Explore Sumba: Pantai Marosi, Air Terjun Lapopu, Kampuang Adat Praijing (Days 3)

by - 02.15

Hai Guys,

How's Your Life?

" Bila kulihat bintang gemerlapan...
dan bunyi guruh riuh kudengar..
Ya Tuhanku, tak putus aku heran..
melihat ciptaanMu yang besar...
Reff: Maka jiwakupun memujiMu
         " Sungguh besar Kau, Allahku!"
         Maka jiwakupun memujiMu
         "Sungguh besar Kau, Allahku!" (KJ.064)

Hai..hai....ketemu lagi di sharing kisah saya pas explore Sumba bulan April lalu, dan sekarang kita masuk hari ke-3...btw, biar sinkron jangan lupa baca dulu tentang explore Sumba Days 1 dan Days 2 nya dulu ya guyss..

Yeaayyyy...oke kalo di hari kedua udah banyak explore tentang tempat wisata di daerah Sumba Barat Daya dan sekitarnya, maka hari ke-3 kita akan mengeksplore wisata di kawasan SBD juga, tapi sekalian pergi menuju Sumba Timur, so kami pun beberes barang untuk lanjut ke tempat selanjutnya. Pagi hari kami juga sudah siap karena memang akan menempuh perjalanan yang jauh sekali...katanya jarak antara SBD - Sumba Timur sekitar 6-7 jam, terlebih kami kan masih harus mampir-mampir dulu jadi kami pun memulai dari pagi juga.

1. PANTAI MAROSI

Sehabis packing dan meletakkan tas di atap bus, maka kami pun memulai perjalanan. kalo ga salah dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam dehh...dan akhirnya kami sampe pantai Marosi.

Suasana pantainya masih ga kalah bagus, enaknya disini pantai ini itu jauh dari keramean, cuma karena ga bisa mandi dan sekedar liat-liat doang jadi ga ada yang terlalu bisa di explore..karena sejauh mata memandang memang cuma bisa liat hamparan biru-hijau air lautnya.

Selain memang kami dateng pada siang hari dan jarang pohon disini, jadi kami kepanasan banget sihh...tapi bukan genk Sumba Squad Hqq namanya kalo ga poto di satu spot dan itu lama banget...ya karuan lama lahh..wong satu gaya aja bisa lama banget, udah gitu harus bergilir sampe lima orang.

Geblekkknya karena emank saya juga agak males karena takut hitam..( wooyy ga usah ke pantai kalo takut hitam, saya mah kebanyakan duduk-duduk aja,, abis itu foto-foto ala-ala model ga jelas..#ngomong sama diri sendiri)

Oke gue cerita dikit ne, sebenernya masih ada foto-foto lain, tapi berhubung fotonya pake kamera Tepy, dan dia info kamera dia lagi bermasalah, maka foto-foto tersebut tidak bisa terbit disini guyss...hiksss...ini juga yang bikin kenapa gue nunda-nunda ngeposting, tapi setelah dua bulan tetep ga ada kepastian jadi gue aplod foto gu seadanya aja ya...lololohhh...hehehhhee. Jadi tepi, kalo kamu baca postingan ini...pleaseeee kasihin dong fotonya...wkwkkwkww.

Oh ya pas di hari ke-3 kami memang kompakan ya pada pake baju putih jadi ketjeh banget dong kita semua.

Ga lama-lama di pantai Marosi, kami melanjutkan perjalanan menuju air terjun lapopu. Nah yang paling berkesan adalah pas jalan kesini itu, karena memang harus melewati jalanan yang sempit dan banyak pohon rendah, sampe-sampe bus harus berhenti untuk mindah-mindahin tas dulu yang nyangkut ama batang pohon.

Setelah menyusuri hutan kecil akhirnya kami sampe juga, eittsss tunggu dulu ga langsung bisa liat air terjunnya dong, sama seperti kebanyakan air terjun pada umumnya, kami harus trekking sebentar dan sayangnya adalah karena memang abis hujan, airnya jadinya agak coklat padahal kalo aselinya pas lagi musim panas bisa keliatan hijau bagus gitu...ya saya sihh santai aja,,as long masih bisa menikmati airnya yang seger..lagian bareng genk Sumba Squad Hqq semua terasa indah kog..wkwkwkkw.

Seru banget sih trekking ke air terjun lapopu nya, saya yang memang mau santai menikmati perjalanan sambil banyak ngerekam sih, oh ya satu hal mengerikan hampir menimpa saya disini, jadi demi foto ala-ala saya naek pohon dong, dan coba berbaring tanpa pegangan, bodohnya udah tahu itu pohon licin dan saya hampir jatuh ke bawah yang ada batu gede, kalo air doang mah saya ikhlas, lah ini batu guedeee banget...adoohhh kapok saya. Thanks God banget masih di lindungi Tuhan. (Contoh buruk jangan ditiru ya guys)

Di luar airnya yang coklaat karena abis ujan, beneran dehh air terjun Lapopu ini keren banget sih, even saya udah sering liat air terjun, atau dalam bahasa daerah saya disebut curug. Tapi tetep aja ga mengurangi kekaguman saya akan megahnya air terjun ini. Hemmm keren sekali pokoknya.

Btw, karena memang spotnya sedikit jadi kudu antre sih untuk foto dan please banget biar ga terjadi hal buruk seperti yang saya alami, kudu banget ati-ati. Waktu kami disini pun ga lama, akhirnya kami pun kembali ke bus, pas sampe bus saya dan afgan di tawari Kelapa Muda, dan kayaknya ini kelapa muda terenak yang pernah saya makan deh,,,syeriuuusss...rasanya itu beda banget. Secara saya kan penggemar air kelapa muda, itu air minum favorit saya, dan beneran dehh enakk banget. Kudu banget harus minum kelapa muda kalo lagi maek ke air terjun Lapopu.

2. KAMPUNG ADAT PRAIJING

Selanjutnya perjalanan kami diteruskan menuju Kampung Adat Praijing. Masyarakat di desa ini ramah banget loh, dan luas kampung ini juga ga terlalu besar jadi bisa banget dijalani semuanya.

Waktu saya menyusuri jalannya, saya menemui seorang mama yang sedang menumbuk kopi, anak kecil yang bermain dan seorang mama yang sedang menenun kain Sumba. Oh ya jadi setiap kain di setiap kampung adat punya ciri khasnya masing-masing ya.

Kampung adat Praijing ini juga punya satu spot andalan banget...dan kami semua harus antre buat foto disitu. Setelah puas dan hari semakin sore maka kami pun berpamitan. Ketika berpamitan kami juga berkomunikasi dengan warga setempat, menurut saya warga di desa ini ramah-ramah banget lohh....

Perjalanan panjang pun dimulai, dan tahu ga perjalanan panjang itu indah banget, jadi kan saya bersama temen-temen yang laen iseng tiduran di atas kap mobil,

SUMPAHHH ini kudu banget kalian lakukan kalo lagi maen ke Sumba..dan apa yang kita liat?
``````````````````````MILKYWAY...==================

Ga kebayang banget sihh dapet view seindah ituuu di malam hari di atas bus yang berjalan menyusuri hutan..ga tahu dehh harus bilang apa..tapi beneran dehhh Tuhan baik banget kasih saya kejutan yang seindah itu...ga nyangka bakalan bisa liat pemandangan seindah itu...ahhh ga tahu dehh mau bilang apa..terus kalo minta fotonya mana.

Duh maap banget ya guys, saya belum punya kamera bagus dan skill yang mumpuni untuk bisa menyimpan itu dalam sebuat foto.

But jangan sedih dong,yang kita masih bisa menikmati keindahan itu melalui kelima + Satu  indra kita dong,

First, mata yang menikmati setiap titik cahaya di langit bahkan sampe ada rasinya loh...

Second, kulit yang diterpa angin malam yang dingin, tapi kami semua tidur bebarengan di atas mobil itu...

Third, telinga yang mendengar suara sunyi malamm,..ehh ga deng suara bus yang berisik..ehh tapi ga seberisik sodara yang nanyain kapan nikah...

Forth, hidung yang mencium bau-bau ga sedap dari temen-temen yang pada belum mandi..

Fifth, mulut yang ga berhenti nganga dan teriak-teriak ga jelas...

Sixth, hati yang penuh dengan ucapan syukur dan kagum akan ciptaan Maha Agung pemilik semesta alam.

HAPPY READING SEGERAKAN TRAVELLING!