Unik, Ada Kafe di Goa Lawa Purbalingga

by - 02.29

Hai Guys,
What's Up!



Kali ini aku mau cerita tentang salah satu ikon wisata di Purbalingga. Namanya Goa Lawa, dibawah manajemen baru lebih dikenal sebagai GOLAGA singkatan dari Goa Lawa Purbalingga. Bisa dibilang tempat ini jadi salah satu tempat wisata favorit warga Purbalingga, selain mudah diakses di tempat ini juga sering diadakan acara-acara hiburan lainnaya. Akhir tahun 2019 kemarin digelar Goa Lawa Jazz yang dimeriahkan artis ibu kota.

Goa lawa sendiri hampir tiap tahun aku datangi, cuma absen 2 tahun belakangan ini karena eksplor wisata lainnya. Hehehee. Nah berhubung sudah bosan di rumah dan kebetulan banget, Mawar, kembaran tersayang lagi pulang maka kami berencana mingguan ke Goa lawa, bareng Kak Ani dan Devi.

Minggu, selesai ibadah pagi saya harus menantikan Devi yang sedang mengajar Sekolah Minggu. Akhirnya sekitar pukul 10 pagi kami berangkat dengan 2 motor. Sebenarnya ada sedikit masalah yang kami takuti, yaitu Mawar dan Devi kurang ahli mengendarai motor bebek maupun matic sedangkan jalan yang akan kami lalui akan terus menanjak. Akhirnya karena enggak ada pilihan, kami nekat-nekatin aja.

Awalnya semua berjalan dengan lancar eh pas udah mulai masuk jalanan nanjak, Devi yang grogi mengendarai motor berakibatkan motor macet pas di tengah tanjakan. Syukurnya mereka sigap jadi enggak jatuh. Ditolong pengendara lain yang kasihan melihat mereka akhirnya motor bisa dibawa ke tempat yang lebih aman. Hufftt....



Kelar diskusi lagi, akhirnya kami memutuskan aku yang bawa motor bebek dan mereka bawa motor matic, walaupun agak sedikit ngeri syukurnya Mawar bisa mengendarai dengan lebih baik, lebih ke nekad sih sebenernya.

Singkat cerita, Saya dan Kak Ani lebih dulu sampai dengan motor butut kami, padahal Mawar dan Devi duluan berangkat. Lalu kemana mereka? Tidak lain tidak bukan adalah nyasar. Gubrak! Padahal jelas-jelas ada plang arah bertuliskan "Goa Lawa" tapi saking fokusnya bawa motor mereka enggak lihat plang itu. Hahahaha. Setelah menunggu di pintu masuk, kamipun menertawai kebodohan mereka. Tapi ya sudahlah yang penting bisa tiba dengan selamat.

Di pintu masuk ada loket pembayaran yang bertuliskan harga tiket. Untuk hari biasa dikenai tiket seharga 20 ribu dan 25 ribu untuk weekend. Memasuki kawasan goa lawa, kami disambut barisan bunga Kumis Macan yang sedang berbunga cantik sekali.

Berjalan lebih jauh maka kita akan mendengar alunan musik tradisional yang dimainkan oleh pemusik yang berada di tengah lingkaran dengan kursi-kursi ala podium di sekelilingnyanya. Wow ini baru sih. Jadi sebelumnya belum ada spot ini, sekarang sudah ada semacam auditorium di tengah-tengah alam terbuka gitu. Keren sih ini. Baksuu!!

Melangkah lebih jauh memasuki spot favorit saya, yups taman yang dipenuhi pohon Pinus dengan rumput hijau sebagai alasnya. Enggak pernah bosan akan spot ini, syukurnya masih dijaga kealamiannya. Entah kenapa setiap ada di spot ini, berasa langsung segar dengan sendirinya.



Akhirnya tibalah kami di pintu masuk goa lawa, lagi-lagi bentuknya udah berubah, keren sih ini. Menyempatkan diri untuk berfoto di pintu masuk pertama. Memasuki mulut goa, nuansa mistis dan gelap udah enggak ada lagi. Jadi terakhir ke sini itu masih gelap gulita, cuma ada beberapa lampu penerang jalan aja, tapi sekarang udah bener-bener beda. Udah ada lampu warna warni semacam goa Gong di Pacitan. Cuma ini versi lebih kecilnya.

Aku pribadi ada seneng dan enggaknya, seneng karena jadi lebih banyak orang yang berani ke dalam. Sedih karena dalam goa udah gak ada serem-seremnya sama sekali. Tapi buat Devi yang rada takut ama gelap, dia jadi lebih menikmati perjalanan menyusuri goa Lawa.

Oiya, di dalam goa Lawa juga sudah ada jasa fotographer, jadi yang mau foto tapi bingung karena ada temennya, bisa pake jasa ini. Menyusuri goa lebih jauh maka kita akan keluar pintu goa lagi dan menuruni tangga. Nah di ujung tangga inilah terdapat kafe yang menyajikan Mendoan dan Nanas goreng, yang adalah hasil utama dari perkebunan di sini.



Sembari menikmati hangatnya mendoan, kitapun disuguhi live music yang penyanyinya adalah pengunjung kafe langsung. Gak mau menyia-nyiakan bakat yang ada, Aku dan Devi menyumbangkan satu lagu. Buahahaha. Ini antara uji nyali dan over pede beda tipis sih. Sialnya, ketika yang lain nyanyi pada bagus gak ada masalah, pas aku nyanyi di tengah-tengah lagu ehh ada gangguan ama sounds sistem yang mendadak mati. Entahlah mungkin 'penunggu' goa lawa enggan mendengar suaraku yang indah ini.



Selesai menghabiskan makanan dan membayar kami melanjutkan perjalanan memasuki goa lawa lebih jauh. Jadi ada beberapa spot ruangan gitu di dalam goa ini, bahkan ada semacam ruang balai pertemuan ala-ala jaman dulu. Jadi berada di dal  goa lawa layaknya  ada di dalam ruangan pada umumnya. Keren sih ini.

Selain itu ada beberapa spot menarik lainnya, jadi goa lawa ini termasuk goa basah. Masih ada tetesan air dari atas, nah terus ada semacam danau dibawahnya, dulu sihh kaki pengunjung sampe bisa basah pas lewatin spot ini, tapi sekarang udah dibangun jembatan kecil dengan lampu penerang di sisi kanan kiri. Semacam rumah penyihir ala-ala gitu. Terus di bagian dalam air diberi lampu warna warni yang memberi kesan air bisa berubah menjadi warna biru, hijau sampai merah. Keren pokoknya.

Selain itu masuk banyak spot lain yang bikin goa ini serasa gak di Goa sih. Ya ada poin plus minusnya, cuma hal ini justru makin mengundang banyak pengunjung dari berbagai kota yang penasaran.



Selesai memutar semua daerah dalam goa kamipun keluar dan melihat sinar matahari kembali. Agak lebay sih ini. Hahaha... Tapi bener deh seasik itu ada di dalam goa. Istirahat sejenak kami duduk santai di tempat duduk yang memang khusus dibuat untuk bersantai di alam terbuka. Kursi-kursinya terbuat dari batang pohon yang masih dijaga bentuk aslinya yang semakin menambah  kesan natural akan tempat ini. Lagi asik-asik ngobrol eh enggak lama hujan turun. Yups, kalau ke goa lawa gak komplit kalau gak hujan, pasti aja hujan atau berkabut. Tapi justru ini yang semakin menambah kesyahduan tempat ini.

Di tengah nuansa dingin begitu ada banyak hal yang bisa dilakukan pengunjung, ada yang ngobrol, pacaran, makan bahkan kami yang bermain tiktok.

Happy Reading Segerakan Traveling,

MRS

You May Also Like

41 komentar

  1. Dulu aku pernah ikut kegiatan susur goa. ada beberapa fungsi goa, salah satunua untuk penelitian, edukasi, cadangan air tanah, dan wisata.
    Goa lawa mungkin difungsikan sebagai wisata dan edukasi tentang goa.

    Nuansa kafenya alami banget. Cocok untuk yang cari udara sejuk.
    Gara-gara baca tentang goa lawa, jadi pengen main ke goa lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ada ya Mas, saya malah gak tahu cuma tahu goa lawa aja. Hehehe.

      Hapus
  2. Abis ulas tentang Goa Lawa yang udah "dimodernisasi", bahas Goa Buniayu yang masih natural, mba buat perbandingan dari berbagai sisi, misalnya alaminya, tantangannya, kecantikannya, dll..hehe..

    Btw, nice story!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh baru tahu ada goa juga di Bumiayu. Nanti aku searching deh, thx infonya Mba...

      Hapus
  3. Waahh yang bikin kafe di dalam GOA Lawa Purbalingga pintar nih marketingnya. Abis liat-liat isi GOA bisa langsung isi perut hehehe. Belum pernah saya ke GOA Lawa Purbalingga hehehhe. Tapi jadi penasaran deh karena lihat foto-fotonya bagus2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... Menurut aku jga kreatif sihh sampe kepikiran gini... Jadi unik banget jd makin banyak org yang penasaran ke goa lawa....

      Hapus
  4. Keren juga ide nya ya bikin cafe di gua Lawa, asal tetap menjaga kelestarian gua itu sendiri.
    Next Purbalinggan bisa jadi tujuan liburan keluarga saya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuyyy Mba, banyak bgt kog wisata di Purbalingga.. Entar saya temenin deh..

      Hapus
  5. kreatif dan unik bgt, kesan goa yang menyeramkan jadi lebih menyenangkan karena udah diubah menjadi tempat hiburan yang lebih memanjakan mata.. harus mampir kesini nih, kalo lagi main ke kampung bapakku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, jadi untuk yg takut gelap jadi berani masuk goa. Wahh apalagi ada keluarga bapak di sini... Kuyy main sini mba..

      Hapus
  6. Wah pengen nih susur Gowa Lawa btw licin ga kak jln menuju Gowa ini? Paling takut klo jln licin ga tau kenapa wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman kog kak... Ada beberapa yang licin tapi masih bisa dijalani. Kuyy kak ke sini...

      Hapus
  7. Wahhh keren babget kak, nice info. Belum kesampaian nih untuk berkunjung ke Goa Lawang. Semoga someday bisa kesampaian hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga someday kamu bisa eksplor Purbalingga ya Ra.. Tenang ntr aku temenin.. Hehehee

      Hapus
  8. Wah belum pernah nih ke Goa Lawa Purbalingga. Tapi sekilas memang mirip Goa Gong ya banyak lampu warna-warni.
    Kafenya juga menarik sekali! Bisa sekalian ajang unjuk bakat ya.

    Btw Mbak, di goa ini apakah ada stalaktit dan stalakmitnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mirip goa Gong, cuma versi mininya. Di sini gak kayak goa Gong ga ada stalaktit atau stalakmit...

      Hapus
  9. Unik banget ada kafe di dalam goa, buat menyepi kayanya enak ya kak
    Tapi kalau pas rame gitu, sirkulasi udara di kafe itu gimana kak? aman kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gak bisa menyendiri di sini dehh ntin eh gak tahu kalo weekdays ya. Tp klo Weekend rame trs. Tenang msh aman.. Soalnya dalam goa gede...

      Hapus
  10. seru juga nih kayaknya kalo main kesini, makasih ulasannya beb

    BalasHapus
  11. Ngafe di goa, kebayang nih kerennya. Terus bawa laptop ngerjain tugas kejar tayang ditemenin nanas bakar... hemmm. Kalau menurut kak Raya, kumaha? Nuhun info asiknya tentang Goa Lawa Purbalingga ya kak. Kapan ya saya, bisa kesana? Atuh temenin yuks kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo tehhh... Aku temenin ntr teteh dengerin live music dr aku ya....

      Hapus
  12. Nanas dan mendoan ..auto lapar akuu
    Ini ada kafe di Goa Lawa Purbalingga enggak bikin rusak guanya tapi kan Kak
    Semoga enggak ya...Sayang sekali kalau sampai goanya jadi rusak atau banyak sampah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanas dan mendoan di suasana dingin...mantul...gak kog mba.. Ini gak ngerusak sama sekali.. Karena memang pake space yang kosong dr goa. Kebersihannya jga dijaga bgt... Jd nyaman pokoknya.

      Hapus
  13. Aku belum pwrnah main ke Goa Lawa. Goa yang pernah disusuri the one and only hanya goa buniayu.

    Kalau ada goa goa yang sudah di modernisasi seperti ini, pengunjungnya pasti banyak dan spot photonya juga ok krena efek lampu.

    Sudah bingung juga sih dengan inovasi seperti ini antara bersyukur jadi ladamg pemasukan buat warlok. Atau sedih karena jadi ga alami lagi.

    BalasHapus
  14. Iyaa dilema emank Mba, cuma sejauh ini aku liat masih dalam batas yang wajar kog. Cuma gak tahu dehh kalo ada ironi tersembunyi....

    BalasHapus
  15. Wah bayangan ak bakal gelap dan menantang bgt, eh ternyata Goa Lawa malah udah lebih modern dan instagramable gitu ya.

    BalasHapus
  16. Salfok ama nanas gorengnya. Lebih salfok lagikl kalo denger mbak Raya nyanyi. Untung aja soundnya mati.. Wkkwk

    (Deny Oey)

    BalasHapus
  17. Nanas goreng? Waduh gimana rasanya tuh ya... Sayang fotonya kurang besar

    BalasHapus
  18. Sekarang pariwisata udah berkembang banget ya kak. Yang dulunya gelap jadi warna-warni sekarang. Tapi ijo2 depannya keren ya pemandangannya.

    BalasHapus
  19. Kafenya bagus kalo siang. Kalo malem, haduh ga kebayang 😂. Btw aku penasaran sama nanas gorengnya. Nanas goreng murni atau dicampur bumbu2 gitu ga?

    BalasHapus
  20. Goa identik dengan sepi, gelap, misteri, lumut, genangan air. Tapi lawa goa yang jadi cafe. Keren. Jadi penasaran nanas goreng

    BalasHapus
  21. Awal bayangin goa itu seram, ternyata udah kekinian ada lampu warna warni jadi instagrammable.
    Suasana disekitar juga masih asri banget, sambil makan mendoan kayanya aku betah deh mager pulang.

    BalasHapus
  22. Aku baru tau ada goa wisata di Purbalingga. Berarti kalau kesana harus naik motor ya Ka?

    BalasHapus
  23. Kok Purbalingga asyik yah ada goanya. Apalagi penampakannya terkesan bukan seperti goa-goa lainnya. Trus ada nanas goreng. Sebagai penggemar nanas, penasaran neh rasanya gimana, cara bikinnya gimana. Bikin pengen dan ngebayangin susur goa sambil makan...eh...boleh ga sih?

    BalasHapus
  24. Whoah bisa aje nih Purbalingga masarin Goa Lawa-nya. Asyik sekali ya abis keliling, bisa langsung isi tenaga lagi. Dalam gua nya juga cucok banget buat yang banci poto kaya eyke xixi.

    BalasHapus
  25. Aku sama sekali belum pernah masuk ke goa..penasaran kayak apa sih wisata salam goa..

    BalasHapus
  26. Unik ya, ada kafe dalam gowa lawa purbalingga.

    Berharap bisa sampe kesana segera

    BalasHapus
  27. Wah bisa jadi referensi saya kalau pulang ke Klampok nih, karena deketan juga dengan Purbalingga. Terima kasih untuk informasinya.

    BalasHapus
  28. Aku udah lama nih gak main ke Goa Lawa. Terakhir akhir tahun 2018. Sekarang memang sudha banyak pembenahan dan banyak yang berubah. Jadi makin seneng kalau liburan di Goa Lawa, enggak segelap dulu lagi.

    Ya, cafe dalam goa itu menjadi ikon tersendiri. Unik dan bikin beda dari yang lainnya.

    BalasHapus
  29. Wah, konsepnya keren, didalam Goa Lawa ada Kafe, apalagi ada Live Musicnya. Boleh nih di coba kalau lagi ke Purbalingga

    BalasHapus