Serunya mendaki Ke Puncak Sibarat, Curug Panyatan dan Lampion Sawah dalam waktu Sehari

by - 21.15

Hai Guys..
How's Your Life?

Kelar nonton film "Susah Signal" saya kembali diingatkan tentang seberapa pentingnya waktu yang gak akan pernah terulang..ya untungnya saya sudah sadar itu sejak lama....ya even sometimes i forget about it. Tapi namanya juga hidup akan selalu ada saat untuk lupa dan ingat kembali. Ya menurut saya memang waktu itu sangat berharga sihh...karena waktu adalah yang berjalan maju dan ga akan pernah terulang lagi. Terus apa kaitannya sama postingan saya kali ini? well berhubung saya belum ada duit untuk jalan-jalan lagi..jadi saya memutuskan mengingat kembali waktu kebersamaan saya dengan orang-orang yang saya kasihi melalui cerita tentang perjalanan kami yang belum sempat saya dokumentasikan dalam bentuk tulisan, ya secara saya memang masih baru dalam dunia blogging..so i decided to write all about it..mumpung saya masih ingat sebagian. Ya even mungkin itu udah bertahun-tahun lalu..karena memory adalah hal yang penting for me. 

Kali ini saya bercerita tentang perjalanan kami dalam waktu sehari...sebenernya mau bingung kasih judul apa...soalnya ne tempat wisata ada tiga saling berdekatan dan paket kumplit gitu...secara kita bakalan di ajak untuk susah payah daki bukit Sibarat..terus dilanjutin dengan merasakan segarnya air pegunungan di curug Panyatan dan setelah itu menikmati semilir angin ditengah sawah lampion warna-warni..ahh kumplit banget kan...?

Sebenernya karena masih badmood dan kecapekan setelah menempuh perjalanan jauh dari tempat kerja saya..(bilanglah lagi mudik...hehhee) saya agak males buat dateng..soalnya tahu mau naek bukit yang pasti bakalan butuh tenaga...jadinya udah ga mau ikut..tapi setelah saya pikir bakalan boring ne di rumah..lagipula jarang-jarang kan saya bisa maen bareng kakak dan abang saya so i decided to join them tapi dengan syarat saya dibonceng (beneran saya masih capek banget..hehhe). So akhirnya saya, kakak cewe (Ka Ani), Abang (Bang Bo), beserta dua sepupu saya Desi dan Delima berangkat deh sekitar pukul 9 pagi, perjalanan ini diadakan sekitar awal September 2017.

Berhubung saya cuma sebagai pengikut aja..saya ga ada gambaran apapun tentang wisata yang akan kami datengin, saya mau manut aja..jadi penumang baek...hehhehe. Setelah perjalanan motor yang cukup jauh dan melewati jalanan yang terkadang jelek, akhirnya kami sampe dehh. Setelah membayar tiket masuk, petualangan kamipun dimulai. Oke kita mulai satu persatu ya.



udah ketjeh belum gaya kami??

 1. PUNCAK SIBARAT 

Karena keindahannya yang mulai terekspos di sosmed,maka makin banyak orang yang penasaran dengan tempat ini. Hal ini juga yang terjadi dengan kami sih, jadi awalnya karena Desi, sepupu saya yang rekomendasiin setelah liat dari IG. Bukit yang berada di ketinggalan 620 Mdpl ini menyediakan pemandangan yang sangat menyejukkan mata dengan menampilkan gunung Sindoro Sumbing dan hutan pinus yang terhampar di depannya. Tidak cukup itu, bahkan pihak pengelola memanjakan para pengunjung dengan adanya beberapa spot yang kekinian seperti, gardu pandang, rumah terbalik, dan menara bambu setinggi 7 meter. selain itu waktu saya kesana sepertinya masih ada beberapa pembangunan yang belum selesai.







Sebenernya ketinggian bukit ini ga terlalu tinggi ya guys, tapi entah kenapa waktu pas daki kemarin saya berasa capek banget..hahaha..soalnya selain karena faktor capek, jarak tangga bambu antara yang satu dengan yang lain itu tinggi banget..ga cocok dengan kaki saya yang pendek ini..wkwkwkwk. Untungnya kakak saya bawa minum sih..dia aja ngoceh' sepanjang jalan...karena jalurnya ga semudah waktu kami mendaki Bukit Mertelu padahal ketinggian lebih tinggi. Jadi karena ga mau memaksakan diri..kamipun berhenti di beberapa spot pemberhentian yang ada sekedar untuk minum dan ambil napas sejenak. Masalah kami ini tidak dialami oleh Delima yang punya badan mungil banget..dia mahh dakinya nyantai banget..ahh jadi pengen punya badan kecil keg dia..tapi ga bakalan kejadianlah..wong hobbi saya aja ngemil. WKwkkwk. Finally, setelah berjuang cukup berat kamipun sampe puncak, yeeahhh we did it.







Untuk tiket masuknya masih terjangkau banget ya guys hanya sebesar Rp. 5.000 rupiah..dan untuk yang ga tahan haus nanti di beberapa spot pas daki bakalan ada yang lapak yang jualan minum bahkan mendoan..tapi ini biasanya cuma buka pas weekend sih pas banyak orang yang dateng kesini. Syukurnya setelah capek mendaki disini ada tempat duduk yang disediakan kog..jadi bisa santai dulu sambil nunggu biar ada semangat untuk foto-foto. Hehhehehe. 

kami agak lama sih pas diatas bukit..jadi bener-bener puas liat semua pemandangan yang ada. Oh ya dari atas ini kita juga bisa liat air terjun dan sawah lampion yang ada di bawahnya loh. Jadi kita ada gambaran rute yang harus kita ambil. Hehehe. Nah setelah kami puas kami pun turun dan kami siap untuk tujuan kami yang kedua, Curug Panyatan.



2. CURUG PANYATAN

Curug atau Air Terjun dengan ketinggian kurang lebih 35 meter ini menjadi penyejuk setelah lelah mendaki puncak Sibarat...jadi setelah lelah dan berkeringat kita bakalan disapa dengan kesejukan dan kesegaran air di curug ini..beneran dehh langsung jadi seger banget pas bisa bersentuhan langsung alias nyebur ke dalam curug panyatan ini. Aktivas selain poto adalah daki batu-batu besar yang ada dibawah pas dan ambil foto dengan beberapa papan yang bertuliskan kata-kata yang nyakitin untuk para jomblo...(penasaran ga? langsung aja kesini..ndak saya aplod..sakit ati bacanya..hahahha).






Sama seperti dipuncak Sibarat, curug Panyatan juga ga kalah ketjeh untuk tempat foto-foto dan ada beberapa spot untuk foto juga..jadi kita bakalan happy banget disini..abang saya yang doyan banget ama air udah pengen mandi aja tuhh..tapi berhubung kita ga tahu bakalan ada air terjun so kita ga ada yang persiapan bawa baju..jadinya sekedar basah-basah kaki aja. Padahal airnya itu udah seger banget. Oh ya untuk sampe  sini gampang banget..nanti dari arah parkir udah ada tulisannya kog dan untuk bisa masuk sini kita cuma disuruh bayar Rp.5.000,- rupiah...worth it banget kan. Oh ya untuk yang mau mandi, jangan kuatir disini airnya tenang banget kog dan tersedia kamar mandi untuk bilas dan ganti.





Setelah puas bermain air dan foto-foto seru maka kami pun bergegas untuk pergi dan berhubung hari udah siang maka kami pun memutuskan untuk makan pecel terlebih dahulu di salah satu warung yang ada. Oh ya saya baru ingat, ternyata kami pergi pas hari Idul Adha ya, jadi waktu itu di lapangan parkir ada banyak penduduk sekitar yang lagi antri untuk mengambil hewan Qur'ban. Selesai makan maka kami pun menuju Sawah dengan lampion dan jembatan warna-warni..sebenernya sebelum masuk ke sini kami bingung, karena emank ga ada tempat penjual tiket..jadi masuknya gratis deh. Hehhee. 

3. SAWAH DAN LAMPION WARNA-WARNA

Nah setelah capek mendaki, terus seger-segeran di air terjun maka berada di tengah sawah ini semacam istirahat sejenak..karena memang yang bisa dilakukan disini adalah duduk dan menikmati kehijauan sawah yang ada. Sebenernya tempat wisata ini sederhana banget..tapi karena kekreatiafan masyarakat sekitar jadi worth it banget untuk dijadiin tempat wisata. Keren lahh pokoknya.







RUTE DAN LOKASI

Berada di satu tempat yang saling berdekatan ini, bikin kita mudah banget untuk mendatangi ketiga tempat wisata tersebut. rutenya emank agak ribet sihh..tapi tanya aja warga sekitar nantinya bakalan mudah ketemu kog. Nah rute dan lokasinya ketiga tempat wisata ini ada di Dusun Bawahan, Desa Gunung Welud, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga berjarak sekitar 20 Km dari kota Purbalingga dengan waktu tempuh sekitar 1jam lebih . Mudahnya ketika sudah sampe desa Panusupan lalu ke arah Rembang dan tiba di desa Tanalum dan selanjutnya liat plang atau tanya warga desa sekitar aja ya guys. Tenang nyasar itu hanya petualangan seru lainnya. Hehehehe.







KESIMPULAN

Udah kayak orang lagi ngerjain paper aja ya ada kesimpulannya gini...hahhaha. Oke dehh gimana menurut kalian guys? seru ga petualangan kami...secara kami bisa datengin tiga tempat seru dalam satu tempat yang berdekatan dengan keunikannya masing-masing. bayangin dehh setelah berlelah-lelah naik bukit, terus turun dan nyebur air yang seger kelar itu duduk-duduk manja di tengah sawah yang ketjeh banget bersama dengan orang-orang terkasih. Saya pikir ini bakalan jadi pengalaman yang ga terlupakan banget deh. seru banget bisa ngelewatin banyak hal dengan orang-orang terkasih dengan harga yang ga mahal pula. So tunggu apalagi..kapan kalian kesini dengan orang terkasih? happy reading semoga segera travelling. MRS


with love,

MRS



You May Also Like

3 komentar

  1. gw pindah ke pwt aja apa ya, biar bisa jadi travel blogger, hiks, hiks,
    baper mulu kalo liat2 tempat wisata di pwt/pbg hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. lahh di jakarta banyak yang bisa lebih di explore ta...lagian kamu pasti sibuk ngeriview semua make up ta...jadi reviewer make aja kamu udah keren banget ta....

      Hapus
  2. Prediksi Togel HK Mbah Bonar 5 Oktober 2019 Ayo Pasang Angka Keberuntunganmu Disini Gabung sekarang dan Menangkan Ratusan Juta Rupiah !!!

    BalasHapus