebentar savana Bekol kami pun memutuskan untuk pulang...saya urungkan niat untuk pergi ke Pantai Bama..karena saya kuatir jalanannya juga rusak parah..sedangkan saya udah capek banget..hahaha....padahal sebelumnya saya mikir mau ambil foto yang banyak banget...tapi mungkin emank timingnya ga tepat kali ya..hehhehe..ya akhirnya kami pun pulang. Nah dalam perjalanan pulang ga cukup cuma dapet jalanan yang jelek,..ban motor saya pun kempes...alamaakkk..penderitaan apa lagi ini...hadeuuhhh alamat dehh kakak saya harus turun dan jalan kaki...dan saya mencoba meneruskan perjalanan dengan sisa-sisa angin di ban..huufftt...

Dalam perjalanan pulang sembari nungguin kakak saya yang masih dibelakang..sebenernya saya mau ambil foto karena ada spot yang keren banget gitu..ehh ternyata kameranya masih dibawa kakak saya..yaa ga jadii dehh...setelah cukup lama nunggu ehh ternyata kakak saya dapet tebengan motor...Puji Tuhan dehh....ya tapi akhirnya saya ga jadi foto-foto..(nasibbb dahhh)..akhirnya saya melanjutkan perjalanan dengan sisa-sisa harapan yang ada....iihhhh beneran berasa apes banget dan sedih banget..tapi ya udahlah ya masak iya perjalanan selalu beruntung.

Untungnya sesampenya di tiket masuk..dikasih tahu lokasi bengkel terdekat dan langsung cus...ehh ternyata udah tutup...terus ditunjukin bengkel lain..ehh tutup juga...untungnya pas ke bengkel ketiga ternyata masih buka..Thanks God..ga kebayang dehh gimana kalo sampe ga ada yang bisa nambal ban tubbles si emak....Kelar ditambal pun saya dan kakak saya melanjutkan perjalanan menuju iba Jember. ahhh entah kenapa hari itu terasa berat....tapi masih bisa berjalan dengan selamat dan tiba di Jember dengan selamat udah bikin kami bersyukur banget. ahh Baluran..mungkin lain kali saya harus ke sini lagi..tapi pake hard top ya..hahahha...