Explore Sumba: Bandara Tambolaka (Days 1)

by - 02.49

Hai guys..
How's Your life..?

"Walking with a friend in the dark is better than walking alone in the light" -Hellen Keller-

Genk Sumba Squad HQQ (SSH)

Okee...curhat bentar ne ya, jadi sebelumnya saya udah sering banget solo backpackering, terus duo backpackering dua kali (bareng kakak dan kembaran) dan kali ini saya lagi mau nyobain open trip ala backpacker..apa ya namanya kalo backpacker rame-rame...ehhh ini bukan kali pertama sih, waktu itu juga udah pernah yang pas ke semarang baca keseruannya di sini. Cuma itu kan backpackernya bareng-bareng temen yang udah dikenal, nah kali ini saya beneran ga kenal siapa-siapa. Kog bisa? yupss,..ini atas rekomendasi kembaran, Mawar, yang sebelumnya udah ikutan dan bilang cukup bagus dan jatuhnya lebih murah dan dapet temen baru jadi dia rekomendasiin ke saya. Ya saya join komunitas Backpacker Jakarta (BPJ). Komunitas pencinta travelling dengan sistem share cost yang ramah di kantong buat freelancer macam saya. 


Ki-ka Saya, Neng Wulan, Bung Arif, Afgan, Tepy, Ka Sean, Novi..Tebak sendiri ajalah ya...wkkwkw

Well, awalnya agak serem sih...hahaha..maksudnya ini kali pertama pergi bareng orang-orang yang ga dikenal dan jauh pula, Sumba. But, berhubung saya udah pengen banget ke Sumba, dan liat harga share cost paling murah dibandingkan yang lain ya saya langsung nanya-nanya ke Cepenya dan akhirnya deal. Udah booking dari sebulan sebelumnya jadi ga sabar banget nungguin dan deg-deg an banget...heiiii ini Sumba..Tanah Humba yang pengen banget saya datengin sejak lama.

( Oh ya sedikit cerita ne, kenapa saya nekad pergi ke Sumba..soalnya kan saya ultah bulan april, nah april tahun lalu saya kadoin diri saya dengan jalan-jalan ke Nusa Penida, maka ultah kali ini saya mengadokan Sumba sebagai kado teristimewahhhh....hehehhhee. Love Myself so much ya..wkwkwkkw )

Yeeeayyy Sumba...!

Singkat cerita, akhirnya hari yang dinanti-nantikan tiba juga. Saya berangkat dari Purwodadi tanggal 11 April, naik kereta menuju Surabaya. Sampe Stasiun Pasar Turi, saya melanjutkan naik go-jek ke terminal dan naik damri menuju Bandara Djuanda. Sampe Djuanda naik pesawat dan harus transit dulu di bali dan saya tidur di pinggir pantai lohh demi irit..hahahhaa (sampe digangguin turis India..hisssss). 

Keesokan harinya 12 April, saya berjalan kaki menuju bandara Ngurah Rai, ga terlalu jauh dari pantai Jerman, lagipula saya bingung mau abisin waktu gimana...hahahhaa. Tapi waktu itu agak repot sihh harus bawa-bawa koper, tapi ya sudahlah ya saya udah biasa susah ini kalo backpackering jadi saya mahh selow aja.

Zadessshhh sihh langitnyaa.....

Udahh bete banget nungguin waktu, karena flight ke bandara Tambolaka (Bandara di Sumba Barat Daya) itu jam 3 sore. Jadi memang kebanyakan, pesawat yang mau ke Sumba via Tambolaka pasti transit dulu di Bali. Mana hape udah lowbatt, thanks Godnya pas di bandara Ngurah Rai ketemu bareng temen-temen BPJ yang jadwal pesawatnya samaan. Jadi perkenalan diri dan basa-basi sana sini dehh,,ehhh entah kenapa langsung akrab dan deket. Jadi ada Wulan, Tepy, Afgan dan Arif yang nantinya bakalan jadi tokoh utama dalam seri explore Sumba saya ini...Hahhahaa. Btw, ga lama kita langsung ada grup WA..namanya "Sumba Squad HQQ"...ga penting banget yakaaannnn....Hahhahaha.

Ehhh udah berubah warna aja lagi tuh langittt..

Waktu udah menunjukkan pukul 3...pas kita samperin ke lobbi masuknya ehhh ternyata dipending untuk 30 menit..wahhh nunggu lagi dehhh kami. Huuufftt...tapi ya sudahlahh ya..........30 Menit pun berlalu dan ada panggilan kepada para penumpang yang menuju Sumba...Yeeee dan kamii pun segera cusss...Karena memang pesennya ga bareng kursi kamipun pisah-pisah. 

Jarak Terbang dari Bali-tambolaka cuma setengah jam doang...dan pas sampe di bandara orang-orang di sebelah kursi langsung heboohh karena aktifin hape pada ga ada signal...dan pas saya aktif-in hape saya....ehhh dianya 4G loh...hahhaha. Ehhh kog malah jadi urusin signal...Hahahhaa,,ya kan tetiba ingat film "Susah Sinyal" besutannya koh enyess. 

Sunset in us...

Keluar dari pesawat dan liat sekeliling, ada perasaan haru dalam hati. Ya Tuhan, akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di tanah humba ini. Ya ampunn bahagia dan masih ga nyangka banget sihh...agak jetlag gimana gitu. WKWKWKWKWK. Langsung dehh genk Sumba Squad HQQ (SSH) ambil pose ala-ala. Tetiba pengen teriak "Sumba I'm Cominggggg...". 

What a perfect sunset!

Puas foto di lapangan landas, kami pun masuk ke dalam bandara. Ya bandara ini bisa dibilang kecil banget sihh..Beneran kayak bukan bandara...tapi masih syukur ada bandara kan, daripada ga ada. Ehhh tapi meskipun kecil, ada satu spot wajib yang harus banget kamu foto disitu. Yupsss keren sihh jadi ada satu spot yang menunjukkan kekhasan Sumba, ya apalagi kalo bukan kain Sumba. Langsung dehh kami foto-foto lagi.



Oh ya yang bikin unik lagi dari bandara ini adalah lapangan di depannya bebas jadi lapangan main bola bagi anak-anak sekitar. Wahhh jarang-jarang kan liat bandara bisa jadi tempat main bola. Senja itu, Arif, temen baru yang dateng dari makassar mengakrabkan diri dengan bermain bola bersama anak-anak. Kalo yang lainnya mahh teteuppp foto-foto mulu. Wkkwkwkwkk

Karena mungkin perlu waktu lama untuk bisa kembali lagi ke sini..ya 2 tahun lagi lahhh...


Selesai foto di dalam ruang bandara, kami pun menuju keluar. Ternyata kami adalah rombongan yang terakhir keluar, karena setelah keluar petugas bandara bergegas untuk menutup bandara. Hahahahahaa...Udah terakhir dan kamipun belum dijemput, ya udah jadi penunggu bandara deh kami. Eittsss tapi kami ga habis akal, kamipun foto-foto lagi...hahahha (kayaknya ini yang bikin kami langsung nyatuu dehhhh, sama-sama doyan foto..ckckckck). Oh ya, selain kami berlima ada dua orang lagi, pasangan gitu mereka, namanya Novi dan Ka Sean. Kami kira mereka cuek ke kami, ehhh ternyata setelah trip bareng orangnya asik banget. 

Entahh mungkin kami yang terlalu diberkahi Tuhan, pas lagi asik foto-foto ehh malah dapet sunset dengan warna langit yang luar, wowwww...pantesannn orang pada bilang "Sumba adalah Surga tersembunyi di tanah timur" parahhh euuyy viewnya...indah banget sihh even kita cuma di bandara. Langsung dong mikir, woowww di bandara aja bagusnya keg gini gimana tempat-tempat lainnya.

Akhirnya kami menikmati senja terakhir di bandara Tambolaka, parahh beneran bagus dehh. Mungkin ini adalah bandara dengan view terindah yang saya alami.  Warna langitnya aja ganti-ganti gituu..dari jingga, oranye terus pink...ahhh keren lahhh. 

Nah itu kenapa saya ceritain tentang bandara ini, soalnya sayang banget kalo dilewatkan...itulah pembukaan singkat perjalanan saya group backpacker (btw, syeriusss nanya kalo backpacker rame-rame sebutannya sih apaan?). Setelah puas foto-foto dan capek kamipun kembali duduk lagi..sambil nungguin mobil jemputan dateng, dan setelah lumayan menunggu akhirnya sang Mobil pun dateng, wahh datengnya mobilnya ini pertanda perjalanan kami baru akan di mulai....Terima kasih Bandara Tambolaka untuk senjamu that amaze me.


Happy Reading, Segerakan Travelling!


With Love, 


MRS


More adventure follow me on IG Cheebin_Kwiyowo






You May Also Like

8 komentar

  1. hi pon2 kesayangan akohh...
    semangat terus nulisnya..

    BalasHapus
  2. Gua no nunggu cerita ngetrip selanjutnya aja, siapa tahu hari ini bandaranya, selanjutnya toilet bandaranya ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kak Ramadani Idaham, Makasih udah berkunjung ke blog saya....hahhahaa..toiletnya standar kog jadi bahas keindahan alam Sumbanya aja,,udah keluar lohh postingan selanjutnya..happy reading segerakan traveling. Semoga bisa segera ke sumba. Amin

      Hapus
  3. saya jamin, disana masih sepi dan kesunyian adalah teman terbaik.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ka Affan Ibnu Rahmadi, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya...wahhh kalo cari tempat yang sepi bisa banget ne jadiin Sumba sebagai teman terbaik..oh ya ada satu pantai yang sunyi dan damai banget di Sumba,,,bisa baca ulasannya di postingan saya yang terbaru. Happy Reading Segerakan Travelling. semoga bisa segera ke sumba kak.

      Hapus
  4. Seriusan lu tidur di pinggir pantai? OMG mbel2 ngeri amir. Eh gimana rasanya digangguin turis India? mreka nari2 tumbar miri jahe gitu ga? hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaa...anjayyy...parahh tuhh turisss..gue aja ngomongnya pake bahasa inggris ta..harusnya gue pura-pura begoo ya..hemmm,...

      Hapus