Serunya Tweenie Backpacker Menjelajahi Taman Nasional Karimunjawa (Part. 5)

by - 02.57

Hai Guys
How's Your Life?

Pernah denger ga kalau mangrove itu perisai bumi?
why?

Selain untuk mencegah abrasi pantai, ternyata hutan mangrove atau yang lebih sering kita kenal sebagai bakau mampu menyerap lebih banyak karbon dibandingkan hutan hujan tropis. tambahannya Indonesia adalah salah satu negara yang memiliku hutan mangrove terluas di dunia. 

Maka..tempat selanjutnya yang kami datangi adalah Hutan Mangrove, sebenernya ada beberapa pantai yang kami datengin sebelum sampe kesini, tapi saya lagi semangat banget bahas tentang hutan mangrove, soalnya ini perdana saya bahas tentang mangrove sih..ahhahahhaa. ini kali kedua saya pergi ke hutan mangrove sih, dulu yang pertama kali pas di Jakarta, saya ke hutan mangrove yang ada di daerah Kapuk atau apa saya lupa.

Hutan Mangrove ini berada di desa Kemojan. Tepatnya di antara perbatasan antara pulau Kemojan dan pulau Karimunjawa. Letaknya sekitar 12 Km dari pusat kota dan akses yang ditempuh udah bagus banget sih, jadi gampang banget buat bisa kesini. Hutan mangrove ini merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang dikelola Balai Taman Nasional Karimunjawa jadi selain jalan-jalan memang bisa sekalian belajar disini.

Baca kisah sebelumnya di 

Lagi liatin siapa tahu ada pangeran jatuh dari pohon...hahahhaha
Katanya di hutan mangrove ini ada banyak jenis mangrove. Ada mangrove yang sudah berusia puluhan tahun dan juga bibit baru yang di tanam untuk reboisasi. Jalur papan di buat seindah mungkin, jalur papan kayu dengan mangrove di kanan- kiri bikin suasanya jadi cozy banget sih. Kalau capek jalan maka disediakan gazebo di beberapa titik untuk melepaskan penat sejenak. katanya lagi, kalau lagi beruntung kita bisa melihat kupu-kupu endemik yang cuma ada di Karimunjawa, sayangnya pas kesini saya cuma beruntung liat para tikus aja sih. Wkkwkwwkwkkw

Udah kaya model belum?
Berhubung saya udah lama banget ga liat mangrove jadi saya seneng banget sih pas mau pergi ini, kebayang suasana ademnya gitu. Ehhh bener aja, selain emank beneran adem, ditambah selesai turun hujan jadinya suasananya nambah adem banget.

Suasananya kayak di jepang-jepang gitu ga sihh?
Ketika berada di pintu masuk, suasana ademnya langsung terasa banget sih. Nah entah mungkin karena orang mungkin udah pada balik liburan, jadi tempat ini sepi banget, kayaknya kami pengunjung pertama hari itu deh. Setelah foto-foto lama di awal pintu masuk (entah berapa lama, padahal baru dipintu masuk doang loh ini...) dateng deh pasangan muda-mudi yang so bikin baper.. hahahha...maksudnya langsung kebayang dong, gimana kalau saya prewedding disini..loh..loh...loh..

Puas foto di pintu masuk, kami pun melanjutkan perjalanan, nah beberapa meter dari pintu masuk ada loket masuk. Kami bayar 10K masing-masing karena pas weekdays, kalau weekend sih jadinya 15K. Waktu kunjungnya dari jam 10.00 sampe jam 16.00. Kelar bayar maka kami mulai mengexplore dengan jalan kaki, dan berasa sepi banget sihh...hanya kicauan burung yang terdengar. Kalau ada spot ketjeh kami berhenti dan foto, gitu-gituan aja terus. Hahhahaha.

Cewe..cuiittt...cuitttt....

Don't forget to pray whereever you are.

lagi-lagi gaya nengok ke atas...ya mau pegimana lagi,

Untuk memecah keheningan, biasa...kami kan pembuat gaduh kami pun mulai rekaman dan nyanyi-nyanyi ga jelas. Hahahhaa. Aselii berasa di rumah sendiri, mana suara pelan aja bisa kedengaran kenceng banget loh. Hahhaaha. Ga terasa jalan sambil rekaman gaje, ehh kami udah sampe aja di Menara pandang. Kamipun pergi naik dan menara pandangnya nyaman banget sih, betah lama-lama duduk dan ngeliatin pemandangan sekitar dari atas gitu.

Kelar istirahat sejenak dan puas liatin pemandangan dari atas, maka kamipun memulai perjalanan lagi. Kami jalan dan ngobrol juga kepanasan sebentar sih, hahhahaha. yang pasti setiap ketemu spot bagus, kami foto kalau ga pas berantem dulu, hahahhaa. Cerita-cerita ga penting dan ehhh tiba-tiba udah sampe aja di pintu awal masuk. Ternyata tempatnya ga terlalu luas atau kaminya aja yang hobbi banget jalan ya.. hahahhaa. Ya yang pasti karena keindahan dan kesejukan tempat ini, kami ga berasa capek sih harus ngelilingin tempat yang katanya luas keseluruhannya adalah 10.5 Km persegi. Kalau trackingnya sendiri cuma 1,3 Km kog...tenang aja. Hehehhee

Pemandangan salah satu hutan mangrove  dari atas.
keren banget dong kembaran kesayangan saya ini...

Model lagi in action

Tips penting, buat temen-temen yang mungkin ga tahan ama gigitan nyamuk, better pake lotion anti-nyamuk dulu sih. Kalau kami berdua karena emank udah kebal ga berasa apa-apa sih..hahaha. Terus untuk yang ga tahan haus wajib banget sih bawa minum. Puas ngelilingin tempat dan dapet banyak foto akhirnya kami memutuskan untuk menyudahi petualangan ini, karena memang mau lanjut ke tempat selanjutnya juga sih.  Kamipun mulai bergegas pergi. 

Tahu ga berapa kali saya harus lompat untuk dapet moment beginian...wkwkwkwk
Oke penilaian overall ne ya. Tempatnya enak banget sih, bisa buat curhat, foto, nyanyi-nyanyi ga jelas...hahahha. eh tapi ga tahu deng kalau dalam suasana yang lagi rame. Bersyukur banget sih kebagian yang lagi sepi. Hemm..yang paling bikin baper sihh langsung pengen prewedding gitu disini..hahahhaa...malah curhat. Menurut saya sih tempat ini wajib masuk daftar bucketlist kalian kalau ada rencana maen ke Karimunjawa. Worth it sekali. Oh ya endingnya yang pasti kita harus bangga karena di Indonesia terdapat banyak banget hutan mangrove,,,yuk jangan lupa untuk tetep jaga kelestariannya. Salam Lestari.

Ps: Foto yang terakhir itu jangan ditiru ya,.agak berbahaya soalnya lantai kayunya lumayan licin..tapi dasarnya kami pecicilan sih jadi cuek aja..makannya udah saya kasih WARNING ya.

Sampai jumpa di tempat selanjutnya....

Happy Reading Segerakan Travelling..!


With Love,

MRS

You May Also Like

2 komentar

  1. Ke hutan style lu kek gitu, sumpah kece banget say, inspiratif banget. Wah ada mangrove juga ya di sana, bener2 paket backpacker lengkap ya, ga cuma pantai ternyata wkwk.
    Ditunggu kunjungannya di blog gw yah bu, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah kan udah niatan foto bu..iya sihh karimun paket lengkap deh menurutku..cusss berkunjung ne....siap-siap gue dateng..hehhehe

      Hapus