Liburan ke Kepulauan Derawan, Tempat Ini Wajib Dikunjungi!

by - 23.30

Hai Guys, 
What' Up! 

Memasuki bulan ke-9 di tahun 2019 ini, wacana pemindahan ibukota ke daerah di Kalimantan Timur sudah dipastikan sah! Mendapat julukan pulau Borneo, tahukah kamu, kalau Kalimantan, tepatnya Kalimantan Timur (Kaltim) punya banyak tempat yang mencengangkan! Ga percaya? Yukk intip tempat wajib yang harus dikunjungi kalau ke Kaltim.

1. LARI  LARI DI PULAU GUSUNG

Tempat pertama yang bisa kalian kunjungi adalah pulau Gusung. Pulau gusung atau yang biasa kita kenal sebagai pasir timbul ini mulai terlihat saat menjelang sore sekitar pukul 15:00 WITA. Mungkin ini adalah pasir timbul terbaik dan terbesar di Kalimantan.

Saking luasnya tempat ini kalian bisa lari sana sini dengan leluasa. Sore hari menjelang sunset pun sangat indah. Ahh serius tempat ini bagus dan tenang banget even cuma sekedar duduk santai tenggelam dalam imajinasi.



2. FOTO ALA SELEBGRAM DI MARATUA ISLAND

Maratua Island bisa disebut sebagai "Maldives" nya Indonesia. Merupakan sebuah resort di pinggiran pantai yang dipenuhi nyiur yang melambai-lambai.
Kalau pengen lebih puas menikmati tempat ini, kalian bisa merasakan sensasi tidur di atas air laut. Biayanya sekitar 1 jt permalam, bisalah dicoba untuk yang lagi honeymoon. Cocok banget sih ini.

Oiya selain view yang tjakepnya Bak Dian Sastrowardoyo, pengalaman seru lain yang bisa kalian dapat adalah bisa berenang bareng penyu liar. Kalau kalian beruntung bisa foto bareng dari dekat, tapi kayaknya susah sih soalnya penyunya sensitif banget begitu dideketin langsung kabur cepet banget. Hehhehee




3. LOMPAT DARI KETINGGIAN DI GOA HALO TABUNG 

Tempat selanjutnya adalah goa halo tabung. Buat yang berani atraksi ekstrim bisa dicoba lompat dari mulut goa ke dalam air dingin yang dalamnya sekitar 4 meter.

Untuk yang ga berani kayak saya, ada pintu masuk dengan cara aman yaitu lewat mulut goa yang kecil. Airnya di sini dingin banget. Kalau ga berani dan males kedinginan bisa sekedar foto di sekitar goa halo tabung yang dulunya bernama goa haji mangku ini.



4. MAIN BARENG RIBUAN UBUR UBUR DI KAKABAN ISLAND

Main bareng ubur ubur ala Spongebob bisa banget kalian lakuin di Kakaban Island. Lokasinya gak jauh dari goa haji mangku. Danau kakaban sendiri berada di dalam hutan. Untuk ke sini harus menyebrangi hutan. Tapi tenang udah ada jembatan penghubung yang memudahkan pengunjung untuk tiba di Danau Kakaban.

Cukup berjalan sekitar 15 menit dari dermaga kedatangan, kita sudah bisa bermain dengan ribuan ubur ubur tanpa sengat. Oiya gak boleh pake fin ya dan ada peraturan lainnya, lengkapnya baca di sini.



5. MELIHAT TUKIK DI PENANGKARAN SANGLAKI ISLAND

Sesudah bermain bareng ribuan ubur ubur tanpa sengat kita bisa melihat anakan penyu atau yang biasa disebut tukik di penangkarannya di pulau Sangalaki. 

Jadi penangkaran ini menjadi tempat persiapan para bayi penyu sebelum siap dilepaskan ke pantai. Hal ini karena memang mereka cenderung cepat mati jika langsung ke laut. Jadi dengan adanya penangkaran ini sangat membantu kelestarian penyu dari kepunahan.



6. RENANG BARENG HIU PAUS DI DERAWAN ATAU TALISAYAN

Ayoo siapa berani berenang bersama ikan terbesar di dunia, hiu paus (whaleshark)? Tenang ga bakalan dimakan ama hiu pausnya kog paling ditelen.. Hahahaa. Ga sihh ini bisa kejadian kalau kalian terlalu dekat aja, jadi bisa ketarik pas si ikan lagi makan ikan yang diberi oleh para nelayan.

Bisa melihat langsung hewan besar ini bakalan jadi pengalaman yang tak terlupakan.


7. FOTO UNDERWATER DI DANAU DUA RASA LABUAN CERMIN

Danau dua rasa labuan cermin  menarik karena memiliki dua rasa air. Yaitu payau di bagian atas dan asin di bagian bawah. Jika datang diwaktu yang tepat maka kalian bisa berfoto di atas kapal yang terlihat seperti melayang karena airnya yang sangat jernih.


Tidak berhenti sampai di situ bagi para pencinta underwater, ada spot pohon tumbang di bagian dalam danau ini. Tinggal siapkan napas yang panjang untuk sesi pemotretan.


8. MENIKMATI SUNRISE & SUNRISE DI DERAWAN

Kalau lagi malas kemana-mana tinggal santai di homestay yang ada di Derawan udah bikin penat hilang. Ada beberapa spot untuk snorkeling, bahkan jika beruntung kalian juga bisa bertemu penyu liar.

Atau kalau memang mager banget, kalian bisa menikmati sunrise atau sunset. Tinggal pilih saja.




Demikian tempat dan kegiatan yang wajib kalian datangi jika sedang berkunjung ke kepulauan Derawan, mana yang jadi favorite kalian?


Happy Reading Segerakan Traveling! 

With Love, 

MRS 

You May Also Like

22 komentar

  1. wah liat tulisan labuan cerminnya sama main bareng ubur-ubur bikin langsung pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal udah pernah kesini... 🤔

      Hapus
    2. nagih dia, rasanya pengen auto beli tiket pesawat wkwk

      Hapus
  2. Wahhh Derawannn, penasaran bgt pengen berenang bareng hiu paussssss. seru bgttt pastiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruu banget sihh tenang bareng hiu paus, bakalan jd unforgettable moment dehh..must try dije..

      Hapus
  3. seru abis itu airnya di goa halo biru banget! ini enaknya sambil baca terus ada pintu ke mana saja sih hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaa...pengennya sihh gitu.... Tp cuma Doraemon yg pnya...

      Hapus
  4. Aku baru sampai sekitar Derawan aja, Eda. Pengen juga ke Talisayan, goa, Labuan Cermin tp gak cukup waktu (dan biaya serta kemampuan buat foto underwater). Cucok banget langit biru dan view landscapenya. Laagff

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh dipanggil eda, hahahaa. Next berarti kudu balik lagi ke sini...

      Hapus
  5. Dari dulu pengen ke Derawan, ga tahu kapan kesampean ke sana. Jadi mupeng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga disegerakan ya neng nongki... yg penting udah niat dulu... Hehehee

      Hapus
  6. Been on my list ketika masih punya SJTP tapi gak kesampaian gara2 gak ada cuti :( Semoga next time bisa kesampaian kesana deh. Makasih mbak udah membocorkan sedikit tentang secuil surga di tanah Borneo 😅

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  8. Wah seru banget bs ktmu hiu paus. Pas mau kesana cancel krn ada acara. Dan temen2 disana gak ktmu hiu paus. Pengennya ksana lgsg ktmu gtu kek kakak. I hope so

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owhh sama kayak Faliq... Derawan harus bgt sihh dijadiin bucketlist neng...

      Hapus
  9. Derawan bagus bgtt..selama ini cuma tau namanya tapi gatau kalau seindah ini. Jadi gak sabar pengen kesana. Semoba bisa liburan ke Derawan secepatnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa segera liburan ke sini ya hal, dijamin gak mau balik... Heehhee

      Hapus
  10. huaa... nyesel banget ga ikut bpj ke derawan :( sepertinya derawan indah sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... Next time Mir... Wajib ke sini sihh sekali seumur hidup.. Hehehe

      Hapus
  11. Sayang gak ke goa ikan dimana lokasinya dekat kakaban. Danau ikan kita bisa masuk lewat trowongan yg cukup panjang dan kalo pasang trowonganya ketutup laut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ishhh ga ada itinerary nya.. Padahal brg BPJ..

      Hapus