Buku Seri Selamat: Buku Seri Kehidupan

by - 06.59

Selamat Malam,

Book lovers.

Memasuki hari ke-delapan KUBBU 30 Hari Menulis Cerita, kali ini temanya adalah " Buku Favorit". Aku langsung teringat buku yang sangat berkesan buat aku. Awal mula baca buku inipun karena tugas dari salah satu dosen yang meminta mengambil kesimpulan dari buku tersebut. Judulnya "Selamat Menabur: 33 Renungan Tentang Didik Mendidik".

Sesuai judulnya buku ini membahas seluk beluk dunia pendidikan. Meski hanya memiliki 125 halaman, tapi tiap babnya memiliki renungan yang mendalam yang membuat aku sadar akan beragamnya bentuk pendidikan.

Aku masih ingat betul, buku ini masih susah ditemui di gramedia saat itu. Jadinya harus fotocopy yang berarti melanggar hak cipta. Tapi ya mau bagaimana lagi. Karena bentuknya yang lebar awalnya akupun malas membacanya, tapi karena tugas mau enggak mau harus dibaca. 

Ternyata semakin dibaca semakin menggoda. Waktu itu yang ada dipikiranku adalah " wow, kog bisa ya ada buku sekeren ini" rasa takjub langsung menyelimutiku yang selalu pusing setiap membaca buku bahan kuliah. Tapi buku ini beda. Buku ini berhasil membuktikan bahwa pendidikan yang menarik itu ada!

Aku enggak bakal jabarin apa saja isinya. Sudah pasti aku lupa. Cuma aku sangat kagum akan penulisnya yang bisa membahasakan ilmu yang sulit melalui cerita ringan sederhana tanpa mengurangi esensinya. Bahkan aku yang biasanya ngantuk ketika membaca buku non fiksi bisa bertahan dengan sangat baik.

Selesai membaca buku ini, ada perasaan sedih menggelayut di hati, rasanya tidak ingin berpisah begitu saja. Puji Tuhan, ternyata buku ini merupakan buku series. Jadi buku Selamat Menabur adalah karya ke-8 dari 33 seri yang direncanakan. Ya ampun kemana saja aku selama ini!

Meski waktu itu sangat sulit mendapatkan buku terbitan BPK Gunung Mulia ini. Tapi aku bertekad untuk mengumpulkan semua seriesnya. Ya meski sampai sekarang belum lengkap. Beberapa buku seri selamat yang aku miliki seperti: Selamat Bergumul; Selamat Berjuang; Selamat Berkerabat; Selamat Berkarunia; Selamat Berpelita; Selamat Berpadu, Selamat Mewaris dan lain sebagainya. Overall, aku suka semua buku Seri Selamat.

Selain isinya yang disajikan secara ringan dan diselingi humor. Satu hal yang membuat aku sangat kagum akan karya ini adalah Andar Ismail sebagai penulis memiliki pengalaman dan referensi yang begitu kaya. Jadi membaca karyanya seolah-olah kita membaca banyak buku. Ini memotivasi aku untuk rajin membaca untuk menambah referensi dan pengalaman.

Bahkan karena membaca karya Seri Selamat aku memiliki impian menulis buku. Hahaha. Seru kayaknya bisa menulis pengalaman pribadi dengan buku-buku besar sebagai referensinya. Kalau enggak salah beliau menulis buku tiap tahun. Padahal usianya tidak muda, tapi semangat beliau untuk terus berkarya melalui tulisan sangatlah tinggi. Bayangkan ada berapa banyak buku yang harus dibaca.

Jadi aku sangat mengapresiasi buku ini. Tema yang ada dari tiap bukupun masih sangat relevan ketika dihadapkan pada permasalahan hidup masa kini.  Masalah tentang perbedaan, tentang iman, tentang hubungan, tentang pendidikan, tentang pekerjaan, tentang spiritualitas, tentang perjuangan hidup dan permasalahan hidup lainnya. 

Maka aku pikir bisa dibilang buku seri selamat adalah buku seri kehidupan karena kompleksitasnya membahas masalah kehidupan.


Selamat Membaca

- MRS-

You May Also Like

0 komentar