Menara Babel Saksi Kuatnya Manusia Ketika Memiliki Satu Bahasa

by - 05.13

Selamat Malam,

Good Night,

안녕하세요,

Guten Abend.

Memasuki hari ke-sembilan KUBBU 30 Hari Menulis Cerita, kali ini temanya adalah " Bahasa Universal". Biasanya aku bingung mau menulis tentang apa, tapi kali ini aku benar-benar tidak tahu mau menulis apa. Kosong. 

Coba membaca beberapa referensi. Coba googling di browser, kurang lebih banyak membahas tentang musik, senyuman, bola dan lainnya sebagai bahasa universal. Awalnya mau membahas tentang musik sebagai bahasa universal, tapi urung kulakukan karena pengetahuanku tentang musik hanyalah sebatas nada do re mi fa sol la si do.

Mau bahas tentang senyuman sebagai bahasa universal aku sadar aku enggak terlalu suka senyum ketika ketemu orang. Bukan sombong hanya pemalu. Padahal kalau sudah kenal lama ujung-ujungnya malu-maluin. Mau bahas tentang olahraga, khususnya sepak bola sebagai bahasa universal, apalah aku yang pecinta bulu tangkis. Ah jadi kangen lihat pertandingan bulu tangkis.

Lalu aku mau bahas apa? Tiba-tiba aku teringat kisah dari Alkitab. Bukannya sok religius, tapi aku memang ingat sekali kisah ini. Kenapa ingat? Soalnya ini menceritakan tentang kehebatan manusia.

Jadi garis besar kisah dengan judul "Menara Babel" ini menjadi cikal bakal mengapa ada banyak bahasa di dunia. Awalnya seluruh bumi, satu bahasa dan satu logatnya. Komunikasi berjalan dengan sangat lancar pada waktu itu, sehingga manusia membuat ide mau mendirikan sebuah kota dengan menara yang tingginya sampai ke langit. Tujuannya supaya mereka tetap bersatu dan tidak terserak ke seluruh dunia.

Saking kompaknya manusia saat itu, bisa dijamin semua hal yang akan mereka lakukan pasti akan berhasil. Lalu demi menjaga agar manusia tidak menjadi arogan dengan bertindak seperti penciptanya, maka Tuhan mengacaubalaukan bahasa yang ada, sehingga mereka jadi tidak mengerti bahasa satu sama lain.

Di sini aku enggak akan bahas lebih mendalam, nanti bisa habis satu SKS. Cuma yang mau aku tekankan adalah bahasa itu adalah kekuatan. Bahkan ada istilah, kalau kamu bisa menguasai banyak bahasa maka kamu akan menguasai dunia. Kenapa?karena bahasa adalah alat komunikasi paling utama.  Dengan kejelasan berkomunikasi semua terasa mudah dimengerti. 

Iya, coba bayangkan, seandainya bahasa cuma ada satu. Kira-kira dunia akan seperti apa? Kalau di jaman dulu saja bisa bangun menara sampai ke langit. Kira-kira apa yang akan manusia buat saat ini?

-MRS-


You May Also Like

2 komentar

  1. Padahal aku menunggu cerita ttg Menara Babel loh Raya.. aku selalu suka cerita yg berbau sejarah ��

    BalasHapus
  2. Iya betul kata kak kartini akupun berpikir akan memceritakan menara babel. Bahasa adalah kekuatan setuju.

    BalasHapus