Ranu Kumbolo, Ranu Terindah di Jawa Timur ini Wajib Kamu Datangi.

by - 15.33

Hai Guys,
Anyonghaseyo!

Kalau di postingan sebelumnya aku bahas tentang gunung Prau. Kali ini aku mau bahas tentang tempat yang aku daki persiapan sebelum nanjak gunung sesungguhnya. Iya, jadi untuk adaptasi badan, aku pilih trekking yang landai dulu tapi jaraknya cukup jauh, jadi bisalah latihan untuk bawa carry dulu. Hehehe. Ya tempat itu adalah Ranu Kumbolo. Post pemberhentian untuk mendirikan tenda bagi pendaki yang hendak menuju atap Jawa, Puncak Mahameru. Jadi aku gak ke puncaknya ya guys, cukup sampai Ranu Kumbolonya aja. Namanya juga baru penjajakan.

Perjalanan ini aku lakukan bersama 5 temanku yaitu dengan Santi, Mom Nolla, Uli, Om Eka dan Ganjar (Baru kenal di trip ini) yang berlangsung setelah lebaran tahun ini, sekitar akhir Juni. Walau awalnya aku agak berat kayak jadi gak jadi soalnya lagi gak ada duit. Hahahaha. Ehh syukurnya aku menang giveaway dapat kamera polaroid terus aku jual murah deh. Lumayan buat biaya jalan-jalan. Memang ya, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Hehehe

Perjalanan aku mulai Purbalingga naik travel ke Yogyakarta. Harusnya ada tiket langsung, tapi karena aku masih belum pasti enggaknya berangkat jadi belum beli tiket kereta, akhirnya kehabisan deh. So aku akalin dengan naik kereta dari Yogyakarta. Tak dinyana malah bisa ketemuan ama Afgan yang lagi ada di Yogyakarta juga. Kami sempat berjalan-jalan di sekitar Malioboro.

Akhirnya sekitar jam 10 malam aku berpisah ama Afgan, soalnya kereta aku jam 11 malem. Nah di sini ada kejadian lucu sekaligus mengesalkan. Jadi aku kan gak terlalu perhatiin aku berangkat dari stasiun mana, seinget aku stasiun Lempuyangan dan gak aku cek lagi dong. Lalu dengan pedenya aku pergi ke stasiun Lempuyangan, kebetulan ada anak gunung lain yang mau ke Lempuyangan juga, ya udah akhirnya gabung mereka dan jalan kaki dong dari Malioboro ke Lempuyangan yang katanya deket. Ehh ternyata jauh pemirsahh.... dudududu... efek mau ngirit malah jadi capek banget! Tapi hufftt....

Setelah sekitar 20 menit berjalan akhirnya tiba juga di stasiun Lempuyangan. Langsung menuju counter untuk cetak tiket. Terus pas aku masukin kodenya kog gak berhasil-hasil. Katanya belum bisa dicetak. Lohh padahal ini udah tinggal tinggal 30 menit sebelum keberangkatan. Wah langsung panik dong, aku berusaha hubungi adik aku yang mesenin tiket via online. Duhh mana udah hampir tengah malam. Syukurnya adik aku masih bangun dan bilang kalau aku itu harusnya berangkat dari stasiun Tugu. Whattt!!!

Serius panik banget, tahu sendiri kan jadwlan kereta yang selalu tepat waktu padahal waktu tinggal 20 menit-an lagi. Mencoba tenang aku langsung pesen ojol. Untungnya langsung dapat, tapi tetap aja ojolnya datangnya lama. Sebenarnya mungkin gak lama, cuma akunya yang dikejar-kejar waktu. 5 menit berjalan akhirnya ojolnya datang. Duh langsung naik dan minta tolong ama drivernya untuk ngebut. Drivernya sih dengan santai bilang "tenang mba, gak sampai lima menit pasti udah sampai". Sebenarnya itu udah cepet banget, tapi aku masih mikirin spare time untuk jalan ke dalam stasiun, cari konter cetak tiket, pengecekan tiket dll pasti bakalan makan waktu lama.

Sesuai yang dibilang tukang ojek ya, lima menit kemudian aku udah sampai di pintu masuk stasiun. Sambil mengucapkan makasih aku pun berlari mencari konter tiket. Oiya, tahu gak aku naik ojol cuma bayar 1 rupiah.. Hahaha. Lagi ada promo. Kembali ke cerita awal, begitu ketemu konter tiket, aku langsung cetak tiket dan melewati pemeriksaan. Kayaknya sekitar jam 23:30 aku sampai deh, terus tanya ke petugas apakah kereta yang akan aku naiki sudah ada, terus dijawab petugas, belum datang karena ada keterlambatan. Huahhh... lega sekaligus lapar, akhirnya nyari makan deh. Ternyata kereta baru datang 1 jam kemudian. Baiklah markibo.. Mari kita bobo..

Keesokan paginya aku tiba sekitar jam 8 pagi di stasiun Malang. Waktu tiba bersamaan dengan Ganjar. Jadi setelah sarapan aku dan Ganjar pergi ke Hotel tempat Om Eka nginep. Lagi-lagi demi irit dan sekalian stretching karena udah lama duduk kami berdua sepakat untuk jalan kaki, karena kalau liat di map sih jaraknya deket. Udah tahu dong hasilnya, kami kesasar dan ternyata jaraknya lumayan jauh kalau di dunia nyata.
Lelah hayatiii...

Gak lama kemudian datanglah Mom Nolla, Santi dan Uli. Mereka bertiga memang sekereta. Setelah beberes dan repacking kamipun siap berangkat. Mobil jemputan sudah ada di parkiran hotel. Kamipun berangkat menuju tumpang terlebih dahulu. Jadi di Tumpang ini kami berganti mobil ke mobil jeep. Sembari makan siang terlebih dahulu. Oiya di sini ada mie yang enak banget loh. Wajib coba.

Setelah siap kamipun berangkat menuju Ranu Pane, yang adalah desa terakhir sebelum pendakian. Kami tiba di basecamp sekitar pukul 14.00. Lalu kami menuju ruang briefing untuk mendengarkan penjelasan tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pendakian.

Jam 15.00 kamipun berangkat dengan semangat, jalur masih selow...gak berapa lama, udah ada jalur nanjak, langsung engap dehh.. Hahaha. Sebenernya gak tinggi-tinggi banget sih, cuma karena kurang olahraga jadi berasa engap. Padahal aku udah berusaha olahraga 2 minggu sebelum pendakian, hayo kebayang gak betapa engapnya diriku kalau gak olahraga sama sekali.

Syukurnya ada pos bayangan sebelum pos 1. Di pos ini ada yang jualan semangka loh. Wah aku yang baru pertama kali liat beginian langsung takjub. Kebayang dong, udah capek nanjak langsung bisa makan semangka manis segar. Nikmat!

Selesai istirahat sejenak kami melanjutkan perjalanan kembali, jalurnya udah lebih landai. Jadi udah gak terlalu engap. Sama seperti yang udah-udah maka di sini tiap pos ada yang jualan semangka dan makanan lainnya. Jadi aku gak terlalu ngeluh sih, karena tiap berasa capek langsung inget semangka menanti. Hahaha. Selain semangka wajib banget nyoba tahu petisnya. Apalagi di pos 3, parah juara banget sihh ini. Aku yang awalnya gak terlalu doyan aja langsung doyan banget. Sayang aja gak bisa makan terlalu banyak karena takut sakit perut. Soalnya petisnya pedes banget. Ehh ini kenapa jadi ngomongin makanan mulu yak.

Akhirnya setelah pos 3 jalanan mulai gelap, karena sudah mulai malam. Aku yang gak bawa senter (jangan ditiru) hanya bisa mengandalkan sinar senter temen yang di depan untuk berjalan. Berhubung gelap jadi harus hati-hati banget jalannya. Lagian salah sendiri gak bawa senter.
Oiya, udaranya cukup dingin sih buat aku, jadi banyak bergerak biar gak terlalu kedinginan.

Kayaknya trek dari pos 3 menuju pos 4 hingga tiba di Ranu Kumbolo adalah yang paling berat. Berat dalam artian gak landai-landai amat dan jaraknya cukup jauh. Berhubung berjalan malam memang gak terlalu berasa sih, tapi ya cukup menguras tenaga. Jadi pastikan kalian dalam kondisi yang fit ya kalau mau ke Ranu Kumbolo.

Malam sekitar jam 20:30 kami tiba di area camp rakum, syukurnya kami pake Open trip (OT) jadi begitu datang udah tinggal masuk tenda. Hemmm syukur banget sih ini langsung pake OT karena awalnya mau jalan sendiri biar lebih irit. Wwkwkwkwk. Untung gak jadi, walau sedikit lebih boros paling gak kita nya happy, gak perlu lama masak udah dimasakin. Hahahhaa

Malamnya, aku, Santi dan Mommy Nolla berusaha tidur. Sebenernya aku udah gak tahan ama dinginnya, aku kedinginan di daerah kaki, kalau badan sih hangat. Tapi kalau udah kaki kedinginan ya repot juga. Alhasil sudah tidur. Tapi aku maksain mejemin mata, jadi kadang ketiduran kadang kebangun karena dingin.

Lain halnya dengan Santi, kegnya efek makan tape dia jadi masuk angin. Dia kebangun tengah malam, aku udah kayak mau mual juga denger dia mual, mana udara dingin banget! Syukurnya setelah dipijet ama mommy Nolla, Santi cukup membaik. Akhirnya kami bertukar posisi, dia ditengah dan aku di pinggir, akhirnya aku dan santi bisa tidur. Ya walau dipaksakan.

Keesokan paginya aku udah males bangun, dingin parah!! tapi maksain diri bangun demi hunting sunrise dan begitu keluar.. Brrrrr udah kayak bukan di Indonesia, aku menggigil kedinginan. Parahh sihh ini cuaca memang lagi minus banget, bahkan sampai ada bunga-bunga salju di atas dome. Wowwww Jawa Timur rasa Eropahhh..

Sembari nunggu sesi foto aku pun gerak sana sini untuk mengurangi dingin. Setelah sekian lama akhirnya mentari mulai menghantarkan panasnya, Puji Tuhan gak terlalu dingin lagi.

Sesi pemotretan pun terus berlanjut, pindah spot sana sini. Mengabadikan setiap moment yang ada. Ketika mulai siang kami pun sarapan terlebih dahulu. Rencananya kami akan naik tanjakan cinta untuk sampai di ora ora ombo.

Selesai sarapan tanpa buang waktu kamu menuju tanjakan cinta, yang terkenal akan mitos katanya kalau naik gak boleh nengok ke belakang, kalau gak nanti putus ama pasangannya. Aku sihh nengok aja, pasangan aja belum punya mau putus gimana coba. Xoxo

Selesai pemotretan sana sini dan menikmati keindahan yang ada kami pun kembali untuk pulang. Ya karena hari juga semakin siang, jadi kami harus segera pulang. Berangkat tengah hari sekitar pukul 12 siang kami pun tiba kembali sekitar jam 16.00 di base camp.

Sungguh perjalanan yang penuh perjuangan. Tapi aku sendiri bersyukur bisa melihat langsung keindahan ranu Kumbolo yang biasanya cuma bisa dilihat dari feed IG para traveler panutan. Rasanya kalau bilang Ranu Kumbolo adalah ranu tercantik dan terindah di Jawa Timur adalah hal yang sangat wajar. So tunggu apalagi, segera susun rencana ke sini, yakin dehh kalian akan terkesima.

Happy Reading, Segerakan Traveling!