Liburan ke Labuan Bajo, Destinasi ini Wajib Kamu Kunjungi!

by - 17.46

Hai Guys,
What's Up!

"I can leave the sea, but the Sea never leaves me" - anonym

Kali ini saya mau sharing tentang pengalaman saya Live On Board selama tiga hari di Labuan Bajo. Ya untuk yang mau menikmati keindahan pulau Flores, sailing selama 3 hari adalah pilihan yang sangat tepat. Bahkan terasa kurang bagi saya yang baru belajar snorkling kala itu. Perjalanan ini saya lakukan pada bulan Juni 2018. Bersama dengan teman teman yang baru lain yang dikoordinir oleh komunitas sharecost, Backpacker Jakarta. Biaya sharecost sebesar 1,3 juta sudah include semua. Kecuali tiket pesawat ke meeting point, bandara Komodo.

Sehari sebelum sailing saya sudah tiba di Labuan Bajo, tepatnya sore hari saya menginjakkan kaki untuk pertama kali di Bandara Komodo. Wahh ada rasa haru karena akhirnya saya bisa tiba di sini. Keluar bandara saya naik ojek menuju pelabuhan. Di sini bertemu dengan, Kak Omed, selaku CP atau penanggung jawab selama trip berlangsung. Ternyata temen yang lain sudah menuju..

1. BUKIT SYLVIA

Untuk menantikan sunset. Perjalanan ke sini juga seru, saya naik ojek dan jalanannya berkelok-kelok dan berdebu. Sekitar 10 menit kemudian saya sudah tiba di bukit Sylvia. Ternyata nama bukit Sylvia diambil dari nama resort yang ada di sekitar bukit tersebut.

Bukit yang kering kecoklatan dengan view laut yang biru menjadi daya tarik destinasi pertama yang saya kunjungi ini. Well, akhirnya saya bisa menyaksikan secara langsung, rerumputan kering khas daerah timur Indonesia. Wah senang banget sih ini.

Pulang dari bukit Sylvia kami menuju penginapan yang berada tepat di depan pelabuhan. Selanjutnya kami makan seafood di jalan ujang, yang merupakan food center di Labuan Bajo. Ada banyak pilihan seafood segar dengan harga terjangkau di sini. Dijamin kenyang deh.

2. PULAU KELOR YANG CANTIK

Pulau Kelor ditempuh sekitar 3 jam perjalanan dari pelabuhan utama di Labuan Bajo. Tenang selama 3 jam kita akan disuguhi pemandangan bebukitan kecemasan khas daerah timur.

Sesampainya di pulau Kelor maka dari jauh akan terlihat pulau kecil yang ber pasir putih. Pulau Kelor tidak terlalu luas. Nah hal utama yang bisa dilakukan di sini adalah mendaki bukit kecil dan melihat view ketjeh dari ketinggian.

Sebenarnya buktinya enggak terlalu tinggi, tapi cukup curam dan treknya gak terlalu jelas, jadi kudu ekstra hati-hati dakinya. Soalnya sebelahnya itu langsung lautan. Kalau aku sendiri juga cukup merasa takut sih, tapi selama kita waspada semuanya pasti berjalan dengan aman.

Oiya jangan lupa bawa air minum yang cukup karena trekking ke atas cukup menguras tenaga ditambah udara laut yang sangat panas.

3. PANTAI MANJARITE

Habis makan siang dan panas-Panas an di pulau Kelor maka snorkling adalah hal yang bisa kalian lakukan di pantai Manjarite.

Bawah lautnya cukup bagus bagi saya yang masih newbie dalam dunia selam menyelam. Bagi yang gak mau basah, bisa banget foto ala-ala di dermaga Manjarite dengan view cakepnya.

4. PULAU PADAR YANG KIAN BERKIBAR!

Keesokan paginya kita bisa trekking sekitar 30 menit untuk menikmati sunrise di pulau Padar. Jalur trekking sudah dibangun sehingga memudahkan wisatawan untuk menuju puncak.

Pulau Padar bisa disebut sebagai top list kunjungan ke pulau Flores selain pulau Komodo. Pulau Padar terkenal akan tiga pulaunya yang ikonik. Pulau padar sudah menjadi tempat syuting banyak iklan. Maka tidak salah tempat ini selalu ramai dikunjungi baik wisatawan domestik maupun internasional.

5. PULAU KOMODO YANG BIKIN MELONGO!

Ini dia yang paling ditunggu-tunggu bertemu makhluk purba ratusan tahun lalu, ya apalagi kalau bukan Komodo. Saya rasa sebagai orang Indonesia kita sangat beruntung karena kekhasan ini hanya dimiliki oleh Indonesia.

Begitu memasuki pulau Komodo kita bisa melihat komodo berkeliaran. Selain itu juga rusa dan hewan lainnya yang mungkin hanya bisa kita temui di pulau Komodo.

6. PANTAI PINK YANG MENAWAN

Pantai Pink juga menjadi andalan wisata pulau Flores. Pasir yang berwarna merah muda karena pecahan karang ini menjadi sangat unik dan istimewa.

Selain itu pantai pink juga memiliki wisata bawah laut yang sangat indah. Tapi anehnya walaupun udara sangat panas air di pantai pink ini sangat dingin. Penasaran kan? Hehehehe

Selain snorkeling kita juga bisa bermain floaties di sini. Panas-Panas an dengan view indah adalah daya tarik pantai pink.

7. GILI LAWA YANG GILAK!

Kenapa saya bilang GILAK, soalnya di Gili lawa kita bisa menikmati view sunrise dan sunset sekaligus. Apalagi ada banyak rusa liar yang berkeliaran di tepi pantai. Kalau yang lain menganggap pulau Padar sebagai Ikon wisatanya pulau Flores, maka saya justru memilih Gili lawa  sebagai toplist wisata Flores. Hehehee.

Selain buat foto ala-ala, Gili lawa ini cocok banget jadi tempat buat prewedd dengan konsep yang sederhana tapi kesannya Woww!!

Ada banyak spot cantik di Gili lawa, pastikan memori kalian cukup untuk foto di setiap spot. Hehehe.

Sayangnya karena peristiwa kesalahan manusia untuk beberapa saat tempat ini harus ditutup untuk sementara waktu. Namun itu memang harus dilakukan sih, jadi gili lawa bisa rehat sejenak.

8. PULAU KANAWA

Pulau Kanawa juga menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Airnya hijau kebiruan dengan lanskap bukit-bukit dari kejauhan.

Di pulau Kanawa kita bisa snorkeling. Ya pulau Flores memang surganya snorkeling! Jadi saya bahagia banget sebagai orang yang baru bisa snorkeling dan langsung disuguhi pemandangan bawah laut super cantik. Ikan ikan berwarna warni karang karang indah. Ahh surga pokoknya!

9. PASIR TIMBUL TAKA MAKASSAR

Terakhir ada pasir timbul. Pasir timbul ini biasanya muncul ketika pagi atau sore ketika air masih surut. Akan lebih jelas jika dilihat melalui drone. Enggak punya drone seperti saya maka snorkeling adalah pilihan yang tepat. Hehehe. Pokoknya puas banget di setiap spot kita bisa snorkeling terus.

Oiya foto ini saya memegang bintang laut biru, waktu itu saya belum tahu kalau bintang laut ternyata gak boleh dipegang. Jadi jangan dicontoh ya genks..

Sebenarnya, makin tahun makin banyak destinasi baru yang bisa dieksplor di pulau Flores ini. Tapi paling enggak destinasi ini juga udah lebih dari cukup untuk mewakili kecantikan pulau Flores. Demikianlah destinasi wajib kamu kunjungi ketika LOB di Flores..

Happy Reading Segerakan Traveling!