Resolusi Traveling 2019: Imajinasikan Mimpimu!

by - 02.05

Hai Guys, 
What's Up! 

Sebagai penganut kebebasan, aku sebenernya tipe orang yang ga terlalu memikirkan resolusi. Karena biasanya jalanin apa adanya aja. Lebih ke tipe yang spontan tapi jadi daripada yang kebanyakan wacana ehh malah ga ada yang keeksekusi. Tapi dua tahun belakangan ini, sejak memutuskan mau serius jadi travel blogger (ala-ala-red
😂) akhirnya aku coba bikin bucketlist tertulis biar ada tujuan hidup.

Menurut buku yang pernah aku baca, menuliskan impian kita secara jelas dan detail serta membayangkan seolah-olah itu akan terjadi bakalan bikin impian kita bisa tercapai loh, ya percaya enggaknya kembali ke diri masing-masing ya guys. Tapi untuk aku pribadi, selama itu positif dan mudah kenapa enggak dicoba? Itung-itung semacam sugesti ke alam bawa sadar.

Pada tahun 2019 aku punya target untuk traveling at least once per month. Ga harus jauh-jauh sih, yang penting ada tempat baru yang bisa aku datengin. Karena itu, aku bakalan tulis dan jabarkan resolusi travelling aku berdasarkan bulan, jadi kayak semacam kaleidoskop yang akan aku jalani. Hahaha. Ada amin sodara? So karena bulan Januari dan Februari udah terlewati, let's begin from March! ✍️

MARET CERIA

Di bulan maret aku berencana  travelling ke Kepulauan Derawan, Labuan Cermin dan sekitarnya. Penasaran banget sama keindahan pantai-pantainya. Selain foto-foto dengan latar belakang pantai yang indah, hal yang pengen banget aku lakuin adalah berenang bareng Manta(n), Paus Hiu (Whaleshark ) serta Ubur-ubur indah yang tidak menyengat. Duh kebayang dong serunya gimana??😱 Apalagi kalo berenangnya bareng abang

Sumber gambar: creativehobby.story

Setelah itu di akhir Maret, aku pengen  wisata kuliner di kota Pontianak. Penasaran ama Choi pan yang katanya enak banget. Terus nyobain Kepiting Oukie dan ga lupa dessertnya es krim Angi atau yang lebih terkenal dengan nama es krim Petrus dan masih banyak sajian lainnya, apalagi makannya sambil naik kapal ngelilingi sungai Kapuas. Aduhh bayanginnya aja udah ngiler duluan. 😋

APRIL BAHAGIA

Wahh bulan kelahiran ni, seperti tahun-tahun sebelumnya pasti ada tempat tertentu yang aku jadiin wishlist utama sebagai kado. Ultah kali ini aku pengen liburan ke Raja Ampat, entah itu Wayag atau Misool, yang penting judulnya Raja Ampat. Hahahahaa.

Sumber gambar: journeyera.com
Kalau Raja Ampat mah ga diragukan lagi kecantikannya, pulau cendrawasih ini pasti jadi wishlist banyak traveler. Kalo kesini pengen banget bisa foto dengan lanskap alamnya yang mantul abis itu lanjut snorkelingan menyaksikan terumbu karang yang cantik dan unik serta main bareng ikan-ikan lucu nan menggemaskan. Duhh serius imajinasi ini makin liar moga beneran kesampean tahun ini. Ada amin sodara? 😇

MEI SERU

Untuk Mei aku pengen balik lagi ke Kota Karang Panas alias Biak, masih di tanah Papua. Biak juga terkenal akan keindahan pantai dan bawah lautnya yang luar biasa indah. Kalau  pergi ke Biak wajib banget sihh berenang di pantai Samares dan membilas diri di telaga biru Wopersnondi yang berada ditengah hutan. Beuhhh sedapp. Yang bikin penasaran lagi adalah pantai Anggopi yang katanya keren banget. Duhh tanah Papua emank ga diragukan pantainya sih.

Sumber gambar: instastalker.com

Akhir Mei pengen juga makan pempek langsung di kota asalnya, yups Palembang, tempat wong kito galau eh galo.  Selain nyobain kulinernya, pengen banget nongkrong malem-malem di tepian sungai Musi sambil liatin jembatan Ampera kebanggaan masyarakat Palembang. 😎

JUNI BERANI

Mulai bulan Juni, aku mulai berubah haluan. Hehehee. Mencoba hal baru dengan destinasi baru. Kalau biasanya traveling ke pantai, di bulan Juni aku berencana pergi ke gunung. Sebagai pemula, aku mulai dari daki Ranu Kumbolo. Tergiur karena liat postingan selebgram anak gunung wanita yang keren banget feednya.

Sumber gambar: www.jalanbareng.com

Pastinya jadi pengalaman baru dan tantangan besar untuk aku yang ga suka jalan jauh apalagi nanjak, well something new must try lah. Duhh kebayang ga serunya nenda dan pagi-pagi buka mata viewnya danau indah dengan latar belakang gunung. Oiya pengen banget foto batang pohon yang tumbang ngarah ke danau kumbolonya. Entah magic aja liatnya, jadi pengen punya foto disitu. 😊

JULI BERAKSI

Melanjutkan gunung selanjutnya aku  penasaran banget sama keindahan gunung Papandayan yang katanya cantik dan cocok untuk pendaki pemula. Sering banget sih liat postingan temen-temen, tapi karena udah mikir males dakinya. Jadi selalu ga pernah dijadiin bucketlist. So tahun 2019 beneran nantang diri buat berani daki.

Sumber gambar: walterpinem.me

Satu hal yang pengen aku lakuin di Papandayan adalah liat hutan matinya dan liat bunga edelweiss secara langsung. Wahh keren banget pastinya. Jalan berdua bareng abang ditemani kabut kabut manja

AGUSTUS PATRIOTIK

Hari kemerdekaan identik dengan pengibaran merah putih di puncak gunung bagi para pendaki. Aku juga pengen rasain ambiance-nya langsung, gimana sensasi ngibarin bendera merah putih di puncak gunung. Nahh berhubung aku tinggal di Purbalingga, maka gunung yang pengen aku daki adalah gunung Slamet. Kenapa? Soalnya aku setiap hari pasti liatin gunung Slamet, tapi belum pernah daki sama sekali. Malu akutuh.. Hehehee.

Sumber gambar: www.wowkeren.com


SEPTEMBER BRRRrrrrr

Gunung terakhir di tahun 2019 yang juga pengen aku daki adalah gunung Prau, yang ada di Wonosobo. Ga terlalu jauh jaraknya dari Purbalingga, katanya sunrise di puncak Prau itu indah banget. Wahh aku emank mudah tergoda dengan statement orang. Hehehhee.

Sumber gambar: merahputih.com

Selain itu katanya bakalan dingin banget, saking dinginnya kita bakalan bisa liat air embun yang berubah jadi 'salju' karena udaranya yang luar biasa dingin. Duhh penasaran banget jadinya..

OKTOBER ISTIMEWA(H) 

Untuk Oktober mungkin masa penenangan ya, hahaha... Jadi cari wisata yang deket dan tenang apalagi kalo bukan Jogja, hampir tiap tahun ke Jogja, selalu ada hal baru yang bisa dikunjungi di kota yang terkenal dengan Gudeg dan Bakpia nya ini.

Sumber gambar: iqbalazhari.com

Mana orang-orang jogja baik dan ramah semua. Selain itu jogja juga terkenal dengan wisatanya yang murah, baik makanan maupun tempat wisatanya. Mangkanya tiap ke jogja berasa jadi orang kaya sejenak. Ahhh Jogja selalu istimewa(h).

NOVEMBER MAGIC

Aku juga punya resolusi, at least setahun sekali pergi keluar negeri. Aku pengen banget bisa ke Myanmar. Destinasi utama yang pengen aku datengin adalah Old Bagan. Kota yang dijuluki sebagai Kota Seribu Candi ini, punya pemandangan yang magic banget pas sunrise. Perpaduan candi, balon udara dan semburat sinar mentari membuat saya berharap banget bisa abadiin magical moment itu. Ah semoga. AMIN.

Sumber gambar: boredpanda.com


DESEMBER BAHAGIA

Waktunya liburan bareng keluarga. Biasanya cari yang deket-deket. Bisa ngumpul aja udah seneng banget. Paling seneng kalo ngumpul sambil makan-makan. Dan biasanya kami selalu cari destinasi baru yang ada di Purwokerto dan sekitarnya. Tapi satu hal yang pasti adalah kami usahain bisa main ke curug. Ya Purwokerto memang terkenal dengan curugnya yang indah dan bersih. Jadi bisa makan sambil makan di curug aja udah bahagia banget, yang penting kami kumpul.

TIPS DAN TRIK  MEWUJUDKAN RESOLUSI TRAVELLING

Ternyata setelah diurai satu-satu impian aku untuk tahun ini banyak banget ya. Hahahhaa. Namanya juga mimpi dulu. Who knows? Oiya, biar semua resolusi ini bisa tercapai ada beberapa tips dan trik yang selalu aku terapin, yaitu:

1. Usahakan Sharecost

Untuk tempat wisata yang mahal, semisal kudu sewa kapal dan lain-lain. Maka sharecost atau patungan adalah hal yang tepat.  Cari temen yang mau jalan juga jadi bisa bagi dua biayanya. Kalau ga ada temen, coba cari dan usahain gabung komunitas backpacker. Jadi harganya pasti jauh lebih terjangkau ketimbang pergi sendiri.

2. Berburu Promo

Jauh-jauh hari, cari promo yang bisa bikin pengeluaran semakin hemat. Baik tiket kereta, pesawat, penginapan dan lain-lain. Jadi rajin pantengin sosmed atau usahain join di grup jalan-jalan biar tahu info terbaru tentang promo.

Sumber gambar: blog.reddoorz.com

Eniwei ngomongin promo jadi inget  RedDoorz. RedDoorz ini sering banget ngadain promo padahal harga normal aja udah termasuk murah loh. Gimana ga murah dengan harga mulai dari 99. 000, kita udah bisa tidur dengan nyenyak. Gimana ga nyenyak dengan harga segitu kita dijamin tidur beralaskan linen yang bersih, kamar mandi yang bersih, peralatan mandi, air mineral, wifi gratis dan televisi satelit. Yakin  dehh kalau butuh penginapan pas travelling di RedDoorz aja.

3. Browsing Info Wisata yang akan di datangi. 

Kebiasaan aku tiap sebelum travelling khususnya solo backpacker, pasti cari tahu sebanyak mungkin info dan hal-hal lain yang berkenaan dengan tempat wisata yang akan didatangi. Seperti outfit yang cocok, cuaca, hal yang boleh dan enggak dilakuin di suatu tempat tertentu, tempat yang hits dan hal-hal lainnya. Nahh info lengkap tips dan trik bisa banget kalian baca juga di RedDoorz. Ada banyak info tips dan trik yang bakalan ngebantu petualangan kalian.

4. Cari Penginapan yang Strategis

Demi menghemat budget, memilih penginapan yang murah itu penting banget. Eits tapi murah aja belum cukup guys. Selain murah lokasi penginapan juga harus strategis. Percuma murah, kalau jauh dari mana-mana, sama aja bohong berat di ongkos juga. Tempat penginapan yang strategis ga cuma bikin hemat uang, tapi hemat tenaga dan waktu jadi liburannya bener-bener maksimal. Apalagi kalau waktu liburan sangat terbatas. Terus gimana dong?

Sumber gambar: blog.reddoorz.com

Lagi-lagi solusinya adalah RedDoorz, selain murah RedDoorz juga menjamin penginapan strategis yang dekat dengan tempat wisata dan transportasi umum, bahkan ada yang bisa ditempuh dengan jalan kaki. Jadi kalian bisa eksplor lebih banyak destinasi yang kalian datengin. 😇

5. Berani Bermimpi dan Tulis! 

Tulis secara detail tempat wisata dan hal apa yang pengen kalian lakuin. Kayak blog aku ini contohnya, dengan nulis gini aku jadi lebih termotivasi untuk mewujudkan resolusi traveling 2019. Toh kita nulis juga gratis dan ga ada yang marahin justru  bikin bahagia. Wah ga kebayang kalau semuanya beneran kesampean.

So, tunggu apalagi ayo tulis dan imajinasikan semua mimpimu dan menuangkan dalam bentuk tulisan.

Happy Reading, Segerakan Traveling!

With Love,

MRS

You May Also Like

8 komentar

  1. Amen.. semoga bisa ter-realisasi ya pon.. pake reddoorz utk penginapan yg terjangkau dan dompet aman.. yeayy..

    BalasHapus
  2. Mantap bucket listnya, saya juga kepengen banget ke Papua liat Biak atau Raja Ampat, tapi mungkin kapan-kapan nunggu si kecil gedean :)

    Btw keren nih RedDoorz, pantes familiar liat logonya. Asik nih jalan-jalan pake nginep di RedDoorz, jadi gak pusing cari tempat yang enak lagi yah!

    BalasHapus
  3. Wah kagetnya dikoment ama suhunya blogging.. 😱... Amin semoga bisa segera kesana kalo si kecil udah gedean ya kak. Amin.

    BalasHapus
  4. Aje gile listnya perbulan gini, warbiasah travel blogger yang 1 ini emang. Goodluck ya say, mudah2an resolusimu tercapai smua, kalau ada resolusi kita jd terpacu buat ngejar mimpi, SEMANGAT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa... Kan biar beneran bsa jd travel blogger ta... Amin. Moga masing2 resolusi kita tercapai ya ta. Amin.

      Hapus
  5. Wiiiidiiih mantap betul perencanaan setahun mau liburan kemana aja perbulan.. benar2 travel blogger sejati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk... Namanya mimpi dlu ci. Kalo ga kesampean smua paling ga ada yg nyantol... xixixixi

      Hapus