Serunya Camping Ceria di Pulau Papatheo

by - 03.33

Hai Guys,
What's Up?

Hai hai bagaimana kabar kalian di era new normal ini...semoga kita semua selalu dalam keadaan baik dan sehat. Rasanya udah pengen keluar dan liburan bareng temen dong ya, eits tapi tahan kalau memang belum perlu-perlu banget tetap di rumah aja masih jadi pilihan pertama yang terbaik biar kurva enggak mendadak naik.

Berhubung gak kemana-mana kali ini aku mau cerita tentang trip November tahun lalu yang belum aku tulis, hahaha. Trip ini sebenarnya iseng aja cuma ngisi jeda waktu pas transit di Jakarta sehabis pergi dari kondangan di Lampung (Gilak jauh bener kondangannya) . Jadi aku yang gak mau rugi udah pergi jauh akhirnya ikutan trip camping ceria di pulau Papatheo yang diadakan komunitas sharecost Backpacker Jakarta (BPJ).

Biasanya selalu sendiri kali ini aku trip bareng kembaran tersayang, Yeayy udah lama banget gak trip bareng akhirnya kesampean jalan bareng lagi.

Perjalanan pun dimulai, Sabtu pagi kamu berdua udah siap pukul 6 pagi, naik KRL dari Tebet ke Kota dan lanjut naik ojol menuju pelabuhan Kaliadem sebagai meeting point.

Pertama kalinya ke Pelabuhan Kali Adem, kaget euy banyak banget manusianya. Sumpah hectic banget. (hemm apa kabarnya pas korona gini) Sembari nunggu peserta lain datang kami pun sarapan dulu dan mulai berkenalan dengan sesama peserta.

Sekitar pukul 8 pagi kami pun diminta untuk bersiap menuju kapal, setelah sebelumnya diberi tiket masuk. Kapalnya cukup besar mungkin bisa menampung sekitar 100an orang. Nah kursinya sendiri adalah bekas kursi pesawat gitu, jadi berasa di dalam pesawat tapi di atas air (lol). Oiya karena perjalanan katanya cukup lama sekitar 4 jam an kami menyiapkan life jacket di deket kami ya buat jaga-jaga aja guys. Begitu kapal mulai berangkat kami pun mulai tidur. Hahaha. Monmaap kami orangnya mabuk laut-an jadi cari aman aja tidur sepanjang perjalanan, jadi gak usah ditanya apa yang kami liat ya. Hehehe

Setelah sekitar 4 jam akhirnya kami tiba di pulau Harapan. Di sini kami turun dan makan siang. Selesai makan siang baru diantar kapal yang lebih kecil untuk memulai petualangan kami. Setelah naik kapal sekitar satu jam-an kami pun berhenti dan snorkling, hem aku lupa apa nama pulaunya. Tapi intinya kapal berhenti di tengah laut dan kami diijinkan untuk menyelam. Selain kapal kami, ada juga banyak kapal lain yang berhenti jadi gak usah ditanya ramenya kayak apa.

Kalau ditanya tentang bawah lautnya, jujur cukup miris, karena sebagian besar atau bahkan hampir semua adalah karang yang udah mati. Kalau udah gini ikan juga sedikit dong. Sebenarnya ini yang bikin dilema ya, pariwisata bagus banyak orang datang bisa jadi income tapi kalau kurang paham cara traveling yang benar jadinya justru merusak. Contoh kecil, harusnya snorkling di spot yang airnya dangkal harusnya enggak perlu pake fin karena bisa secara enggak sengaja ngerusak karang. Atau seharusnya kita gak boleh megang atau nginjak karang, makannya perlu jaga jarak aman. Istilah cukup menikmati dari kejauhan aja. Sayangnya ini semua sulit terrealisasi apalagi melihat animo pengunjung yang mungkin kurang pengetahuan dasar tentang hal ini. Ya termasuk aku juga yang masih harus banyak belajar.

Jadi kalau aku  pikir-pikir di waktu pandemi Corona seperti sekarang memang bisa jadi waktu yang bagus untuk alam istirahat sejenak dari sentuhan manusia.

Eits tapi tenang, walaupun gak bisa lihat karang indah atau ikan warna warni yang rame, aku masih bisa liat banyak bulu babi yang banyak banget, entah apa aku yang selama ini kurang perhatiin atau memang ada macam-macam jenis bulu babi. Buku babi di sini keliatan agak beda dan bagus banget, jadi seneng aja ngeliatinnya meski kudu hati-hati juga takut kena durinya. Oiya jangan ditanya mana gambarnya ya, belum  bisa beli kameranya. Xixixi

Setelah puas snorkling kami disuruh naik kapal dan lanjut ke pulau selanjutnya, lagi-lagi aku lupa apa nama pulaunya. Hehehe. Di pulau ini kami lebih menikmati pantainya foto sana sini dan makan di kedai yang jual gorengan, nikmat banget dong abis basah-basahan makan gorengan yang panas.

Hari semakin sore, kami naik kapal lagi dan akhirnya bener-bener menuju pulau Papatheo, jangan ditanya ya kenapa namanya pulau Papatheo. Di sini kami mulai diriin tenda. Thanks to the team terutama para lelaki yang sigap banget diriin dome, sementara kami para wanita cuma bantu sekadarnya. Tapi beneran kog, ini kayaknya para lelaki yang ikut udah sering naik gunung jadi cepet banget diriin domenya.

Selesai rapihan barang di kami pun bergegas mandi, serius ini mandinya cukup deg-deg an, toiletnya ada di tengah hutan gitu. Tapi yang paling bikin deg-deg an adalah bentukannya yang cuma ala kadarnya bahkan pintunya bisa dibilang enggak ada, untungnya aku bawa kain yang cukup lebar jadi digantung buat jadi pintu buatan. Selebihnya kami pasrah. Hahaha, syukurnya hari udah mulai gelap jadi ya gak parno-parno banget.

Malam harinya kami masak-masak. Lagi-lagi para lelaki sigap buat bersihin ikan dan bakar-bakar ikan, sementara itu para wanita ya asyik ngobrol. Lalu sembari menunggu lauk matang kami juga bermain bermacam-macam permainan.

Ketika ikan bakar akhirnya matang semua, kami pun berkumpul dan membentuk formasi nasi liwet, yups makan bareng ini bener-bener spesial karena semua orang berkumpul makan bareng semua dengan pencahayaan yang temaram ala-ala pendakian.

Selesai makan kamipun masuk sesi perkenalan dengan cara permainan. Karena peserta cukup banyak maka sesi perkenalan selesai hampir jam 12 malam. Seru banget kenal orang baru dengan beragam latar belakang. Selalu perkenalan acara pun selesai dan bebas mau ngapain aja. Ada yang masih ngobrol, dengerin musik, dan yang pasti tidur.

Oiya ternyata nenda di pinggir pantai gak sedingin nenda di gunung, malah cenderung panas, jadi jaket tebel yang aku bawa malah jadi bantal.

Keesokan paginya, aku keliling pantai sambil liat sunrise. Wah fresh banget rasanya. Suasana terasa tenang dan damai banget. Memang ya pantai ini selalu bikin hati bahagia.

Hari pun makin siang, kami sarapan dan mulai beberes. Setelah itu hal wajib yang harus dilakukan adalah foto sana sini. Dari foto sendiri sampai foto keluarga. Hehehe.

Selesai beberes kami pun menuju kapal yang akan membawa kami ke pulau terakhir trip ini, lagi-lagi aku lupa namanya. Hahaha. Ya maap ada 4 pulau yang kami kunjungi masak iya aku inget semua. Di pulau ini lagi-lagi kami foto keluarga. Puas foto kamipun kembali menuju pulau Harapan.

Di pulau Harapan kami makan siang terlebih dahulu, lalu sekitar pukul 1 siang kamipun kembali menuju pelabuhan kali adem.

Nah demikian cerita aku tentang camping ceria di pulau Papatheo. Namanya sesuai sihh dengan apa yang aku dapatkan sepanjang trip ini. Beneran ceria karena ketemu tempat bagus dan temen-temen baru yang baik dan menarik.

Happy Reading, Segerakan Traveling!

MRS

You May Also Like

37 komentar

1. Asyik ya, kalo camping di pantai yang paling enak sesi ngobrol bareng di deket bibir pantai :)

Nice story!

Balasan
    1. Iyaa bener banget....sampe gak kerasa udah malem aja...

Hapus
  2. Asyiknya bisa camping begini...aku pengeeen...
    Rindu aroma lauuut akutuh, kaaaak

Balasan
    1. Seriuss cobain dehh asli seru, aku jga baru tahu...tos dulu sesama pecinta laut...

Hapus
  3. ceritanya terlalu cepat kak. padahal aku berharap momen camping bisa berjalan lebih lambat dan penuh dengan cerita serunya.
    jadi kangen camping, selama pandemi seperti sekarang ini memang tidak banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Tapi cerita camping ini membawa pengalaman camping hadir kembali :)

Balasan
    1. Hahaha....aslinya mau cerita panjang tapi udah keburu deadline...drpd telat..hehehe

Hapus
  4. Saya belum pernah camping di pulau kecil, seperti nya seru ya. Pergi ke kepulauan Seribu pernah sih tapi tidurnya di cottage.
    Tapi suasana pantai memang bikin kangen.

Balasan
    1. Cobain dehh Mba camping di pinggir pantai, aku juga biasanya kalau di pantai tidur di homestay...ternyata beda sensasinya dengan camping...must try sih ini..

Hapus
  5. Ngebayangin gimana parnonya pas mandi, malah terdengar serem kalau udah gelap kak. Tapi sunsetnya keren banget, kebayang asiknya camping di pinggir pantai gitu

Balasan
    1. Lebih serem kalo masih terang ntin, takut ada yg ngintip...kalo gelap palingan hantu...tp kalo rame2 kan gak takut...xixixi

Hapus
  6. Camping selalu menjadi kegiatan yang seru. dari jaman prmauka di SD sampai camping ceria saat dewasa. Liat foto pasir di tepi pantai itu duh kebayang kalau lari lari gemes sama pasangan hehehehe

1. Uwuwwuwu....lari-lari gemeshh apa pasangan....yg jomblo minggir dulu..hahaha

Hapus
  7. Duh, kangen snorkeling. Dulu sempet snorkeling di Pulau Pelangi. Padahal lumayan jauh dari Jakarta, lupa sih berapa jam perjalanan. Tapi, terumbu karangnya juga bikin miris, banyak yang rusak. Sedih jadinya.

Balasan
    1. Iyaa kayaknya kalau lautnya banyak pengunjung mostly terumbu karangnya udah banyak yg mati..

Hapus
  8. Wah September tahun lalu saya juga ngetrip ke Pulau Harapan dua hari satu malam. Dan nyobain snorkeling juga.

Pas baca ini, jadi ke ingat liburan di sana.

9. wah baru tau ada pulau namanya papatheo. bole juga ni asik kalo camping gini sama temen2

Balasan
    1. I recommend this island soalnya masih sepi dan enak tempatnya...

10. Kirain dimana ternyata masih di wilayah thousands island. Wkwkwk
    Aku ke pulau seribu juga baru tahun lalu pas ultah BPJ itupun karena jadi PJ kalo nggak mungkin gakpernah kesana. Kwkw. Tapi pulau seribu emang mantap sih buat liburan tipis2.

11. Kangen ngamping :( terakhir ngamping pas SMP hahah, tapi ngamping di pinggir pantai itu rasanya pasti lebih bahagia karena bisa lihat senja dan matahari terbit dengan mudah. Tapi kayaknya kalo ada sesi nyelam nya gitu aku mah diem di kapal kak, efek gak bisa renang hehehe

12. wah kangen kemping nih etapi blm pernah ding kemping dipinggir pantai seru pasti ya kak..btw itu mandi nya gmn ya?

13. Salamnya bikin mupeng, happy reading-segerakan traveling..kwkw
    Duh sudah ga kuat nahan rindu sama pantai akutu...baca ini pulai camping ceria di Pulau Papatheo.
    Hm, ada pulau Mamatheo ga ya?
    Ku suka dengan senjanya, cantik banget...dan kekompakan saat foto keluarga eh, saat liwetan dan sesi perkenalan. Kebayang deh serunya!

14. Kak... saya beberapa sudah siap berangkat tapi ada aja penyebab, sehingga gagal berangkat ke P. Papatheo. Penasaran euy jadinya. Kak, apa ya uniknya pulau ini dengan pulau harapan atau pulau sekitarnya ya? Hehehe biar saya ndak nyesel2 banget belum bisa ke sana... btw makasih utk cerita trip serunya ke papatheo

15. Udah rindu banget pengen ngecamp lagi di pulau. Berlarian di sepanjang bibir pantai, bermain omba, snorkeling. Ah ... Sudah terlalu rindu dengan semua itu. Setidaknya baca artikel ini sedikit mengobati rindu yang sudah lama menggebu-gebu.

16. Duh belum pernah camping di pantai.. haha..asik banget sih itu ya di Papatheo. Fotonya bagus-bagus.

17. Aku belum pernah camping di pinggir pantai di pulau gitu deh kak.. huhu. Foto-foto yang bagus bikin aku jadi semakin kepingin ngerasain juga. tapi nanti aja deh, kalau sudah menikah biar sama suami hihi

18. Jauh amat ya sampai 4 jam. Tapi seru sih kalau nenda dan toiletnya alami :)

19. Seru juga ya camping di pinggir pantai. Kebayang suasananya pasti cantik banget..☺

20. Wahh seru banget kak, aku jadi kepengen ke Papatheo. Sunsetnya bagus ya

Dilematis yang kakak fikirkan, aku juga memikirkan hal yang sama. Iya ya, tempat wisata itu serba salah. Ngga rame, kasian masyarakatnya jadi ga ada income. Kalau rame jadinya rusak :(

21. asiik amaattt, kalau liat foto2 orang yang liburan di pulau gitu suka mupeeng tapi nyatanya kalau traveling ke pulau gak pernah berani buat nyebur ke air hahahahah

22. Seru ya Kak kemping terus snorkeling di pinggir pantai. Duh, jadi kangen travelling nih.
    Oh ya btw, memberi makan ikan di spot snorkel juga berbahaya karena bisa merusak ekosistem lho :)

-Lisa-

23. Asyik banget camping bareng kembaran yaa, kak. Aku pernah camping di pantai juga di daerah Malang, lihat postingan ini jadi kangen camping. Selepas pandemi ini hilang, siap-siap mau camping lagi nih. Hahaha. Nabung. Nabung. hehe.

24. Papatheo terken indahnya memang. Tapi aku belum sempet kesini

25. pulau papatheo bagus ya kak, waktu itu pernah berencana kesana tapi batal hiks hiks hiks..
    harus masuk list nih setelah bisa ngebolang pasti kesana, kangennn angin pantai akutuh..

26. Uwoww aku rindu pantai, huhuhu. Foto-fotonya bikin halu akan sunset.

27. waaaah serunya kaaak, meski nggak bisa liat terumbu karang dan ikan2 lumayan lah bisa liat bulu babi, jd kepo kaya apa wujud bulu babi yg indah.. wkwkwk
    tp kudu ati2 memang ya

28. Waahh seru banget abis snorkeling langsung camping! Dari dulu kepengen juga nge-trip kayak gini, tapi belum kesampean sampe sekarang! Huhu :(