Serunya Staycation Bareng Keluarga

by - 00.23

Hai Guys,

Jadi kali ini aku mau cerita tentang keseruan staycation bareng keluarga. Yaitu bareng emak, bang Bo, Huthut, Mawar, Leo dan Bol-bol (ini nama panggilan semua) .Sebenernya staycation ini udah lama, tahun baru kemarin, cuma baru ditulis sekarang, ya daripada enggak ditulis sama sekali kan. Hehehe...

Pengennya sihh ngerasain pergantian malam tahun baru di hotel apadaya biayanya gede banget.. Jadi kami memutuskan untuk staycation di hari pertama 2020, 1 Januari 2020 tepatnya.

Perjalanan dari rumah ke hotelnya sebenarnya dekat cuma sekitar satu setengah jam. Ya elahh deket banget... Tapi pas berangkat kami kehujanan sampai basah. Ya maklum Januari lagi puncak-puncaknya hujan untuk daerah pegunungan seperti Purwokerto dan sekitarnya.

Jadi waktu sampai hotel kami lebih ke arah gembel sihh daripada jadi wisatawan.. Hahaha. Berhubung kami tiba malam hari dan masih hujan terus di luar kami memutuskan untuk beberes dan langsung tidur.

Keesokan harinya kami sarapan dan di sinilah emak bahagia. Soalnya banyak banget menu makanannya. Udah gitu kami sarapan sembari menyaksikan kegagahan gunung Slamet, atap tertinggi di Jawa Tengah.

Sembari makan emak nyelutuk... " Wah tabo nai songon, tahun depan hita baen ma muse songon on.." yang kalau ditranslate jadi " wahh enak banget kayak gini, tahun depan kita staycation lagi ya.." celetukan ini langsung disambut Leo dengan jawaban... " Lah kemarin kata oppung gak usah, soalnya sayang duitnya... " sontak aku ngakak. Dasar emak, kemarin aja keukeh gak mau pergi sayang duitnya... Giliran udah jalanin eh nagih.

Okee...Jadi yang mau aku bahas di sini selain tentang keseruan kami staycation, hal yang pengen aku bagikan adalah tentang bagaimana kita membahagiakan orang tua sesekali dalam kemewahan. Okee mungkin bagi banyak orang staycation di hotel bagus itu biasa aja. Tapi bagi kami, apalagi emak, rasanya bahagia banget. Gak pusingin mau masak apa, beresin rumah, nyuci ini itu dan lain sebagainya.

Jadi memang tujuan kami - anak-anaknya- ngajak emak staycation adalah biar mamak bisa rehat sejenak, semacam recharge energi lahh di awal tahun baru. Kelihatannya enggak terlalu ngefek ya, tapi aku bahagia banget ngeliat mamak sebahagia itu.

Selesai sarapan kami pun menuju kamar untuk berganti baju. Ceritanya mau berenang, apadaya kami gak bawa baju renang, jadi gak diijinkan masuk ke kolam renang. Jadi kami pikir gak wajib pake baju renang, jadi cuma pakai kaos dan legging atau celana yang tipis. Ehh tetep kami enggak boleh masuk. Jadi kami cuma nemenin Leo yang bawa berenang, meski sesekali emak colong-colongan ama petugas buat nyebur sebentar ke kolam renang. Kocak bener emak! Sesuka itu ama air, pantesan anaknya pada doyan air semua.

Akibat hasrat emak yang menggebu lihat kolam renang dan nekad nyebur membuat petugas datengin emak. Hahaha. Dengan berat hati emak kudu naik lagi. Wkwkwk. Antara kocak dan sedih juga sihh lihatnya. Akhirnya setelah diskusi kami memutuskan untuk beli baju renang. *horangkaya*

Sore tiba setelah siang abis belanja, emak dengan sangat bersemangat pake baju renang dan berenang. Hahaha. Serius kocak sih ini. Tapi ya itu bahagia banget bisa lihat emak bahagia.

Oiya, sebenarnya ini staycation kami yang kedua, yang pertama waktu itu staycation di Jakarta. Nah pertama kali ke hotel dan nginep di hotel, emak begitu antusias dan serba gak tahu buat make benda dan peralatan hotel apalagi bagian kamar mandi. Mungkin bagi orang lain kesannya norak ya, tapi dari sini kami juga belajar, kalau mamak gak tahu karena belum pernah. Jadi Mawar ngajarin emak dengan sangat sabar cara memakai peralatan yang ada baik di hotel pertama maupun kedua kami staycation.

Nah demikian lah staycation kami, meski ada drama juga di antara anak-anaknya tapi tujuan utama, membahagiakan emak tetap jadi acuan kami untuk saling menahan ego.

Baidewei, kami mulai mamak staycation sejak udah bisa sisihkan uang. Soalnya kalau throwback ke belakang agak nyesel gak pernah ngajakin babe beginian. Ya meski alasan ekonomi juga sihh faktor utamanya.

Jadi sekarang meskipun dana yang ada belum terlalu banyak, kami berusaha untuk sisihkan uang untuk jalan-jalan bareng. Karena kalau dipikir-pikir, kalau nunggu duitnya sampai banyak belum tentu orang tua masih sanggup untuk jalan-jalan. Paling parah belum tentu umur orang tua kita masih panjang..

Oiya, kenapa fokus kami membahagiakan emak dengan jalan-jalan? Soalnya kami mau menciptakan moment kebersamaan, bisa aja sih ngasih barang atau uang, tapi kami rasa hadiah terbaik adalah waktu.

Aku share ini bukan untuk judge atau untuk pamer ya. Hanya pengen berbagi pengalaman. Harapan kami akhir tahun ini bisa bawa emak staycation di luar negeri, mumpung emak masih sanggup.

Happy Reading, Segerakan Traveling!

MRS

You May Also Like

24 komentar

1. Staycation sm org terdekat pasti asyik banget, apalagi kalo sambil ngelakuin games2 yg seru..
    Pasti memori atas kebersamaan yang udah berkesan jadi tambah berkesan lagi..

Nice sharing!

2. staycation bareng keluarga itu sangat menyenangkan. Yaa bisa dibilang adalah satu cara membuat keakraban dan kekompakan di antara anggota keluarga.

3. Hal terbahagia bisa staycation sama emak bukan karena hotelnya atau fasilitasnya ya, tapi karena rasa bahagia bisa lihat bahagianya orang tua, nice sekali, sehat2 selalu emak :)

4. Keren banget ya bisa liburan dan bahagiain orangtua. Apalah aku yg belum kesampean. #hiks
    Semoga cita2nya staycation ke luar negeri terwujud ya..

(Deny Oey)

5. Jalan-jalan sama keluarga itu seru ya kak walaupun selalu banyak dramanya, apalagi kalau anggotanya banyak anak kecilnya

6. Seru ya bisa staycation sama2 keluarga , walau rempong tapi moment seperti ini memang langka, biasanya orangtua jg ga minta diperlakukn seperti itu ,kita sebagai anak harus sadar aja untuk menabung agar orangtua bisa diajak jalan2 untuk menikmati keindahan alam dan buat fresh juga buat tubuh orangtua

7. wah seru sekali kak senang ya bisa jalan2 bareng keluarga...semoga dapat terlaksana ya membawa emak jlan2 ke luar negeri

8. Walaupun gak selalu setiap waktu kita ada buat mereka, Tapi pas anaknya punya waktu untuk ngajak mereka jalan2 rasa bahagianya pun terasa banget ya kak

Semoga impiannya bisa terwujud kak untuk membawa emak jalan2 ke luar negri, semoga emak selalu diberikan kesehatan. aamiin

9. duh,pengen ajak mami staycation jg jdnya :)

10. Semoga kak raya dan keluarga sehat2 ya dan bisa ajak ibunda happy2 lagi staycation, event tahun baru maupun event lainnya. GBU kak

11. Asyik banget acara staycatuionnya. Meskipun Liburannya gak jauh2 amat yg penting ada quality time sama keluarga ya. Di tanggal 1 Januari 2020 saya keluarga lagi ngurusin rumah yg kebanjiran :(.

12. Waduh sy udah lama banget gak ngajak orang tua jalan2... Bener banget, itu perlu

13. Ini sih share pengalaman yang nyenengin banget Kak.. bacanya juga ikutan seneng.. hehe.. Apalagi Mamak juga bahagia banget ya.. semoga happy selalu ya bersama keluarga tercinta..

14. Waduh suami saya pernahopernah berencana mengajak saya dan anak anak berlibut di Java Heritage hotel ini. Menurut dia hotelnya bagus. Dia pernah seminar di hotel ini.
    Oh ya staycation adalah salah satu cara kami untuk refreshing jika tidak punya banyak waktu libur.

15. Seru banget ya kak Staycation sama Keluarga tercinta.Semoga bisa jalan-jalan ke luar negeri ya, Amin

16. perlu banget staycation bareng keluarga seperti ini...memperkuat bonding dengan anggota keluarga yang lain, sehat sehat semua yaaaa

17. Aku ikut merasakan kebahagiaan dong membaca ceritanya kakkk. Salam buat namboru kak (ngga tau harusnya manggil apa, kupanggil namboru aja. Mamku Panjaitan btw haha).

Semoga beliau sehat-sehat selalu

18. Beneran Kak, nyenengin oratu ga usah nunggu banyak uang. Sekarang aku giliran mampu, ortuku sudah sepuh, ga bisa kemana-mana..nyesel deh rasanya
    Btw, staycationnya seru ya

19. Demi ketemu air ya Ka sampe rela deh beli baju renang dadakan. Ceritanya aja seruu apalagi yg ngalamin sendiri tak pasti moment yg gak terlupakan deh

20. Aaaaa seruuu, emakk bahagia banget. Emang yak emak-emak tuh gitu saat di ajakin nginep di hotel katanya sayang duit nyaa, tapi pas di hotel nginep malah happy banget hahaha. Yupzz gak harus nunggu duit banyak utk buat emak bahagia yaa kak, quality time sm keluarga itu penting bangett

21. Hahaha, sama persis komentarnya dengan ibuku kalau diajak bepergian.
    Btw, staycation bareng keluarga seru ya, Kak Raya. Banyak momen kebersamaannya. Semoga sekeluarga sehat2 yah, Kak.

22. Senang banget baca tulisannya, saya jarang banget liburan bareng keluarga. Tapi sekarang Tuhan ngasih kesempatan buat staycation sama keluarga gara2 corona. Staycation di rumah, ketawa bareng, makan bareng, nonton bareng sama keluarga.

Salam buat ortumu, kak :)

23. Aku yang kebaperan bacanya. Kondisinya lagi jauh banget sama keluarga. Tapi semoga ga membuat aku lupa gimana cara bahagiain orang tua.

Rindu selalu bisa kumpul bareng keluarga, bener yang kamu bilang hadiah terbaik yang sebenarnya adalah waktu.

24. Moment bareng orang tua gini yang bakalan selalu diingat. Dan selalu jadi bahan obrolan ketika sedang kumpul-kumpul. Wah jadi pengen staycation bareng keluarga. Semoga bahagia dan sehat selalu untuk mamak kak raya.