Nusa Penida: Surga baru bali

haiii guys...
nice to meet you..

hii...
kenalin nama saya melati..(mawar melati semuanya indah)...newbiie nee...dulu sebenarnya udah pernah buat blog..cuma ga keurus,,,(gimana mau urusin blog,,,urusin hidup sendiri aja belum bener..hehehe)..sekarang udah agak mending bisa urus diri sendiri,,,hahahhaa....oh ya,,,kenapa saya buat blog?? alasannya ga lain  ga bukan karena saya adalah orang yang sangat pelupa...trs sekalia pengen nyimpen foto (jadi jangan kaget kalo nanti di postingan2 saya selanjutnya bakanaln banyak foto narsis saya...amin)...oh ya udah ga usah lama-lama..saya mau sharing..curhat seh pasnya tentang pengalaman solo backpacker saya ke Nusa Penida, Bali.

berawal dari rasa penasaran karena baca postingan blog juga..(udah lama banget bacanya jadinya saya lupa...maap ya ga bisa kasih linknya beneran lupa...) saya jadi tahu ada tempat baru di Bali yang katanya nuansanya mirip Sumba (ketahuan deh, sebenernya saya pengennya ke Sumba..hehehe) jadi berhubung ga ada duitnya yang banyak banget saya cari alternatif (hehheehee)..

so perjalanan saya di awali dari Purwodadi...pengen nyari yang murah jadinya lewat darat deh,,,(tapi setelah saya jalanin mending lewat udara aja sekalian..)..dari purwodadi ke Surabaya tiketnya ntr ya saya rangkum di bawah (tapi banyak yang udah lupa juga..) tapi sekalian aja deh...biar langsung tahu..wkkwkw...tanggal 5 April 2017 berangkat malem dari stasiun Ngeromboh (purwodadi) ke stasiun Gubeng Surabaya sebesar 135k..lanjut subuhnya ke Banyuwangi naek Probowangi tiket 56k...dari jam 4:30 subuh sampe jam 11:30 siang..(tepos tepos deh tuhh pantat)...trs pas di kereta saya tanya orang kalo mau ke pelabuhan gimana,,,untung ketemu orang yang mau nyebrang ke Bali juga..akhirnya naek bis bayar 35k diturunin di Mengwi (nah ini yang bikin saya nyesel ke Bali via darat..soalnya macet gila karena lagi ada hari Raya Kuningan..) sampe malem baru sampe di Mengwi..harusnya untuk yang mau pergi ke Sanur dituruninnya di Ubung,,tapi entah kebijakannya aneh banget malah penumpang harus dioper-oper,..(nambah nyesel via darat)..akhirnya mau ga mau naek APV deh bayar lagi kalo ga salah 15k..trs ga sampe sekitar 20 menit sampe deh (belum sampe sanur ya)..ternyata masih jauh dari Sanur...jadinya saya naik Go-Jek dehh..keluar duit lagi 30k..trs sekitar 20 menit lagi sampe juga di Sanur..trs cari tempat rindang di bawah pohon buat istirahat..dan sungguh saya bener2 tidur di bawah pohon (iritt guyss) oh ya sebelum tidur makan dulu ya bekalan dari purwodadi..(lagi-lagi irit)..

pagi-pagi banun..liatin sunrise  nya Sanur...ciyeeee sendirian aja..wkwkkw...ga lama setelah muter-muter sanur..smbil bawa tas yang ga gede-gedean amat tapi berat..saya pun lelah..hahaha..trs coba cari tahu gimana biar bisa nyebrang ke Nusa Penida..setelah muter-muter dapet deh yang bayarnya 75k..namanya Mola2 express (lucu ya..hahaha...kalo dalam bahasa korea mola itu artinya ga tahu..) setelah nunggu lama...jam 8an kita berangkat..wah kapalnya bagus dan seru banget knabrak ombak hehehe..sekitar 40 menit perjalanan sampe di pelabuhan sampalan..(mudah2an ga salah nama)..

dan lagi2 kayak orang ilang saya bingung mau ngapain disitu..hahhaaa...tapi saya mah cuek aja...akhirnya saya tanya-tanya orang sekitar..eh syukur banget dapet penginepan dan sewa motor sekalian...sewa kamar 100/hari dan motornya 60/hari...cuss langsung dikasih motornya dan suruh pulang sendiri,,,(wahh kalo dikampung saya udah di maling ne motor..)blaa..nlaa..blaa..

sampe juga dipenginapan yang ternyata jauh guyss...tapi enak banget penginapannya,,,trs ga mau buang2 waktu,,,padahal masih capek banget..langsung cuss mandi..(bayangin saya ga mandi 2 hari)..kelar mandi and dandan (cewe banget) langsung tanya ama anaknya si Beli kira-kira tempat wisata terdekat dimana..(soalnya itu udah jam 1 siang)...setelah dapet info langsung cuss....tempat pertama yang di tuju adalah Broken Beach dan Angel Billabong..wahhh keren banget pokoknya..
okee sebenarnya saya ingin sekali berlama-lama...tapi waktu udah sore banget....jadi setelah kedua tempat tersebut saya langsung cuss menuju kelingking beach...ga terlalu jauh dari tempat awal terlebih aksesnya lebih baik...dah cuma perlu bayar 5k untuk masuk...pas masuk...wah langsung  disuguhin pemandangan keren..dan karena rasa penasaran saya yang besar saya pengen banget kepantai yang ada di bawahnya...padahal itu tinggi banget..tapi masih lebih tinggi rasa penasaran saya untuk menginjakkan kaki di pasir yang putih itu...ternyata...perjalanan saya sangat berat..sumpahh...bodohnya lagi saya ga bawa minum...(please jangan ditiru..) setelah perjuangan yang sangat melelahkan saya berhasil mendarat dengan selamat...woowww..pengen lama-lama...tapi ga bisa udah mepet waktunya...dan saya harus panjat tebing....oucchhh bayangin seberapa tinggi tebing yang harus saya panjat saya pengen nginep aja di pantai itu...(emakkkkkkk.....)...

akhirnya saya menyakinkan diri...hahahhaa..oh iya pas perjalanan turun topi saya sempet hilang,.untung penduduk setempat baik banget,,,jadi pas diketemuin ditaroh ditempat yang bisa saya lihat..(sumpah saya sedih banget pas tahu topi itu hilang,,,dan bahagia banget pas ketemu lagi...masih jodoh kali ya..hehheeh) dan setelah bolak balik berhenti..dehidrasi parah..akhirnya saya sampe lagi di pucuk...(emakkkk...) dalam diri saya langsung janji..gak lagi-lagi bakalan turun ke bawah...sebenernya masih ada satu spot lagi yang bisa didatengin..tapi berhubung saya sudah hampir mati...(lebay) saya memutuskan untuk pulang..lagian itu kan kayak ditengah hutan..saya takut kalo pulangnya terlalu malem...ahh itu perjalaan hari pertama yang sangat menyenangkan..gilakkk ga nyangka saya bisa...oke istirahat..besok pagi lanjut...

hari kedua.....masih dalam suasana yang capek tapi kepo...lanjut ke tempat wisata berikutnya..agak jauh ne tempatnya...tapi semangat yang tinggi selalu mengalahkan kesulitan..wkwkkw...yupsss hari kedua pergi ke pantai atuh....jalurnya bagus sihh cuma jauhh..tapi gpp soalnya sepanjang perjalanan kalian bakalan disuguhin pemandangan yang keren...dan sampe di tujuan masih harus jalan..(aduhh emakkk kaki sakitt bangete..) dan tahu ga harus turun bukit lagii...saya menghabiskan waktu yang cukup lama..karena memang ga mau terlalu capek,,(meski nanti ujung2nya capek banget)..kelar istirahat sambil minum air kelapa yang mahal..20k..(menurut saya itu mahal ya..tapi wajarlah namanya juga tempat wisata..)...lanjutin perjalanan ke pulau seribunya Bali...udah semangat mendaki ne..ehh pas diatas ternyata katanya saya saya jalur..jadi kalo mau ke pulau seribu harus pake akses muter..katanya dulu memang ada jalur tercepat ini, tapi udah ditutup dengan alasan keamaan....wahh padahal udah mendung tuh...akhirnya fotonya di spot yang ada dan saya harus berteduh karena tiba2 ujan turun (udah kayak adegan india aja)...ahh foto2nya jadi kurang bagus soalnya langit mending..tapi ya udahlah ya....hehehehe....

terus pulang saya ujan2an..naek turun bukit lagi,,,tapi gpp...paling ga saya dapat pengalaman yang luar biasa..hehehhee....oh ya sebenarnya masih banyak banget cerita yang pengen saya tulis,..cuma saya capek,,eehhee...lagian karena ini masih awal jadi gak usah panjang2 ya ntr pada ngantuk lagi...ya udah cusss liat foto2 narsis saya aja..hehehe...happy sharing guys...

welcome bali...jadi disini kamu akan di periksa KTPnya..kalau via darat ya..

ini di Pantai Sanur, jadi untuk sampe ke Nusa Penida kita harus naik speedboat kemarin saya bayar 75k. harga ini di dapat setelah keliling ke beberapa tempat penyewaan ya guys...jadi kalo mau irit harus usaha..hehehhee

broken beach guys....airnya sejernih hati saya...wkwkkwkw

sapa yang gak betah lama-lama disini....
ini saya ada di Angel's Billabong ya....ga tahu sih kenapa namanya gitu,.tapi setelah saya pikir-pikir mungkin dulunya tempat ini adalah tempat mandinya para bidadari ya...soalny airnya teduh banget..dan saya berasa seperti angel pas foto di sini..hehehhee

hati-hati kalo mau mandi di Angel's billabong...karena ada banyak hewan ini disini...

karena saya penggemar pohon besar...jadi liat pohon ini langsung saya foto deh

yang ini namanya kelingking beach..kenapa dikasih nama kelingking beach??saya juga ga terlalu paham....oh ya itu kalo mau turun ke bawah bisa banget..(bisa banget teparnya....udah baca cerita saya di atas kan....)tapi ya harus di coba dong..biar tahu rasanya..hehehe
ini yang namanya pulau seribu bali..tapi seharusnya diambil dari sisi sebrang pulai ini..tapi berhubung cuaca dan badan yang udah ga bersahabat jadinya saya cuma ambil dari sisi yang sini aja,,,
gak mau kalah keren ama pemandangannya dong..in action
sumpahhh betahh bener saya liatin ini lama-lama...even cuacanya udah mendung banget tuh...bayangin gimana kerennya kalo cuaca cerah..
wahhh....대박이야
하나님 많이 감사합니다
hai alam....ajak saya semakin mengenalmu..

biar kayak orang-orang
siapa yang berasa jadi model kalo gini...hehhee
ini  di pantai Atuh
harus banget gaya pake kacamata...wkwkkwk
abaikan hidung saya yang pesek....
yang seger,,,yang seger

mba lagi ngapain mba??

hayuuuukkk..tunggu apalagi. masak ragu buat explore tempat tinggal kamu sendiri..guys Indonesia terlalu luas untuk bisa kita datengin semua...jadi tunggu apalagi..yukk jelahahi Indonesia.
nb: mohon maap banget ya kalo blog ini masih jauh dari sempurna...postingan pertama ne...jadi masih belajar...semoga masih semangat ke depannya terus menerus.amin.