Kawah Ijen: Tracking bersama para bule (part.1)

by - 23.07

Hai Guys..
Anyyonghasimnikka??


Wah ga kerasa udah masuk hari pertama dalam bulan Desember 2017...ada banyak hal yang udah terlewati dan sekarang ga kerasa kita bakalan masuk tahun baru...tahun baru udah ada rencana liburan kemana ni?? kalo saya mahh pilih rumah aja...soalnya kalo pas tahun baru jadi waktu keluarga saya bisa pada kumpul dan ini jarang banget terjadi..eeheee...tapi tenang aja saya bakalan rekomendasiin satu tempat yang asik banget buat kalian semua menunggu tahun baru..apalagi kalo bukan di kawah Ijen...why??? sabar dong, hehhehe saya pasti cerita kog..nah sebagai pengingat rangkaian kepergian saya ke kawah Ijen ini masih segaris dengan kepergian saya ke kawah Wurung yang memang berada tepat sebelum kawah Ijen kalo kita berangkat dari arah Jember...nah kalian udah pasti baca dong..hehhee...nah kali ini kawah Ijen beneran dehh ada air ditengahnya....hahahhaa jadi ne bukan kawah yang gak jadi..tapi beneran jadi. Oke..udah ga sabar dong baca kesendirian saya ke tempat ini..let's read!

Okay dari awal saya kasih tahu dulu ya guys...jadi saya sebenernya ragu pas tahu kalo kawah Ijen itu ada di ketinggian 2443 mdpl..weeewww...kebayang ga sihh untuk saya yang dulu mentok cuma daki bukit ga sampe 1000mdpl..dan sekarang harus daki setinggi itu..well...saya langsung ciutt...hellowww itu tinggi banget untuk saya yang pendek badannya ini. Tapi mau apa dikata...rasa penasaran lebih tinggi dari rasa takut...cuma mikir...okee kalo orang lain bisa..masak saya ga bisa...dan saya pun melaju kesini setelah selesai mengeksplore kawah Wurung.

Desa mati, itu kesan waktu saya sampe di pintu masuk kawah Ijen, yang terkenal dengan sebutan Paltuding..gimana enggak...jadi saya udah sore tiba disitu tapi ga ada satupun lampu yang nyala...dan pas saya liat hape...woww no signal there...woowww bener-bener dehh terisolasi...adeeuhhh pasrah sama yang diatas dehh kalo sampe ada apa-apa dengan saya. Well...bisa bayangin gak kamu ada seorang cewe sendiri...dateng ke tempat baru yang cuma ada 4-5 rumah yang sederhana banget dan dikelilingi pohon dan gunung-gunung dalam keadaan senja tanpa cahaya...karena baru pertama kali kesini saya masih bingung banget dan ga tahu harus apa..tapi Puji Tuhan orang-orang disini tuh baek2 banget...jadi saya tahu kalo pendakian itu dibuka nanti malem jam 01.00 dini hari dan listrik akan nyala sewaktu maghrib dengan bantuan diesel pastinya!

Okee..karena masih perlu waktu berjam-jam untuk bisa daki saya pun memutuskan untuk isi perut dulu..nah ada beberapa rumah yang merangkap sebagai warung makanan...dan saat itu berhubung udara udah dingin banget saya pilih makan mi instan pake telur pedes sebagai penghangat tubuh..ya lumayan banget lahh jadi bikin angin ditemenin segelas teh manis hangat. Setelah itu saya pun membeli senter kepala..hahhaa...ya katanya gelap jadi beli senter dehh...seharga 45rb..biar keren gitu hahahaa...selepas makan saya pun tidur2 ga jelas di depan rumah kosong yang aselinya buat penyimpanan para penambang belerang mungkin...terus pas enak-enaknya tidur saya dibangunin dan diusir dari situ..hahhaaa.....pergi dehh saya dan berhubung udaranya semakin dingin,,,saya pun memberanikan diri bergabung dengan dua orang pemuda yang lagi berdiang dekat api unggun....dan saya diterima dengan baik...(yeeeeeeyyy....) malah saya ditawari kopi hangat..wahh sapa yang nolak..sambil bercerita sana-sini  dari arah pintu masuk terdengar semakin banyak mobil wisatawan yang datang...dari dua pemuda tersebut saya dikasih tahu kalo nantinya bakalan banyak banget turis yang dateng..heemmmm saya jadi penasaran..dan ketika waktu menunjukkan pukul 01.00 saya pun bergegas pergi dan membeli tiket seharga 5000rb..sedangkan kalo untuk wisatawan asing sekitar 100rb kayaknya. Okeeeyyy let's climb....!




ini kali katanya namanya kali pahit,..ya mungkin karena rasanya pait kali ya...ga berani coba sih..hehhehe

pas liat spot ini bawaannya pengen ada diatas kayu terus dipotoin dehh..tapi apa daya saya seorang diri saya..

Baiklah...berhubung hape sudah cuma tinggal 50% an lagi..jadi saya ga terlalu ambil banyak foto..bahkan hape saya matikan sejak dari paltuding...oh ya...buat kamu-kamu yang ke kawah Ijen via Jember...maka jangan buang kesempatan untuk foto kali yang airnya berubah jadi hijau karena efek dari belerang...beneran dehh ini keren banget...airnya jadi hijau-hijau gimana gitu...tapi saya ga berani pegang ya..takut kenapa-kenapa...hehhehe

salah satu usaha foto blue fire yang gagal...ini bukan cuma satulohh..tapi ada banyak banget...tapi hasilnya semua keg gini..bhaahahhaa..

ini lampu mahal yang saya beli..hahhahha

Saya mendaki sejak pintu pendakian dibuka...dan beneran dehh kalian akan merasakan sensasi kayak di luar negeri atau di negeri antah berantah..kenapa??karena kalian bakalan trekking bareng bule dari semua bangsa dengan bahasa yang mungkin kalian ga ngeh..well kalo bahasa inggris pasti masih ngeh lah ya...tapi beneran dehh ada begitu banyak bahasa yang saya denger sampe saya ga ngerti itu bule pada ngomong apaan....saya sihh salut sama para guide yang bisa jadi translater buat para turis...paling ga Indonesia termasuk siap dalam menerima para wisatawan asing yang masuk.

So meskipun saya cuma seorang diri saya ga kesepian sama sekali..tahu kenapa??karena kalian bakalan trekking ama ratusan bule dengan bahasanya masing-masing...beneran dehh waktu saya daki sampe pusing..bukan karena capeknya...tapi lebih karena bising denger semua turis pada kepoin guide mereka...gimana ga kepo kalian bakalan pergi ke satu tempat yang ada blue fire dan itu cuma ada dua di dunia...udah gitu pemandangan malem yang beneran indah ditemani para bintang dan angin yang bertiup kadang sepoi-sepoi kadang kenceng..hehhehehe



Saya baru ngeh kalo dideket penambangan belerang itu ternyata bersebelahan langsung dengan kawah Ijen..hahahhaa...maapkan ketidaktahuan saya...hehheeh

Satu spot andalan ne...banyak banget yang foto disini...beruntung banget saya masih bisa minta tolong buat difotoin disini..hehhehe

Ahhh...ada yang kurang disini....susu coklat hangat...where are you??hehhehe

Dalam perjalanan kurang lebih 3km itu..saya sering banget berhenti..10 langkah nanjak berhenti...ehh bahkan cuma 5 langkah berhenti...hahhhaa..beneran dehhh rutenya itu sih cuma 3Km...tapi nanjaknya itu loh... dan ditengah jalan saya sampe menyesali kenapa saya pergi ketempat ini..hahhaah...tempat kedua yang saya sesali setelah saya pergi ke Gunung Bromo..beneran dehhh capek banget ke sini...mana (lagi2) saya bawa laptop...bawa badan aja udah susah...hadeuuh mau nangis lahh...tapi berhubung udah telanjur ya mau gimana lagi..makannya saya sampe heran sama para turis yang fisiknya kuat-kuat banget...mereka jarang banget berhenti..padahal sambil nyerocos terus...

Selain itu..saya juga malu sama diri sendiri...masa saya yang cuma bawa diri aja ga sanggup sampe atas..apa kabar itu para penambang belerang yang puny a side job bawa troley yang berisikan orang untuk dibawa dari bawah sampe ke atas....ahh andai saya ada uang lebih mungkin saya pake troley itu juga...sekalian biar bisa bantu para bapak-bapak itu yang mengais rejeki lebih selain sebagai para penambang belerang..apa daya uang kisaran 300-400 ribu adalah uang yang sangat banyak bagi saya.

Kebayang ga indahnya tempat ini..padahal ini foto cuma pake kamera hape aja

Seru kali ya pra wedding disini...hahhaha

Salah satu cara biar lupa ama lelahnya manjat adalah dengan sesering mungkin ambil selfie

Karena kamera hape saya yang terbatas saya tidak bisa memotre  fenomena blue fire dengan baik..yang ada malah cuma gelap..hahha..selain itu blue fire yang saya liat itu kecil dan ga terlalu lama, jadi blue fire akan nampak kalau ada angin yang bertiup kencang karena memang blue fire ini tertutupi asap belerang yang sangat pekat. Setelah puas melihat saya memutuskan untuk naek kembali...oh iya...FYI kalo mau liat blue fire harus turun ke kawah yang berjarak sekitar 1 Km ya....melewati jalanan tersebut kita menjadi semakin tahu bagaimana perjuangan yang harus dihadapi para penambang belerang untuk mengangkat ratusan kilo belerang dari dasar kawah ke atas kawah. 



Tuhan..pangeran saya kapan datengnya..hehehhehe

Tuhhh..kebayang ga perjalanan yang harus saya tempuh..tapi saya sihh masih mending...apa kabar para penambang belerang yang kerja tiap hari disini??

Salah satu penambang belerang yang sedang berjuang dengan puluhan kilo belerangnya.



Sejauh mata memandang

Sebenernya ada banyak banget kisah yang ingin saya tulis disini,,tapi mungkin ribuan katapun ga akan cukup untuk mengungkapkan semua isi hati saya...yang pasti saya bersyukur sekali bisa ke tempat ini karena ada banyak hal yang bisa saya dapat dari perjalanan kali ini..dan tahu enggak karena saking cintanya dengan tempat ini...saya pun ke kawah Ijen untuk yang kedua kalinya bersama dengan kakak saya...yesss masih ada kesempatan untuk cerita...hehehhee...okeyy tunggu postingan saya selanjutnya ya guys...mari berlibur...Indonesia terlalu indah untuk dianggurin.

Kalau ke Kawah Ijen..kamu kudu banget pake:

1. Baju yang tebel..terutama kalo memang kamu ga doyan banget sama dingin..sama kayak saya ini..bahkan baju double 4 tetep masih dingin...brrrrr
2. Senter...yupsss wajib banget untuk safety kamu,.kalo ga mau beli ya at least sewa aja..ada kog yang nyewain.
3. Masker..oke masker ini WAJIB banget dipake...apalagi kalo pas asap lagi banyak banget....oke yang pertama kali saya masih bisa pake masker biasa,,,tapi kedua kalinya saya kesini...ohh noo...wajib banget pake masker anti racun..(tunggu postingan saya selanjutnya ya)
4.Sepatu/ sandal yang nyaman dan anti slip...ya karena pas turun kita kudu ati-ati banget kalo ga bisa jatuh dan berakibat fatal.
5. yang lainnya bisa isi sendiri...paling penting pake hal yang bikin tahan dingin dan nyaman dikamu...misal: syal, topi dll...

PS: Oh ya kalo ada yang nanya kog ga ada foto bulenya sih...ahh hoax ne...alasan saya ga ambil foto dengan mereka adalah karena saya ga mau ganggu keberadaan mereka...saya rasa semua oranng punya privasi masing-masing terlebih saya biasa aja sih foto bareng bule...yang ada malah minder,,hahaha...mereka kan cantik dan ganteng udah gitu tinggi-tinggi banget...lahh saya???ahhhh bisa sampe tempat ini aja udah bahagia banget..hahahah...ga deng...alasan sebenernya adalah..karena disini terlalu banyak bule..beneran dehhh kalo tempat wisata lainnya mungkin kita bakalan ada jarak sama para bule,,tapi disini semua membaur dan biasa aja..jadi bener-bener kayak sesama pejalan aja...jadi saya bingung mau minta foto sama siapa...soalnya saya liat ganteng-ganteng semua....masak iya saya minta foto bareng satu-satu..hahahahaa..LOL.

Ijen...i'm in love
Melati Raya Sihotang

You May Also Like

3 komentar

  1. Ya alloh keren banget say, kaya poto2 di Amerika itu loh, ternyata Indonesia ga kalah keren yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ta....q pertama kali liat aja..haaa ini di Indonesia? pas ke bromo juga keg gitu..makannya q berasa norak banget..hahhahaa...moga kamu ntr bisa kesini juga ya ta.amin. Makasih udah mampir blogger yang super busy...

      Hapus
  2. Pon.. gw ga lihat sungainya loh.. krn beda jalur daki keknya ya.. hahhaaa.. next year, lets get lost together.. :)

    BalasHapus