Jumat, 26 Juli 2019

Renang Bareng Hiu Paus di Derawan, Berani?

Hai Guys, 
What's Up! 


Melanjutkan kisah tentang perjalanan saya ke Derawan. Memasuki hari ketiga, inilah hari yang sangat saya tunggu. Yups impian yang masuk dalam bucketlist saya tahun ini.

Berenang bareng Hiu Paus! 

Pagi hari sekitar pukul enam subuh, kami sudah bersiap untuk pergi. Oiya, seharusnya kami pergi ke tempat  bernama Talisayan, yang mana membutuhkan waktu sekitar 4 jam menaiki speedboat untuk sampai. Namun katanya, saat itu hiu paus (whale shark) justru sedang berada di perairan Derawan. Jadi beruntungnya kami gak perlu jauh-jauh untuk melihatnya.

Perjalanan pun dimulai, langit pagi itu tampak mendung. Agak was-was sih takut paus hiunya gak dateng. Tapi ya berdoa aja semoga beruntung bisa bertemu ikan terbesar di lautan ini.

Setelah menaiki speedboat sekitar 30 menit, tibalah kami di bagan. Bagan sebenarnya adalah salah satu teknik dalam mencari ikan. Bagan berbentuk seperti rumah kapal yang dibangun dengan kayu dan ditopang jerigen ditiap sudutnya yang membuat bagan ini bisa mengapung di lautan. Di sinilah biasanya para nelayan akan tinggal dalam waktu tertentu untuk mencari ikan.


Para hiu paus mudah ditemui di sekeliling karena biasanya para nelayan akan membuang tangkapan mereka yang berupa ikan-ikan kecil. Ikan-ikan kecil inilah yang menjadi santapan para hiu paus.

Tidak mau membuang waktu saya dan teman-teman lain bersiap memakai alat snorkling dan jaket pelampung. Sebenarnya saya agak deg-deg an sih, hahaha. Cuma rasa penasaran saya lebih besar.

Ketika teman yang lain masih bersiap saya pun sudah terlebih dahulu nyebur ke laut. Berenang ke arah bagan. Awalnya saya belum melihat kehadiran hiu paus, begitu lebih dekat, wow, antara kagum dan takut melihat ikan yang besarnya  2 kali lipat dari tubuh saya. Saking kagumnya saya sampai lupa napas! Begitu sadar, saya langsung mendongakkan kepala di permukaan air dan berkata kepada salah satu nelayan yang ada di Bagan "ya ampun, ikannya gede banget ya pak" dan disahuti dengan entengnya oleh si bapak "ini mah masih kecil mba, belum induknya, bisa sebesar perahu". Jlebbb saya langsung speechless. 


Ternyata panjang hiu paus ini bisa mencapai sampai 10 meter dan berat hingga 20 ton. Wah pantesan saya merasa kecil banget. Padahal ini baru anakannya. Gimana induknya!

Kembali menyelam, saya pun memandangi hiu paus dengan terkagum-kagum. Sungguh  pengalaman yang luar biasa. Bersyukur banget bisa melihat ciptaan Tuhan ini dengan mata kepala langsung.


Awalnya hanya ada satu hiu paus di sekitar bagan, tidak lama kemudian datanglah hiu paus yang lebih besar. Wahh satu aja saya udah ngeri, eh ada dua. Wow. Terlebih ketika salah satu hiu paus berenang di bawah saya. Lagi-lagi saya tahan napas. Seolah-olah takut keberadaan saya diketahui.

Oiya, karena masih sedikitnya pengetahuan saya tentang tata cara renang bareng hiu paus pada saat itu terdapat banyak kesalahan yang jadinya membuat hiu paus merasa terganggu. Terlebih kemampuan renang saya yang belum mumpuni. Setelah saya browsing lebih jauh ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Paling penting adalah jangan menyentuh atau memegang hiu paus karena mereka adalah hewan yang sensitif. Usahakan tidak mengeluarkan suara atau gerakan yang mengagetkan si hiu paus. Lalu, meski hewan ini terbilang jinak, tetap jaga jarak aman dengan hiu paus ini. Selain itu perhatikan waktu interaksi, karena maksimal batas waktu interaksi adalah dua jam. Dengan menjaga hal-hal ini semoga keberadaan Hiu Paus di perairan Indonesia akan tetap terjaga.


Demikian keseruan  pagi itu, kamipun melanjutkan perjalanan ke tempat selanjutnya. Tempat dimana air asin dan tawar ternyata bersatu...

Happy Reading Segerakan Travelling! 


With Love, 


MRS



59 komentar:

  1. Segerakan Travelingmu
    Maknjleb banget ini mbak. Apalagi ke temaot eksotis seeprti Derawan. Berenang bareng hiu kok rasanya ngeri-ngeri sedap yah. Tapi pengen😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ngeri ngeri sedap tapi nagih ne ci... Serius cobain deh.. seru banget.

      Hapus
  2. Wow..
    Nyalimu piro?

    Aku suka iri sama manusia yang jago berenang hehe..

    Seru banget ya dan bisa sedekat itu sama si Hiu.
    Ku suka tulisannya sederhana, kata-katanya simple tapi penjelasannya padat.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum terlalu jago renang kog mba, itu kebantu ama fin aja. Hehehehe.

      Hapus
  3. Wooow kak berani banget berenang sedekat itu dengan Hiu Paus, aku beranang pun tak bisa *eh curhat hehe
    Menanti cerita tentang tempat di mana air asin dan tawar ternyata bersatu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum terlalu jago renang kog. Iya ga nyangka bsa sedekat itu. Padahal mah takut banget. See you on my next article Ya.

      Hapus
  4. Two thumbs Up! Gak takut berenang baeng hiu. Thank you for sharing this article ya, Kak. Jadi semakin kepingin ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa.. Wajib banget sih masukin Derawan dalam bucket list kakak. Moga bsa ke Derawan segera ya.πŸ™πŸ˜‡

      Hapus
  5. Aku berenang dengan baby shark aja deh..
    Hiu bagi aku hewan yang susah diduga. Mungkin ini karena pengetahuan aku tentang hiu minim banget ya.
    Semoga hewan yang satu ini terjaga kelestariannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga hiu di perairan Indonesia selalu terjaga keberadaannya.

      Hapus
  6. Ulasannya seru, kak. Derawan adalah salah satu destinasi yang masuk di bucket list aku. Seru banget bisa berenang sedekat itu dengan whale shark.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga disegerakan bisa ke sini ya kak.amin

      Hapus
  7. Hwaaa Derawan... Pingin banget suatu saat nanti...
    Liat beberapa foto ikan Hiu Pausnya, selalu diikuti sama ikan-ikan kecil di bawahnya yaa? Jadi inget pelajaran IPA dulu...simbiosis ikan Hiu dan Ramora πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku jga heran... Hahaha... Padahal kegnya mereka bisa dimakan gitu. Tapi tp mungkin emank ada simbiosis mutualisme di antara mereka.

      Hapus
  8. Aku bacanya jg deg2an kak hahaha. Yaa walaupun jinak, tapi kalo kitanya salah2 terus "keseleding" ya langsung terdampar ke pantai kali ya hehehe. Keren lah kak pengalamanmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... Cobain gehh kak... deg2an tapi seru. Duh serem jga kalo bayangin diseleding... Hehehee

      Hapus
  9. Saya lega pas membaca empati kakak dengan hiu paus. Berada di dekat mereka tapi tidak menyentuh dan memegang serta tidak membuat 'gaduh' sehingga hiu bisa nyaman. Saya tidak berenang dengan hiu paus saat ke derawan, bukan karena takut gimana. Namun karena saat itu saya alergi kena air laut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah pernah ke Derawan jga ya kak. Hemm, sayang ya ga bsa berinteraksi langsung, tp liat dr kapal jga cukup seru kog.

      Hapus
  10. Wah ngebayanginnya berenang disana deg degan sih haha. Halah aku aja gak bisa berenang pake deg degan ya.. πŸ˜† terbawa suasana membacanya sambil membayangkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemm dibayangin aja udah seru, gimana rasain langsung, kuy ke Derawan kak..

      Hapus
  11. Ngeri-ngeri sedap renang sama hiu, aku jadi mbayangin yang nggak-nggak

    BalasHapus
  12. Pernah 3 kali ke derawan dan selalu ktm ikan ini. Tapi cukup sekali aja berenangnya karna gak suka ama bau amisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gils tiga kali. Sebenernya kalo ikan gak amis justru aneh sih... Hehehe

      Hapus
  13. Duh..ngena banget sama salamnya, happy reading segerakan traveling. Jadi buruan bayangin berenang bareng Hiu Paus di Derawan. Berani enggak ya saya? Hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya salam itu jga semacam reminder sih ke diri sendiri kak. Hehehe.wahh serius ini pun pengalaman yang kudu dicoba, aman kog, buktinya aku kembali dengan selamat.πŸ˜‚

      Hapus
  14. Aku masih ga habis fikir kok bisa badan hiu paus ini gede banget,padahal makannya plankton doank πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... Setelah aku pikir2.. Iya jga ya... ini aja masih yg kecil, gmn yg besar... Hemm..

      Hapus
  15. Aku tau banget nih rasanya berenang sama whale shark. Belum lama ini aku juga renang2 manja sama si hiu paus ini di Oslob Philippines. Takut2 mau rasanya apalagi pas melintas di bawah kita. Mungkin aku kudu coba juga yang di Derawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya deg2an banget kak, sampe tahan napas. Wah sesekali perlu coba yang di Derawan kak, ga hanya paus hiu, kita jga bsa renang bareng ubur2, penyu dan manta jika beruntung.

      Hapus
  16. www.ekasiregar.com

    Entah kenapa perjalananku ke sini belum pernah ku tulis.. ah.. makasih sudah mengingatkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu tulisannya om, lebih penasaran foto om brg hiu paus nya sih.. Hehehe

      Hapus
  17. Hiu Paus kayaknya jenis mamalia yang bisa bikin takjub kalau berada didekatnya. Yang saya tahu di Derawan juga ada ubur-ubur yang tidak beracun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiu paus masuk kategori ikan loh kak..karena hiu paus bernapas dgn Insang. Iyaa ada kak ubur2 is a tanpa sengat di sini... Artikelnya jga udah di posting kog kak..*promosi

      Hapus
  18. WWW.PENCERITADUNIA.COM

    Sayangnya peraturan mengenai berwisata dengan sang WhaleShark ini belum bagus di indonesia.

    Pernah tahu yg di filiphine.. peraturan dan dendanya besar.. jadi benar2 terjaga ekosistemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh bener ne om.. Kadang suka miris liatnya. Harusnya ada peraturan yang ditegakkan demi menjaga kelangsungan hiu paus dan hewan-hewan langka lainnya.

      Hapus
  19. Aduh.. berenang deket ikan kecil aja rada takut apalagi, berenang sama whale shark, takut dimakan. Secara aku orang nya imut hihihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa... Susah ya kalo gini, padahal menyenangkan lohh maen bareng hiu paus. Hehehe

      Hapus
  20. Hiu paus? Apakah ia blasteran? 😊. Kagum sama cewek2 yang pinter nyelam...nyelam bareng ikan gede pula...nggak takut digigit?🀭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups,bener banget kak.. blasteran hiu dan paus. Lupa aku bahas,jadi inget deh. Makasih udah diingatkan. Hiu paus ga punya gigi Kak..hahaha. Ini beneran loh. Ehh ini perlu ditulis jga kyknya... Hahahaa.

      Hapus
  21. Raya kapan ke gorontalo .. Kuy kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun, kapan ya aku bisa ke Gorontalo... harus nyerap banyak ilmu dr kakak panutanQ dlu.. Hehehe

      Hapus
  22. Itu ikan mulutnya gede bangeet. Kalo iseng buka mulut, kita pas di depan mulutnya, gimana ceritanya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada temen aku yg pernah ke sedot kak... Jd aliran air di sekitar mulut hiu paus ini emank kuat, karena mereka makannya kan kayak nyaring gitu.. Tp ini ga bakalan kejadian kalo kita jaga jarak aman kog kak...

      Hapus
  23. Itu ikan mulutnya gede bangeet. Kalo iseng buka mulut, kita pas di depan mulutnya, gimana ceritanya yaa

    BalasHapus
  24. Waah.. keren bisa renang deket banget sama hiu paus.. makasih kak tips berenang dengan hiu pausnya.. moga2 bisa main ke derawan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu bsa deket karena tiba-tiba si hiu paus deketin kak.. Hahaha... Amin, semoga bsa segera ke Derawan kak.

      Hapus
  25. Ya Allah... Pengen liat juga hiu begini! Belom pernah ke Derawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera ke Derawan ya kak,biar ketemu hiu paus... Amin.

      Hapus
  26. berani aja si ka asal tubuh kita lg ga ada luka terbuka. takutnya dia mencium aroma darah malah nguber...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buahahahaa.... Itu kegnya hiu dehh, kalo hiu paus ga tw dehh... Hehehe

      Hapus
  27. Udah jago berenang, berani lagi sama hiu paus. Jadi pingin ke Derawan kak

    BalasHapus
  28. Kalau aku pasti jawabnya gak berani berenang sm hiu pas, keren kak dirimu berani. Air laut di Derawan bening banget yaak kak, belom pernah aku ke Derawan. Jd pengen travelling ke Derawan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh air di Derawan emank bersih dan jernih semua kak... Top deh.. Wah semoga bisa segera ke Derawan ya kak.. Amin.

      Hapus
  29. Wow keren banget kak, tapi deg-degan lihat hiu pausnya. Memacu adrenalin deg deg ser gimana gitu

    BalasHapus
  30. Deg2an cenderung takut aku liatnya, haha hiu pausnya keliatan cuek aja tapi ya ada manusia. Btw ka disana ga ada hiu beneran kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya hiu beneran ga tw sih ada enggaknya.. Ngeri jga ya kalo sampe ada...

      Hapus
  31. Keren bangettt, tapi kalau saya belum berani mau cobanya 😁

    BalasHapus