Danau Kaolin: Ikon Wisata Kota Bangka

by - 18.16

Hai Guys,
What's Up!

" Life begins at the end of your comfort zone". - Neale Donald Walsch



Kali ini aku mau share tentang pengalaman solo backpacker aku ke Bangka. Tujuan utamanya adalah mau lihat secara langsung danau Kaolin yang bagus banget di sosmed. mbutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan motor dari Bandara. Syukurnya jalanan sudah sangat baik dan papan penunjuk arah sudah jelas. Jadi enggak mungkin nyasar untuk menuju ke danau ini.


Meskipun memang ada kisah tak enak dibalik terbentuknya danau indah ini. Danau Kaolin sendiri sebenarnya adalah bekas tambang Kaolin (clay) yang bersifat lunak. Kaolin adalah salah satu mineral yang memiliki banyak manfaat. Bisa digunakan dalam industri kosmetik, kertas, makanan dan lainnya.

Kini bekas tambang kaolin ini menjadi pesona karena menyajikan warna putih Kaolin yang bak salju dari kejauhan. Ditambah kumpulan air hujan yang membentuk danau buatan yang terlihat biru dan hijau karena pantulan cahaya matahari ke dasar danau yang terlapisi tanah Kaolin.


Tidak dipungut biaya untuk dapat menikmati keindahan warna biru dan hijau dari air danau ini. Bahkan
di beberapa titik sudah dibangun spot untuk ajang swafoto atau foto bersama. Sejauh yang saya lihat tempat ini cukup terawat dan dikemas dengan sangat cantik maka tidak heran, kini bekas tambang ini dijadikan tempat wisata yang diminati baik bagi wisatawan lokal ataupun wisatawan luar kota.


Luas danau ini cukup besar. Jadi pengunjung tidak perlu takut fotonya 'bocor' oleh pengunjung lain. Namun yang harus diperhatikan karena sisi danau terdiri dari kaolin yang bersifat lunak, maka pengunjung harus selalu berhati-hati dalam mengambil pijakan langkah kaki untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


Ketika sudah letih mengelilingi danau yang cukup luas ini pengunjung bisa duduk sejenak di warung untuk sekedar melepas dahaga atau sekalian makan siang.

Demikianlah perjalanan saya menikmati kecantikan danau Kaolin yang memang tidak hanya bagus di foto tapi juga bagus dilihat secara langsung.


Tulisan ini sudah dipublikasikan juga melalui detiktravel dengan beberapa perubahan.

Happy Reading Segerakan Traveling! 

With ❤️, 

MRS




You May Also Like

0 komentar