Artjog 2019: Kreativitas Tanpa Batas

by - 16.34

Hai Guys, 
What's Up! 

"The use of Traveling is to regulate imaginatiomiwith reality, and instead of thinking of how things mau be, see them as they are."- Samuel Johnson


Kali ini aku mau cerita tentang pengalaman pertama aku liat kesenian kontemporer di ArtJog 2019. Dilaksanakan sejak tanggal 25 Juli- 25 Agustus 2019 di Jogja National Museum. Buka dari jam 10:00 hingga jam 21:00 WIB. Meski baru bisa datang pada hari penutupan, tapi aku bersyukur jadi datang ke tempat ini. 

Sebenarnya aku agak bingung sih mau nulis apa, soalnya niatan awal yang sekadar pengen foto-foto dan ambil footage video eh justru jadi puyeng abis baca setiap penjelasan makna suatu karya. Iya, jadi berasa masuk sekolah dan dijejali banyak PR melalui semua karya tersebut. 



Sekadar informasi ada begitu banyak karya yang dipajang dalam kesempatan ini karena itu aku juga bingung mulainya dari mana. Hahahaa. Jadi aku cuma bisa bahas sedikit yang berhasil aku foto aja, karena aku juga jadinya lebih banyak ambil video, abis itu lupa foto. Hehehe. Tapi benaran puyeng juga sih kalau harus dijelasin semua. (btw, sadar gak sih aku bolak balik nulis puyeng, ya mau gimana emang aku beneran puyeng) 

Minggu pagi, selesai membayar tiket sebesar 50 ribu rupiah, maka kita akan bisa menikmati berbagai hasil karya seni para seniman nasional maupun internasional. Begitu memasuki ruangan, kita langsung disambut Taman Organik Oh Plastik yang mengkritisi estetika sebuah taman buatan manusia. 



Di ruangan selanjutnya, terdapat instalasi karya Andrita Yunita Orbandi yang  menyerupai pusaran angin puyuh dan dibuat dari ratusan ranting dan dahan kering. Melalui karyanya, Andrita, mengajak pengunjung untuk menyadari bahwa sebagai manusia, kita pasti memiliki berbagai macam cara untuk bertahan hidup dan mengarungi waktu. Sampai pada akhirnya, kita harus istirahat sejenak untuk merenung bahwa sesungguhnya berbagai tekanan dalam hidup disebabkan oleh pikiran dan tindakan kita sendiri.



Tidak hanya membahas tentang manusia dan beragam persoalan internalnya. Terdapat juga karya tentang berbagai masalah yang disebabkan oleh 'kerakusan' manusia yang menyebabkan bumi menjadi 'sakit'. Pengunjung diedukasi secara tidak langsung tentang 'kejahatannya' sebagai makhluk yang paling berkuasa namun belum bijak dalam mengelola apa yang alam sediakan. 

Sampah, menjadi topik yang banyak diusung oleh para seniman. Misalnya, sampah di lautan yang mengganggu kehidupan makhluk yang hidup di dalamnya. Sebagaimana karya yang menggambarkan suasana lautan yang justru dipenuhi karang yang sudah mati. 



Selanjutnya terdapat pameran yang menampilkan bagaimana mulai punahnya orang Utan akibat pembakaran hutan demi perkebunan sawit. Tidak hanya orang Utan, kuda dan hewan lain pun menjadi 'korban' hawa nafsu manusia. Seolah olah para hewan ini sudah tidak punya tempat lagi di bumi ini. Duhh benaran deh, aku yang awalnya mau happy happy aja sampai pusing mikirin "ternyata aku (manusia) sejahat itu ya". 




Well, terlepas dari hal-hal 'berat' yang bisa aku pelajari. Ada banyak spot instagenic buat kalian para selebgram. Ya berburu foto cantik menjadi hal umum yang banyak dilakukan oleh banyak pengunjung. Termasuk aku juga sih, ya mau gimana lagi tema artjog kan berbeda tiap tahunnya, jadi penting banget sih mengabadikan karya spesial yang akan berbeda di tahun berikutnya.



Oiya, satu hal yang harus selalu diingat ketika berfoto, dilarang memegang instalasi yang ada di dalam secara sembrono. Kalaupun penasaran, boleh tanya dulu kepada petugas yang ada di sekitar untuk ijin memegang atau melihat dengan lebih dekat. 



Setelah aku muterin semua instalasi dari lantai satu sampai lantai 3, aku pribadi lebih suka kalau ada kurator yang menjelaskan makna filosofis suatu karya yang dipajang. Ya memang ada penjelasan tertulis yang dipasang ditembok sih, tapi tetap aja lebih seru dengerin penjelasan dari kuratornya soalnya langsung nyambung. Hahaha.



For your information, Sebenarnya selama satu bulan pameran ini berlangsung ada hari tertentu yang menyediakan kurator yang akan menjelaskan secara jelas makna setiap karya, cuma itu adanya tiap hari selasa sore aja jadi susah juga ngatur waktunya. Tapi kayaknya seru tahun depan liat ArtJog 2020 dengan mendengarkan penjelasan langsung dari kuratornya.



Nah demikian yang bisa aku ceritain tentang pengalaman aku liat artjog 2019. Nah ada berapa hal yang aku dapat kelar liat artjog 2019, yaitu:

1. Belajar tentang seni. Apalagi untuk orang-orang yang kurang paham seni macam diriku.
2. Mengajar untuk bisa lebih kreatif. Jadi abis liat artjog, aku sampai kagum kog bisa ya kepikiran untuk bikin beginian pake barang yang mungkin enggak bernilai, tapi setelah dibentuk jadi karya yang bernilai tinggi. Benaran deh artjog ngasih tahu bahwa kreativitas itu gak punya batasan.
3. Mengajar aku (kita) untuk lebih peka akan sekeliling kita serta menyadari bahwa kita hidup itu bukan hanya terdiri dari kita, tapi ada makhluk lain yang harus dijaga juga kelestariannya.


Happy Reading Segerakan Traveling

With Love, 

MRS 


Tonton juga yuk di kanal youtube aku, tinggal klik button di bawah. 




You May Also Like

35 komentar

  1. belum pernah ke museum ini, pengen mampir sih pas ke jogja nanti. Tapi baca ini aja dah kek lagi keliling museum. Thanks foto2nya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next liat artjog 2020, percayalah liat sendiri secara langsung itu beda sensasinya.

      Hapus
  2. Keren ArtJog 2019 yaaa
    Aku selalu suka pameran kesenian kotemporer seperti ini meski dalam hati mesti nebak-nebak ini maksudnya apa ya haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata sekeren dan sepuyeng itu ya mbak,aku apalagi pasti baca penjelasannya dulu, itupun kadang tetep ga ngeh.. Hehehe

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Terbayang sih 'puyeng nya' mbak saat menikmati pameran artjog. Berarti 'sukses' nih penyelenggaranya. Bahwa seni bukan sekedar keindahan sambil lalu tapi ada pesan yang ingin disampaikan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa menurut aku termasuk sukses sihh mbak, soalnya pengunjung lain jga excited pas dengerin penjelasan kuratornya.

      Hapus
  5. Yaampuun ngiri banget nih kamu bisa kesana kak 😭😭😭😭

    Aku pas tanggal segitu sedang ada tugas di Jogja, emang niat banget mau ke ArtJog cuma ga terwujud huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh padahal pas lagi di Jogja ya di,ini aku aja bela2in dateng dihari terakhir.

      Hapus
  6. Seru banget Mbak bisa ke ArtJog! Seni itu indah ya, bisa mengkritisi berbagai hal dengan cara yang unik melalui berbagai instalasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ternyata seni sehebat itu ya, bisa memanjakan mata sekaligus mengasah pikiran dan nurani.

      Hapus
  7. Thanks infonya.. gw jg tipe yg pbh seneng dijelasin lgsg sm kuratornya.. next, kl mau liat pameran tipe ini, gw mau tny cp nya dulu, kpn ada kuratornya :)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, lebih asyik dan nyambung kalo kuratornya yang jelasin langsung.

      Hapus
  8. Ah Jogja itu selalu berhasil bikin kita sedikit lebih artsy yah, Kak. Walopun akhirnya pusing tapi yang penting stok foto aman kan yah? Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emank pas banget ya mba jogja dijuluki kota Artsy. Stok foto mah dikit, video yang banyak.. Hehehee

      Hapus
  9. Memang seni bukan hanya sekedar seni. Adalah pelajaran dari dalam kehudupan.. eaaa... Aku juga pusing sih kalo baca mending langsung dijelasin aja 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa... Team kurator mana suaranya... Hehehee

      Hapus
  10. Wah keren bgt ini... Emang orang2 seniman ini bisa membuat Hal yg biasa jd memiliki nilai seni!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh bener banget mba, aku jga sampe heran, kog mereka bisa sihh kepikiran bikin sesuatu bahkan dengan nilai filosofis di dalamnya...

      Hapus
  11. Keren yak artjog. Meski aku suka dateng ke pameran seni kadang aku suka asal foto di karya-karyaku. Serasa jleb baca tulisan ini, kalau foto kudu izin dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kalau datang biasanya foto2 aja kog mbak, hehehee. Cuma kemarin emank ada peraturannya gak boleh dipegang. Jadi kalau emank penasaran bisa nanya dulu ke petugas yang berjaga.

      Hapus
  12. Wah seru, main yang ngilmu kalau kata aku mah.
    Jadi pengen ke sana. Pesan moral yang ingin disampaikan dari pameran seni ini mengena banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.... Aku jga gak nyangka sihh mba, padahal cuma iseng pengen tahu dan numpang foto-foto ehh ternyata malah banyak belajar.

      Hapus
  13. Melihat foto-fotonya awal kaya bukan di museum ya tapi di alam bebas gitu, jadi gak bosen kalau datang ke museum model kaya gini. Anakku suka banget kalau diajak ke Museum nih nanti kapan2 mampir ke sana deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini konsepnya bagus banget sih mba menurut aku, jd ga berasa lagi di museum, cocok jga buat anak kog, yang penting didampingi.

      Hapus
  14. Indah banger ya kak lukisan lukisannya. Btw kalau sedang tak ada ArtJog 2019 ini, Jogja National Museum tetap ramai pengunjung kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa banyak lukisan bagus, jd numpang eksis dehh.. Hehehe. Aku krg paham sihh kalo itu mba, tp kayaknya ttp rame dehh, soalnya di sini sering ada acara.

      Hapus
  15. Waduh lokasinya tuh cuma samping SMAku tapi kok ya kmaren g kesana. Sempat kesana waktu ada ASIAN MEX apa ya.. Festifal musik se Asean

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sayang bgt ya mba, aku yg jauh aja bela2in dtg, tp emank biasanya gitu sihh kalo deket kadang suka mls dtgnya..hehehee

      Hapus
  16. Keren ya, berdemonstrasi dengan karya. Nyindir perusakan alam tapi dengan karya. Seperti bbrp penulis yg bawa isu lingkungan, dibalut dengan drama khas novel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener banget.. Jd ga cuma menikmati seni, kita bsa belajar pesan apa yg hendak disampaikan.

      Hapus
  17. Ih aku jg kadang sula ga paham pesan dari sebuah seni. Cuma sekedar waah bagus nih tidak jarang hmm maksudnya apa nih ya hahaha.
    Padahal memang dari seni kita bisa berkomentar tentang apapun yang terjadi dengan "lembut", "indah" tapi sarat akan makna tajam hihi

    BalasHapus
  18. Saya gak ngerti seni.. tp seneng liat poto2 yang kk upload. Nice share n thanks buat informasi art jogja

    BalasHapus
  19. Seneng juga kalau bisa kesana, belajar tentang seni. Aku yang enggak ngerti jadi tertarik pengen belajar.

    BalasHapus
  20. Seru. Gambar gambarnya bagus. Seni itu unik bisa mengasah sisi feminim bagi orang orang yang terlalu maskulin. Seni itu netral walaupun kadang suka berpikir keras apa maksudnya.

    BalasHapus