Candi Prambanan: Kisah Perjuangan Cinta yang tak tersampaikan

by - 00.22

Hai Guys..
How's Your Life?

Jogja memang gak pernah gagal bikin saya jatuh cinta....jadinya selalu ada alasan dan semangat untuk bisa selalu kembali ke tempat yang serasa "rumah" ini...(sok puitis)..hehehhe. Oke kali ini saya akan bercerita secara singkat perjalanan saya ke Candi Hindu terbesar di Indonesia, ya apalagi kalau bukan candi Prambanan. Pasti pada nanya, kalo udah sering  bolak balik ke Jogja, kog belum pernah ke candi Prambanan? Oke dulu banget saya  udah pernah mau kesini bareng temen-temen,,tapi ga jadi, terus sering banget lewatin, tapi ga pernah mampir, nah terakhir saya dan 2 temen saya udah niat banget kesini, ehh duitnya kurang...gagal lagi dehh..hahahha...emank kalo belum rejeki ya ga jadi terus ya, sampe akhirnya saya udah bener-bener membulatkan tekad untuk mengexplore candi Prambanan, dan thank God akhirnya terlaksana tanggal 14 februari kemarin...ciyyeee..ciyeee..pas valentine gitu..Hahahaha.


Beneran dehh ga tahu kalo hari pas saya kesini itu bertepatan dengan valentine day..dah gitu ga sengaja juga pake baju ngepink..hahhaha..bawaan alam sadar kali ya..wkkwkw. Oh ya perjalanan saya seperti biasa selalu bareng si emak (motor matic punya emak) dan selalu sendirian ya (hikksss). Saya berangkat dari Purwodadi sekitar jam 7.30 pagi dan menempuh jarak sekitar 125 Km..melewati kota Solo, Klaten baru sampe Jogja dehh..sampe di Candi Prambanan sekitar jam 11 an siang. Selese parkir motor langsung masuk ke dalam...lumayan jauh lah jarak parkir motor ke tiket masuk, tapi karena basicnya saya suka jalan, jadi saya sih happy-happy aja. Hehehhee.



TIKET MASUK

Di tempat pembelian tiket, ada yang menawarkan tiket regular atau tiket paketan..jadi ada beberapa alternatif memang. Kalo tiket regular, berarti cuma bisa masuk ke candi Prambanannya aja dengan biaya sebesar Rp. 40.000,- dan yang paketan (saya lupa paketannya kemana aja) yang ke Candi Prambanan dan candi Boko sebesar Rp. 75.000,- kalo pada nanya saya ambil yang mana, sudah pasti yang reguler...hahhaha...sebenernya waktu itu pengen ambil yang paketan...tapi berhubung duit saya ngepas, jadinya saya mengurungkan niat tersebut..hahhaha..lagipula saya mikirnya kalo paketan gitu takutnya ga bebas waktunya, jadi saya ambil yang reguler aja.




Selepas dapet tiket saya langsung menuju lokasi..dan lumayan olahraga banget ya jaraknya, tapi saya suka sihh. Dateng ke candi Prambanan langsung membawa ingatan saya akan kisah Roro Jonggrang...ya cerita rakyat yang jadi ciri khas banget dari candi Prambanan ini..jadi begitu masuk kawasan ini saya langsung ngerasain Aura kisah Roro Jonggrang yang minta dibuatin 1000 candi...weeeww bersyukur banget ga sih cowo jaman sekarang ga harus sesusah Bandung Bondowoso yang kudu extra kerja keras biar bisa jadi suaminya Roro Jonggrong. Hehehehehe.

LOKASI CANDI PRAMBANAN

Letak candi Prambanan ini mudah banget ditemukan karena memang  letaknya persis ada di samping jalan besar atau lebih tepatnya di Jalan Raya Jogja-Solo, menjadikan candi cantik ini bisa diakses dengan mudah dari arah mana saja.





KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN 

Berada diatas tanah seluas ratusan hektar menjadikan tempat ini memiliki banyak ruang untuk diexplore. Tentunya selain bisa puas mengelilingi kawasan candi utamanya sendiri yang terdiri dari beberapa candi pendampingnya, maka bekas candinya yang nampak seperti reruntuhan candi juga memiliki daya pikat sendiri bagi wisatawan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di antara:

1.  Belajar Sejarah dan Budaya: Selain wisata maka kita bisa banyak belajar sejarah dan budaya yang membentuk kawasan candi Prambanan, maka tidak salah banyak sekolah memasukkan candi Prambanan sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika mengadakan study tour sekolah tahunan.

2. Fotografi. Ditemani suasana yang syahdu dan candi yang berdiri megah sebagai latarnya maka tidak salah banyak yang menjadikan candi Prambanan sebagai tempat untuk berfoto ria. Terlebih di jaman yang menginginkan foto dengan latar yang apik, maka banyak orang baik yang sendiri maupun rombongan, mengabadikan banyak moment di candi Prambanan. Bahkan tidak sedikit yang sengaja datang hanya untuk mencari angle foto yang bagus.

3. Berburu Oleh-oleh. Menuju Pintu keluar maka kita akan di buat bingung dengan banyaknya pernak-pernik candi Prambanan yang lucu dan di jual dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Bermain. Ada banyak wahana permainan yang disediakan sepanjang jalan menuju keluar dari candi Prambanan, konsep ramah anak terliat sangat jelas diusung oleh pihak pengelola mengingat ada banyaknya wahana yang memang ditujukan bagi anak-anak, sebagai contoh ada fly bycyle dimana 
anak-anak bisa naek sepeda di udara dengan candi Prambanan sebagai latarnya, ada arena panahan, atau arena naik kuda dan lain sebagainya.

5. Lain-lain. ada banyak hal lain yang ga bisa sebutkan satu persatu disini, karena masih ada banyak wahana dan fasilitas lainnya yang disediakan disini..so biar ga penasaran dan tahu lebih jelas bisa langsung dateng ke candi Prambanan dong..hheheeh




PENUTUP

Meskipun sempat tertunda untuk mengexplore lebih banyak dikarenakan mendung dan gerimis, tetapi kesan saya akan candi Prambanan sangat mendalam..saya benar-benar jatuh cinta dengan tempat ini, sayangnya saya ga bisa sewa guide..mungkin kalo sewa guide akan lebih jelas dan menyenangkan..terlebih bisa kesini bareng temen-temen seru. ya tapi gak apa-apalah daripada belum pernah sama sekali, harapan saya, saya bisa kesini dalam keadaan yang lebih baik dan bisa lebih mengexplore semua tempat.



Oh ya..berhubung hari udah semakin sore saya memutuskan untuk pulang dan ternyata ketika saya mau pulang, justru semakin banyak orang yang dateng..saya sih bersyukur banget kalo masih banyak orang yang mau berkunjung ke Candi dan saya selalu berharap bagi siapapun yang datang ke candi untuk selalu memperhatikan peraturan yang ada dan tetep menjaga etika ketika berkunjung, karena kalo bukan kita yang menjaganya siapa lagi.

Ps: sebenernya saya bingung mau nulis apaan...soalnya semua orang pasti udah pada tahu tentang candi Prambanan ya...dan saya baru kesana..hahahha...but honestly i'm really excited to be there...and i hope someday bisa ke candi Prambanan lagi bareng orang-orang terkasih. Amin.


Ps. bag. 2: Kalo liat judul yang saya kasih, saya jadi hubung-hubungin kisah cinta saya..hahhaa...mana pake baju pink gini...ya valentine emank udah lewat tapi kisah perjuangan cinta Bondowoso yang ga tersampaikan akan selalu jadi kenangan. Halahhh mau sok puitis ga bisa..pokoknya saya salut sama Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso..Roro Jonggrang yang memang berjuang untuk cintanya dengan cara menolak Bandung Bondowoso dengan berbagai cara, Bandung Bondowoso yang terus memperjuangkan agar cintanya bisa tersampaikan...tapi takdir berkata lain..ahhh udahh lahh efek baju ngepink agaknya.

with pinky feeling,

MRS


You May Also Like

4 komentar

  1. Wahhh blog lu udah banyak kemajuan mbel, kata2nya ga terlalu panjang jadi ga caoek bacanya wkwkkwwk, bahasanya juga lebih enak. Ukuran font gede2 jadi nyaman diliat. Well done say, tapi foto2nya kok kecil ya? wkwkk, kalo aku prefer pake ukuran large say, biar mantep, karena ga bisa dipungkiri, pembaca lebih suka liat gambar dari pada baca artikel (ini nyebelin banget) hahahaha

    BalasHapus
  2. Masak ta... Perasaan sama aja ama yg sebelumnya... Ni pendek soalnya bingung mau nulis apa ta... HahahaaH.. Iya masih problem diukurand foto.. Ne udh pake ukuran large ta.. Q juga bingung jdnya kog tetep kecil.. Mungkin efek bentuk backgroundnyab kali. Thanks yow ta for always give kritik dan saran

    BalasHapus
  3. Ini udah peningkatan bgt say, kalo tulisannya ga terlalu banyak gini yg baca seneng, ga cape wkwkwkw, eh setelah aku cek, aku pake fotonya ukuran XLarge hhahaha, biar mantep gedenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kupernah coba Xtra large hasilnya tetep kecil ta..terus anehnya tampilan di akunya fotonya keluar dari garis tepinya...jadi q bikin large dehh..tapi emank kecil banget tampilannya.

      Hapus