Explore Sumba: Danau Weekuri, Pantai Mbawana, Rumah Adat Ratenggaro (Days 2)

by - 23.39

Hai Guys,

How's Your Life?



"Mata adalah Lensa Terbaik di Dunia, bahkan dibandingkan dengan kamera Termahal di dunia sekalipun" - Anonim-


Ya ampun, ga kerasa banget udah akhir Juni aja ya, hadeuhhh lagi-lagi ga disiplin ma target yang kudu tulis cerita tentang Sumba selama bulan Juni..hemm...karena berbagai alasan dan faktor kemalasan akhirnya tekad itu hanya sekedar wacana. But, saya orangnya mahh ga mau kalah,,berhubung masih masuk dalam bulan Juni, jadi saya coba selesain semua dalam sehari ini ya guys. Wwkwkwkwkkw.

Oh ya, sedikit curhat boleh? jadi selama ini belum buka blog, dan pas liat ada koment baru dari pembaca baru di cerita awal tentang Sumba, Saya berasa bahagia banget loh..hahhahaa. Padahal cuma 4 orang yang koment, 2 orangnya aja sodara sendiri tapi happynya pake banget. What's a simple happiness. Ehhh udah dulu curhatnya.

Oke...kembali ke cerita tentang perjalanan massal backpacker saya bersama Backpacker Jakarta. Memasuki hari kedua, saya dan 2 temen cewe sekamar saya yang masih dalam satu genk itu lohh..."Sumba Squad HQQ" sudah siap sejak pukul 7 pagi, soalnya katanya memang tempatnya semua saling berjauhan jadi semakin cepat berangkat akan semakin lebih baik. 

Dan tahu ga dari semua 24 oran, ternyata semuanya on time broohhhh...wahhh emank pada niat jalan-jalan ini...ehhh explore Sumba maksudnya. Giliran kaminya udah pada siap, ternyata bus kecil yang akan mengantar kami malah belum stand by..

Ternyata usut punya usut, memang dijanjikan jam 8 Pagi ama Cepenya (Namanya Ka Omed, foundernya Backpacker Jakarta) sengaja ngasih tahu jam 7 pagi biar ga pada molor,,ehh ternyata kami semua on time.

 (Ya secara udah penasaran banget dong pengen segera explore Sumba).




Sekitar pukul 8 pagi bus pun datang, dan sebelum memulai perjalanan kami foto dulu dong, dengan salah satu bus khasnya Sumba ini yang bakalan menemani kami selama exploring Sumba. Oh ya sekedar info ne ya, jadi ini Busnya udah tua banget berumur sekitar 15 atau 20 tahun ya, lupa pastinya, tapi soal mesinnya ga usah ditanya...udah paling terbaik lahhh ini. 

Jadi meskipun tampilannya udah kayak si mantan yang nyesel mutusin kita...ehhh....

Pokoknya ne bus keren banget . Salute!

1. DANAU WEEKURI



Perjalananpun dimulai dengan tidak lupa untuk mengecek temen sekamar, dan kami berdoa untuk keselamatan kami. Setelah perjalanan sekitar 2 jam akhirnya kami sampe di Danau Weekuri...Yeeee...pas pertama kali liat, saya langsung speechless iiiihh...

Thank God akhirnya bisa datengin salah satu bucketlist

Yang selama ini cuma bisa liat di IG dari selebgram panutanQ, Ka Marischa Prue, and finally bisa liat secara langsung.Ternyata sama persis dengan apa yang saya liat dari IG bahkan lebih bagus aselinya..

(ini yang bikin kenapa kita mesti liat secara langsung, bukan cuma liat fotonya ajachh..).





Begitu liat airnya yang biru campur hijau yang jernih banget itu, langsung pengen nyebur rasanya but karena harus keliling dulu saya nunda untuk langsung nyebur, biar keliatan ayu kalo dipoto..wkwkkwkw.

Oke biasanya saya adalah tipe orang yang selalu explore semua spot yang ada kalo lagi datengin tempat wisata, tapi karena pas kesini dan ketemu genk Sumba Squad Hqq, saya mendadak jadi cewe yang doyan foto. Hahahaha. 

Padahal biasanya mah seadanya aja yang penting ada foto bagus untuk pamer di IG ma jadi bahan nulis blog (teteuppp). 

Eittsss ternyata setelah lumayan lama foto (parahh satu spot aja bisa lama banget) hati saya teteup pengen nyebur...dan bukan nyebur biasa saya nyebur dari tempat terjun yang memang tersedia...

waahahahhaa...uji nyali banget sihhh buat saya, yang notebenenya cewe...

Ahhh tapi  hasrat sudah tak terbendung, takut banget sihh tapi bodo amatlah...dengan dibantu temen saya, Arif, yang udah stand by di dalam danau dan di videoin sama Afgan dari atas akhirnya,,,,

Saya terjun pake teriakannnn yang kenceng banget gegara jantung berasa mau lepas...hahahhaa. 

Akhirnya kesampean dong terjun dari papan loncat indah itu...berasa jadi Putri Marino dalam Film "Posesif"...iihh salut dehh ama Putri Marino yang bisa loncat setinggi itu demi sebuah film, saya aja yang sekali udah ga berani coba lagi...hahahhaa. Gpp dong..at least udah coba sekali...(kalo mau liat videonya bisa liat d IG saya ya...entar saya kasih tahu di bawah...Promosiiii>).




Wahgelasehhhh... ada banyak banget spot cantik yang dibuat pihak pengelola untuk kita para wisatawan yang kudu kasih feed Ig yang ketjehhhh,,,beneran dehhh semuanya Indah. 

Bodohnya kami adalah kami terlalu lama di satu spot...jadi ga cukup waktu untuk explore spot yang lain, ya gimana coba, secara satu spot aja udah bikin nyaman banget kayak si dia..ehhhh. 

Pas mau explore tempat lainn ehh udah dipanggil pak Cepe, suruh udahan soalnya mau lanjut ke tempat selanjutnya. 

Ya oloohhh masih belum puas banget dan masih banyak banget yang belum terexplore, tapi gapapa dehh mungkin ini pertanda lain kali harus ke sini lagi bareng si dia....ehhhhh. (ada amin sodara?)

2. PANTAI MBAWANA (PANTAI BATU CINCIN)

Melanjutkan perjalanan, maka kami pun menuju pantai Mbawana, jadi ada beberapa penyebutan untuk pantai ini sih, bisa di sebut Bawana, Bwanna, Mbawana atau bahkan pantai batu cincin...lohh kog jauhh gitu..tenang nanti bakalan ngeh kog kenapa pantai ini disebut juga pantai Batu Cincin. Sebelum itu saya mau cerita sedikit tentang perjalanan 'mengerikan' kami ke tempat ini.

Well, jadi Sumba itu memang masih jadi salah satu tempat yang bisa dibilang belum aman untuk pariwisatanya, tapi enggak di semua daerah kog, hanya di daerah-daerah yang masih di pedalaman banget, nah jadi pantai Mbawana ini salah satunya, berada di kawasan Sumba Barat Daya (SBD), tepatnya di Kab. Kodi, untuk bisa ke tempat ini kita harus hati-hati banget dan harus bersama waarga asli SBD bahkan itu pun ga jaminan sih..

(Okee kenapa saya bilang  gini, soalnya warga setempat yang menemani kami, Ka Joni, pun harus bawa parang yang dipake di badannya, parangnya harus stand by di badan dia mengantisipasi hal-hal yang ga diinginkan...aduuhhh mau cerita panjang serem ne...pokoknya agak serem lahhh...biar tahu langsung aja ke sini..tapi harus ramean ya...hahahhaa).

Jadi singkatnya, pas kita orang lagi kesana, dalam perjalanan yang sudah mau sampe ke lokasi, bus kita langsung dinaiki beberapa orang lokal dan begitu berhenti di pemberhentian akhir kami langsung "ditodong" untuk make jasa guide lokal..

Okee jadi memang untuk menuju  Pantai Mbawana (Pantai Batu cincin) kita harus berjalan menuruni semacam tebing kecil sih...ya umumnya pantai-pantai indah Indonesia lah,,kalo guide lokalnya satu orang untuk satu grup sih oke ya, lah ini satu orang satu guide lokal,...(inii maksa banget ga sihhh???). 

Setelah melewati perbincangan akhirnya diputuskan kita terima satu orang satu guide dengan biaya 10rb (Jadi kita ber-24 orang)..Mau ga mau deal lah, mikirnya sihh ya udahlah buat bantu ekonomi penduduk setempat...(btw, ini dah beda ama uang masuk loh ya..).tapi apa yang terjadi akhirnya sodara2???....entarrr kita skip dulu ya biar senapsaran...hahahahha

Lupakan sejenak suasana seram yang mencekam, sekarang fokus ke indahnya menuju pelaminan ehh ke pantai maksudnya..

Setelah perjalanan menuruni bukit akhirnya sampelah kami di pantai Mbawana (Batu Cincin)..pas dah sampe...

WWWwWWWWWooooooooOOOOOOOOOOwwwwWWWWWWWWW....

Pengen teriak lagiii..(dikit2 teriak ya saya..hahaha) secara ni pantai beneran indah,..

Ahhh enggak tahu dehh mau bilang apa...

Pasirnya yang lembut, BERASA INJEK TEPUNG TERIGU...

Ombaknya yang nakal, pas dideketin dia pergi, ehhh pas kita mau jauh dia yang datengin...qkkqkqk

Anginnya yang manja, KAYAK DIBELAI AMA PACAR..(sabar mbloooo..)

Batuan tebingnya yang gagah, bikin saya pengen bisa tinggal di Sumba...hahahha..parahhhh cakepp abiss...kayak muka para oppa-oppa korea yang ga bosen untuk dipandangin selalu.





Bhaiikkkaiklahh dari gambar bisa ketahuan dong kenapa pantai ini disebut juga pantai Batu Cincin. ( kalo masihh ga ngehhh cobbaaa pikir terus menerus kayak lagi mikirin dia...). dan kalo kalian liat fotonya kesannya biasa aja ya...tapi beneran dehhh suasana di sini itu indah banget...hemmm gimana ya mau gambarinnya...

Mungkin kayak ketika  gebetan kamu yang udah cantik/ganteng, baek, perhatian, pengertian, berpenghasilan dan tetiba dia ngelamar kamu yang cuma  punya muka pas-pasan dengan hati yang ga baek-baek banget..(ehhh curhat mulu ya saya..hahahha).

Nah saking ramenya ne tempat, kami pun foto di spot itu-itu lagi...pokoknya liburan saya ke Sumba males-malesan banget, mungkin karena udah dilamar dia ya...ehhhh.

Waktu yang seadanya pun memaksa kami untuk segera beranjak, hemmm padahal kan udah bayangin liat sunset di sini pasti "surga" banget....

Akhirnya kamipun kembali ke atas..DENG..DENG..DENG... (Musikk horroor)

Nah pas udah sampe di atas drama horror pun dimulai,, Jadi dari perjanjian awal yang mau kasih 10rb/ orang itu tolak mentah-mentah...ga hanya bapak2nya aja, anak-anaknya juga ga kalah garang. Ya ampun bayangin aja, temen saya harus kasih 40rb untuk 2 orang, saya sih kasih 25 rb untuk dua orang, tapi masih banyak deraamaaahh horror lainn yang temen2 saya alami...hadeeuuhhh mau ngelawan kog seremm liat parang-parang di tangan mereka..akhirnya mau ga mau kami bayar dan buru-buru pergi dengan hati dongkol...

Berasa maen film horror banget dong..atau kayak gebetan kami udah ngelamar, ehhh pas hari lamaran ternyata dia ga jadi dateng...karena ortu ga setuju...horrrorr kan. Wkkwkwkwkwk.

Hemmm...seandainya kalo postingan berikut dibaca sama Pemda setempat..biar ada perbaikan peraturan disana..jadinya kami kan syebelll..syebelll..udah sayang-sayangnya ehhh ortu ga setuju...ini bahas apa sihh????




3. KAMPUNG ADAT RATENGGARO

Setelah selesai dengan deramahh horor sebelumnya, akhirnya kami melanjutkan perjalanan menuju Kampung adat Ratenggaro.

Ya berkunjung ke rumah adat Ratenggaro ini wajib banget buat kalian yang dateng ke Sumba. Jadi di kampung ini merupakan perkampungan yang masih menjaga warisan pusaka Sumba.

Ratenggaro sendiri artinya "Kubur Garo" mulai terkenal karena adanya sisa' kuburan kuno yang masih terpelihara. Masyarakat setempat masih memegang kepercayaan marapu dan ada kepercayaan yang mengatakan kalo kita berucap apapun baik itu baik atau buruk maka hal itu akan terwujud. 

Kemarin sihh saya doa yang baik, berharap biar bisa segera ke Korea ketemu para oppa-oppa pujaan hati.. Wkwkwkw.  (Mudah-mudahan aja terkabul. Amin).

Oh ya Rumah adat yang ada di sini bentuknya  tinggi-tinggi dibandingkan rumah adat yang sama di daerah sumba, katanya hal ini menandakan filosofi keterarahan kepada sang pencipta. 

Jadi rumah yang tinggi ini terbagi jadi 3 bagian:

Bagian bawah itu untuk tempat ternak peliharaan, yang menandakan kasih kepada alam yang diwakili oleh pemeliharaan hewan,  

Bagian tengah adalah rumah atau tempat tinggalnya, yang menandakan kasih kepada sesama melalui aktivitas sehari-hari 

Bagian atas biasanya lumbung tempat penyimpanan cadangan makanan, menunjukan kasih kepada Tuhan untuk setiap berkatnya.




Kampung adat ratenggaro ini ga terlalu besar, oh ya yang bikin tempat ini semakin keren adalah belakang rumah penduduk langung menghadap ke lautan, ya dibagian belakang  sini lah yang terdapat kuburannya, kuburan berupa batuan kecil dan ada tulisannya gitu, nahh kemarin saya hampir nginjak saking keasikan foto,,,jadi kudu ati-ati banget sihh biar gak terjadi sesuatu yang buruk. 

Kalo berkunjung ke kampung ini kita bisa liat anak-anak yang asik bermain bola, para ibu yang sibuk menenun kain, nah kainnya juga bisa dibeli lohh..tapi saya yang ga beli, ya tahu dong kain tradisional pasti ga murah, jadi kudu nabung banyak biar bisa beli kain tersebut. Hehehehheeh.



Oh ya ada satu kejadian yang berkesan buat saya, simpel banget sih, tapi berkesan banget, jadi pas mau foto ala-ala pake kainnya gitu (kain endorse dari afgan) ada ibu yang baik hati banget yang bantuin saya pakein kainnya dengan cara yang benar. 

Woowwww baik banget kan si Ibu, sesederhana itu kebaikan yang nyata. 

Mataharipun semakin beranjak ke peraduannya, dan senengnya akhirnya bisa liat sunset yang cantikkk...ya even bukan di pantai..percaya lahh sunsetnya indah sekali...tapi beneran dehhh kayaknya semua sunset di Sumba never fail me..cuakkkeepppnyaaa ga bisa dikalahkan dengan  oppa-oppa Korea. Wkwkkww

De best pokoknya...dan ga terasa perjalanan hari kedua pun usai, kami harus kembali ke penginapan...

Weewww...sumpahhh beneran Sumba itu Surga Kecil yang diselipkan Tuhan di dunia. Ohhh Tana Humba..Bring me back again there.

Okee guys, sekian cerita saya di hari kedua, yang pasti super excited dan ga sabar untuk sharing kisah hari ketiga....Well sebenernya masih banget yang pengen diceritain tapi entar berasa baca novel dong ya....untuk temen-temen yang mau nanya bisa tanya langsung aja di kolom koment ya sapa tahu saya bisa bantu jawab (ujian kaliii ahhh dijawab..).

Untuk info lebih jelas tentang lokasi dan rutenya bisa googling, soalnya sebenernya travel blog saya ini lebih ke buku harian or reminder bagi saya sihhh...jadi entar bisa inget-inget kisah ini dan bisa di baca  ama anak cucu saya. Ehehehehhee.

Kesimpulan akhir adalah...Segerakan ke Sumba biar Lensa mata kalian langsung bisa mengunci dan menyimpan semua keajaiban Sumba. There is no dream too big, just your brave not too much. 

Happy Reading Segerakan Travelling


With Magical love,


MRS

More adventure follow my Ig Cheebin_Kwiyowo

You May Also Like

0 komentar