Explore Sumba: Pasar Tradisional Waingapu, Bukit Persaudaraan, Kampung Adat Prailiu ( Days 5 & Days 6)

by - 23.49

Hai Guyss,,

What's Up??


"A People Without the Knowledge of Their Past, Origin & Culture is Like a Tree Without Roots - Anonim"

Oke...udah masuk hari terakhir exploring Sumba...hayo absen dulu...udah pada baca keseruan saya mulai days 1, days 2, days 3, dan days 4 dong??? nah sekarang kita lanjut ke hari ke-5 dan hari ke-6, yang merupakan akhir petualangan saya di Sumba...hikssss....----------------MUSIK SEDIH--------------

Hari ke- 5 dan hari ke -6 saya gabung soalnya ga banyak tempat lagi yang bisa kami kunjungi. Oke dimulai dari hari ke-5 (hari terakhir bareng rombongan BPJ). 

Hari itu memang dijadwalkan untuk mencari oleh-oleh di pasar setempat, pasar lokal Waingapu, jadi semua teman saya dan saya bersama dengan genk Sumba Squad Hqq pun menuju ke pasar.

Info di awal ya guys, sebenernya ada banyak gambar yang lain, tapi berhubung udah kehapus jadi ga bisa ditampilin deh, apalagi pas kegiatan tawar-menawar di pasar. Mianeee..



1. PASAR TRADISIONAL WAINGAPU

Kebanyakan temen-temen saya  cari kain buat oleh-oleh..Nah berhubung duit saya juga ga banyak-banyak amat (curhatttt..) saya cuma beli kain semacam selempang doang sihh buat ikat kepala. Temen-temen yang  lain macem-macem yang dibeli.

Kalo belanja disini kita harus pinter tawar-menawar jadi bisa dapet harga yang pas, Oh Ya FYI jadi kata temen saya yang aseli SUMBA...(bangga bener punya temen orang Sumba..wkwkkwkw). Bentuk dan pola kain sumba itu berbeda berdasarkan daerahnya. Nah di antara semua kain dengan asal daerahnya, katanya kain asal Sumba Timur itu yang paling mahal, soalnya motifnya lebih susah dan pewarnanya pake warna alami.





Untuk harga kain di pasar ini asal bisa nawar dan kalo bisa bareng orang setempat harganya bakalan lebih murah. Oh  ya kain yang saya pake di atas ini bukan saya yang beli, tapi ada temen yang beli dan harganya cuma ratusan, kalo udah sampe ke jakarta bisa jutaan sih.

Mirip ga saya ma dian sastro yang cantik banget itu..aahahahahaa... 


Setelah cari kain, kami lanjut cari oleh-oleh makanan.. ya soalnya kalo makanan kan pada doyan dan harganya terjangkau dong...nah kalo ke sini jangan lupa beli bakpia sumba....ehhh beneran enakk loh, kayaknya bakpia jogja kalahh dehh...aneh ya...jauh2 ke Sumba belinya bakpia,,ehh tapi serius itu beneran enak. oleh-oleh lainnya bisa juga beli kacang mede (ne umum banget ya..aahaahah.>>>).

Dari pasar rombongan kembali ke penginapan untuk packing. Setelah itu lanjut ke bandara Umbu Mehang, yeahh it's time to say goodbyee...eittss tenang saya masih stay kog. 

Kenapa saya masih extend? soalnya besoknya saya ULTAH jadi biar memorable sengaja banget extend sehari...hahahahha... (gak penting banget ya...wkwkwkkwkw).

Selesai nganter rombongan kami diajak makan ayam bakar oleh Papa Driver (mendadak lupa panggilannya siapa..hahahha), Umbu, kakak Joni di rumah kenalan mereka di Waingapu. Kita dimasakin ayam dan ikan bakar.

Breaking news: Oh ya info sedikit, selain makan kita juga ditunjukin proses penyulingan minuman tradisional sumba, namanya Sovi, minuman ini mengandung alkohol tinggi, saya sempet cobain, rasanya behhhh..(kebakar tenggorokan saya..). Nah sovi ini favorit banget disini, sayangnya belum dilegalkan kayaknya, padahal mahh saya niat buat jualin di luar negeri,..hahahhaha....canda..

Behhh enak sekali makan ayam bakar dan ikan bakar ditemani sambel cabe padi. Cabe Padi ini bentuknya kecil-kecil banget, tapi pedesssnya pake banget udah ngalah-ngalahin komentar puuuudesssnya hater Ayu ting-ting di IG Lambe Turah...



2. BUKIT PERSAUDARAAN

Selesai makan siang kami baru melanjutkan perjalanan ke Bukit persaudaraan. Lokasinya ga terlalu jauh dari bandara loh dan lokasinya mudah banget diakses. 

Meskipun saat itu terik, saya tetep semangat foto. Secara siapa yang ga seneng coba bisa foto bareng kuda liar yang lagi merumput di padang ilalang..kesempatan langka ga boleh dilewatkan dong.  Cusss langsung foto deh.

Setelah kami selesai foto di padang rumputnya, Papa driver mengajak kami masuk ke dalam suatu Goa kecil. Katanya goa itu bekas belanda atau jepang lupa saya...wkwkkw. 


Goanya itu sih kecil banget, wong semacam terowongan aja, tapi yang bikin berkesan adalah...di pintu masuknya itu ada semacam tumbal ayam mati...weewww kaget dong saya, tapi pas masuk saya sih biasa aja..yang ketakutan adalah afgan...dan tebak apa yang dia liat?? katanya dia liat hantu nona Belanda..wahhh pantesan pucat muka dia begitu keluar goa..hahahha..untung saya ga bisa liat hal yang begituan.




Kami sampe sore sih di bukit persaudaraan, setelah itu kami pulang ke penginapan. 

Nah malemnya ada kisah menarik ne, jadi kan kami pergi untuk cari oleh-oleh lagi. Nah disaat itu juga saya janjian ketemuan ama temen saya, yaitu andri (asli sumba) dan evha (asli batak kerja di sumba).

Jadi setelah asik hahahiihihii...saya itu pulangnya kemaleman (padahal baru jam 21:30) dan akhirnya kena marah sama oma yang punya penginapan. Yang dimarahin bukan saya sih, tapi temen saya, andri, hahahahahaaa. Saya ngakak aja sihh..kasihan teman saya. Wkwkwkwkkw.

 3. KAMPUNG ADAT PRAILIU

Keesokan harinya, yaitu hari kepulangan kami, atas saran temen, evha, kami memutuskan untuk berkunjung sejenak ke Kampung adat Prailiu yang katanya deket dan cuma butuh sekitar 10 menit lah untuk menuju ke sana. Tapi buktinya adalah..beuuuhhh jauhhh banget..hahahhaa..emank jauh dan dekat itu relatif ya. (atau mungkin dekat versi orang Sumba itu adalah 20 Km)...

Kalo ada yang tahu,,kain ikat yang dengan Dian Sastro sebagai salah satu brand ambassadornya, nahh disini inilah tempatnya. Jadi kampung adat Prailiu ini terkenal banget dengan hasil tenun ikatnya yang bagus dan mahal. Ya gimana ga mahal, proses pembuatan untuk satu kain aja bisa sampe 3 bulan, jadi wajar banget dong kalo mahal. 

Saya sihh minat banget beli, tapi apa daya kantong tak bersahabat...padahal bagus-bagus bangetttt...syeriusss itu kainnya cantik-cantik banget kayak saya..

Semoga saya segera ada rejeki lebih, jadi bisa balik lagi kesini dan beli kain yang banyak. AMINNNN.


ya Lord, manis banget anak ini....


Hmpir semua warga di kampung ini mempunyai usaha membuat kain tenun ikat sumba. Alhasil pemandangan kain yang dijemur itu jadi pemandangan umum disini. gilakkk..keren banget sihhh...dari anak kecil sampe orang tua bahkan nenek-nenek terlihat begitu mencintai kekayaan budaya satu ini. 




Setelah tawar-menawar yang ga menghasilkan apa-apa (buahhhahah..ne bukan saya lohh ya..temen, ga usah disebut sapanya..) akhirnya kamipun balik ke penginapan. Soalnya pesawat saya memang jam 11 siang. Maka kami pun kembali ke penginapan dengan jalan kaki tentunya.

Sesampe di penginapan saya dan afgan pun berkemas karena memang kami satu pesawat. Sebelum pergi kami pun berpamitan, dan salah satu tradisi di sini adalah, kami berpamitan dengan cara menempelkan hidung dengan hidung ke oma...(masih inget kan oma yang marah-marah, tapi paginya saya dengan oma sudah ngobrol seperti biasa....wkwkwkwkw).

(Katanya tradisi ini menandakan kita diterima dengan baik sebagai tamu, hal ini dilakukan utk sesama jenis ya, jadi cewe sama cewe dan cowo sama cowo, perasaan saya pas ginian deg-deg an banget lohh, secara hidung saya kan pesek banget....hhahahaha..tapi seriously ini berkesan banget sihhh...sayang oma..puk,,puk,,. 

Tradisi lainnya adalah, biasanya kalo kita berkunjung ke suatu rumah, maka kita bakalan dihidangin pinang dan sirih dan sebagai bentuk penghormatan maka kita harus mengunyah sirih itu even cuma dikit)



Selanjutnya saya dianter kakak ojek menuju bandara, ada kisah lucu sedikit...jadi kakak ojek ini ngajak saya lewatin jalanan yang sepi dan agak berhutan gitu, pas saya tanya, dia bilang memang itu jalan belakang biar dia ga harus bayar tiket parkir, saya pikir sihhh ga apa-apalah kalo saya yang cuma bayar parkir, tapi si kakak ojek udah duluan bawa ke jalan belakang, wahh disini saya was-was an dong..hahaahhaa..takut di culik bo. qkqkkqkq. 

Ya emank sih saya ga punya harta benda yang berharga, tapi kan ga lucu, jadi wisatawan ehh balik-balik tinggal nama. Syukurnya itu hanya ke halu an saya aja, saya dianterin dengan selamat sampe bandara kog ama kakak ojek. yaaaa...kirain...qkqkkqkqqkkq.

Sekian dulu kisah exploring saya tentang Sumba, Saya berharap kisah saya bisa menginspirasi (entah pun inspirasi apa itu...). At least bisa jadi alat cambuk kalian lahh, kalo saya yang uangnya pas-pas aja bisa ke Sumba, apalagi kalian dengan uang yang banyak...ehhhh.

Hemmm..pokoknya jadi kado terindah di umur saya yang ke-29, ultah ke-28 kadonya explore Nusa Penida, hemm yang ke-30 mudah2 an bisa celebrate-in di luar negeri. Amin.

Ya kita ga pernah tahu dong apa yang bakalan terjadi sama hidup kita, wong saya aja masih ga nyangka saya udah injak tanah Sumba. So don't afraid to be dreamer...takut itu kalo ga punya mimpi sama sekali.

Happy Reading, Segerakan Travelling.

With Love,


MRS 

follow me on my instagram cheebin_kwiyowo

You May Also Like

6 komentar

  1. Salfok ke foto lu n disas, kek langit & bumi hahahaha, *ngakakgulingguling.
    Btw itu kudanya diiket ga sih?

    BalasHapus
  2. asyemmm....ya wajar lahh taa..disas kan bidadari apa daya gue yang cuma gembel traveler niii..qkqkkqkqk...bebas tuuhh kuda taa..makannya sebenernya agak serem itu fotonya, takut tuhh tiba-tiba kuda ngamuk...tapi kebanyakan kemarin foto deket kuda harus pelan-pelan, soalnya kuda-kudanya sensi banget ma kebisingan...Ya elahh ta yg koment di blog gue lu lagi-lu lagi...tapi makasih lohhh...

    BalasHapus
  3. wah mesti nabung banyak gw pon, biar kebeli kain sumba ori..hahahaa...

    BalasHapus
  4. Holaa Rayaa..
    Akhirnya mampir juga disini. Pas banget niy, sekitar Oktober nanti aku ada rencana ke Sumba. Bisa dapet referensi dari cerita kamu ini.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Kikio Chan, duh seneng banget mau ke Sumba. Semoga liburannya menyenangkan yah..

      Hapus