Owabong Waterpark: Istana Air yang bikin Melompong

by - 20.29

Hai Guys,
How's Your Life?

Pernah kebayang ga sih apa hal yang anak-anak pasti bakalan suka dan betah lama-lama disitu? entah sama dengan keponakan tersayang, lele, hal yang paling membahagiakan bagi dia adalah bermain air..entah itu mandi, kolam renang, kali, curug..pokoknya yang ada hubungannya ama air dia langsung tertarik..ya even ujung-ujungnya dia bakalan masuk angin..hahahahah.

Nah ngomongin tentang wisata air..ada satu wisata air buatan yang fenomenal banget di kampung saya, Purbalingga, yapss ga lain ga bukan, yaitu Kolam Renang Owabong (KRO). Kenapa saya bilang fenomenal, karena memang KRO ini jadi tempat wisata air kebanggaan Purbalingga dengan segala wahananya yang keren. Ya kalo Bogor ada Water Kingdomnya, maka Purbalingga ada Owabongnya.

Saking fenomenalnya, KRO gak hanya diramekan dengan warga sekitar tapi juga dari penjuru Indonesia, agak lebay sihh..tapi beneran dehh tempat ini jadi salah satu bucklist kalo lagi berkunjung ke kabupaten dengan yang terkenal dengan kota Perwiranya ini. nanti dehh kita bahas apa aja yang ada disini, sekarang saya mau cerita tentang liburan kami kesini yang udah dipastikan kami adakan setiap tahun, ya jadi setiap akhir tahun pasti kami sekeluarga kesini, demi menyenangkan hati keponakan, lele, yang dateng jauh-jauh..Heheheee.

Setelah siap packing baju ganti dan bekal, saya dan kembaran, juga abang dan lele cuss ketempat ini. rencananya mom dan kakak juga mau ikut nyusul, ehh tapi ga jadi so akhirnya kami berempat aja dehh yang kesini. Kami dateng udah agak siang sekitar jam 11 siang...bayangin dong itu lagi panas-panasnya.  Berhubung masih dalam suasana liburan tahun baru, ga usah ditanya dong ne tempat ramenya keg mana..udah macam lautan manusia...wahh rame parah..untungnya owabong besar banget jadi bisa nampung semua orang itu...ada kali ribuan. Sesudah bayar tiket dan masuk, kami segera mencari tempat untuk berteduh syukurnya masih ada tempat yang kosong, even itu di belakang meja  payung yang ada (sebenernya saya susah mendeskripsikan keberadaan kami itu..hahahaa) bodo amatlah yang penting bisa dapet tempat untuk duduk dan ga ganggu layanan publik lainnya kog. Tenang aja.

Begitu selesai atur barang-barang kami, abang dan lele pun mulai berenang, saya yang memang ga niat untuk berenang hanya duduk-duduk aja melihat keramean yang ada. Setelah itu akhirnya kami berempat kelilingin wahana yang ada, saya masih tetep belum berenang, ngikutin mereka hanya sebagai fotogpher aja. Oke sekarang kita intip keseruan mereka yuk...kalo fotonya ga bagus maklum aja...ya saya masih newbie dan agak-agak serem dapet serangan air. Hehhehe. Cekidot.

berasa kaya di luar negeri ga sih?hahhahaa
SEJARAH BERDIRINYA OWABONG

Tahu ga, ternyata objek wisata yang berada di Jalan Raya Owabong No.1, desa bojongsari, kabuaten Purbalingga  ini dulunya adalah sebuah kolam pribadi orang Belanda yang dibangun pada tahun 1946, lalu diambil oleh seorang keturunan Tionghoa, bernama Kwi Sing dan sampe pada akhirnya tempat ini dibeli oleh pemda Purbalingga dan direnovasi menjadi tempat wisata dan diresmikan pada tanggal 1 Maret 2005.

waterboom yang gagal kami coba

view dari temat kami taro tas kami



kolam air tumpah yang jadi favorit anak-anak ne

APA AJA SIH YANG ADA DI OWABONG?

Bisa dibilang owabong waterpark adalah pake kumplit karena memang menyediakan segala hiburan yang siap merefreshing setiap pengunjung yang datang. Maka wajar banget dong kalo KRO ini jadi salah satu tempat terfavorit, gimana enggak coba tempat yang berdiri di atas lahan seluas, 4,8 hektar ini menyediakan banyak banget wahana yang mungkin ga bakalan cukup waktu sehari buat nyobain semuanya. Wahana tersebut seperti wahana kolam olympic, kolam sesat, kolam terapi ikan, kolam ember tumpah, kolam air hangat, kolam ombak sagara,waterboom, arena go kart, bioskop 4 dimensi dan masih banyak lainnya, terlebih saat saya kesini kemarin ada beberapa wahana baru yang sedang dalam proses pembangunan..ahh kumplit banget kesini deh. Kalo ga percaya langsung cus kesini deh..dan buktiin tulisan saya. Heehhehee.

Nah dari saking bingungnya mau pilih wahana yang mana, saya yang lebih suka air yang berombak pun pergi ke kolam Ombak Sagara...ahh mungkin ini wahana terfavorit saya..hahahaa...jadi kami berempat sewa ban renang besara seharga Rp. 20.000 untuk 30 menit..nah ban renangnya ini gede banget jadi bisa buat berempat tapi usahanya mati-matian buat bisa masuk...dan syukurnya kita dapat waktu lebih dari 30 menit..hahaa..jadi puas banget dehh sampe masuk angin. ehh FYI katanya ini cuma ada satu-satunya di Asia Tenggara loh...jadi saya bangga banget bisa maen disini..wkwkkwkw.

lagi nungguin air kolam tumpahnya penuhh

nah ini jalur kolam sesat kegnya..soalnya panjang banget..hehehehe

bersama si lele..hahahahhaa

FASILITAS YANG ADA DI OWABONG

Ga hanya wahananya yang kumplit..dalam hal fasilitas KRO ini juga ga kalah bagusnya..jadi memang tempat yang bagus ini sudah ditunjang dengan pelengkap yang sangat baik. Fasilitas seperti mushola, foodcourt, kamar bilas dan kamar bilas serta toilet yang memadai dan bersih bikin nyaman banget untuk menunjang aktivitas yang ada. selain itu banyak juga gazebo-gazebo mini yang dibangun semakin melengkapi serunya berenang sambil menikmati bekal yang ada. Disediakan juga penginapan yang beneran ada di dalam lokasi, dan ga usah kuatir untuk parkir motor, mobil bahkan bis bisa banget disini. Oh ya pas mau keluar juga ada lapak yang jualan makanan dan souvenir khas Owabong seperti gantungan kunci, gelang or kaos yang bertuliskan OWABONG..bukti inyyong udah pernah kesini. Hehehehe

arena go kart

Add caption


lele siap meluncur...yaa ampunn expresinya  biasa aja bang.  Hahaaha

 TARIF MASUK WISATA OWABONG

Untuk tiket masuk hari senin- ju'mat di patok seharga Rp. 25.000 dan untuk weekend dan hari libur lainnya seharga Rp. 30.000,- cukup worth it untuk kolam sebesar itu ya guys..cuma untuk bisa menikmati kolam ombak sagara, terapi ikan dan kolam air panas..nantinya kita harus bayar tiket terusan sebesar Rp. 10.000,- dan ada wahana lainnya sih yang sedang dalam proses pembangunan. Untuk ban sendiri juga bayar lagi..atau mau nitipin barang di loker juga bisa dengan membayar Rp. 5.000,-,. Tenang ya..harga-harga tersebut sesuai dengan yang bakalan bisa kita dapatkan kog..cuma emank agak repot aja harus bawa duit kemana-manaa.


nah ini dia arena coralia, wahana yang belum selese di bangun..masuk kesini bayar tiket terusan ya guys..

foto dulu dong sebelum terombang-ambing ombak sagara.

musholanya lucu ya tampilannya..dipoto dehh..hehehe

LOKASI OWABONG

Untuk bisa kesini aksesnya gampang banget sih...pokoknya dari arah manapun asal udah sampe di kabupaten Purbalingga ikutin aja arah ke Pemalang, nanti di kanan kiri jalan udah bakalan ada banyak petunjuk jalan. Tempatnya yang strategis bakalan bikin kalian mudah mencarinya. Ga usah pake google map, tanya orang se-Purbalingga pasti udah pada tahu semua.

siap grakkk!!

Di Kolam air panas umum, ada juga loh yang khusus wanita..

hayooo siapa yang berani terapi ikan gini?

TIPS AND TRICK KALO KE OWABONG

Sebenernya gak ada tips khusus sih, seperti pada kebanyakan hal yang harus diperhatikan kalo lagi renang ke kolam renang aja..tapi saya mau coba kasih tips and trik berdasarkan pengalaman pribadi ahja sih. Ya siapa tahu bermanfaat. cekidot.

1. Usahain banget pake baju renang..atau kalo memang gak ada baju renang..please banget pilih baju yang nyaman tapi sesuai..jangan pake jeans untuk renang ya guys..please itu mengganggu banget.

2. Untuk yang bawa anak..please perhatiin keselamatan mereka selalu..karena memang tempat ini rame banget jadi hal apa aja bisa terjadi, so better mencegah daripada menyesal.

3. Biar ga masuk angin setelah berenang, bisa banget minum obat dulu, kayak tolak angin gitu soale airnya tuh beneran dingin karena asli air pegunungan jadi biar ga tetep fit bisa minum obat tolak angin dulu.

4. Sebenernya ada banyak foodcourt yang tersedia..tapi bawa bekel juga asik tuh buat seru-seruan..hehheee. Kayak kemarin kami bekel telur balada dan rujak..hahahaa.

5. Untuk yang bawa barang berharga bisa banget nitipin di loker ya guys...kayak saya kemarin sebenernya cuma pengen jadi potograpernya aja..tapi ga berdaya menolak panggilan ombak sagara yang memanggil-manggil. wwkwkwk

6. Liburan tetep ada batasan...kalo emank dah ngerasa badannya capek dan mata udah merah banget please berhenti dehh..kecuali kalian pake kacamata renang dulu ya guys.


nah ini dia kolam air panas khusus wanita..lebih privasi tempatnya..tapi perasaan airnya ga hangat..haahaa


yeeee...tempat favorit...lele dan tulang besar mau maen ombak buatan dulu

bersyukur banget ada ban ini..bikin renang kami makin seru..hahahaa

tante B dengan abang lele..love both of you.


Kembali ke cerita saya, setelah puas berenang dan menikmati deburan ombak kami berempat pun kecapekan..hahaha....padahal saya baru berenang sekitar satu jam an doang kali...tapi saking serunya bermain dan beraksi aneh-aneh dengan ban renang kami, itu nguras tenaga banget..secara harus ketawa ngakak mulu..ahhh saya bahagia banget menikmati kebersamaan kami. Liburan kami yang sangat seru mesti ga harus jauh-jauh..karena berenang di tempat yang apa aja ada ini bikin kita bisa melompong banget.

Oh ya..sebenernya ada satu wahana, yaitu waterboom yang kemarin kita mau coba..jadi turunnya pake ban gitu..bisa berdua or sendiri..nah bannya kan nyewa lagi tuh..tapi kemarin pas mau nyewa lagi kosong karena memang orangnya rame banget..jadi belum kesampean dehh..pas mau nyoba udah kecapekan banget..jadi kita cancel dehh padahal si lele udah pengen banget..tapi kita ga kasihh..secara matanya dia aja udah merah banget..ahh mungkin bisa kesini tahun depan lagi ya lele..biar kamu lebih siap. Hehehe.

Demikian petualangan kami di kolam renang Owabong yang bakalan bikin melompong pas dari pintu masuknya aja. Mulai dari parkiran yang selalu penuh, dan tempatnya yang guedee banget..ahh bersyukurnya saya bisa kesini kapan aja..kamu kapan kesini? Happy reading semoga segera travelling.

cheers,

MRS




You May Also Like

0 komentar