Bahagia Itu Ketika Aku,...

by - 18.36

Hai Guys,

How's your life? 

 

Hari kedua tantangan dari 30 Hari bercerita KUBBU dengan tema "5 Hal yang Membuat Kamu Bahagia". Sebelumnya udah kepikiran mau nulis A, B, C, D dan E...tapi setelah baca beberapa blog temen yang udah posting duluan jadi ragu. Hahaha. Soalnya yang lain tulisannya pada 'dalem' banget sedangkan aku receh banget. Wkwkwk.


Well, aku memang tipikal cewek yang cepet banget ketawa.  Liat muka orang yang lucu aja udah cukup bikin aku bahagia. Jadi aku mikir, kenapa aku kog jadi orang yang mudah banget ketawa. 


Lalu pemikiran ini membawa aku (ciyeee) pada pengalaman-pengalaman lama yang terjadi selama aku hidup di dunia ini. ( Serius nulis gini aja aku ketawa coba...). Ya selain memang faktor genetika dimana bapak aku suka bercanda. Aku memang memilih untuk selalu bahagia dalam situasi apapun.


Tulisan yang bilang, " Don't let other steal  your happiness" selalu terngiang ketika aku menghadapi persoalan hidup. Jadi aku selalu berusaha untuk enggak disetir orang lain kapan aku harus bahagia. Atau tiba-tiba jadi badmood karena orang lain. I won't! Hal ini pun enggak tiba-tiba bisa terjadi gitu aja. Ada waktu berproses dan banyak pemikiran yang harus aku latih biar bisa jadi pribadi seperti saat ini. Pemikiran itu antara lain;


BERSYUKUR, PIKIRKAN HAL-HAL BAIK

Apa yang bisa aku syukuri sejak bangun tidur. Pagi ini aku bersyukur masih bisa bangun dalam keadaan sehat. Walau mikir " wah kudu siap-siap kerja lagi nih...". Terus ngaca dan lihat rambut keritingku ter-define dengan baik dan pas lihat muka aku berseru " yeayy jerawatku mulai kempes" . Buka pagar rumah yang berat banget tapi bisa mandangin kebun dan menghirup udara yang segar khas pegunungan. Tinggal pilih aja, kita mau berkutat di hal yang menyebalkan atau menikmati hal-hal yang lebih menyenangkan. Nah aku pilih hal yang aku bisa nikmati, kebayang dong aku ngeluh capek kerja, padahal banyak orang di luar sana yang lagi susah bahkan di-pehaka di masa pandemi ini.


SEMUA ORANG PUNYA MASALAH!

Sebagai mahluk sosial berinteraksi dengan orang lain adalah hal yang pasti kita lakukan, enggak usah jauh-jauh di mulai dari keluarga, atau teman kost, teman kerja yang tinggal bareng di mess dan sebagainya. Kita enggak tahu hal apa yang dialami teman sekitar kita. Jadi, ketika dimasa sulit, kita cenderung menjadi sosok yang menyebalkan untuk orang lain. Kadang perlakuan orang lain bisa bikin tersinggung atau sakit hati walau kelihatannya sepele. 


Kalau bermasalah sama orang lain, biasanya aku langsung mau bete , tapi sekarang belajar  dan berpikir  "mungkin orang ini lagi ada masalah berat " sehingga  memicu orang tersebut melakukan tindakan yang tidak menyenangkan.  So i try to be in her/his position, ya jadinya aku belajar lebih sabar dan peka akan keadaan sekitar. So jadi gak mudah marah, ujung-ujungnya hati aku damai, enggak kudu badmood seharian.


ADA MASALAH PASTI ADA SOLUSI

Aku juga belajar percaya, setiap masalah pasti ada solusi. Masalah juga diperlukan untuk membentuk pribadi dan mental seseorang. Ya meski aku tipikal orang yang enggak kuat nahan beban berat, makannya kadang aku kabur dari masalah sebentar dengan pilih liburan atau melakukan hal yang aku suka. Nanti pas udah refresh tiba-tiba ada solusi yang kog ya baru kepikiran. Selain itu diskusi atau curhat sama sama orang lain yang aku percaya adalah jalan ninjaku. 


PERLUAS DUNIAMU, PELAJARI SKILL BARU

Untuk bisa mencari solusi yang kreatif dan menyegarkan, mempelajari ilmu baru adalah hal yang biasanya aku coba. Apa hubungannya coba? Yups, misal, aku belajar masak, aku jadinya belajar lebih sabar, belajar lebih teliti dan belajar untuk gak mudah menyerah meski masak gagal terus. Hehehe. Selain itu belajar hal baru bisa jadi saat recharge dan meningkatkan skill kita. Percayalah saat skill kita bertambah dan membaik maka rasa kepercayaan diri itu akan tumbuh.  Selain itu, mempelajari banyak hal membuat kita enggak mau buang-buang waktu di satu permasalahan saja. Kita jadi pribadi yang lebih menghargai waktu dan diri sendiri. Baidewei, selama pandemi ini aku belajar nyetir, belajar masak, belajar bahasa inggris, dan banyak hal lainnya yang bikin otak lebih fresh meski gak bisa travelling dulu. Otak yang fresh dan perasaan berharga ini bikin aku enggak mudah tersinggung dan lebih produktif ketimbang marah-marah enggak jelas.


CINTAI DIRIMU, KELUARGAMU DAN TUHANMU


Semua hal di atas aku rasa harus diakari dengan rasa cinta terhadap diri sendiri dulu. Cinta terhadap diri sendiri ini biasanya bisa kamu peroleh kalau kamu udah mencintai Tuhanmu dulu.  Mencintai Tuhanmu bisa kamu dapatkan dari mencintai keluargamu. Eh apa sih ini bingung mau jabarinnya. Wkwwk.


Sederhananya, aku pernah melewati masa sulit yang bikin aku enggak cinta akan keberadaanku sendiri, berdoa dan nangis adalah hal terakhir yang bisa aku lakukan. Karena mentok enggak tahu mau ngapain lagi, akhirnya aku tersadar kalau aku dicintai oleh-Nya dan aku berharga di mata-Nya. Jadi aku lebih rajin ngobrol dan curhat, dari sini aku menjadi lebih mencintai diriku sendiri. Akhirnya akupun sadar, kalau Tuhan kasih perlindungannya melalui keluargaku, entah itu dalam kasih sayang atau pertengkaran. 


JADI BAHAGIA ITU KETIKA AKU


Sadar bahwa hidup pasti ada susah ada senang. Waktunya bahagia ya tertawa. Waktunya sedih ya nangis. Cuma kalau bisa porsi ketawanya yang dibanyakin.


Terakhir, belajar dari anak-anak yuk, yang abis berantem ama temennya eh lima menit kemudian udah ketawa bareng lagi. 


Less worry more happy!


Nb: Kenapa artikel ini jadi sangat serius bagiku, padahal awalnya mau nulis yang ringan dan sederhana aja. Tuh kan belibet sendiri bahasanya.


Cheer Up,

-MRS-

You May Also Like

6 komentar

  1. Wow, pembahasannya jadi dalem ya. Keep positive mind. Hehhehe
    Terima kasih untuk cerita bahagia versi Kak Raya..

    BalasHapus
  2. Suka banget sama kalimat "Sadar bahwa hidup pasti ada susah ada senang. Waktunya bahagia ya tertawa. Waktunya sedih ya nangis. Cuma kalau bisa porsi ketawanya yang dibanyakin."

    Aku baru mau nulis baca ini kok jadi jleb, kok tulisan aku receh banget dan nggak ada dalem-dalemnya kaya gini haha

    BalasHapus
  3. Wah sangat menginspirasi sekali. Dalem banget hampir mau ngelem tapi lupa ga punya insang

    BalasHapus
  4. Lihat ekspresi difotonya aja aku udah bahagia kak, baca sampe abis juga makin bahagia krn jd diingetin mau sedih mau bahagia semua ada masanya, makasi yaah :D

    BalasHapus
  5. Aku sebagai orang yg receh banget pas baca ini yaaa daleem sih hahahahahaha tapi liat potonya aja aku udah ketawa kok wkwkwk

    BalasHapus
  6. Kak. Baca tulisanmu aja tanpa dikasih tau keliatan banget kamu ini orangnya periang hehehe. Kebetulan rata2 temenku orang Batak jg dan aku dulu sempat bulak balik ke sumut dan rata2 karakternya memang menyenangkan dan gampang ketawa wkwkwk.

    Eiya intinya tuh kalo mau bahagia yaaa positif thinking yaa kaak

    BalasHapus