Serunya Tweenie Backpacker Menjelajahi Taman Nasional Karimunjawa (Part. 1)

by - 03.15

Hai guys..

How's Your Life?

Wahh ga kerasa udah masuk bulan April 2018, bulan favorit, secara bulan kelahiran...hahahahhaa...beberapa hari kemarin abis menjelajahi taman nasional Karimunjawa bersama kembaran tersayang, Mawar. Ga nyangka akhirnya bisa menginjakkan kaki juga di tempat yang terkenal dengan keindahan bawa lautnya ini. Sebenernya rencana kami berdua ini ga mateng bahkan mentah banget karena memang ga ada persiapan khusus, soalnya antara jadi dan enggak..jadi bener-bener gak jelas banget, bahkan kami ga omongin itinerary.

Padahal biasanya selalu browsing tempat yang akan saya kunjungi ehh berhubung kemarin agak sibuk jadi ga sempet sama sekali...ya browsing tapi seadanya banget, sedangkan biasanya saya browsing bisa sampe 1 mingguan lohh..hahhahaa.

Mungkin efek mau pergi berdua jadi saya agak santai, soalnya kan berdua ini jadi ga takut ada apa-apa sih..jadi santai banget.

Kejadian demi kejadian kami alami banget sih, khususnya buat Mawar, karena dia yang dateng dari Jakarta...kalo sesuai rencana harusnya dia sampe Jumat Subuh, 30 Maret 2018 di terminal Jepara, yang ada dia baru sampe 31 Maret jam 1 siang di perempatan Gotri yang masih berjarak sekitar 30 Km dari Pelabuhan Jepara...koplakk banget lahh....jadinya kami harusnunggu kapal di hari berikutnya, yaitu sabtu.  Jadi saya skip aja langsung ke hari sabtu ya, untuk yang hari jumat nanti ada ceritanya sendiri. Hahhahaa.

Sabtu pagi, sekitar pukul 5 pagi dengan hujan rintik-rintiknya,

Kami yang bermalam di pantai Kartini. Lebih tepatnya di semacam pendoponya yang terbuka dari segala penjuru dan hanya beralaskan kain hammock dengan sleeping bed sebagai selimutnya....

Segera menuju ke pelabuhan Jepara untuk membeli tiket Feri Siginjai. Ketika kami sampai ternyata udah  ada  beberapa orang  yang antri lohh..tapi syukurnya kami masih kebagian. Harga tiket sebesar Rp. 75.000/orang dan biaya retribusi masuk pulau karimun sebesar Rp. 5.000/ orang. Sedangkan untuk tiket motor sendiri adalah Rp. 65.000, karena cukup mahal kami memutuskan untuk menitipkan motor di tempat penitipan motor dan biayanya sebesar Rp.25.000,- ( Setelah ngeh...dan itung-itungan ternyata sama aja keluarnya jadi mending kalo mau kesini dan deket bawa motor aja bisa, karena saya kan memang dateng dari purwodadi yang hanya berjarak sekitar 75 Km ke Jepara. Jadi hal ini berlaku untuk yang dateng dari  kota sekitar Jepara ya).

Sekitar pukul 7 pagi, ditandai dengan tiupan pluit kencang kapal feri Siginjai beranjak meninggalkan pelabuhan Jepara. Wah rasanya campur aduk sihh...hahaaahaa..secara Karimun guys...Karimun..hhehehe...syukurnya kapal cukup luas dan ada banyak tempat duduk jadi aman deh...meski kami naik kelas ekonomi tapi suasananya sih enak banget, bahkan ada tempat keren di deck kapalnya yang bikin betah buat lama-lama nongkrong, tapi berhubung kami  kecapekan jadi kami pilih untuk tidur aja. Puas tidur, bangun dan kelaperan ternyata belum sampe lohh..hahhaha...ya emank lumayan banget sih harus nunggu sampe lima jam. Ketika jam menunjukkan pukul 11.30 an kami pun sampe di pelabuhan Karimunjawa..woowwww...Karimun coyyy..Karimun..hahahhahha.

Seturunnya dari kapal, kamipun melanjutkan perjalanan keluar dengan muka kebingungan tapi tetep sok cool...hahahha..begitu sampe baru ngehh.."wahh kalo gini mah harus bawa motor", mana barang kami berat banget kan. Sepanjang jalan menuju keluar pelabuhan maka akan ada banyak banget bapak-bapak yang menawarkan homestay. Nah pas di luar banget  datanglah pak Sumadi yang menawarkan homestay dengan harga sangat murah cuma 70ribu untuk dua orang..

GILAKKKKKKK...MURAHHH BANGETTT GA SIHHH????

Pas denger saya langsung shock sekaligus bahagia...ya secara tweenie backpacker kayak kami bahagia banget bisa deal dengan harga semurah itu, pak Sumadi juga menawarkan rental motor dengan harga Rp. 50. 000,- sedangkan pada umumnya itu Rp. 75.000, jadi si bapak bener-bener kasih harga murah banget. Akhirnya kami deal dan dianter menuju ke homestay pak Sumadi yang bernama "Homestay Bintang Laut". Sesampainya kami dilayani dengan makan bakso tahu yang enak banget dan saya langsung makan banyak. Hahahhaa. Efek kelaperan..wkwkkw

Oh ya kebetulan pas bareng kami, ada orang lain, seorang pria yang kebetulan lagi liburan juga dan ternyata si mas tersebut ( yang akhirnya kami ketahui bernama Mas Ogi) sudah 7 kali bermain ke Karimunjawa..WOOOWWW..banget ga sih..hahahhaa..udah gitu orangnya supel jadi kami bisa bertanya macam-macam ke dia tentang pulau Karimunjawa.

Setelah ngobrol ngalor ngidul..pak Sumadi dateng beserta 4 orang lainnya. Ya wajarlah ya homestay ini rame...wong harganya aja murah banget. Oh Ya karena emank udah kelaperan, kami pergi keluar untuk cari makan dan akhirnya kami makan soto..terus pas mau nerusin perjalanan ternyata bensinnya abis..dan pas dateng ke SPBU satu-satunya yang ada disini..katanya bensin habis dan sedang dalam perjalanan dan kemungkinan baru dateng besok siang...whatt!!....oke lah saya pikir bisa beli di warung..eh ternyata di warung juga pada abis..hadeuuhhh..padahal kalo di kota beli bensin aja same bingung pilih tempatnya.
Akhirnya kami memutuskan untuk kembali lagi ke homestay. Sesampainya di homestay kami bilang ke pak Sumadi dan akhirnya beliau yang nyariin sih...dan dapet bensin dengan harga yang mahal sebotol aqua seharga 20K...tapi ya udahlah daripada ga kemana-mana...pas lagi siap-siap ehh hujan turun..hahhaa..ga jadi keluar deh.

Untungnya hujan ga berlangsung lama...nah kami berdua pun memutuskan untuk pergi menuju pantai ujung gelam, pas udah mau naik motor,,,ehh si mas ogi dateng dan nawarin buat nganterin kita...wahh seneng banget dong....lumayan dapet guide gratis,..hehehe..kami pun pergi dan ga jauh banget kog tempatnya dan akses jalannya udah bagus..cuma dikit doang yang jelek..wajarlah namanya mau ke pantai kalo bagus semua malah kurang baik. Hehhee.

Nah awalnya yang mau ke pantai Ujung Gelam jadinya malah ke pantai Batu Topeng dulu, soalnya bisa sekalian disusuri karena memang ada di satu garis pantai. So tempat pertama yang kita datengin hari pertama adalah pantai Batu Topeng...dan aselikkk..bagus banget sih..hehhehee.

1. Pantai Batu Topeng

Untuk menuju pantai Batu Topeng, dari tempat parkir kita harus jalan menuruni turunan pendek ga perlu waktu yang lama kita udah sampe di bibir pantai dan begitu sampe pinggir pantai langsung excited banget liat airnya yang bergradiasi dan adanya gubuk di ujung bebatuan..wahh langsung dapet spot ketjeh buat foto ni..hehhehee.

Seneng banget ada foto kami berdua dengan baju kompak warna putih.

Udah kaya model belum...hahahha

Suasana di sekelilingnya juga seru banget sih,,ada banyak pohon di tepi pantai jadi bisa istirahat sembari menikmati pemandangan indahnya laut. Selain itu pas kemarin ke sini suasananya ga terlalu rame jadi berasa pantai sendiri lah. Hehehhee. Selain wisawatan lokal ada juga beberapa wisatawan asing loh yang asik berjemur. Jadi memang keindahan pantai Batu Topeng ini udah ga perlu diragukan lagi, oh ya kemarin pas kesini ga ada tiket masuknya loh jadi gratis.

Aseliknya warna air lautnya ini beda banget loh, antara biru dan hijau tosca. Keren beut.

Tjakep kan, air dan lautnya...hehehhehe

2. Sunset Beach

Masih berada di satu garis pantai  dengan pantai Batu Topeng, melanjutkan perjalanan dengan menyusuri garis pantai maka kita akan tiba di Sunset Beach. Berbeda dengan pantai Batu Topeng yang ga terlalu banyak pengunjung, Sunset Beach lebih rame dan ada banyak kegiatan. Ada yang snorkling, ada yang bermain volley pantai, ada yang foto-foto dan kegiatan seru lainnya. Selain itu banyak juga pengunjung yang duduk santai dan mengobrol dengan warga setempat yang berprofesi sebagai pedagang di kios-kios kecil yang menjual makanan dan

Menurut saya spot ini sih kecehhh abisssss

Eh tapi spot ini juga bagus deng..wkwkkwkwk

cantiknyyyaaaaa....

3. Pantai Ujung Gelam

Melanjutkan perjalanan dari sunset beach, maka di ujung terakhir kita akan bertemu dengan pantai Ujung Gelam. Pantai Ujung Gelam terkenal dengan spot sunset yang indah katanya, tapi karena waktu itu kami sudah ada rencana liat sunset di Bukit Love, maka sekitar pukul 5 sore kami sudah pergi.

Moana On Action

Aku dan matahari.

Demikian perjalanan hari pertama di 3 pantai sekaligus. Aselik keren banget sih, karena meskipun berdekatan, tapi masing-masing punya karakteristiknya masing-masing. Oh ya, Kami bersyukur banget sih karena waktu di awal masih ditemani mas Ogi, jadi bisa foto berdua. Pas pergi ke 2 pantai selanjutnya mas ogi nya ga ikut jadinya ga ada yang motoin deh.. ahhahahha.

Oh ya berhubung fotonya banyak banget, tadinya saya mau bikin catatan blognya perhari, ternyata 3 pantai aja fotonya udah banyak banget, jadinya saya pisah-pisahkan aja berdasarkan tempatnya ya..jadi nantinya akan banyak part dari perjalanan tweenie backpacker kami. Heehhe.

Sekian dulu cerita di part. 1...sampai jumpa di part-part berikutnya...
(doain saya ga males bikinnya..hahahaha)