Kawah Ijen:Tracking Bersama Para Bule (part.2)

by - 18.58

Hai Guys..
Anyyonghasimnikka!!

Udah baca pastinya dong tentang kawah Ijen pada postingan saya yang pertama...nah saking jatuh cintanya sama ini tempat akhirnya setelah kesini pada bulan September..akhir November kemarin pun saya kesini lagi...untuk pamer ama kakak saya..hehhehee...meskipun kali kedua saya kesini..tapi cerita dan pengalaman lain serunya yang saya dapat lagi...enaknya karena udah pernah kesini jadi saya lebih siap..hahahhah.

Dua kali saya kesini dua kali juga saya dapat pengalaman,,,ya seperti yang kita tahu, bahwa alam adalah hal yang ga bisa diprediksi..jadi cerita saya sebelumnya bisa jadi ga terjadi di perjalanan saya yang kedua ini...dan beneran dehh...kalo perjalanan pertama itu windy banget perjalanan yang kedua ini justru berasa panas...hahhah..jadi justru saya banyak berkeringat..oh ya tetapi ada satu persamaan  yang ga bisa ditolak yaitu saya dan kakak saya sama-sama tiap 5 atau 10 langkah pasti berhenti...hahhahaa...

Kali ini perjalanan kami berdua juga gak serame pas saya yang pertama kali kesini..jadi sepi banget malah kayaknya kami mungkin pendaki pertama..hahhaha..padahal saya udah pamer ke kakak saya bahwa beneran banyak banget bulenya,.tapi apa boleh buat..mungkin kakak saya belum beruntung..hehhee...masih ada bulenya sihh tapi ga serame yang dulu,,hehee..dan kakak saya juga heran dengan kehebatan para bule yang ga berhenti-berhenti nanjak..

Oke..setelah melewati drama perjalanan yang masih tetep bikin nyesek..finally saya dan kakak saya sampe juga...yeeeee....begitu sampe kamipun turun ke kawahnya...nahh pas udah sampe ternyata blue firenya ga terlalu keliatan..karena memang ga terlalu berangin ya..jadi asap belereng nutupin blue firenya..yaaa....udah sedih gitu..mana bau belerangnya nusuk banget pada beda banget sama pas pertama kali kesini..(that's why i said alam itu unpredictable sekali) so cara yang tepat buat nanganinnya adalah persiapan yang matang..jadi mau nantinya gimana kita udah siap..(same-sampe saya udah bawa jas hujan..hahahhaa). Berhubung saya pantang menyerah dan malu dong ama kakak saya...wong saya udah bilang bagus blue firenya..hehehee..akhirnya saya ajakin kakak saya untuk nunggu lebih lama..dan penantian ga pernah sia-sia....ga lama nunggu ada angin dan kita dapat blue fire yang gede banget..wwoooowww...lebih gede dari yang pertama malah...saya sampe speechless...ahhh dapet juga...ya meski ga yang gede banget kayak yang saya liat-liat di blog orang lain ya..tapi bisa liat yang bagi saya gede aja itu udah bikin happy banget..yeeeeee..i did it.

Saking semangatnya buat mengabadikan moment tersebut..kami berduapun turun lagi sampe bener-bener deket ke tempatnya...dan butuh perjuangan pas udah sampe bawah...as you know kalo bau belerangnya lagi nyengat banget....dan karena jaraknya yang terlalu deket begitu ada angin....alahh udah kayak mau mati rasanya ngirup bau belerengnya...ya ampunn...konyol banget dehh padahal saya udah pake masker khusus gas loh yang saya sewa...tapi tetep aja sesek..dan ingatan saya langsung kepada para penambang belerang disitu,..ya Tuhan saya yang cuma sekian menit aja ga betah banget...kog mereka yang cuma make baju sebagai masker bisa betah banget ya...oohh nooo...


ne foto diambil dari atas..bantuan solo female backpacker juga...wooowww

yeeeeyyy......ini jauh lebih besar dari yang pertama kali saya dateng lohh

dan butuh perjuangan biar bisa ambil sedekat ini..

diantara kepulan asap belerang..keliatan ga sih masker saya segede itu..
Ahh puas banget liat blue firenya....nah buat yang penasaran..blue fire itu cuma bisa diliat selama belum ada cahaya ya...aslinya sih selalu ada blue fire sepanjang hari...cuma kalo terang jadinya ga keliatan..so biar kamu bisa nikmatin blue fire..paling ga jam 4 subuh kamu udah harus banget ada disini,..karena semakin siang..bule firenya bakalan lebih kecil lagi keliatannya..efek cahaya aja sih..

Puas nikmatin blue fire (pake bau belerang pastinya) saya dan kakak saya pun turun lagi ke bawah...yapss menuju danau yang asam banget itu....berhubung dulu ga kesini so mumpung masih subuh saya ajakin kakak saya ke danau...wowww puas bisa liat danau secara dekat...tapi harus hati-hati ya....soalnya bahaya tuh kalo kena air dengan dosis besar..hehehhee. Mumpung masih sepi..kami berdua...lebih tepatnya saya sihh..ambil foto sebanyak-banyaknya..hehhehee.

Haripun semakin terang...karena jam 5 aja udah terang banget disini..soalnya efek udah mau masuk daerah WITA sihh...jadi matahari cepet banget terbit disini.  Sesudah lebih terang..baru deh keliatan aktivitas penambang belerang disekitar kawah...wooowww..ternyata ada banyak lokasi yang banyak pipa-pipa besar untuk mengalirkan belerang tersebut yang masih dalam wujud cairan (jadi inget pelajaran Kimia pas SMA..yoii Belerang alias Sulfur...nama kimianya SO4 kalo ga salah..hahahhaha) nah cairan sulfur yang meleleh ini..disiram pake air biar memadat...baru dehh bisa diambil oleh para penambang.


salah satu penambang belerang in action

wowww.....serem-serem keren gitu liat ini



sok keren..padahal mah sesek...

kakak kesayangan in action
Jadi selama kami mengambil foto pun ditempat ini butuh perjuangan juga..karena sesekali bakalan ada angin besar yang langsung nyebarin tuh kepulan asap belerang yang perih dan nusuk banget baunya. aduuhhh lagi-lagi inget bapak-bapak penambang belerang itu...ya ampun hebat banget ya mereka....ga salah pekerjaan sebagai penambang belerang ini dianggap sebagai salah satu pekerjaan paling berbahaya didunia...ya iya bangetlah...aduuhhh kalo kalian melihat langsung perjuangan para penambang belerang tersebut..kalian bakalan berasa bersyukur banget masih bisa hidup dengan lebih baik.

kurang deket apa coba sama danaunya

kakak saya lagi ngapain ini


diantara asap belerang yang menyesakkan

ini beneran ada di Indonesia loh guys
Pas perjalanan pulang...alias naik lagi ke atas...kami sempat berbincang dengan salah satu penambang belerang....nah bapak tersebut udah bekerja sebagai penambang selama dua tahun.. dalam satu kali mengangkut beban belerang dari bawah ke atas itu bisa sampe 70-80 kg..(kebayang ga ituu beratnya gimana...???) nah sekilonya itu diharga cuma SERIBU PERAK...jadi sekali angkut dapat upah sekitar 70-80rb...nah si bapak bisa angkut 2-3 kali...jadi sehari bisa dapet sekita 210-280 ribu....dan nyawa sebagai taruhannya..owwww gilaa...pas denger kisah si bapak...saya ga bisa bayangin dehhh...saya yang cuma bawa jas hujan ma air aja ngeluhnya pake banget...apa kabar si bapak?

Masih kata si bapak...katanya sekarang penambangnya udah lebih sedikit..dulu masih ada 500 orang..tapi sekarang tinggal 200 orang....jadi anak yang beralih profesi sebagai guide..nah makannya nanti pas naik atau turun kalian jangan kaget bakalan ada banyak banget bapak-bapak yang nawarin buat naek gerobaknya...harganya kisaran 300-500ribu...kalo turun lebih murah sihh...saya pengin banget naik,,sekalian bantuin mereka....tapi apa daya saya juga ga punya duit,,,hiksss..( ini ne janji saya....nanti pas ketiga kalinya saya kesini..saya harus banget naek gerobak  itu.amin). oh ya sebeneranya harga kisaran 300-500ribu itu worth it banget....bisa saya bilang murah (lohh) ya ialahh..secara kamu bakalan dibawa naik ke atas dengan medan yang naik dan berliku-liku...beneran murah dehh itu..so buat temen-temen yang mungkin nantinya mau kesini dengan gaya non-backpacker dan capek buat nanjak...pake aja jasa gerobak dorong tersebut...itung-itung bantu perekonomian warga sekitar.


ini ni yang bakaln di bawah sampe ke atas...beratnya bisa sampe 70-80 kg

muka kucel udah ga jelas

prewedding disini bagus banget kayaknya..hahahhaa..ngarep banget.

Berhubung hari semakin siang dan asap juga semakin pekat..maka saya dan kakak pun mulai jalan pulang...ya ga seperti sebelumnya..kali ini asap belerang yang terlalu menyengat bikin kami berdua ga bisa lama-lama tinggal di kawah..sembari memanjat kadang-kadang kami pun berhenti untuk sekedar foto atau sembunyi sebentar dari kepungan asap belerang yang sangat menyengat. berhubung memang asap lagi tebel banget makannya foto-foto yang kami ambil kebanyakan tentang asap..hehehe...but it's okay..namanya juga alam...you never know what will happen, right?


kurang imut apa coba kembaran KW saya ini

karena secantik apapun wajah saya disini...masih kalah cantik ama pemandangan dibelakangnya

yakin ga mau kesini??cuma bayar 5000rbu aka goceng??
Sesampainya diatas...kami istirahat sejenak...dan kakak saya pun udah kelelahan....saya yang masih semangat buat explore bagian atas jadinya mengurungkan niat dehhh...lahh mau gimana lagi....masak pergi sendirian...nanti yang motoin siapa dong..hahhahha.



kakak kesayangan yang udah lelah dan sesek napas

keadaaan di sekitar puncak kawah

pemandanagan dari atas

ehh ada solo traveller cantik yang mau motoin saya...


Tapi tenang saya masih bisa foto sedikit kog...lagipula setelah itu kamera saya lowbatt...hahhaha..ya akhirnya kami pun turun menuju paltuding. Dalam perjalanan pulang..kami melihat bahwa kebanyakan tanamannya itu udah pada mau mati..yang mungkin efek dari asam yang dikandung kali ya..jadi tanah maupun pohon semua terlihat menghitam.

Masih banyak hal yang ga bisa saya rinci satu-satu disini,...karena apapun yang saya kisahkan ga akan mampu menampung semua rasa kekaguman saya akan tempat ini..ya Kawah ijen adalah salah satu tempat terhebat yang saya kunjungi, karena disini saya ga cuma menikmati alam..tapi juga melihat perjuangan para pejuang hidup yang selalu bersyukur dengan apa yang harus mereka jalani..ahh para penambang itu,,,mereka luar biasa..Ijen kamu luar biasa.

Demikian kisah saya,...yukk yang suka atau yang masih penasaran dengan tempat ini.,..bisa banget dengan cara like dan komment di bawah....kasih saran dan kritik juga boleh banget..biar saya lebih baik dan kreatf lagi sebagai penulis...semoga sharing saya ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi semua. Amin. 

nb: hayooo siapa yang mau neminin saya untuk ketiga kalinya kesini?? kurleb 2400mdpl ga susah kog kalo naek gerobak...


ijen i'm in love

MRS

More adventure follow my Ig Cheebin_Kwiyowo


You May Also Like

3 komentar

  1. Poto2nya bikin envy, pengen banting komputer, gua kapan jalan2??? hiks hiks hiks. Semangat banget pasti ya lu travelling berdua sama kak ani, travelling sendiri aja semangat banget hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga secepetnya bu..kan kamu karena blm ada waktu aja...kalo gue kan kebanyakan nganggur...hahahaa....apaan...kebanyakan berantem ama kak ani ..kami bukan partner yang cocok...hahhahaa

      Hapus
    2. Hahahahha, iya, keknya waktu gw limit banget loh. Ini buat natal aja ngutang cuti th depan gw, udh minus cuti gw hiks hiks. Yeee dari pada lu ngegembel sendirian, mending mbolang berdua sama kak ani lah hahahhaa

      Hapus