Liburan Ke Sumba, Destinasi ini Wajib Kamu Kunjungi!

by - 20.39

Hai Guys, 
What's Up! 

"Mita eti, Riki mata (loli), Riki mata waja wiwi (anakalang)." 

Artinya: Hendaklah selalu ramah dan hidup dalam kerukunan. 
-__________________peribahasa Sumba



Kali ini aku mau kilas balik tentang perjalanan aku ke Sumba pada bulan April 2018. Jadi overland Sumba dengan menaiki bus khas Sumba bersama dengan komunitas sharecost Backpacker Jakarta ini adalah trip pertama aku ke tempat yang jauh. Kudu naik pesawat dan seorang diri. Puji Tuhan ketemu dengan orang-orang baik.

Sumba sendiri adalah one of my biggest wishlist. Masih enggak nyangka sih bisa nginjakin kaki di tanah yang disebut sebagai " Surga di tanah Timur". Oke dehh berikut ringkasan tempat-tempat yang aku kunjungi, dan pastinya ini wajib juga kalian kunjungi kalau liburan ke Sumba.

1. BANDARA TAMBOLAKA

Buahahahaa.... Sebenernya ini udah pasti kalian singgah sih kalau berkunjung ke Sumba melalui Sumba Barat Daya. Well, seperti bandara pada umumnya, yang pasti ini adalah gerbang utama kita masuk suatu tempat. Begitu tiba di bandara Tambolaka, kita akan disambut ruang tunggu yang dipenuhi hiasan khas Sumba. Wah berasa dehh tiba di Sumbanya.

Enggak hanya sampai situ, kalau kamu tiba pada sore hari maka jangan lewatkan sunset di sini. Serius indah banget sih. Wahh langsung deh jatuh cinta ama Sumba.

2. DANAU WEEKURI

Untuk tiba di Danau Weekuri kita kudu siap duduk sekitar kurleb 3 jam. Tenang, semua itu bakalan sebanding dengan keindahan yang danau Weekuri tawarkan. Sesampainya di danau Weekuri, hasrat pengen langsung nyebur. Bukan nyebur biasa, tapi lompat dari ketinggian yang sangat memacu adrenalin.



Aku yang penasaran pengen lompat tapi deg-degan juga kayak ketemu gebetan. Asli deh lihat anak-anak setempat yang nyebur dengan gampangnya dengan ketinggian sekitar 3 meter dari permukaan danau. Berlagak berani aku maju deh ke papan luncurnya, pas sudah sampai di ujung dan lihat ke bawah kog langsung ciut, tapi karena gengsi akhirnya lompat deh. Tenang udah ada temen yang jagain kalau aku kenapa-kenapa. Hehehee. Patut dicoba buat kamu adrenaline hunter.

3. KAMPUNG ADAT RATENGGARO 

Sumba terkenal dengan rumah adat yang masih terjaga keberadaannya. Biasanya warga yang masih menjaga rumah tersebut tinggal di kampung adat. Salah satunya adalah kampung adat Ratenggaro.


Kampung adat Ratenggaro terkenal dengan puncak rumahnya yang tinggi-tinggi. Biasanya rumah terdiri dari tiga bagian. Bagian bawah untuk memelihara ternak, bagian tengah untuk tempat tinggal keluarga dan yang paling atas untuk menyimpan hasil bumi.

Ada keyakinan yang dipercaya di sini, yaitu apapun yang kalian doakan pasti akan terkabul. Well, percaya enggak percayanya kembali ke diri masing-masing ya guys.

Selain rumah adat, desa Ratenggaro semakin dipercantik dengan adanya pantai tepat di belakang desa ini. Jadi foto di pantai dengan latar belakang rumah ada Ratenggaro adalah hal wajib yang bisa kalian coba. Kalau aku sendiri enggak nyoba soalnya udah enggak keburu. Hehehe

4. KAMPUNG ADAT PRAIJING

Masih dengan kampung adat. Ada kampung adat Praijing yang letaknya agak di pegunungan. Berbeda dengan desa Ratenggaro yang menawarkan pantai sebagai pemandangan, kalau di desa Praijing justru menawarkan view pepohonan dengan rumah adat.



Ada satu spot di ketinggian yang bisa menangkap semua rumah adat yang ada di sini. Jika ingin merasakan berbaur dengan warga Sumba maka bisa banget menginap di salah satu rumah di sini.

5. KAMPUNG ADAT PRALIU

Oke ini adalah kampung adat yang akan saya bahas terakhir. Berbeda dengan kampung adat Praijing dan Ratenggaro yang berada di Sumba Barat. Maka kampung adat Praliu ini berada di Sumba Timur. Lokasinya juga bisa dikatakan sudah ada di 'perkotaan' maka enggak heran ada banyak artis, seperti Dian Sastro dan Ardinia Wirasti, yang mengambil sesi pemotretan di sini.

Di kampung ini akan banyak terlihat kegiatan warga setempat, khususnya para ibu yang sedang asik menenun kain khas Sumba. Jadi foto dengan background kain yang sedang dijemur adalah hal yang banyak dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke sini.

6. PANTAI MAROSI

Jika dilihat sepintas, maka pantai Marosi sama seperti kebanyakan pantai-pantai lainnya. Pantai dengan pasir putih dan deburan ombaknya. Namun entah kenapa berada di sini terasa sangat menyenangkan, mungkin karena pantai ini masih tergolong pantai yang belum banyak diketahui orang jadi masih sepi pengunjung. Cocok banget untuk aku yang penyendiri ini. Wkwkwkw



7. PANTAI MBAWANA

Pantai Mbawana terkenal juga dengan sebutan pantai Batu cincin. Hal ini karena adanya batuan tebing yang bolong tengahnya yang bentuknya menyerupai sebuah cincin.



Untuk menuju pantai ini tidak mudah, pengunjung harus treking terlebih dahulu. Begitu sampai maka sapaan angin pantai akan langsung menyapa.

8. PANTAI WALAKIRI

Pantai Walakiri berada di Sumba Timur. Pantai ini terkenal akan daun mangrovenya yang meliuk-liuk seperti wanita menari. Waktu terbaik ke sini adalah saat senja. Warna langitnya berubah - ubah dalam kedipan mata.



Menurut saya, pntai Walakiri jadi pantai dengan sunset terbaik. Apalagi lokasinya hanya satu jam dari pusat kota Waingapu. Maka tidak heran pantai ini selalu ramai ketika menjelang sore hari.

9. AIR TERJUN LAIPOPU

Untuk menuju air terjun Laipopu maka kita harus membelah hutan. Lokasinya memang masih sangat alami. Maka enggak heran airnya sangat segar. Terlebih lagi masih ada banyak pepohonan di sekitar air terjun.


Jarak dari pintu masuk menuju air terjun pun tidak terlalu jauh. Tapi perhatikan waktu yang tepat jika mau ke sini, kalau di musim penghujan maka airnya akan keruh kecoklatan. Musim kemarau adalah saat yang tepat karena airnya akan berwarna kehijauan.

10. AIR TERJUN TANGGEDU

Air terjun Tanggedu menjadi salah satu lokasi syuting film " Susah Sinyal". Tidak bisa dipungkiri akibat film tersebut maka makin banyak pengunjung yang penasaran akan tempat indah ini.



Diperlukan waktu beberapa jam untuk tiba di pintu masuk terakhir desa Tanggedu. Selanjutnya pengunjung masih harus treking sekitar 30 menit. Membelah hutan, menyeberang sungai dan menerobos padang ilalang harus dilakukan untuk bisa tiba di air terjun yang memiliki banyak kolam alami ini.

Semua perjuangan akan hilang ketika menyeburkan diri ke dinginnya air terjun Tanggedu. Air terjun yang dikelilingi bebatuan tebing besar ini sering disebut sebagai 'Grand Canyon' dari Sumba. Foto ala-ala memakai kain Sumba akan membuat foto kamu semakin instagenik.

11. BUKIT WAIRINDING

Bukit Wairinding merupakan perbukitan yang terdiri dari banyak gundukan sejauh mata memandang. Mengikuti musim maka warna bukit akan berwarna hijau segar pada musim hujan dan warna emas kecoklatan pada musim kemarau. Maka pastikan kamu suka warna apa untuk datang di saat yang tepat.


Baik pada saat pagi dan sore sangat asik menikmati tempat ini. Selain itu kadang ada anak-anak setempat yang sedang asik bermain.

12. BUKIT PERSAUDARAAN

Bukit persaudaraan ini berada tidak jauh dari Bandara Umbu Mehang, Sumba Timur. Menawarkan lanskap sawah dari ketinggian, selain itu jika beruntung maka pengunjung bisa berfoto dengan kuda liar yang sedang merumput. Karena sensitif pastikan kalian bergerak dengan sangat pelan dan tetap utamakan keselamatan ya.


Berikut tempat yang wajib kalian sambangi ketika liburan ke Sumba. Sebenarnya saat ini sudah semakin banyak hiddem gems yang ditemukan. Maka masih ada banyak destinasi menarik lainnya. Sebut saja air terjun Wairamang, Bukit Tanarara, pantai Mandorak, bukit Tenau, sawah Waikelo dan masih banyak lainnya. Ah semoga bisa segera menginjakkan kaki di tanah Humba.

TIPS LIBURAN KE SUMBA

1. Pastikan Membawa sunblock, dan karena cuaca sangat panas, apalagi ketika musim kemarau.
2. Sediakan waktu 4-7 hari. Hal ini karena lokasi destinasi satu ke lainnya sangat berjauhan jadi kalau mau puas liburan sediakan waktu yang cukup.
3. Siapkan fisik yang baik karena akan ada banyak trekking menuju suatu destinasi.
4. Tidak memberi uang pada anak-anak setempat. Lebih baik mengajari mereka sesuatu atau memberikan alat tulis.
5. Usahakan berwisata bersama warga lokal sebagai tour guide. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, karena memang Sumba masih cukup rawan kejahatan di beberapa daerah.
6. Membawa uang cash yang cukup karena cukup sulit menemukan Anjungan Tunai Mandiri di sini.
7. Untuk yang ingin tetap eksis maka pastikan memakai kartu yang terbaik.
8. Selalu mendengarkan arahan dan hal hal yang dilarang di suatu destinasi.
9. Ambil foto sebanyak apapun tapi jangan pernah merusak apapun.
10. Beli tiket pesawat pastinya. Hehehhee


Happy Reading, Segerakan Traveling! 

With ❤️, 

MRS 

You May Also Like

2 komentar

  1. Hallo, salam kenal. Saya Eri dari blog erycorners, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Kalau mau gabung blog Purbalingga, masih bisa banget. WA saja ke saya ke 081225629943. ^^

    Sumba memang salah satu destinasi di Indonesia yang keren dan wajib dikunjungi. Banyak tempat yang ekostik meskipun untuk sampai ke sana harus membelah hutan. Hahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Ery, wahh akhirnya bisa join. Makasih bgt ya mba.. Lsg aku wa.Hehehee.

      Iya Sumba keren banget mba...

      Hapus