Goa Sunyaragi, Goa yang tak lagi sepi

by - 16.45

Hai Guys,
What's Up!


Kali ini aku mau cerita tentang Goa yang ada di Cirebon. Namanya goa Sunyaragi. Perjalanan ini masih dalam rangkaian one day trip ke Cirebon bersama backpacker Jakarta (BPJ).

Waktu itu sore sudah menyapa. Sinar matahari mulai bersiap kembali ke peraduannya. Tapi jangan salah goa ini justru kebanjiran pengunjung. Ada begitu banyak orang di tempat ini.


Setelah melewati pintu masuk, saya dan rombongan terlebih dahulu berfoto di depan tulisan "Goa Sunyaragi". Mumpung cahaya masih bagus. Puas foto keluarga bersama kamipun berpisah masing-masing untuk mengelilingi goa yang katanya merupakan salah satu jejak sejarah kerajaan Cirebon.


Goa Sunyaragi ini berada di kelurahan Sunyaragi, kesambi, kota Cirebon. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, jadi tidak heran banyak orang yang menjadikan goa ini salah satu tempat wajib kunjung jika bermain ke Cirebon. Goa yang namanya berasal dari bahasa sansekerta "sunya" yang berarti sunyi/sepi dan kata "ragi" yang berarti raga ini, nyatanya sudah tak sesunyi dulu lagi.


Ya tujuan utama gua ini dahulu didirikan memang untuk tempat menyepi atau untuk bertapa para sultan dan keluarganya.


Lain dulu lain sekarang. Saat ini banyak sekali pengunjung yang datang untuk berjalan jalan dan cari spot terbaik untuk foto. Memang reruntuhan kaya dari goa ini menjadi daya tarik tersendiri. Terkesan unik dan mistis.



Begitupun dengan saya dan Afgan, kami mengelilingi tempat ini sambil berhenti untuk foto di setiap spot. Hahahaa.



Happy Reading Segerakan Traveling!

With Love,
MRS

You May Also Like

1 komentar

  1. Eh iya sih, reruntuhan dari goanya kayak ngasih kesan mistis ngeri gimana gitu :D

    tapi sekarang sudah rame, jadi mistisnya yang beneran ilang :D

    BalasHapus