Kaleidoskop 2019: Waktu Indonesia Bahagia

by - 21.29

Hai Guys,
Anyyong...

Memasuki hari ke-10 di tahun 2020...HATI berontak buat nulis tapi otak mager banget! Well... inilah dia kaleidoskop 2019 yang aku jalani dengan sangat antusias berkat tiket pesawat murah yang masih aku bisa dapatkan sampe pertengahan Mei. Tahun 2019 bisa disebut jadi tahun yang sibuk tapi ya gak sibuk-sibuk amat. Loh gimana toh... ya yang pasti 2019 penuh dengan berita viral dan menghebohkan. Sebut saja pernikahan Syahrini-Reino Barack yang katanya temen makan temen, padahal kan enakan juga makan mendoan pake cabe. Kasus Audrey yang katanya cuma prank. Ini parah banget sih! Terakhir kasus 'ikan asin' yang menggemparkan medsos Indonesia. Disertai bermunculannya artis viral hits yang makin melejit dengan fenomena gak pentingnya. Ya Lord kenapa aku malah jadi gibah!

Ke berita yang lebih serius, 17 April 2019 diadakan pesta demokrasi terbesar Di Indonesia yups bertepatan dengan ultah gue yang ke-30 (fix gue tua!). Ehh ada berita apalagi ya... Yang pastinya banyak, kalau dibahas semua gak bakalan kelar deh. Ya udah mari mulai ke kaleidoskopnya.

JANUARI: RAINY Month!

Seperti biasa diawali dengan bulan yang selalu sendu, Januari yang selalu hujan. Liburan keluarga gak kemana-mana, cuma main ke curug dan caping Park di Purwokerto. Selebihnya nangkring di rumah karena belum punya mobil yang bisa menjagai kami sekeluarga dari panas dan hujan. Jadi pada mager, akhirnya staycation aja di rumah. Hiksss

Kalo pergi bareng temen, aku pergi bareng Santi. Rencananya juga gak jelas mau kemana, aku sih sekadar nemenin Santi aja yang lagi kondangan ke Jogja. Padahal rumah aku di Purbalingga, tapi dia minta temenin aku main di Jogja coba. Tapi demi persahabatan akupun nurut.

Setelah diskusi sana sini via WA akhirnya kami memutuskan untuk ke Prambanan, Tebing Breksi, sunrise-an di bukit Panguk walau mendung, dan siangnya uji nyali naik gondola di atas Pantai timang. Parah ini heboh banget sih aku.. Hahahaha. Unforgettable moment!

FEBRUARI: TRAVELING N TEACHING

Wah kalau ngomongin bulan Februari ini aku langsung mewek. Masih inget banget detail kejadiannya. Oke, jadi biasanya aku kalau traveling ya sekedar traveling, nah karena bosan aku pengen sesuatu yang beda. Dapat info dari temen, bisa jadi volunteers buat teaching sekalian traveling di Biak. Tanpa tunda-tunda aku langsung daftar jadi volunteer. Puji Tuhan aku diterima.

Sedikit cerita jadi dari dulu aku memang punya impian bisa ngajar anak-anak di pedalaman. Ya salah satunya di Papua. Dan akhirnya impian ini tercapai. Walau cuma 2 hari, akhirnya aku bisa berinteraksi dan berbagi pengalaman dengan anak-anak SD Samares, Biak. Duhh Tuhan makasih banget untuk kesempatan ini.

Seperti judulnya, sesudah teaching seharian, keesokan harinya saya dan volunteer lainnya diajak ke danau biru wopersnondi yang indah banget. Gilakk, Papua emank sebagus itu. Aku bersyukur banget bisa dapat tiket 400 - 600 ribu (lupa lupa ingat) untuk bisa tiba di pulau terujung ini. Kalau tiket normal mah udah bisa sampe ke Eropahh.

MARET: BERENANG BARENG IKAN TERBESAR DI DUNIA!

Bulan Maret aku juga mengalami peristiwa yang gak bakalan aku lupain seumur hidup aku, yups berenang bareng ikan terbesar sedunia aka whaleshark! Wahh seumur-umur berenang di lautan baru kali itu aku sampe lupa napas saking takjub dan terkesimanya. Selain itu aku juga pertama kalinya bermain bareng ribuan ubur-ubur udah cem SpongeBob. Sensasi ini bisa aku rasakan karena nekad ikut trip ke Derawan dan sekitarnya. Aku jatuh cinta banget sama tempat ini. Meski harus siap menderita naik speedboat kencang selama berjam-jam. My pray, I can back to this place with my family. Amen.

APRIL: MONTH OF LOVE

Bisa dibilang bulan April adalah highlight selama tahun 2019. Soalnya aku ngetrip ke Palembang dan Bangka. Ya meski Palembang dan Bangka cuma ODT an sih, tapi aku bersyukur banget udah bisa mampir hehehe. Meski harus tidur di masjid bandara, gegara hotel yang aku mau inapi secara gratis gak ngasih kabar. Huffhh...

Selain itu aku juga akhirnya ke Misool yang ada di Papua Barat. Yeayyy.... pengennya sih sekalian sama Wayag dan Pianemo, berhubung bujetnya kurang yang pilih salah satu deh. Milih misool soalnya kalau Wayag dan pianemo kan udah mainstream jadi aku mikirnya bakalan ada banyak OT yang kesana, jadi rencananya pengen ke Wayag dan Pianemo bulan Mei sembari nungguin ada duit, ehh tetep gak ada duitnya jadi belum bisa mencoret wishlist ini. Hemm, sampe aku sempet nyesel ke Palembang dan Bangka loh, soalnya duit aku Mayan abis banyak gegara solo backpackering, tapi ya udahlah ya namanya juga pengalaman. Berharap aja tahun 2020 ada rejeki bisa menginjakkan kaki di Wayag dan Pianemo. Aku mau snorkling!

MEI: PUASA TRAVELING

Sebenernya bulan Mei aku udah issues tiket ke Biak lagi, tinggal berangkat aja tapi karena ada something akhirnya gak jadi. Di bulan ini juga pengen ke Wayag dan Pianemo, berhubung duitnya gak cukup ya gak jadi. Hemm sedih banget padahal ini adalah akhir dari keanggotaan sjpass berlaku. Say goodbye to cheap flight.. Anyyong....

JUNI: FIRST PENDAKIAN

Berhubung udah gak ada tiket pesawat murah lagi, akhirnya aku ganti haluan. Gak ke pantai dulu. Ya udah puas juga sih, jadi biar murah dan ganti suasana aku memutuskan untuk coba mendaki gunung. Ya gak langsung gunung yang tinggi, tapi yang santai landai dulu dong. Syukurnya ada temen yang mau juga, fix akhir Juni ngecamp di Ranu Kumbolo. Waktu itu lagi heboh karena cuaca yang ekstrim maka banyak salju pas pagi hari. Walah gak setebal salju di Eropa, tapi tetep aku aku norak. Hahahaha. Sepulang dari rakum aku, mommy Nola dan Santi ditemani ka Desi, Wisata malam di Surabaya terus mampir ke bukit Jaddih, ini kali pertama aku makan bebek Sinjay, dan gilakk, enak banget!

JULI

Liburan keluarga ke Jakarta. Aku, mamak, bang bo berangkat ke Cileungsi, ke rumah Ka Ina, ketemu Lionel dan bang Padoz. Keesokan harinya baru kami ke Jakarta bareng ditraktir makan besar ama bol bol, adek kesayangan di Bali resto yang ada di Ancol. Setelahnya kami main ke sea world liat beberapa atraksi. Malamnya nonton air mancur di Monas lalu kami staycation di hotel Harper cawang. Lumayan lah buat family time!

AGUSTUS

Akhir Agustus akhirnya aku motoran lagi. Yeayy. Sekian lama gak motoran jauh, ditemani Devi, kami pergi ke Jogja mau liat ArtJog 2019. Udah penasaran banget sama pagelaran ini, puji Tuhan sekarang udah gak penasaran lagi. Lama gak motoran ternyata aku udah gak setangguh dulu, capek euy. Udah gitu harus muter jalan karena ada perbaikan jalan. Hufftt.... tapi tetep seru euy, setidaknya mengobati kerinduan akan motoran. Hehehe
ke jogja liat artjog

SEPTEMBER

September aku di rumah aja, gak kemana-mana. Takut jodoh aku lagi main ke rumah, ehh ternyata gak dateng. *halumodeon

OKTOBER: NAIK GUNUNG PERTAMA KALI DI UMUR 30 TAHUN

Akhir Oktober pertama kali aku naik gunung diumur yang ke-30. Rasanya wowww... Luar biasa!! Salut ke diri sendiri... Udah gitu perginya bareng temen-temen deket dan ini juga jadi trip bareng kembaran, Mawar, setelah sekian lama gak pernah ngetrip bareng. Trip gunung ini awalnya banyak orang, eh lama-lama pada mundur. Wkwkwkw. Tenang kita pake OT dan gunungnya pun gunung favorit para pendaki pemula, ya apalagi kalo bukan gunung Prau. Hehehe

November : KONDANGAN KE LAMPUNG

Pertengahan Desember, aku pergi ke lampung untuk kondangan nikahnya fian aka piun aka nyonnyon. Cuma bentar doang di Pringsewu tapi cukup mengobati rindu akan keluarga angkat di Pringsewu. Ketemu bapak ibu eyang dan mantan rekan kerja pas ngajar di Lampung.

Sebelum ke Lampung aku selalu transit di Jakarta, untungnya ada kostnya kembaran jadi selalu di traktir makan enak. Bahkan sepulang dari lampung sempet trip bareng ke Pulau Papatheo bareng bpj. Seru banget first time nenda di pinggiran pantai ditemani orang baru yang menyenangkan.

DESEMBER: Komunitas Baru

Akhir tahun juga dipenuhi hujan. Bikin mager. Gak ada trip khusus, tapi untuk pertama kalinya ikutan acara Kubbu. Dalam rangka anniv Kubbu yang ke-4. Bersyukur dan senang banget bisa join acara ini, ketemu banyak orang yang luar biasa. Aku berharap bisa banyak belajar tentang blogging dari para suhu ini. Jadi blog aku gak gini-gini aja. Hikss..

Selain ikut acara anniv kubbu, tujuan utama aku ke Jakarta adalah untuk jemput Lele kesayangan aka Lionel. Soalnya kalau nungguin tante B dan tulangnya kelamaan. Jadi aku jemput deh. Hehehe

Ya demikian cuplikan kaleidoskop 2019. Ada banyak cerita yang terlupakan juga. Wkwkwkwk. Ya makin tua makin pikun ini. Hemm... kedepannya langsung nyicil aja seru kali ya..... jadi gak bingung nyari foto kayak sekarang. Hahahaha. Ya udah gini dulu, lanjut bikin resolusi 2020.

Happy Reading Segerakan Traveling!