Taman Miniatur Dunia (Small World) Purwokerto: Keliling Dunia dalam Sehari

by - 22.37

Hai Guys,
How's Your Life?

Masih dalam suasana liburan, jalan-jalan adalah salah satu hal yang wajib banget dilakukan..pengennya sih kalo banyak duit bisa jalan-jalan keluar negeri, jadi bisa ngerasain salju yang turun dan liat gemerlapan lampu kelap-kelip di malam hari..tapi itu cuma impian doang..belum adanya duit yang cukup bikin hal tersebut belum bisa direalisasikan..hemmm terus gimana dong..ehh tenang aja...karena ternyata ga perlu jauh dan mahal untuk bisa keliling dunia, what? kog bisa? iya bisa banget dong. Hehhehe. 

Oke berhubung belum ada uang yang cukup tapi saya pengen banget keliling dunia, maka saya pergi ke Small World yang ada di Purwokerto, dari namanya aja udah ketahuan dong? yupss bener banget, jadi ini semacam miniatur dunia yang diwakilkan dengan icon-icon dari masing-masing negara. Wahh keren banget dong? ya iyalahh..secara in mungkin baru satu-satunya di Indonesia..hehehe..ya selain Museum Angkot yang keren banget... Small World juga ga kalah keren kog, untuk sekedar pengenalan kita akan icon-icon negara tetangga sebelum kita berkunjung kesana..

Nah liburan kali ini masih saya abiskan dengan sodara..ya masak iya mau sendiri mulu,,ga asik banget...tahun baruan itu moment yang pas banget untuk diabisin bareng keluarga,,secara bisa kumpul semua...hehhee... Nah perjalanan kami lakukan masih pake motor...entah kapan kami punya mobil..dan saya karena abang saya ga tahu tempatnya..dia yang bonceng mamak saya akhirnya kesasar..hahaha..jadi nungguin dulu dehh. wkwkkwkw

Sesampainya di tempat kami parkir dan membeli tiket masuk, dan ternyata orang udah banyak banget di dalam..ya iya lah secara liburan getoohh..oh ya FYI ini kali ketiga saya kesini dan ternyata banyak banget tempat baru yang dibangun..jadi even udah tiga kali kesini saya tetep ga bosen malah seru datengin tempat-tempat ketjeh yang baru. Oke langsung cuss aja dehh liat keseruan kami mengelilingi dunia dalam waktu satu hari.

udah tahu dong kita lagi di negara apa?

Yang saya sesalkan adalah...kenapa kami ga kepikiran buat pake baju kompakan gitu ya ala-ala dress code..karena ternyata hasilnya kami terliat kucel semua..hahaha. Emank ya liburan itu kudu diniatin, baik dari segi penampilan dan lain-lain. hehehhe. Saking ga ada gambar yang sreg saya sampe bingung mau taro foto yang mana as cover. wkwkkwkw.


Lele dan oppung

arigato...ohayo gozaimasu?

Latarnya sih jepang..tapi stylenya korea..wkwkkw

Oke kira-kira ada icon negara dari mana aja sih yang ada Taman Miniatur Dunia ini sampe bisa disebut sebagai small world? well, setelah melihat dan keliling sana-sini dan itu pun ga semua icon berhubung udah capek, menurut saya sih wajar dan tepat banget tempat ini dinamai taman miniatur dunia atau small world..hemm kita mulai dari mana ya..oke kita pisahkan secara benua aja ya..coba kita liat apa yang saya ingat..hehehhee

1. Benua Asia: Ada Malaysia dengan Twin Towernya, rumah khas bergaya jepang dilengkapi dengan bunga sakura, India dengan kisah romantisnya Taj Mahal, Indonesia dengan Monasnya jangan ketinggalan dong, negara kaya Singapura dengan patung Merlionnya, atau mau liat gedung tertinggi dunia Burj Khalifa yang ada di Dubai? dan masih banyak lainnya. Cek sendiri dehh langsung kesini ya..hehehee

2. Benua Afrika: Siapa sih yang ga pengin didepan makamnya para raja Fir'aun yang dimummykan dalam piramida megah, 

3. Benua Australia: Kalo inget negara Australia, maka apa sih yang terlintas di kepala kita? yups bener banget Gedung Opera Sidney deh yang langsung disebut.

4. Benua Eropa: wahh udah sampe eropahh aja...udah tahu dong mau kemana? ke negera romantis sedunia Perancis yang terkenal dengan Eiffel Towernya, atau mampir ke negara Pizza italia dengan Menara Pisanya, ga ketinggalan warna-warni indah bunga tulip dengan suara kincir  yang melengkapi pemandangan indah negara Belanda, dan masih banyak lainnya.

5. Benua Amerika, langsung cuss dong ke kediamannya Presiden yang sering banget dijadiin salah satu lokasi syuting favorit untuk ceritain kehidupan presiden dengan segala kesibukannya di White House.

Selain negara-negara diatas, masih banyak banget yang belum saya uraikan...masak iya mau dibocorin semua...ga suprise dong..oh ya bahkan untuk melengkapinya biar seolah-olah beneran ada di negara tersebut, ada stand untuk rental baju tradisional negara tertentu, seperti Korea dengan Hanboknya dan Jepang dengan Kimononya...yang dibanderol dengan harga mulai dari 25.000 ribu - 40.000ribu rupiah disesuaikan dengan ukuran anak-anak atau dewasa. Ah lengkap sudah liburan ala-ala syahrini kalo gini mah...wkkwkwk.

Keliatannya saya pinter banget ya bisa jabarin semua satu-satu..hahahaa..tenang aja...kalo memang belum tahu...nanti di sebelah miniatur icon negaranya ada plang keterangannya kog..jadi ga bakalan bingung ini icon namanya apa dan mewakali negara mana...jadi tambah ilmu kan..Yeeeayyy.

udah ketjeh belum gaya keluarga sihotang ini

bebas dahh mau gaya apa aja..kalo orang batak bilang "suka-suka kau lah"

mere..mere..acha..acha..

helloww..now we are in London..

Selain negara-negara di luar negeri yang bisa dikunjungi, kita juga bisa banget nikmatin alam Indonesia sendiri, gimana caranya? ya apalagi kalo bukan gunung Slamet yang jadi latar belakangnya..terus hijaunya sawah yang  membentang dan adanya taman bunga indah disini bikin kita bakalan betah dan berlama-lama disini. Sesuai dengan kebutuhan people zaman now ada banyak banget spot yang disediakan disini, kuncinya mah cuma satu yaitu harus sabar dan rela antri nungguin pengunjung lain yang foto. But tenang aja kesabaran kita tersebut bakalan sebanding kog dengan foto yang bakalan instagrammable sekali. Hehehee.

Paris Van Java Tengah

Eiffel, We are In Love


Hola Holand...

bingung bahasa mesir keg mana..hahahhaha

APA AJA YANG BISA DILAKUKAN DISINI?


Sebenernya pertanyaan ini ga perlu ditanyakan ya...hahaha..ya secara bakalan banyak banget hal yang bisa kamu lakukan disini. Oke Kita pisahkan berdasarkan status ya..hahahhaa.

1. Untuk para JOMBLO seperti saya..kalian bisa banget masuk dan mulai dari merenungi nasib, dapet ide, cari gebetan, jadian terus prawedding deh..semua bisa dilakuin disini. Apesnya udah merenung berjam-jam dan ternyata ga dapet pacar juga, well kamu bisa foto-foto keren dan mulai berfikir untuk keliling dunia beneran dengan foto-foto tersebut sebagai motivator.

2. Untuk Para COUPLE, bisa mulai dengan foto-foto indah ala-ala drama korea, atau bisa duduk-duduk manis di taman cantik, di becak dll. Bisa juga kalo mau bikin video nyanyi-nyanyi dan joget-joget ala-ala India apa aja dehh yang penting tetep inget batasannya dan liat sekeliling, jangan kayak kemarin pasangan yang saya asik lama banget nongkrong di salah satu delman cantik gak pergi-pergi padahal keponakan saya pengen banget foto disitu..ihh ini sihh ga tahu tempat banget. huufft.

3. Untuk Para KELUARGA, wahh seru banget ne pastinya..bisa banget kompakan pake dress code tertentu, dan foto keluarga dengan gaya yang kreatif..ahh pastinya bakalan jadi moment yang unforgetable banget.

4. Untuk para ANAK-ANAK, puas keliling dan lari-lari ada beberapa taman bermain yang juga disediakan, mau mandi bola atau sekedar main perosotan bisa banget..udah gitu bisa ketemu temen-temen baru, bakalan bikin anak-anak jauh dari smartphonenya dan merangsang motorik mereka lebih baik.

Ya intinya siapa aja bisa melakukan banyak hal positif disini..bahkan bisa sekalian belajar..karena kemarin keponakan saya juga saya tanya-tanya tentang negara-negara yang kami kunjungi dan dia jadi belajar secara nyata tentang negara-negara tersebut..jadi ga cuma liburan tapi juga dapet pengetahuan dong.

pokoke dimana-mana foto..hahahhaha

hayo ada yag tahu, ini icon dari negara mana?

berharap banget bisa ke negara yang kaya raya ini..ahhh Dubai when will i go there?

APA AJA YANG DIBUTUHIN KALO KESINI?

Sebenernya orang berbeda-beda sih dalam style liburan, ada yang simple ada yang rempong. Ada yang mau eksis atau yang beneran pengen refreshing, sah-sah aja sihh apapun tujuan dan caranya. Nah berdasarkan pengalaman dua kali kesini saya ada beberapa tips ne barang apa aja yang perlu dibawa kalo pergi ke dan ini kurang lebih sama sih dengan perlengkapan yang saya bawa saat berkunjung ke Taman Bunga Kutabawa karena memang daerah Purwokerto memiliki cuaca dan suasana yang sama, ya sama-sama daerah pegunungan. Oke Let's check it!

1. Kamera Hape/ Mirrorless atau apapun dehh yang bisa kalian pake untuk mengabadikan setiap moment yang ada.
2. Topi, emank sihh udarannya seger, tapi yang namanya panas yang tetep menyengat. Lagipula bisa buat aksesoris kepala kamu.
3. Payung, karena memang daerah pegunungan, disini lebih sering ujan daripada panasnya. hehehhe
4. Kacamata, kegnya benda wajib deh, oke dehh ga panas, tapi itu kan bisa bikin penampilan kalian lebih ketjeh.
5. Kain penutup/ jaket, karena memang disini pasti dingin pas lagi ujan..wkwkwkkkw..so untuk kalian-kalian yang ga tahan dingin wajib banget pake jaket.


6. Isi masing-masing ya guys..sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

mungkin karena ga pernah naek becak ..setiap liat spot becak si lele langsung minta difoto.

cantik-cantik kan spotnya..semuanya dari benda yang sederhana tapi dihias dengan amat cantik.

BAGAIMANA BISA SAMPE KE SINI?


Buat kalian yang bukan warga sekitar Purwokerto pasti belum tahu Taman Miniatur Dunia (Small World) ini ada dimana, lokasi tepatnya adalah di  jalan Baturaden Km. 25 nomor 270 Ketenger. Karena memang berada di lokasi yang strategis banget, ga akan susah untuk bisa sampe ketempat ini...dari arah Purwokerto langsung cari arah yang ke Baturaden, nanti dipertigaan besar sebelum masuk Baturaden bisa ambil arah Ketenger dan tingggal mengikuti jalan saya maka nanti dikanan jalan sudah ada plangnya. terlebih dijaman yang canggih ini cukup dengan memakai google maps juga bisa.

ini kenapa pada gak fokus kamera ya..

negeri di atas pelangi

kembaran tersayang dengan emak batak

hahahhaa...selalu ngakak kalo liat mamak ku ini..expresinya ga ada yang bener..hahahhaa


HARGA TIKET MASUK

Okee untuk bisa berkunjung ke semua tempat kita cuma sekali bayar dengan harga yang sangat terjangkau dibandingkan kalian langsung dateng ketempat aselinya..hahahaa...cuma perlu rogoh kocek Rp. 15.000,- pada hari senin-ju'mat, sedangkan untuk weekend dan hari libur lainnya sebesar Rp. 20.000,-..tuhh murah banget kan, dengan harga segitu udah bisa keliling dunia..hehehhee.

ban-ban warna-warni dengan bunga-bunga artificial di atasnya..ahh indahh beneran padahal cuma buatan, gimana kalo bunga aseli.

nahh ini ne baru bunga yang asele...indahh ya.

keindahan alam yang ga dibuat-buat.

JAM OPERASIONAL

Taman Miniatur Dunia atau Small World ini punya jam operasi yang sangat panjang guys, Senin-Ju'mat beroperasi dari jam 07.00- 22.00 dan untuk weekend jadi lebih lama yaitu jam 07.00-24.00...wahh lama banget kan, dan tahu ga kenapa bisa sampe malam? karena malem hari pemandangannya juga ga kalah indah..malah ada kesan romantis karena ada lampu kerlap-kerlip yang menemani malam yang syahdu..hehhee..sayang karena rumah yang jauh saya belum pernah kesini malem hari..ya nanti deh nunggu punya mobil jadi bisa sesuka hati kesini..wkwkkwkw. Lagian saya jomblo ini, kegnya bisa sakit hati aja kalo malem-malem kesini.


lagi-lagi emak dengan sepeda cantik..ehh kacamata seng lupa..hahaha

ini dia small gardennya..jadi emank ada bunga aseli yang dibudidayakan..menambah keindahan mata memandang.


My angel, My supermom

FASILITAS YANG ADA

Untuk masalah fasilitas sebenernya saya ga terlalu ngerti...tapi biar ada tulisan saya tulis-tulis aja setahu saya..hahahaha. Well dimulai dari luar, untuk tempat parkir luas banget. Masuk ke dalam ada beberapa fasilitas mulai dari taman bermain untuk anak, toilet di beberapa titik, mushola, dan gak perlu takut kelaparan karena di luar ada banyak lapak makanan khas Purwokerto berjajar rapi. Untuk yang berburu oleh-oleh juga bisa banget tinggal pilih mau yang mana. Saking asiknya menikmati keindahan disini dan kelupaan waktu, atau ada rencana untuk mau mengexplore lebih jauh lagi tentang tempat wisata lainnya di sekitar sini..tenang aja ada penginapan terjangkau yang bikin kamu bisa rasain sensasi kehidupan dingin di sini. Hayoo mau butuh apalagi...heheeheee.

salah satu wahana permainan anak-anak

selalu jatuh cinta sama bunga-bunga-bunga..ahh mungkin karena kami sesama bunga..wkkwwk

disini juga ada wahana bermain anak-anak, jadi ga usah kuatir anak-anak bakalan bosen.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Karena memang masih dalam proses pengembangan lebih lanjut masih ada beberapa pembangunan yang dilakukan. Selain itu ada juga beberapa pemugaran, karena memang berada di alam terbuka, so rentan banget rusak terkena alam, entah karena dingin, panas atau hujan. Kerusakan biasanya terjadi di beberapa titik, makannya kudu ati-ati dan perhatikan sekitar ya guys. Terlebih harus menjaga keberadaan mereka, emank sih cuma buatan, tapi kelangsungan mereka kan jadi tanggung jawab bersama juga jadi biasain untuk bersikap bijak dalam berliburan. Untuk masalah sampah sudah disediakan beberapa titik kotak sampah, jadi please jangan buang sampah sembarangan. terakhir, harusnya kesadaran bersama untuk gak merokok ya di tempat wisata, emank sihh ga ada tulisannya, tapi heeiii ini tempat wisata tahu diri dong..ga banget kan lagi asik-asiknya hirup udara pegungungan yang sejuk ehh tiba-tiba ada asap rokok,bukannya sehat yang ada malah sesek. jadi kesimpulannya, please be wise traveler.



spot tercantik ne menurut saya..secara ada bunga dan gunung as the background..ahh sukakk..



my family my everything

Setelah berkeliling ga terlalu lama karena memang ga semua icon didatengin, kami memutuskan untuk pulang. Ya karena memang udah kecapekan naek motor jadinya kami ga terlalu lama, tapi itu juga udah puas banget sih..karena memang setiap sudut di tempat ini keren banget. Jadi ga bakalan nyesel deh dateng kesini..,malah berasa bangga banget. Kenapa? ya secara udah bisa keliling dunia gitu lohh..mana cuma dalam waktu sehari doang lagi...hehehhee. So tunggu apalagi..buruan gihh kesini...murah meriah mewah...happy reading semoga segera travelling guys.

Gracias,

MRS


You May Also Like

2 komentar

  1. Duh aduh si mbak traveller, bikin mupeng tiap kali upload foto, jadi kapan ke pelaminan? *eh*

    Apa perlu ini ya gw balik ke purwokerto, biar bisa sering2 travelling di pwt & sekitarnya. As you known, di jakarta kagak ada begituan, sedih banget dahhh.

    BalasHapus
  2. ga ada tempat beginian tapi tempat seru lainnya banyak juga bu...sesekali luangin waktu ama bebeb sekalian hunting buat foto prewedding..ehhhh kenapa jadi bahas2 nikah sihh...sensitip ni..

    BalasHapus