One Day Trip Explore Cirebon

by - 01.18

Hai guys,
What's Up!

" Travell is never matter of money but of courage"-Paulo Coelho-




Kamu pengen liburan tapi terkendala waktu yang terbatas? Kamu pengen liburan dan punya banyak foto hits untuk di pajang atau kamu pengen liburan sambil makan-makan murah tapi enak? Kalo gitu one day trip (ODT) explore Cirebon yang dilaksanain komunitas share cost backpacker Jakarta (BPJ) ini bakalan cocok banget dehh buat kamu jadiin alternatif seru. Seriously dalam sehari kalian bakalan seru-seruan bareng temen yang baru kenal tapi langsung akrab. Hehehhehe. Oke this is my story..

Jadi ODT ini sebenernya dadakan banget for me, tanggal 13 Juli jam 19.00 saya di whatsapp temen, afgan, yang ngajakin odt-an ini. Langsung dehh saya iyain, dan malemnya  jam 22:00 afgan jemput saya di kost daerah tebet. Kami berangkat menuju sekre BPJ di cawang UKI. Secepat itu kan..hahahha.

Sekitar pukul 24:00 setelah menunggu rombongan lengkap, maka kami pun berangkat menggunakan bis kecil dengan peserta berjumlah sekitar 25-an lebih deh. Lupa jumlah pastinya. Hehehhee. Syukurnya jalan malam, jadi saya tidur sepanjang malam, dan sekitar pukul 5 subuh keesokan harinya, bis berhenti sejenak di SPBU (lupa juga namanya..cuma inget nama si abang aja...hahahha) untuk ISHOMA. Saya dan afgan dan beberapa teman lainnya, mencoba mengusir hawa dingin dengan menyeruput minuman hangat di angkringan pinggir jalan.

Perjalananpun di lanjutkan kembali, dan saya tidur kembali. Hehehhee. Sekitar pukul 7 pagi kami pun tiba di lokasi pertama, yaitu:

1. TELAGA NILEM

Kami adalah rombongan pertama yang berkunjung ke telaga nilem, di sabtu pagi itu. Hari cerah dipadukan dengan kejernihan membuat berendam di air telaga yang aseli air pegunungan ini adalah pilihan yang sangat tepat. Bodohnya saya ga bawa baju ganti, hahhahaa. Eittss....tenang saya tetep mandi, saya pikir yang penting udah nyobain mandi di telaga yang katanya bernama nilem karena ada banyak ikan nilem di dalamnya. Memang ada banyak ikan-ikan kecil di dalam telaga, selain itu banyak sulur-sulur tanaman hijau yang semakin mempercantik bawah air telaga nilem.



Saya dan peserta lain pun langsung foto-foto, sebenernya banyak foto bawah air nya, tapi kebanyakan foto saya blurrr...hahahhah. Gimana mau bagus, sebentar dalam air saya langsung engap...hahhahaha. Jadi yang ada fotonya bluurrr semua, nahh temen-temen saya yang kuat tahan napas, fotonya bagus-bagus banget!





Serius mandi disini itu segerrr banget, airnya tenang, bersih ditambah waktu itu masih sepi jadi berasa milik pribadi deh. Nahh semakin siang baru semakin banyak pengunjung yang datang. Wahhh sekarang udah banyak 'cendol' dehh....hehehhehe. Untungnya kami memang udah puas banget mandi dan foto-foto. Hehehehhe.

Oh ya FYI, meskipun secara administratif telaga Nilem ini berada di Kabupaten Kuningan, tetapi lebih dekat dijangkau dari Cirebon, makannya cenderung lebih banyak yang bilang telaga ini ada di Cirebon.

ALAMAT:  Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. 
HTM        : Rp. 5,000,-
OPERASIONAL TIME: 07:00- 17:00 WIB
FASILITAS: Lapangan Parkir, Kamar Ganti, Gazebo, Warung Makan, Toko Souvenir, penyewaan ban, musholla dll.

Overall, Mandi pagi di telaga Nilem adalah pilihan yang sangat tepat dilakukan untuk mengawali ODT-an di Cirebon, Yukk lanjut ke next place.

Next destination masih ada around telaga Nilem, yaitu:

2. TELAGA REMIS

Masih di satu kawasan menyebabkan suasana di telaga Remis ini juga ga terlalu beda dengan telaga nilem. Bedanya disini telaganya lebih luas, kayak danau gitu jadi ada beberapa kapal yang lewat. Kalau di telaga sebelumnya bisa mandi, di sini sangat tidak dianjurkan untuk mandi sihh...lebihh ke foto-foto, karena tempatnya memang ketjeh abis.






Memasuki kawasan telaga remis, kita akan disambut dengan pepohonan tinggi yang di dominasi oleh pohon pinus. Wahhh perpaduan pohon pinus, dan semacam danau yang disinggahi kapal kecil diatasnya serta serpihan cahaya mentari pagi bikin tempat ini jadi pilihan yan tepat banget untuk sekedar leyeh-leyeh sambil senderan di bahu aa'.....

ALAMAT:  Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat. 
HTM        : Rp. 7.500,-
OPERASIONAL TIME: 07:00- 17:00 WIB
FASILITAS: Lapangan Parkir, Gazebo, Warung Makan, Toko Souvenir, penyewaan sepeda air dan kapal  dll.

Sama seperti telaga Nilem, telaga Remis berasal dari hewan remis yang banyak tinggal di pinggiran danau ini. Baedeweii..temen-temen tahu remis enggak? itu makanan semacem keong tapi kecil-kecil banget, enak banget kalo dioseng sambelll...nyummyy..Hahahhaa. Enggak percaya? nanti kalau maen kesini jangan lupa beli oleh-oleh khasnya ya, yang memang terbuat dari remis.



Perjalanan pun berlanjut, Waktu sudah menunjukkan jam makan siang maka kami singgah sebentar di salah satu pusat kuliner, ya siapa yang ga kenal berbagai macam kuliner yang menjadi ciri khas nya kota Cirebon. Mulai dari empal gentong, nasi jamblang, docang, tahu gejrot dan masih banyak lainnya. Saya waktu itu pilih makanan yang ga terlalu berat karena takut eneg naik bis, so i choice nasi Lengko kayak semacem pecel gitu. 

Oh ya suasana pas kami makan siang itu beneran rame banget, ga tahu kenapa, kami sampe pindah-pindah rumah makan cari tempat yang masih kosong, ya mungkin pas jam makan siang juga sihh ya. Hehehhee.

Puas mandi di kolam alam telaga Nilem, foto-foto epic di telaga Remis dan kenyang mencicipi kuliner khas Cirebon maka saatnya mengisi hati dan pikiran dengan belajar dari sejarah. Maka destinasi selanjutnya adalah....

4.KERATON KASEPUHAN CIREBON

Keraton kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Dengan ditemani seorang guide maka sebelum memulai perjalanan mengelilingi keraton ini, kami dibreifing terlebih dahulu dan dijelaskan secara singkat tentang awal mula keraton ini.

Ternyata bukan hanya kami, banyak juga rombongan lain yang penasaran akan sejarah keraton ini. Maka jangan kalau ada banyak rombongan disini. setelah mendengarkan sekilas penjelasan tentang sejarah keraton ini, trip keliling kami pun dimulai. Selain belajar sejarah keraton, kita juga banyak belajar tentang nilai-nilai yang berhubungan dengan  filosofis, hingga mitos yang berkembang tentang keraton ini. Guide sangat baik menjelaskan setiap detail nilai-nilai dan peristiwa yang ada di balik setiap benda, ruangan, arsitektur hingga peninggalan-peninggalan lainnya.






So ga salah kalau kami mendapat hal baru dalam trip ini. Salah satunya harus berhati-hati berbicara di kawasan ini. Oh ya, saya paling inget ketika guide menjelaskan tentang filosofi pintu dengan ornamen yang menghiasinya. Jadi salah satu ornamen nya adalah buah manggis. Nah katanya buah manggis ini adalah buah kejujuran. Kenapa? Karena isi buah manggis akan selalu sesuai dengan jumlah kelopak buah manggis. Selain itu, buah manggis menunjukkan kalo apa yang terlihat buruk di luar belum tentu buruk juga luarnya..istilah kerennya" don't judge a book from it's cover" gitu dehhh. Wahh seru banget kan??

Oh ya ada satu lagi pengalaman seru, Jadi kan ada sumur yang airnya bisa diminum gitu disini...nah katanya masing-masing orang bakalan punya pendapat berbeda dengan rasa air. Wahh penasaran dong, maka saya dan rombongan pun mencoba. Apa yang terjadi? beneran beda-beda lohh..Hahhaha. ada yang bilang manis,ada yang bilang segar, nahh katanya orang lain pernah ada bilang yang pahit.

Saya sendiri ngerasa bahwa air itu segar aja sih, tapi temen saya ada yang bilang kalo rasanya manis. Ya masing-masing memang punya rasanya sendiri-sendiri, dan itu jadi pembicaraan kami terus menerus karena kami penasaran. Hahahhaa. Ya sudahlah ya,,,yang pasti kami senenag sekali dengan tour keraton ini, maka waktu hampir 2 jam pun tidak terasa, kami pun segera bergegas, karena memang harus lanjut ke destinasi selanjutnya.

ALAMAT:  Jln. Kesepuhan No 43, Kab. Cirebon, Jawa Barat. 
HTM        : Rp. 15,000,-

Puas belajar dari sejarah, maka tempat selanjutnya yang kami kunjungi adalah salah satu peninggalan dari keraton juga, yaitu..

5. GOA SUNYARAGI

Banyak banget kisah dan sejarah tentang goa Sunyaragi. Yang pasti, goa ini juga ga jauh berbeda dengan keraton kasultanan, sama-sama diwarnai nuansa Hindu, Tiongkok, gaya Timur Tengah dan Eropa. Lengkapnya browsing aja ya teman-teman.

Waktu kami tiba disini, suasananya udah mulai adem. Pas banget deh timingnya, kayak sore-sore gitu. Suasana sihh udah enak banget, pas mau ambil foto..beuhhh isinya orang semua. Hahhahaa. ini ngeliatin sihh animo masyarakat lokal bahkan dari luar yang penasaran dan pengen liat langsung goa yang ada ditengah kota ini. Jadi ya harus sabar dan pinter-pinter pilih spot biar ga bocor. Hehehhee.







ALAMAT:  Jln. Brigjend A. R Dharsono, Kel. Sunyaragi, Kec. Kesambi, Cirebon
HTM        : Rp. 10,000,-
OPERASIONAL: 08:00- 17:00

Ada banyak spot menarik yang bakalan bikin kamu keliatan ketjeh. Yang penting sabar dan punya fotograper aja sih...hahaha. Syukurnya semakin sore semakin sepi, jadi ada kesempatan untuk foto tanpa bocor. bahkan karena sudah sepi dan memang mau tutup kami sempet bikin boomerang loh...wahh seru banget deh. jadi satu lagi unforgettable moment for me. 


Padahal kami baru ketemu ya, tapi entah berasa deket aja. Saya selalu bersyukur Tuhan selalu kasih saya rombongan yang baik-baik banget. Ya pasti ada kadang yang nyebelin, tapi kalo udah ada yang asik saya mah udah seneng. Hehehhe. 

waktu semakin sore dan udah mau tutup waktu kunjungan, maka saya dan rombongan pun menuju pintu keluar. Nahh di jalanan itu kan ada yang jual suvernir dan lain sebagainya, ehhh ternyata ada yang udah nyetak foto-foto kami loh. Hahhaha. Saya shock pas ada foto saya sendiri, jadi mereka memang sengaja foto rombongan kami lagi ambil foto rame-rame di depan yang ada tulisannya "Goa Sunyaragi". Wahh kreatif banget ya..hahahha. Saya beli dua foto, satu yang sendirian, satu yang rame-rame.. Lumayan dong buat kenang-kenangan. 

Destinasi selanjutnya adalah pusat oleh-oleh Batik Trusmi. Berhubung saya bukan tipikal pemburu oleh-oleh...you know me so well lahh ya saya cuma liat-liat bentar aja. Ternyata ga cuma saya, afgan juga ga beli apa-apa ...jadi dehh kami keluar buat cari makan malam. setelah liat-liat kami memutuskan makan docang. Harganya murah dan enak. Serius kudu banget dateng ke Cirebon lagi untuk sekedar kulineran. 

Baiklahh saatnya kita harus berpisah, setelah semua rombongan kembali ke bus kami pun kembali menuju Jakarta. Di dalam mobil kita ga kalah seru, kakak rombongan memberikan doorprize dengan memberi pertanyaan sekitar trip. Wahhh seru banget sampe kami semua kembali ke Jakarta dengan selamat. Gimana seru dong? ODT-an dengan orang baru dan pengalaman baru bakalan bisa refresh kita lagi. Ahhh bersyukur banget dehh ikutan ODT ke Cirebon ini.. Oh ya saya bakalan oleh-oleh kog, oleh-olehnya manisan mangga....hahahaha.

Happy Reading Segerakan Travelling!


With Love,


MRS

You May Also Like

1 komentar

  1. Wah readable bgt ini pon. terimksh ke meta ya..
    semangat pon...!!!!

    BalasHapus