Kaleidoskop 2018: Tahun Penuh Kejutan!

by - 03.09

Hai guys,,
What's Up......


Terinspirasi dari salah satu travel blogger panutanque,  Mas Ariev Rahman, yang bikin kaleidoskop perjalanannya selama setahun. First time baca, wahh seru banget ya, bisa jadi semacam diary besar gitu. So sebenernya mau nulis juga untuk yang tahun 2017, Tapi aku lupa waktu itu. HAHAHAA. So nanti aku tulis juga even udah ga nyambung sihh tapi bomat. Ini blog2 aku, nape kalian yang ngatur...*sabar bosque yang ngegas ente sendiri... Ehh maap.😅

Tahun 2018, menjadi tahun baru pertama tanpa bapak. Setelah lelah menangis dan merenungi nasib selama sebulan sejak kepergian bapak, aku mulai percaya diri menatap 2018. Ya bersama keluarga aku yakin bakalan sanggup lewatin semuanya. Karena kusanggup walau kutak tahu.....*agnesmonyanyi

Menjadi tahun yang penuh kejutan, tahun 2018 seolah-olah Tuhan sedang menghibur diriku melalui banyak hal yang bisa aku capai even itu looks so impossible for me. Hemm emank blm dapet karir yang mantep,  atau punya rumah atau ketemu pemilik tulang rusuk aku sih ya, tapi ada banyak pengalaman baru yang aku rasakan and it's make me stronger than before.

So mungkin masih banyak yang belum tercapai tapi bagiku tahun 2018 membuat diriku menjadi berani memiliki banyak mimpi... so this is my journey in 2018.

JANUARI: FAMILY TIME

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ajang malam tahun baru selalu jadi yang ditunggu-tunggu ehh enggak sihh.. Soalnya males harus banget tengah malam untuk berdoa. Mana udah ga ada babe lagi, tapi kami tetep berdoa bersama even cuma bentar.



Ada satu hal tak terlupakan, jadi ada ular kecil  masuk rumah (maklum rumah di tengah hutan). Nah kami semua heboh.. hebohh ketakutan dong ya, segala macem garam disemburin..biar si ular keluar rumah tetep aja ga ngefek.. Eh emak dong dengan santainya ngambil sapu mukulin tuh ular.. Kami semua jerit-jerit. Naas bagi ular, harus mati dipukulin emak.🐍🙏


Beberapa  hari kami pun jalan2 muterin wisata Purbalingga. Salah satu tempat wisata yang kami datangi adalah Taman Bunga Kutabawa yang ada di serang. Berpakaian serba putih ala-ala dan mengelilingi taman bunga sambil foto-foto serta cekikan kayak kuntilanak udah cukup bikin bahagia karena sehari sebelumnya kami udah cape keliling dunia di Small World Miniatur Purwokerto.

FEBRUARI: MENCARI KETENANGAN DIRI

Bulan yang digadang-gadang sebagai bulan penuh cinta ini, menjadi bulan pertama lahirnya anak gue yaitu chanel youtube aku yang berisi tentang belajar bahasa Korea. Awalnya sih rajin, lama-lama ga diurus juga. HADEUHHH gimana mo jadi ibu beneran.😪



Tepat tanggal 14 Februari aku first time masuk candi Prambanan, mau cari wangsit. Biar segera dipertemukan arjuna. 😁 Tenang ga bakalan aku suruh untuk bikin candi kayak Roro Jonggrang kog, aku cukup tahu diri.Hahahaa.

Selain candi Prambanan, aku juga mengunjungi wisata lain di Jogja, seperti Tamansari. Waktu itu staycation di hotel berkat adek yang lagi ada kerjaan.. mayan ga gembel2 amat.😅 Oiya...diakhir Februari sempet libur tipis-tipis ke pantai-pantai yang ada di Jepara bareng Ajeng, Lintang ama Desi. Dari sini lah cikal bakal twennie backpacker tercipta.

MARET: TWENNIE BACKPACK WITH SOULMATE

Akhir Maret, setelah persiapan yang cukup matang, aku dan kembaran, Mawar, berpetualang berdua ke Karimunjawa. Ada banyak kisah seru dan tak terduga yang kami jumpai. Semua petualangan itu membuat saya makin ingin menjelajahi Indonesia, dan mulai jatuh hati ama snorkeling. Di Karimunjawa akhirnya aku udah mulai bisa snorkeling. Ini second time nyobain snorkeling, setelah first time snorkeling di Lombok tahun 2017 yang bikin aku sesek napas.😭



APRIL: SUMBA, KADO ULTAH TAK TERDUGA

Ini beneran trip tak terduga sihh.. Kalo tahun sebelumnya mengapresiasi diri dengan liburan ke Nusa Penida, tahun 2018 sebenernya ga ada niatan kemana-mana,
tahu diri lagi kere ga punya duit jadinya udah ikhlas ultah di tempat kerja aja.

Percaya ga percaya...aneh bin isanghe.. Pas lagi ibadah minggu tiba-tiba ada sekelebat pikiran yang bilang " Liburan ke Sumba". Entah kali sugesti ya..jadi  sebelumnya gue pernah liat postingan IG komunitas travelling - sharecost bernama @backpackerjakarta (tahu dari kembaran dong awalnya yang udah pernah join juga sekali). Kog harga trip ke Sumba mayan terjangkau ni.



Tapi yang namanya lagi kere tetep aja ga bisa. Hahaha.. Terus gegara sekelebat pikiran itu oke dehh gue niatin. Fix ikut. Gue hubungi cepenya syukurnya masih ada slot. Dan gue harus nungguin gajian buat bayar depenya.. Hahahaa.. Untung kakak cepenya baik jd kasih waktu buat bayar. Finally gue ke Sumba deh. YEAYY...

First time travelling with other. Well.. beberapa hari sebelum trip gue sempet mikir...

"gue batalin aja apa ya.. Ga ada yang kenal"
"Duh ini serius aku pergi sendiri... entar kalo ga ada temen gmn.."

Ya semua pikiran buruk deh... Sampe akhirnya gue pusing sendiri cuma mikirin "What if.....". Ya udah gue udh siapin mental, entar kalo pada cuek gpp dehh, udah pernah solo backpacker sendiri ini tanpa temen ma sekali. Hahaahaa.



Puji Tuhan, trip Sumba kasih temen-temen yang welcome.. Sampe gue punya genk ala-ala... and perjalanan group gue pun dimulai sejak trip Sumba.

MEI: BULAN PENUH PERGUMULAN

Well hidup tak selamanya indah. Bulan Mei jadi bulan pergumulan buat gue. Ada banyak hal tak terduga yang terjadi. Tapi gue berusaha selow. Oiya di bulan ini juga gue daftar jadi member nya detiktravel even gue baru nulis akhir Agustus gegara ada lomba. Terus berhenti lagi sebulan kemudian baru nulis lagi. Haahhaa.



Ga sih, lomba itu pemicu aja, awalnya aku ga pede. Gimana cara nulis yang bener aja belum ngerti, tapi kembaran selalu nyuruh aku biar nulis jadi biar ga dengerin ocehan dia terus aku akhirnya nulis. Even nulis pas ada lomba aja. Hihihihi. Ehh satu hal penting lagi, gue daftar jadi member sjtravelpass, awal gur mulai sering nail pesawat. Padahal dulu mau naik pesawat aja mikirnya pake banget banget banget. Dan beli ini juga modal nekat. Antara sadar
dan enggak sih...😪





JUNI: MASA TENANG

Bulan Juni gue mutusin untuk resign dari kerjaan gue sebagai korean language teacher. Karena something gue harus stay di rumah dan cari kerjaan yang deket rumah aja. Bertepatan dengan libur lebaran, gue dan keluarga libur tipis ke Purwokerto. Lumayan lah buat peregangan otak.



JULI: MANJAIN DIRI

Bulan paling banyak trip. Rencana awal cuma mau ke Labuan Bajo dan Medan aja. Ehh ada ajakan dadakan dari temen akhirnya gue ODT-an ke Cirebon dan tetiba udah sampe di Labengki-Sombori  dan transit sehari di Makassar. Hihihihi. Gue mahh gitu mudah banget tergoda kalo diajak liburan. Hadehh...



Jadilah bulan Juli trip gue yang paling penuh. Ketemu banyak orang baru, pengalaman baru dan alam Indonesia dari Timur ke Barat. Sebenernya kalo dipikir-pikir gue menginjak 4 pulau besar di Indonesia Nih ya Labuan Bajo (P. Flores), Cirebon (P. Jawa), Sumut (P. Sumatra) berakhir di Labengki-Sombori (P. Sulawesi). Maksa banget ga sihh.. Hahahaa.





AGUSTUS: HIBERNATION TIME

Gue ga kemana-mana fokus cari kerja + pacar *eayakk. Hemm sebenernya karena ga enak aja terlalu banyak trip ditanyain mulu.
 " Ehh duit dari mana.."
 "Wiwww duitnya banyak banget ga abis-abis..."
Lelah akutuhh.. Hahaha. Ga deng, emank duitnya udah abis jadi udah ga bisa kemana-mana.. Puas kleann...


SEPTEMBER: Gagal ketemu Otan tapi ketemu Ribuan Kunang-kunang.

Trip bareng komunitas baru  @SJTravelPass menuju Taman Nasional Tanjung Puting. Dulu efek baca bukunya Dee Lestari, lupa judulnya, gue jadi pengen bgt ketemu orang utan secara langsung di hutan Kalimantan. Jadi pas tahu ada trip ini aku iseng nanya dan memutuskan untuk join.


Sayangnya waktu sampe sana belum beruntung ketemu otan. Mungkin otan males ketemu gue yang brisik ini. Well gue pengen balik lagi sihh..entar pas honeymoon. Doain yakk!!😇

OKTOBER: KEMBALI EXPLORE JATIM

Kembali menginjakankan kaki di tanah Jawa Timur, ya even cuma pacitan. Hahahaa. At least sekarang udah tahu isinya Goa Gong itu gimana. Udah penasaran banget dari dulu. Akhirnya kesampean juga.


Selain itu juga bisa datengin pantai-pantai pacitan yang ga kalah indah. Paling berkesan waktu nyusuri kali cokel. Wahh parah, ada kali sebersih dan sedamai itu. Keren parahh, harus nyobain sihh naik perahunya dan dibawa muter-muter. Sayang waktu itu aku ga bawa ganti ga bisa mandi deh. Pasti seger...😂

NOVEMBER: WAKTU INDONESIA TIMUR

Setelah berbulan-bulan trip bareng rombongan terus. Hati gue berontak buat liburan sendiri. Hahahaa. Kangen aja ngerasain jalan sendiri, ga ikutin itin orang lain. Bebas dan belajar berinteraksi dengan warga sekitar. Akhirnya setelah browsing sana sini dan pertimbangkan ini itu. Gue mutusin untuk ke Ternate. Kenapa Ternate? Ga ada alasan khusus. Sekedar yakin tempat itu aman buat solo backpacker buat cewe gue mutusin untuk go.



Nanya-nanya dong di grup.. Eh dpt satu temen. Lahh ga jadi solo dong. Gpp berdua kan lebih baik daripada sendiri. Bareng ci ling-ling, ini lah pertama kali gue menginjakkan kaki di tempat yang jamnya pake WIT...Yeayyy.. Norak ya.. Gpp... Sing penting aku seneng. Yeyeyeye

DESEMBER: KADO NATAL TERINDAH

Sebenernya aku mau ngadoin natal diri sendiri dengan jalan2 ke Wayag, Raja Ampat. Udah depe dan siap berangkat. 2 minggu sebelum keberangkatan gue dapet kabar bahwa artikel yang gue kirim ke detiktravel dinyatakan menang dan berhadiahkan trip selama 7 hari 5 Malem ke Korea Selatan. Weeww... Sesuai impian. Dapat cap paspor pertama dari Negeri Ginseng ini.



Parahhh.... Gue emank ngimpiin ini sihh selama 2018. Mau liat salju di akhir tahun. But, udah sampe awal Desember ga ada kemungkinan untuk itu terwujud. Ehh dapat kabar itu dan beneran terwujud tanggal 20-26 Des gue go to Korea. Ahh parah Tuhan terlalu baik padaku.



Well, aku ga tahu pernah nyangka sih semua ini bisa aku alami selama 2018. Jadi waktu wacana mau bikin kaleidoskop 2018 ala-ala mas Ariev Rahman aku pun sekedar iseng. Ternyata keisengan aku ini bikin aku sadar bahwa penyertaan Tuhan begitu luar biasa dalam hidupku. Ga mau sok relijius sihh cuma aku pikir apa pun yang terjadi dalam hidup aku selama 2018 ini keliatan impossible bgt for me. Hemm... Millions thank to my God. Thank for always love me.

Ya sekian kaleidoskop trip 2018 gue. Sekedar info... Sempet terjadi kepikunan pas gue nulis ini. Hahahhaa. Parahh... Syukur deh nulis beginian. Satu lagi gue baru ngehh efek laptop gue rusak, ada banyak foto yanh ga terselamatkan. Awalnya gue santai mikirnya udah copy di HD ehh ternyata ga ada. Omaigattt.😱

Happy Reading Segerakan Travelling!


With Love,

MRS

You May Also Like

2 komentar

  1. wah...penulisanmu dh lebih enak di baca pon..
    good job girll!! ��

    BalasHapus
  2. Hahaahaa... Masak ber.... Perasaan msh jelek... Ne aja buru2 ngerjainnya... Wkwkwkwk

    BalasHapus