Museum Rangga Warsita: Museum tentang Jawa Tengah

by - 19.07

Hai guys..

Bulan Agustus selalu identik dengan semangat kemerdekaan. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merayakan hari kemerdekaan bangsa kita tercinta..sebagian besar dengan mengadakan acara-acara yang menumbuhkan rasa cinta akan Republik Indonesia...nahhh salah satunya bisa dengan mengunjungi museum. Sebenarnya saya tidak terlalu suka pergi ke Museum, karena dalam pikiran saya museum adalah tempat yang tidak terlalu menyenangkan dengan suasananya yang suram (kamu berpikiran gitu ga guys?). Hal ini terjadi karena menurut saya memang kebanyakan museum di Indonesia dibuat dengan model yang sangat sederhana..tapi kurang tahu juga sihhh,,cuma kadang liat youtube, museum di luar negeri itu konsepnya unik dan menyegarkan..

Semua rasa malas itu tiba-tiba hilang ketika saya berkunjung ke museum Rangga Warsita atau bisa di sebut juga Ronggo Warsito..ya mungkin memang ga sekeren yang di luar negeri..tapi entah kenapa saya bahagia banget bisa dateng ke sini..dan tiba-tiba timbul rasa penasaran saya terhadap museum-museum lain yang ada di Indonesia. oh yah tahu ga..kalo nama Rangga Warsita itu adalah nama seorang pujangga Jawa yang hidup pada abad ke 19, karyanya banyak dikutip dan masih banyak relevansinya dengan keadaan jaman sekarang yang makin absurd (aduhh ngomong apa saya ini...peace..) Jadi pas tahu kalo nama museum ini diambil dari seorang Pujangga..entah kenapa saya langsung kepo...coz i think..seorang pujangga itu pasti seorang yang hebat..(kog tiba-tiba saya keingetan lagu Base Jam.."mungkin aku bukan pujangga yang pandai yang pandai merangkai kata....lagu jadul sekali).

Saya pergi ke museum ini bersama temen saya..ya memang kebetulan kami ada urusan di Semarang alias di Kejaksaan Negeri Semarang yang tepat berhadapan dengan Museum ini..jadi alamat museum ini itu ada di Jl.Abdulrachman Saleh...mudah banget dicari,,udah gitu gedungnya kan besar banget jadi pasti orang mudah menemukannya. tike masuknya murah banget cuma 4000 ribu rupiah,,dan dengan 4000rb rupiah ini kami bisa dapet pengalaman yang banyak banget..so apa aja itu..cekidoottt guysss...oh ya FYI kami ada di Kejaksaan Negeri Semarang dengan tuduhan melanggar lampu lalu lintas ya...padahal menurut kami seharus kami tidak bersalah..tapi ya sudahlah ya..mungkin karena itu kami bisa ke Museum Rangga Warsita..beneran dehh ga terduga dan ga kepikiran sama sekali untuk kesini.hehhehe...always positive thingking deh..hehhehe..


Pertama ruangan yang kami masuki adalah ruangan yang ada di sebelah kanan..jadi kelar bayar tiket...jalan masuk langsung ambil sebelah kiri,,,maka hal pertama yang kita lihat adalah wayang yang besar ini...langsung dehh fotoo..cekrek. oh ya ruangannya kalo dari luar ga terlalu luas..tapi pas kita keliling beneran bisa bikin kaki pegel..hehhee..penataannya juga unik..jadi kayak jalan terus..kirain udah selesai ehh ternyata masih ada ruangan dibelakangnya..jadi kayak surprise gitu....surprise yang ga ada abis-abisnya..jadi nambah penasaran untuk terus masuk kedalamnya....pokoknya seru banget jadi kayak berpetualang gitu,,ehhehe




aslik batu ini indah banget dilihat secara langsung..pencinta batu akik pasti tahu ini batu apa.

Museum Rangga Warsita ini bisa dibilang sebagai museum mininya Jawa Tengah..karena memang barang-barang yang ada di dalamnya adalah koleksi dari beberapa museum kabupaten yang menceritakan masing-masing sejarah kabupaten tersebut. Jadi kita bisa mengenal  keunikan masing-masing kabupaten yang ada di Jawa Tengah melalui museum ini. So i think this place so recommended for people who live in Center Java and want to know more about this province. FYI saya baru jadi warga yang KTPnya domisili Jawa Tengah ya...jadi beneran excited banget dehhh..hahhaha...maklum newbieee..hehehhehee

gading gajah raksasa asli.

minatur gajah raksasa. ini taringnya sih palsu..yang aseli disimpen dalam lemari kaca..biar ga rusak..tapi tetep meskipun palsu gading ini juga ga boleh dipegang

rangka gajah asia yang di temukan di salah satu kabupaten Jawa Tengah

miniatur gua




miniatur kehidupan jaman Homo Sapiens

miniatur patung Budha pada masa pembangunan canci Borobudur






((((((bagian ini bisa di skipga usah dibaca..ga penting ma skali..)))))

hiksss sedihh amat ya....kenapa...?
soalnya saya belum bisa punya kamera mirrorless biar hasil fotonya lebih bagus..(yaa malahan curhat...hehehhee) why? soalnya semua hasil foto saya bisa dibilang gelap...tahu sendiri lah ya kalo dalam museum pasti agak-agak temaram gimana gitu...hehhee..tapi gpplah paling ga saya bisa foto-foto,,daripada punya mirrorless tpi ga bisa foto-foto..wkwkkw...ga dengg..doain ya guys saya segera punya mirrorless..(ne kenapa jadi curcol penulisnya yak??)..


patung Ganesha

miniatur Kapal pada jaman dahulu yan dipakai oleh masyarakat Jawa Tengah
 Rasanya dibutuhkan waktu berjam-jam untuk mengelilingi lantai satu secara keseluruhan dan menikmati setiap suguhan sejarah yang ditampilkan...dan saran saya sihh bawa kamera yang bagus, hape saya kurang bagus jadi agak buram dan sering blur..hehhee...setelah puas keliling lantai satu saya pun melanjutkan ke lantai 2..kali ini saya sendirian..temen saya memilih menunggu di lantai satu..karena memang kakinya masih capekk akibat sore sebelumnya melakukan olahraga yang ekstra. penuh semangat saya melangkahkahkan kaki menuju lantai dua..saya penasaran kira-kia aalgi yang akan saya dapatkan di lantai dua. saat tiba..maka saya disuguhi gambar stasiun kereta, karena memang kereta adalah alat transportasi yang memang identik dengan Jawa Tengah. Selanjutkan lantai dua dipenuhi dengan sejarah pembuatan keramik dan gerabah dan kehidupan Jawa Tengah sehari-hari














miniatur aktivitas dapur dengan tungku apinya



miniatur kehidupan warga dalam proses pembuatan gerabah


manuskrip yang dibuat dari daun lontar


Pasti pada bilang..busyett dehhh banyak amat fotonya..hahhahaa...harap maklum ya..coz semua tempat itu keren banget buat di jadiin spot foto..ohh ya karena memang hari kerja atau emank sedikit yang kesini...pas kesni berasa museum milik sendiri...sepi banget ga ada orangnya....ga tahu dehh kenapa..ya mudah2an karena memang karena lagi hari kerja aja..soalnya sayang banget kalo tempat sebagus ini dianggurin dan cuma sedikit yang berkunjung..padahal ada banyak hal yang bisa didapetin..hemmm yuukkk mulai ubah mindset..museum ga selamanya kuno dan suram kog....beneran dehhh tempat ini highly recommended...so buat kamu-kamu semua..apalagi yang ada di sekitaran semarang..wajib..wajib..wajibbb banget pokoknya kesini...

(wajibb dibaca!!)
PS: percayalahh saya mencoba nuntuk ga mengupload semua foto saya dalam museum ini..dan kalo kamu pikir foto-foto di atas sudah mewakili museum..kamu salah sama sekali,,karena saya masih punya foto yang saya takut untuk aplod..why??karena nanti pada demo ke saya..hahahaa...aduuh maapkeun saya yang narsis atau museum ini yang kerennya kebangetan..hehhehee...soo tunggu apalagi...ayoo bikin jadwal kesini..


You May Also Like

2 komentar

  1. wahhh keren mbel, tp tepat bgt loh dugaaan lu, sblm baca baca paragraf terakhir ge udh bilang dlm hati, banyak amir sih fotonya, ga abis2, bikin envy aja, wkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha...abis tempatnya keren bgt bu..kegnya harus foto di setiap spot..wkwkkwkwk..thanks ya udah baca..hehehee

      Hapus